Tutorial DIY Makeup Storage & Organizer dengan 3 Langkah Praktis!


Hello everyone! Sebelum mulai postingan kali ini, aku mau mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada teman-teman yang merayakan. Maafkan aku kalau selama ini banyak kata dan tindakan yang salah, baik yang sengaja maupun tidak. Semoga setelah Ramadhan tahun ini berlalu, 11 bulan berikutnya kita tetap konsisten menjalankan ibadah yang sudah kita biasakan saat Ramadhan. Amin.

Dalam postingan kali ini, kamu udah tau dong harusnya aku akan nulis tentang apa. Yup! This time I'm gonna writing about the DIY that I made on the last day of holiday. Yeah, holiday's over but the fun is still here.

*touching my heart*

Oke. Jadi, beberapa waktu ini aku seriiing banget buka Pinterest atau Youtube buat cari video-video workspace decoration atau room decoration. Selain itu aku juga suka cari ide-ide buat DIY project. Cari doang sih... Bikinnya males. LOL. Kenapa? Karena banyak bahan yang aku nggak punya dan aku harus beli semuanya, sedangkan budgetku tipis banget. Well, sebenernya abis dapet "THR" sih lebaran ini. Jumlahnya juga lumayan banget dan lebih banyak dari biasanya. Tapi, ada tanggungan yang harus aku bayar juga jadi... the money was fading away super fast. So, I manage to make something simple that doesn't require me to spend lots of money.

Setelah coba cari dan cari, kebanyakan dari storage untuk makeup yang cakep-cakep dan dipajang beauty vlogger/ blogger adalah storage dari IKEA. Yah, mahal bener deh rasanya kalau untuk kondisi budgetku saat ini. Akhirnya aku coba cari tutorial DIY untuk makeup storage. Dapet deh beberapa inspirasi yang aku pikir bakal cocok buat dijadiin storage dan makeup organizer.

Apa yang akhirnya aku buat? Nah itu di judul udah tau. Aku memutuskan untuk bikin DIY untuk tempat makeup-ku. Apa aja tempatnya dan gimana cara bikinnya?

1. Siapkan dan bersihkan tempat yang cukup untuk menampung makeup kita
Aku nggak akan menyarankan sesuatu yang terlalu spesifik. Coba kamu cek barang-barang di rumahmu yang sekiranya bisa menampung semua makeup kita. Aku sendiri punya wadah yang aslinya buat tempat jajan tapi udah nggak dipakai lagi. Ada juga kotak bekas berukuran medium dan botol bekas kopi instan.

 Kotak bekas (tertutup)

 Kotak bekas (terbuka)

Tampah bekas yang bisa didapatkan di pasar tradisional

2. Hias dan bentuk barang-barang bekas sesuai keinginan kita
Aku nggak punya banyak bahan lain untuk menghias barang-barang bekas dan wadah yang aku punya. Akhirnya aku putuskan untuk merubah botol bekas kopi instan jadi tempat makeup yang keliatan lebih cantik. Kalau cuma botol biasa gitu rasanya plain banget. Akhirnya aku bentuk botol bekasku dengan bentuk kucing dan aku hias dengan menggunakan kutek dan spidol. 


Tutorial yang aku ikuti kira-kira yang seperti ini

Langkah-langkah yang aku aplikasikan nggak sama persis sih karena botol bekasku udah berwarna putih. Jadi cuma aku potong aja dan aku hias pakai kutek dan spidol. Dan hasilnya seperti ini:

Not as good as the example but.. well, it fit for my makeup. So, ta-daaaaa!

3. Tata barang-barang bekas yang akan kita gunakan dan letakkan makeup kita
Langkah terakhir adalah yang paling tricky. Kenapa? Karena kita harus mikir sedemikian rupa biar semua makeup kita bisa tertampung di tempat yang sudah kita sediakan. Tidak hanya itu, kita juga harus memastikan semuanya bisa tertata dengan rapi. Sekedar tertampung tanpa terlihat rapi sangatlah tidak cukup. Jadi, pastikan semuanya kita letakkan secara rapi dan terorganisir, tentunya sesuai dengan keinginan dan selera kita.

Letakkan kotak penutup di dalam tampah untuk mendapat space yang rata

Letakkan makeup seperti mascara, eyeliner, brush, dan lipstick ke dalam botol bekas yang sudah disulap menjadi tempat makeup berbentuk kucing

Letakkan dan tata skincare maupun hair product ke dalam kotak bekas

Letakkan dan tata semua makeup ke dalam tampah yang sudah dimodifikasi

Dan inilah hasil akhirnya!

TBH, DIY ini menurutku kurang variatif sih karena aku pengen yang cepet jadi aja. Sebenernya pengen banget nambahin aksen di tampah yang udah aku modifikasi dan membungkus kotak bekas  di atas dengan kertas dengan corak warna yang serupa. Tapi sementara begitu dulu deh. I will find time to beautify those storage.

Semoga postingan ini bisa memberi kamu sedikit inspirasi untuk membuat dan merapikan makeup storage-mu sendiri, ya! See you in the next post!

8 comments:

  1. Well, storage-nya udah ada yang cukup look-able ya Kak, kalau aku berhubung adanya kardus-kardus, jadinya harus pinter ngemodif sendiri. Wah, aku juga baru mulai postingan DIY nih di blogku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kardus-kardus malah kayanya lebih gampang soalnya permukaannya juga udah datar. Ini yang tampah bentuknya rada setengah lingkaran gitu jadi tricky banget (,--)

      Ntar aku maen deh ke postinganmu kalo udah jadi yak! :D

      Delete
  2. Huwaaa mba hanifa, makasih loh tipsnya.
    Ini aku lagi masalah banget sama meja tempat make up yang gak pernah rapih.
    Aku kepikiran itu kotak kardus sepatu aja kali ya aku bikin organizer hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Mbaaak sama-samaaa \o/

      Coba cari juga DIY lain yang kasih step2 lebih lanjut buat modifikasi kardus bekasnya. Biar keliatan lebih fancy :D

      Delete
  3. salah satu permasalahan cewek ya, aku coba buat model DIY gini, g bertahan lama,,ck ck ck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kadang ribeeet banget ya buat naruh balik dan ngerapiin lagi. Kalo udah males pun aku juga balik ngeberantakin lagi kadang. Deuh~

      Delete
  4. emang mesti pinter2 muter cara buat tetep bisa storage koleksi peralatan tempur tapi jg nggak abis budget :D



    elisamonic.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaak :D Hemat biaya juga~ Bisa ditabung buat beli amunisi tempur yang lain soalnya. Muehehehehe

      Delete

Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun. Boleh meninggalkan link blog, tapi mohon untuk tidak mencantumkan link hidup, ya! Terima kasih ;)

Powered by Blogger.