Menembus Batas dan Menginspirasi Negeri Bersama JNE


Siapa yang suka belanja online? Cung!

*nggak ikutan ngacung*

Kayanya di jaman digital yang apa-apa harus serba cepat seperti sekarang ini, orang-orang makin sering belanja online. Aku sendiri belum sering belanja online karena masih punya banyak waktu. Maklum, aku mahasiswa tingkat akhir yang fakir kesibukan dengan mencoba freelance. Tapi kalau lagi ada diskonan dan invoice abis cair, langsung cuss "add in cart" barang-barang yang pengen dibeli dari dulu. 

Kebetulan awal bulan ini aku belanja online beberapa makeup yang aku pengen sejak jaman baholak. Pas udah bayar, berharap barangnya bakal cepet dateng. Eh yampun beneran dong cuma 3 hari barangnya udah sampe! 😁

Online shop yang jual produk yang aku pengen ini pake JNE ngirimnya. Kalau kita liat, kayanya emang dimana-mana pakenya JNE, ya? Aku sempet penasaran dengan resepnya JNE yang bisa bertahan sampe 26 tahun sebagai jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia. Rasa penasaranku terjawab minggu lalu saat JNE mengadakan gathering bersama yaitu Gathering Hari Blogger Nasional bersama JNE, dengan para blogger di Yogyakarta, tepatnya tanggal 19 November 2016. Aku tahu infonya saat kepo facebooknya Mbak Gesi "Mami Ubii yang jadi salah satu pembicaranya.

Bertempat di Rustik Resto and Bar Harper Mangkubumi, acara ini dihadiri oleh kurang lebih 40 tamu dari JNE dan blogger-blogger asal Jogja. Nggak cuma dari Jogja aja sih sebenernya. Ada Mbak Windi, salah satu blogger Ngalam yang menghangatka suasana makan malam HarBlogNas JNE dengan suara merdunya saat membawakan lagu-lagu akustik.


Salah satu dari banyak pilihan menu makan malam yang tersedia di Gathering Harblonas JNE

Setelah makan malam, masuklah ke inti acara yaitu ngobrol bareng para narasumber Harblognas JNE. Ada Mbak Gesi (Grace Melia) si Mami Ubii, Pak Marsudi (Head of Regional JNE), dan Mbak Uphie Mashar (online enterpreneur).

Berbicara soal menembus batas, Mbak Gesi yang hadir mewakili teman-teman blogger sebagai pembicara pun turut berbagi pengalaman bloggingnya. Sebagai founder dari Rumah Ramah Rubella, Mbak Gesi mampu menginspirasi teman-teman blogger dan pernah menjadi peraih special award Kartini Next Generation 2014.

Sebagai blogger, Mbak Gesi udah lebih dulu membangun personal brandingnya sebagai Mami Ubii yang banyak membahas seputar parenting. Setelah trafiknya mulain meningkat dan lebih stabil, Mbak Gesi baru belajar seputar SEO. Metode ini cukup ampuh untuk lebih meningkatkan trafik dari blognya. Selain itu, Mbak Gesi menghimbau temen-temen blogger untuk terus mengikuti perkembangan digital. Nantinya, bisa aja blog nggak lagi jadi media yang tetep trend. Jadi perlu banget untuk terus belajar dan berinovasi.

Mbak Uphie yang berprofesi sebagai online enterpreneur pun turut sharing pengalamannya dalam menjadi seorang wirausaha perempuan. Berawal dari ketidakmampuannya mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah serta pengalam didepak oleh ibu kostnya karena ngga bisa bayar uang sewa, Mbak Uphie malah bangkit dan merintis usahanya sendiri. "Stupidroom" sebagai usaha yang dimilikinya saat ini sudah berhasil menjadi sumber penghasilan yang mampu menghidupi keluarganya.

Dari kanan ke kiri, ada Mbak Uphie, Mbak Gesi, Pak Marsudi, dan Mbak Pungky (blogger Purwokerto yang bertugas sebagai moderator HarBlogNas JNE

Nggak gampang buat Mbak Uphie berproses hingga mencapai titik mapan dalam karirnya. Perjuangannya sebagai online enterpreneur juga nggak lepas dari JNE yang turut andil sebagai jasa pengiriman produk-produknya ke para costumer.

Dalam sesi ngobrol bareng ini Pak Marsudi mengungkapkan seputar usaha JNE untuk menembus batas dan berjaya hingga tahun ke-26nya. Inovasi-inovasi yang mengikuti perkembangan pengiriman barang serta kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu sesama merupakan kunci dari kesuksesan JNE hingga saat ini.

Tak ketinggalan, Pak Marsudi juga menjelaskan seputar aplikasi "My JNE" yang bisa kita unduh dari Playstoree. My JNE adalah inovasi dari JNE yang mampu mempermudah akses pengiriman barang dari siapapun, kapanpun, dan dimanapun.


Tampilan interface dari aplikasi "My JNE"

Sekitar pukul 21.30, acara Harblognas JNE ditutup dengan pengumuman pemenang doorprize serta livetweet competition #HarblognasJNE. Alahmdulillah aku jadi salah satu pemenang livetweet competition yang beruntung buat dapet hadiah dari JNE. Setelah foto-foto bareng semua blogger yang hadir dalam event tersebut, aku menyempatkan diri untuk ketemu Mbak Uphie dan Mbak Gesi untuk menyampaikan kesanku terhadap perjalanan karir mereka dan apapun yang udah mereka share saat sesi ngobrol tadi.

 

Selfie bareng Maminya Ubii yang keliatan mini.
Akunya aja yang jumbo kalik ye.

Ah, happy banget hatiku pas udah ketemu Mbak Gesi dan dapet kesempatan buat selfie bareng dia. Semoga suatu saat nanti bisa ketemu lagi sama Mbak Gesi dan juga blogger-blogger lain. Selain menambah wawasan, gathering blogger juga menambah relasi yang siapa tau suatu saat nanti bisa kerjasama bareng dalam usaha menembus batas dan menginspirasi negeri. 🙌


Sumber foto utama: http://sedanghangat.com

18 comments:

  1. Vhaaa, cakep banget pake winged eyeliner gituuu ^_^ #losfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah jadi signature eyelinerku Mbak :3 Baru-baru ini pake Mizzu yang bentuknya spidol. Lebih gampang ngaplikasiinnya #sekalianmelencengdaritopik

      Delete
  2. Hebat banget ya mbak perjalanan dalam menitik karirNya, sangat mebgisnpirasi cerita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Para pembiacaranya memang keren :')

      Delete
  3. aku juga pake JNE mba, belum ada pilihan lain sih...

    ReplyDelete
  4. ampe skr pun, aku slalu msh percaya ama jne utk brg2 online yg aku beli :).. dibanding ama saudaranya si TIKI, nth kenapa jne lebih memuaskan dan murah juga :).. blm prnh bermasalah selama pakai jne ini.. justru tiki aku pernah dapet masalah waktu itu.. makanya rada kapok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Semua olshop yang pernah aku kunjungin juga pake JNE dan nggak pernah ada masalah sampe sekarang. Seneng banget deh rasanya kalo barang aman sampe rumah seperti yang kita harapkan :D

      Delete
  5. Aku juga suka pakai JNE. Terus kalau online shop juga kirimnya pakai JNE. Senengnya itu bisa dilacak sudah sampai mana gitu barang yg kita kirim/pesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih nyaman ya Mak Eri rasanya kalo bisa lacak. Jadi tenang gitu. Hihihi

      Delete
  6. Aku juga kalau kirim2 dan pesen2 barang online pakai JNE. Wah seru ya acaranya mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah acaranya seru banget Mbak :D

      Delete
  7. JNE makin menggairahkan ya.. hehe
    salam kenal mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kondisi perekonomian kita juga makin menggairahkan. Hahahaha. Salam kenal juga :D

      Delete
  8. Aaaak makanannya enak2 & banyak. Aku belum cicip semua. Mau lagi dong JNE. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha jangan salah fokus maaaak xD

      Delete
  9. Salam kenal dari blogger Senior (di usia, hehe...) Membaca postingan ini sih bikin ngiler tuh liat menu makanannya. Hmmm...yummy semua keknya.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun. Boleh meninggalkan link blog, tapi mohon untuk tidak mencantumkan link hidup, ya! Terima kasih ;)

Powered by Blogger.