Take Me Back to South Korea


Dari judulnya udah ketahuan kalau saya lagi kangen banget sama negara asal dari SNSD. Apalagi kemaren ada temen yang DM saya dengan obrolan seperti ini.



Iya, tahun 2013 adalah pertama kalinya saya punya paspor dan pergi ke luar negeri. Bukan buat liburan, tapi untuk berkompetisi di International Student Green Car Competition 2013 bersama Garuda UNY Racing Team. Saat diajak ke Korea, saya jelas mau banget dong. Tapi syaratnya, saya harus lolos seleksi dulu untuk jadi sebagai public relation dari Garuda UNY pada saat itu.

Singkat cerita, setelah kurang lebih 6 bulan menjalankan tugas sebagai public relation, akhirnya saya berangkat bersama teman-teman satu tim. Mereka juga sudah menyelesaikan tugas mereka untuk merakit dan menguji coba mobil listrik yang diperlombakan. Alhamdulillah, tim kami pada saat itu memenangkan kategori Creative Technology dan mendapatkan hadiah 1.000.000,- won.

Me with Garuda UNY Racing Team in South Korea

Terus di Korea ngapain aja? Masak lomba doang?

Ng... kayanya berasa lomba doang sih. Jadwalnya saat itu sungguh rancu. Biasanya kan lomba dulu baru jalan-jalan. Nah, waktu itu tim saya kejatahan jalan-jalan malah di hari pertama. Akhirnya kami manfaatkan untuk berkunjung ke KBRI dan berkeliling Seoul. Sangat menyenangkan walau tegang di hari berikutnya.

Kalau saya ingat-ingat lagi, ada beberapa hal yang saya sukaaaaa banget saat berkunjung  ke Korea:

1. Kotanya yang bersih, udaranya yang sejuk, dan internetnya yang kenceng

Saya berada di Korea saat peralihan musim semi ke musim panas. Cuacanya panas, tapi udaranya sangat sejuk dan cenderung dingin untuk saya yang sehari-hari berada di daerah tropis. This weather is my kind of weather. Selain udaranya yang sejuk, kota-kotanya pun bersih dan internetnya KENCENG BANGET. Macem buka folder doang. Kebayang kan betapa betahnya kita di sana?

2. Makanan dan minuman khasnya yang menggugah selera

Ada satu menu kuliner Korea yang saya suka banget sejak pertama kali coba, yaitu Dakgalbi (닭갈비). Potongan ayam dan tteok (떡) yang tercampur di dalam pedasnya gochujang (고추장), rasanya sungguh syurgawik!

dakgalbi (닭갈비) 
Syurgawiiii~ (pic by Maangchi)

Selain makanan, ada juga minuman yang incer dari dulu karena iklannya dibintangi oleh SNSD, yaitu Banana Milk  (바나나 우유). Harganya pada saat itu kalau nggak salah "cuma" 1600 won. Rupiah waktu itu belum terlalu anjlok. Sekarang harganya sekitar Rp 26.000,-.

MAHAL 😭

3. Namsan Tower dan Trick Eye Museum Seoul

Highlight dari jalan-jalan singkat di Korea adalah tempat wisatanya. Saya beruntung banget bisa berkunjung ke Namsan Tower (남산서울타워) yang sering banget jadi setting tempat untuk drama dan film Korea. Apakah beneran romantis? IYA. Romantis banget kalau ke sana bareng suami. Karena belum punya, sementara sama temen-temen kampus dulu.

Trick Eye Museum kayak gimana? Seru sih. Sayang banget beberapa bulan setelah itu dibangun juga di Jogja. Jadi less-special rasanya 😬


In the famous Namsan Seoul Tower!


Empat dari banyak foto di Trick Eye Museum. Harus pas dan ekspresif pokoknya. 

Pengen ke Korea lagi? Pengen banget! Entah cuma buat jalan-jalan atau buat studi (mungkin), yang jelas aku pengen banget balik ke sana lagi. Bakalan seneng banget deh rasanya kalau misal ada yang kasih hadiah liburan ke Korea.


Emang bisa? Bisa banget dong! Cuma dengan beli shampo Pantene di Alfamart, kita bisa dapet kesempatan untuk memenangkan grand prize berupa hadiah liburan ke Korea! 


Image may contain: 2 people, people smiling, text

Kalau ke Korea lagi, aku HARUS banget jalan-jalan atau sepedaan di pinggir Han River dan piknik di sana sambil bawa ayam goreng + cola. Duh, ngebayanginnya aja udah nikmat banget ya Allah. Semoga suatu hari bisa balik ke sana lagi :')

Kamu pengen ke Korea juga nggak? Kasih tahu di kolom komentar ya. See you on the next post!

12 comments:

  1. Mau banget ke South Koreaaaaaaa! *teriak*
    Besok lgsg meluncur ke Alfa dan beli pantene nih ah. Huaaa.

    Faa keren bgt sih btw bisa menang lomba di negeri orang, saluuuuut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss beli Biii siapa tau ketemu Teh Yuri ama Teh Seohyun :')

      Temen-temen sama dosen adviserku yang keren Bi. Aku cuma jadi penerjemah sama tukang angkut-angkut aja :')))

      Delete
  2. Ajakinlah kak hon, biar punya paspor jugaaa.. masa iya 2017 blon punya paspor :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wis gek nggawe o wae ben termotivasi nggo travelling :3

      Delete
  3. Wah internetan disana macam buka folder? Astaga, gk kebayang deh bahagianya kalo download K-Drama haha
    Kalo bisa, ke Jeju Island juga ya mbak Hanifa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa cepet banget internetnyaaaa. Makanya di sana kalau upload video resolusinya gedhe-gedhe semua. Kita di Indonesia hanya bisa pasrah :')

      Semoga suatu hari bisa ke sanaaa :D

      Delete
    2. Hahaha pasrah wakakak tapi iya sih, apalagi kalo hujan badai. Banyak-banyak doa aja biar dikuatkan jaringannya

      Amin. Kudoain mbak, biar bisa korek-korek dunia traveling disana. Buat saya, baca uda serasa numpang traveling juga hihi

      Delete
    3. Amiiiin. Saya pun begitu saat baca blog temen2 travel blogger. Betah banget baca pengalamannya. Apalagi kalau fotonya bagus-bagus :'))

      Delete
  4. kalau negaranya maju pasti semua lancar ya hehe

    www dot y u k g a s dot id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tergantung persiapannya juga sih..

      Delete

Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun. Boleh meninggalkan link blog, tapi mohon untuk tidak mencantumkan link hidup, ya! Terima kasih ;)

Powered by Blogger.