5 Hal yang Mampu Membantu Tidur Lebih Nyaman


Tidur adalah salah satu rutinitas istirahat yang menjadi kebutuhan setiap mahluk hidup di dunia, termasuk kita sebagai umat manusia. Tubuh kita dibentuk dengan metabolisme yang mampu dimaksimalkan untuk bekerja, namun juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Kualitas tidur pun menjadi hal yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi performa metabolisme tubuh.

Banyak hal yang mampu mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Salah satu riset mengungkapkan bahwa semakin berkualitas jam tidur seseorang, semakin baik pula kualitas kinerja otaknya. Tidak hanya itu, kualitas tidur pun mampu mempengaruhi berat badan. Seseorang yang sering begadang dan kurang tidur akan cenderung memiliki berat badan berlebih dibandingkan dengan seseorang dengan jam tidur yang cukup. Lantas apabila kita memiliki masalah dengan tidur, bagaimanakah solusinya?

1. Perbaiki Pola Makan dan Olahraga
Salah satu hal yang mampu mempengaruhi kualitas tidur adalah pola makan dan olahraga. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari berdampak besar kepada metabolisme tubuh. Apabila kita rajin mengonsumsi serat dari sayur maupun buah-buahan secara seimbang, tubuh akan menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit. Sebaliknya, apabila teralu banyak mengonsumsi olahan dengan karbohidrat dan lemak yang berlebih tanpa diimbangi dengan serat, tubuh akan cenderung lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu olahraga mampu membantu menguatkan imun dan membuang racun yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan kualitas tidur pun meningkat.


Jogging di pagi hari bisa membantu kita untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Selesaikan Semua Pekerjaan
Menunda pekerjaan dan meninggalkannya begitu saja sering menjadi distraksi utama seseorang untuk tidur dengan nyaman dan nyenyak, sehingga tidur pun menjadi terganggu. Ada baiknya untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita pada hari itu sebelum jam tidur tiba. Namun apabila masih bisa ditolerir untuk ditunda, tidak ada salahnya untuk menunda apabila kita merasa sudah berusaha dengan maksimal untuk mengerjakannya dan memilih untuk tidur. Jangan lupa pasang alarm untuk mengerjakannya kembali keesokan harinya, ya?


Kalau kerjaan belum selesai, ujung-ujungnya stress dan susah tidur deh.

3. Mengurangi Konsumsi Kopi dan Obat Tidur
Kopi memang sudah menjadi gaya hidup banyak orang di kota-kota besar yang sibuk dan padat jadwal. Namun apabila kita ingin mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi kopi, misalnya dari 3x sehari menjadi 2x atau 1x saja di pagi maupun siang hari. Konsumsi obat tidur yang terlalu banyak pun sebenarnya bukan solusi yang tepat untuk seseorang yang mengalami masalah dengan tidur. Obat mampu membuat seseorang menjadi ketergantungan dan kita sebaiknya menghindari hal ini. Dengan mencoba menguranginya sedikit demi sedikit diharap mampu lebih meningkatkan kualitas tidur dan menghindarkan dari ketergantungan obat.


Minum kopi boleh aja kok. Asal jangan berlebihan, ya.

4. Merapikan dan Membersihkan Kamar dan Tempat Tidur
Siapa yang tidak suka ruangan yang rapi dan bersih untuk beristirahat? Kita pasti lebih nyaman dengan kamar yang tertata lebih rapi dan bersih, baik untuk bekerja maupun beristirahat. Secara psikologis, distraksi terhadap hal-hal kecil yang mengganggu juga akan berkurang. Dengan ruangan yan bersih, kita pun akan merasakan udah yang lebih segar di dalam kamar. Tidur pun menjadi lebih nyaman karena pernafasan terbebas dari debu-debu yang mengganggu.


Membersihkan kamar sambil mendengarkan musik bisa membuat kita lebih happy!
5. Matikan Lampu atau Gunakan Lampu Tidur
Mematikan lampu saat tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Badan rasanya lebih rileks karena mata tidak silau akan cahaya lampu kamar. Namun, tidak semua orang bisa tidur dengan lampu kamar yang dimatikan total. Solusinya adalah dengan menyalakan lampu tidur yang cahayanya redup dan tidak menyilaukan mata. Di pagi hari, badan pasti lebih segar karena tidur kita berkualitas.
 
Bagaimana? Sudah siap untuk tidur lebih nyaman malam ini?

8 comments:

  1. tips diatas beberapa emang udah terbukti kayak jaga pola makan sama kegiatan olahraga itu ampuh banget. terus soal pekerjaan juga, biar ga banyak pikiran hahaha. dan satu lagi yang paling utama buat aku adalah kebersihan tempat tidur hehe

    salam
    http://www.fujichan.net/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bener kebersihan tempat tidur bener-bener pengaruh sama kualitas tidur. Makasih masukannyaaa :D

      Delete
  2. satu lagi pikiran harus tenang dan rileks, minum susu hangat bikin cepat tidur juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak. Tenang dan rileks adalah kunci :D

      Delete
  3. Sebelum tidur , tempat tidur harus nyaman dan sholat jangan lupa. Dijamin nyenyak dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang muslim sudah jelas harus sholat dulu :D

      Delete
  4. Yang paling harus dari list diatas kalau saya, tempat tidur harus bersih, wangi trus lampu harus mati ...sudah deeeh....bakalan mimpi indah :D

    ReplyDelete
  5. iya banget mbak yg selesaikan pekerjaan...apalagi kalau org yg perfeksionis kyk aku nih.klo belum kelar pekerjaan kepikiran terus

    ReplyDelete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.