5 Elemen Home Office yang Layak Dimiliki Para Freelancer

Tahun ini lumayan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Aku ngabisin lebih banyak waktu di rumah saat harus nyelesein suatu pekerjaan. Kalau tahun-tahun sebelumnya pas masih jomblo aku sering banget nenteng laptop dan nyelesein kerjaan di perpustakaan, tahun ini aku sangat nyaman buat stay di rumah aja.

Cita-citaku emang jadi working mom yang kerja dari rumah dulu kalau misal punya anak yang masih kecil. Berkaca dari masa kecilku dulu, rasanya nggak enak banget kalau lebih sering bareng pembantu daripada sama ibu atau bapak di rumah.


 Salah satu contoh working space sederhana yang aku impikan

Oleh karena itu, aku bercita-cita punya kantor sendiri di rumah. Sebagai freelancer, rasanya akan lebih nyaman apabila aku bisa punya "Home Office" atau kantor di rumah. Aku pernah mention tentang ini di postingan seputar pin favoritku di Pinterest. Sementara ini sih aku masih ngantor di kamarku sendiri... Tapi kalau ada rejeki buat extend ruangan dan bisa punya ruangan buat kantor di rumah, pengen banget buat cuss dijadiin tempat buat ngantor.

I absolutely want to furnish it with my taste. Buat temen-temen freelancer pun, rasanya oke juga kalau punya home office yang bisa menunjang performa kerja walau harus dari rumah. Elemen apa ya yang kira-kira laya buat kita, para freelancer, miliki untuk kantor di rumah kita?

1. Meja kerja yang kokoh dengan drawer di sampingnya


Saat berencana untuk membuat kantor, meja kerja adalah furniture pertama yang harus kita pikirkan. Gimana mau kerja kalau nggak ada meja, kan? Meja kerja yang ideal adalah meja yang kuat dan mampu menampung berbagai alat perkantoran yang kita butuhkan. 

Untuk freelance writer seperti aku, komputer, printer, alat tulis, dan dokumen-dokumen penting harus ada dalam satu meja. Agar terjangkau dengan mudah dan efektif, meja yang dipilih harus mampu menampung semua barang tersebut. Desainnya pun harus menarik agar betah berlama-lama bekerja.

2. Kursi dengan desain elegan dan sandaran yang nyaman

Elemen home office utama lain yang harus ada di kantor adalah furniture berupa kursi. Kursi adalah salah satu penunjang utama dalam peningkatan performa saat bekerja. Kebayang nggak sih kalau harus berlama-lama kerja di kursi yang keras dan nggak proporsional? Punggung rasanya gampang pegel dan badan jadi kaku rasanya. That's why I'm still on market for the right chair. Aku pribadi suka dan pengen banget punya  kursi dari fabelio.com ini.  Ini sebenernya kursi buat dining sih, tapi bisa juga jadi kursi kerja.

3. Komputer/laptop dengan performa terbaik


Oke, bukan berharap yang muluk-muluk ya. I mean, come on... Kerja sebagai freelancer tuh jelas butuh piranti digital yang memadai dan bisa mengakomodir semua pekerjaan kita. Sebagai blogger, punya komputer/laptop yang bisa buat nulis aja tuh masih belum cukup. Akan lebih baik lagi kalau bisa buat edit foto, edit video, desain, dan browsing tanpa nge-crash. Nggak harus kayak gambar di atas sih, yang penting RAMnya gedhe biar bisa kerja dengan lebih lancar. Deadline mepet juga bisa terkejar deh 😂

4. Koneksi internet yang lancar dan bebas hambatan


Freelance kekinian masa kini udah pasti butuh koneksi internet yang kenceng dan kalau bisa unlimited. Kenapa? Karena kepentingan dalam sebuah pekerjaan tuh nggak semuanya bisa ketemu langsung dan face-to-face sama klien terus. Justru kebanyakan dari freelancer seperti freelance blogger malah berinteraksi dengan klien hanya melalui email dan messenger di smartphone. Data yang dikelola pun didapatkan dari internet.

See? This is a very crucial thing to be considered too.

5. Wall planner to keep things on track


Well, punya kantor sendiri di rumah dan kerja sendirian, siapa lagi yang bakal ngingetin semua kegiatan dan agenda yang kita punya kalau bukan kita sendiri? Penting banget buat para freelancer untuk mempunyai planner di dinding supaya nggak perlu repot bolak-balik liat planner yang ada di buku atau di laptop. Buat aja yang sederhana, mencakup planner harian, mingguan, dan bulanan. No more missing deadline, deh!

Gimana menurutmu? 5 elemen home office yang aku kasih di sini udah cukup belum buat kamu yang juga freelance? Kalau ada hal-hal yang pengen ditambahin, dengan senang hati aku tampung di kolom komentar, ya! Happy working!

----------------------------------------- 

Klik di sini dan dapatkan potongan harga seber Rp 200.000,- untuk belanja furniture favoritmu di fabelio.com dengan kode voucher "FABFRIEND"

30 comments:

  1. Duuu aku belum nyiapin semuanya nih. Aku lagi nyiapin tempat kerjanya dulu. Doakan ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi semangat Mbaaaaak semog bisa segera terwujud :D

      Delete
  2. wah jadi ingin..punya ruangan khusus untuk ngeblog...n utak atik tulisan... menginspirasi banget mba..walau gak se lux yang dipict sih... he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa nggak lux Mbak. Yang penting bisa mengakomodir kegiatan menulis dan pekerjaan yang lain :D

      Delete
  3. Saya punya meja kerja tapi krn saya pnya anak kecil dan suka diberantakin mejanya jarang dipake. Kalau ngeblog saya malah bnyakan di hp, tapi enak jg kalau punya working place kyk diatas ya. M

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha anaknya pasti aktif ya Mbak. Tandanya kreatif tuh kalau diberantakin. Saya malah jarang banget ngeblog dari hape. Agak nggak nyaman gitu. Tapi perlu dicoba kalau pas perjalanan jauh biar sempet waktunya :D

      Delete
  4. wall planner emang perlu banget mba, biar ada yang ngingetin.. hehe

    kalau boleh saya tambahkan, handphone holder juga bisa jadi elemen penting menurut saya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak... Biar lebih mudah dilihat dan ingat. Wah iya tuh handphone holder juga bisa masuk. Apalagi buat yang semua pekerjaannya ada di handphone. Terima kasih atas sarannya :D

      Delete
  5. Aduuuuh aku juga pengen mbaaa... Hal utama yg pengen aku cari sih kursi. Tapi masih bingung juga enaknya lesehan (meja di bawah) atau di atas ya? Minta pertimbangan dong mba hehe. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung Mbak nyamannya seperti apa. Enakan dua2nya sih biar nggak bosen. Mungkin yang lesehan pas kerja di ruangan selain kantor kalik ya :D

      Delete
  6. Di meja itu, sisain space yang cukup buat cangkir kopi dan cemilan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, Bang. Biar nggak bosan hahahaha

      Delete
  7. wah lihat gambar di atas jadi pingin punya ruang khusus buat kegiatanku di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbaaaaak :D Rasanya jadi lebih semangat deh kalo punya kantor kayak gitu :D

      Delete
  8. Ruang kerjanya cozy banget yaaak :) ini kayak penampakan di Ikea sama toko furniture disini mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Dewi :D Furniture idaman nih. Kalau di foto juga bagus banget jadinya ruangan kantor kita :D

      Delete
  9. Pengen banget punya meja dan kursi buat ngetik. Tapi yang sederhana aja :). Makasih inspirasinya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak, yang sederhana saja sudah baik untuk keperluan kerja kita :D

      Delete
  10. Faaaa, angkut ke Rocking Mama dong ... *kedip-kedip nggemesin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mbaaaaaaaaaaaaak. Ntar yak pas ada koneksi lebih oke xD

      Delete
  11. Aku yang belum punya kursinya. Pengeeennn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama maaaaaaaak :D Masih harus nabung nih buat beli yang bagusnya kayak gituuuh

      Delete
  12. keren banget mbak, punya semacam ruang kerja sendiri gitu ya jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Masih cita-cita tapi semoga terwujud yah :D

      Delete
  13. Aku jg lagi pengen banget punya working space sendiri tra ditata yg cantik n unyu biar makin semangat nulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin yang sederhana dulu bisa kok. Misal dengan memanfaatkan sudut ruangan yang kosong. Biar makin fokus :D

      Delete
  14. Kyaknya aku harus nabung buat beli perlengkapan di atas, tapi memang bener kok artikel ini

    ReplyDelete
  15. Jangan lupa semangat juga ya mbakk

    ReplyDelete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.