4 Hal Tak Terlupakan Saat Kuliah Sambil Bekerja

Siang teman-teman! Sudah makan siang belum nih? Saya lagi di kantor dan sambil nunggu kerjaan dateng lagi, saya bakal sharing tentang beberapa hal. Kali ini tentang kerja sambil kuliah. Susah nggak sih? Eh, asyik juga tapi kayanya kalo bisa kerja sambil kuliah. Lumayan bisa dapet uang tambahan buat jajan atau sekedar nongkrong bareng temen-temen. Apa bener kaya gitu?

Adakah diantara kalian yang udah nyoba kuliah sambil kerja? Udah pasti kalo ada enaknya bakal ada enggak enaknya juga. Semua itu tergantung dari jenis pekerjaan yang kamu jalani dan sedang berada di semester berapa perkuliahan kamu sekarang. Apa aja sih yang didapat dari kuliah sambil kerja?
  1. Uang tambahan selain dari orang tua kita. Setiap kerjaan pasti ada imbalannya, entah itu gedhe atau kecil, biasanya sih ada sejumlah uang transport yang dikasih dari pemilik tempat usaha dimana kamu bekerja. Tapi perlu diingat, ini bukan buat pekerjaan volunteer lho ya. Namanya volunteer atau relawan biasanya sih nggak dibayar. Buat kamu yang udah dapet pekerjaan saat masih kuliah, dapet uang tambahan bisa jadi poin plus. Setidaknya punya simpenan sedikit buat jajan hal-hal yang nggak bisa dipenuhi kalo cuma dapet duit dari orang tuamu aja.
  2. Pengalaman yang lebih banyak tentang dunia kerja. Ini adalah satu poin yang nggak akan bisa kamu dapet di dalam kelas saat masih kuliah. Pekerjaan apapun itu, entah parttime, fulltime, magang, volunteer atau bikin bisnis sendiri, kamu udah bisa dipastiin punya bekal lebih banyak tentang gimana etika bergaul dengan orang lain, gimana caranya managing waktu antara kerjaan dan kuliah kamu secara seimbang, sampe gimana caranya kamu bisa memenuhi target-target dari pekerjaanmu. Awalnya mungkin akan sulit saat kamu baru aja menjalani tapi lambat laun kamu akan terbiasa.
  3. Belajar membagi waktu antara kerja dan kuliah. Saat kamu masih kuliah, kamu sudah terbiasa multi-tasking antara kerjaan dan tugas kuliah kamu. Mau nggak mau kamu akan lebih terbiasa dengan time managing untuk menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Akan ada masanya kamu nggak bisa fokus dan merelakan salah satu antara tugas kuliah atau kerjaan dari kantor terbengkalai. Menurutku nggak masalah asal kamu bisa menerima konsekuensinya dan berusaha mengejar ketertinggalan saat salah satu diantaranya terselesaikan.
  4. Kamu nggak punya banyak waktu buat nongkrong sama temen-temenmu. Biasanya sepulang kuliah, kamu bisa langsung nongkrong bareng temen-temenmu, ngobrol atau bahkan ngerjain tugas kuliah bareng dan setelahnya kamu punya lebih banyak waktu buat santai. Setelah punya kerjaan, kamu nggak bisa nongkrong sesering dulu. Ya, mungkin kamu nggak bisa nongkrong sesering dulu. Tapi kamu nggak perlu khawatir. Dalam seminggu pasti akan ada waktu sedikit buat kamu bersosialisasi sama temen-temenmu dengan sekedar nongkrong atau hangout bareng.
Perlu diinget disini, kamu lagi nyiapin sesuatu yang tidak banyak orang persiapkan. You have a very rare chance to understand how it feels to be in a professional working environment. Nggak semua orang dapet kesempatan kaya gitu. Manfaatkan kesempatan yang kamu dapet. Kalo kamu merasa kesusahan, wajar. Hal terpenting adalah jangan sampe semua itu membuat kamu menyerah buat dapet apa yang sudah kamu cita-citakan sejak kamu masuk bangku perkuliahan. Lakukan yang terbaik dan kamu bakal jadi orang yang lebih siap. Semangat! \o/


No comments:

Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun. Boleh meninggalkan link blog, tapi mohon untuk tidak mencantumkan link hidup, ya! Terima kasih ;)

Powered by Blogger.