10 Kuliner Jogja Harga Mahasiswa yang Harus Kamu Coba (Part I)


Jogja memang nggak pernah surut pesonanya, baik untuk warganya maupun untuk orang-orang yang ada di luar Jogja. Terbukti saat weekend, jalanan Jogja pasti padat dan macet di beberapa berbagai tempat tertentu, terutama tempat-tempat wisata. Weekend kemarin misalnya, waktu aku lewat Jl. Janti Ring Road timur, macetnya lumayan juga dari arah Jembatan Janti ke selatan. Sekitar jam 1 siang aku lewat sana dan saat balik lewat sana lagi, macetnya udah tambah panjang. Kayanya sih mau ke arah Gunungkidul karena emang di sana tempat wisatanya banyak dan bagus-bagus.

Nah, ngomongin tentang kota kunjungan wisata, yang nggak bakal dilupakan gitu aja udah jelas kulinernya. Apa guna piknik kalau nggak dilengkapi dengan wisata kuliner? Jogja sendiri punya segudang kuliner enak yang harganya bikin kita pengen tanduk alias nambah lagi kalau dalam Bahasa Indonesia. Harga jajan kuliner yang ramah di kantong mahasiswa pun banyak diminati warga Jogja sendiri. Apa aja kuliner Jogja yang patut kita coba?

1. Mie Ayam Tumini
Kalau ngomongin mie ayam, Jogja punya banyak jenis warung mie ayam di kotanya. Tapi kalau Mie Ayam Tumini, cuma Jogja yang punya. Yakin? Yakin dong! Di warungnya sendiri tertera tulisan bahwa Mie Ayam Tumini tidak buka cabang. Buka dari pukul 9 pagi hingga 3 sore, warung mie ayam yang terletak di Jalan Imogiri 187 Umbulharjo tidak pernah sepi pengunjung meski letaknya tidak berada di pusat kota Yogyakarta. Harganya sendiri sangat terjangkau, yakni Rp 8.000,- untuk mie ayam biasa, masing-masing Rp, 10.000 untuk mie ayam jumbo, mie ayam esktra ayam, dan mie ayam ceker, dan bisa juga tambah Rp 5.000,- kalau kita mau 1 porsi ceker yang nggak pelit jumlah cekernya!

Iiiih bahagia deh bawaannya kalau pulang makan dari sini (source)

2. Gudeg Mbak Sasha
Kalau ke Jogja, udah pasti nggak bakal lupa makan yang namanya gudeg. This signature food of Jogja is sold everywhere. Pilihannya pun banyak sih. Di pasar pun banyak di jual. Kalau aku sendiri sesekali jajan gudeg malam hari bareng pacar. Warung gudeg yang beberapa kali kami sambangi adalah Gudeg Mbak Sasha yang berlokasi di depan Mirota Gejayan/ Jl. Affandi dan buka mulai pukul 10 malam hingga dagangannya habis. Kalau malem-malem kelaperan di Jogja, langsung tancap gas aja. Harga gudeg dengan krecek, telur, ayam suwir, kerupuk dan minum cuma sekitar Rp 20.000,- aja. Kalau tambah ayam bagian dada atau lainnya, bisa lebih dari itu sih habisnya. Dengan harga segitu, rasanya kayak lengkap aja kunjungan ke Jogja.

Malem hari laper? Tancap gas kesini ajaaa (source)

3. Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo
Pengen sayur yang seger-seger atau bumbu kacang yang nikmat disantap saat makan siang? Nggak ada salahnya buat cuss ke Jl Sagan Baru No. 1 Jogja. Ada Lotek dan Gado-gado Bu Bagyo yang bisa jadi pilihan tepat untuk tempat makan siang kita. Bahkan untuk sarapan maupun makan malam pun bisa karena warung ini buka dari pukul setengah 9 pagi hingga setengah 10 malam. Dengan Rp 15.000,- aja, kita udah bisa menyantap Gado-gado double bakwan dan es jeruk. Kalau mau minum yang lebih seger kayak es pisang ijo atau es palu butung, bisa juga kita dapatkan di sana dengan harga Rp 5.000,- aja. Mursida bambang kan cyiiin.

Indah nggak plating-nya? Bikin tambah ngileeer! (source)

4. Ayam Geprek Bu Rum
Warung ayam geprek yang satu ini cabangnya ada dimana-mana. Tapi aku pribadi paling demen nyamperin yang lokasinya ada di deket kampus Sanata Dharma, yang buka mulai dar pukul 9 pagi hingga 10 malam. Warung Ayam Geprek Bu Rum 2 di Resto PKL Mrican ini kalau pas jam makan siang dan malem ngantrinya sedikit panjang. Bisa dilihat pemandangan Resto PKL Mrican di jam-jam tertentu, mejanya penuh dengan orang yang lagi makan ayam geprek. Padahal resto kali lima tersebut nggak cuma berisi ayam geprek aja. Emang terbukti kalau Ayam Geprek Bu Rum ini udah terlanjur jadi favorit pengunjung di sana. Cuma dengan Rp 13.000,- kita udah bisa menikmati ayam geprek dengan berbagai macam lauk dan minum. Hakcep banget kaaan.

Mau cabe berapa, kak? (source)

5. RM Prasmanan Flamboyan
Bingung mau makan apa? Kayanya pengen makan macem-macem kayak di rumah sendiri gitu. Langsung mancal ke RM Prasmanan Flamboyan yang buka mulai dari pukul 9 pagi hingga 4 sore. Pilihan lauk pauknya banyak banget, serasa makan di kampung halaman. Selain suasananya yang homey, harganya pun terjangkau. Asal kita nggak kebangetan kalap, biasanya sih cuma keluar duit sekitar Rp 20.000,- dan bisa kurang atau lebih, tergantung seberapa banyak kita ambil. Makin banyak lauk yang diambil, makin banyak duit yang dikeluarin.

By the way, untuk pilihan nasi ada 2 macem yaitu nasi merah dan nasi putih. Jadi buat kamu yang lagi jaga pola makan maupun diet, nasi merah bisa jadi pilihan yang tepat. Rasanya nggak kalah enak dan tentu aja lebih menyehatkan!

Tinggal pilih mau makan dengan lauk apa (source)

Udah ini aja aja nih? katanya 10? 5 lagi mana dong? Nah, 5 dari 10 kuliner yang patut kamu coba di Jogja berikutnya akan ada di postingan selanjutnya.


Buat kamu yang punya rekomendasi kuliner Jogja maupun kuliner kota lain yang jadi favoritmu, boleh banget kasih komentar di kolom komentar. Kasih detail lokasi dan harganya juga boleh. Siapa tau aku bisa cobain dan rekomendasikan di blog. See you on the next post!

8 comments:

  1. Aku tungguin part 2 nya yaaa
    Yg lart 1 aku mauk mie yayamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu aja yaaa :D
      Akhir minggu depan bakal aku post part II-nya ;)

      Delete
  2. Ya ampun murce2 yaaaa, bisa gemuk kali saya tinggal di Yogya kulineran mulu :))

    keluargahamsa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murce bambaaaaang khaaan~ Ayo Mbak liburan kesini dan jelajah kuliner sebanyak-banyaknya :D

      Delete
  3. ahhhhh bener-bener mupeng ama semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi ini jam makan malam :9 Emang ini semuanya yang udah pernah aku coba dan enak semuanya :9

      Delete
  4. Ditunggu part 2 nya ya, memang mie ayam bu Tumini memang sangat menggoda dan mantapz.. Tapi kalau mau beli harus mengantri lama :)

    Salam kenal ya, aku jg di Jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak mas atas feedbacknya. Itu part II nya sudah ada link di tengah post hehehe. Monggo mampir baca :D

      Salam kenal juga ;)

      Delete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.