The Best Teacher

Selalu terbesit kata "sekolah" di kepala kalau setiap denger "guru" di telinga. In my opinion, definisi kata "guru" itu adalah orang yang mengajarkan sesuatu yang baru pada kita, dari yang sebelumnya nggak tahu jadi tahu. Tapi guru itu sendiri bisa jadi bukan seseorang, melainkan pengalaman dan tempat kita belajar dari pengalaman itu bukan sekolah yang berupa gedung namun kehidupan yang kita jalani saat ini.

Guru di sekolah selalu memberikan kita materi-materi baru dalam suatu pembelajaran. Mengejarkan dengan berbagai macam cara agar kita mengerti materi-materi yang diajarkan pada kita tersebut. Akan ada masa dimana guru mengevaluasi apa yang sudah pelajari dengan memberikan kita soal-soal ulangan. Tujuannya sudah pasti untuk mengetahui seberapa paham kah kita dengan materi-materi yang diajarkan selama pembelajaran berlangsung. Sama halnya dengan pengalaman. Pengalaman mengajarkan kita berbagai hal baru yang belum pernah kita alami sebelumnya. Dari pengalaman, kita belajar bagaimana cara untuk bertahan, cara untuk mengolah rasa, dan hidup dengan berbagai tantangan yang diberikan di sekolah kehidupan. Evaluasi dari pengalaman itu sendiri adalah terulangnya suatu peristiwa atau pengalaman yang terdahulu. Apakah kita mampu bertahan apabila kita diberikan tantangan yang sama? Dari sana kita akan mengetahui apakah kita belajar dengan baik dari pengalaman yang telah kita alami sebelumnya. Pengalaman menyadarkan kita untuk hidup mandiri dan terus mawas diri. That's why a quote says that experience is the best teacher. Ya, pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan.


No comments:

Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun. Boleh meninggalkan link blog, tapi mohon untuk tidak mencantumkan link hidup, ya! Terima kasih ;)

Powered by Blogger.