5 Tips SEO untuk Blogger Pemula

tips seo untuk blogger pemula

Seperti sebelumnya, saya nulis ini sebagai media belajar dan mungkin bisa ngebantu temen-temen sesama blogger untuk belajar lebih banyak juga. Kali ini, saya akan bahas tentang SEO tips yang sederhana dan cocok untuk blogger pemula.

Buat kamu yang belum tahu apa itu SEO, kita kenalan dulu deh yak. SEO (Search Engine Optimization) itu usaha untuk mengoptimalisasi konten blog supaya bisa lebih gampang terdeteksi di search engine, seperti Google. Kalau kita udah menerapkan SEO di postingan blog, makin besar kesempatan untuk orang lain "menemukan" tulisan kita melalui keyword-keyword tertentu di mesin pencarian.

Tapi kayanya susah kalau udah denger SEO ya? Rasanya technical dan ribet banget. Nah, kira-kira apa sih yang bisa blogger pemula lakukan untuk mengoptimalisasi konten blognya melalui SEO yang nggak terlalu ribet? Berikut 5 tips SEO untuk blogger pemula.

1. Sisipkan keywords terkait di setiap postingan

To be honest, saya sering banget kelupaan atau bahkan mengabaikan langkah yang satu ini. Tapi setelah saya tahu manfaatnya, saya jadi lebih telaten untuk mengandalkan penggunaan keywords. Pada hakikatnya, search engine sendiri meng-highlight konten dengan keyword yang berkaitan sama apa yang dicari user. 

Kalau kita pengen nulis sesuatu yang up to date, bisa coba buka Google Trends buat cari apa yang sekiranya banyak dicari user di momen tertentu. Sisipkan keyword di bagian judul, URL/permalink, dan di dalam tulisan.

2. Edit URL/Permalink menggunakan keyword

Awal ngeblog dulu, saya nggak pernah peduli sama URL blog post-ku. Jadinya gimana, yaudah itu yang yang dipakai. Padahal kalau misal judulnya panjang banget, biasanya pasti ada yang kepotong. Mulai sekarang, saya udah biasakan buat edit URL dulu sebelum publish. 

tips seo untuk blogger pemula
Cara ngedit URL/Permalink di blogger.com

Buat blogspot, ada di bagian "Setelan Entri", lalu klik "Link", lanjut klik "Tautan Permanen Khusus". Di situ kita edit URL yang terdiri dari setidaknya 3-4 keywords postingan kita. Contohnya untuk postingan ini, saya edit URL-nya jadi "tips", "seo", "blogger". Sederhana tapi berkaitan dan sering dicari.

3. Gunakan "Subheading" dalam pengategorian isi konten

Mungkin sebagian dari kita masih nggak familiar dengan Subheading, terutama saat bikin tulisan dengan jenis listicle seperti tulisan ini. Memang nggak keliatan terlalu kece sih, tapi ternyata lebih gampang terdeteksi search engine karena memperjelas isi dari konten blog kita.

tips seo untuk blogger pemula
Pilihan Subheading ada di bawah kolom judul

4. Berikan internal links pada tiap blog post

Salah satu cara untuk mengoptimalkan blog post di search engine adalah dengan memberikan internal links. SEO dengan cara ini nggak cuma nambah traffic ke postingan lama kita, tapi juga memperkecil bounce rate. Bounce rate itu saat pembaca cuma nge-klik satu artikel aja dan nggak betah berlama-lama di blog kita.

Simpel aja kok buat ngasih internal link. Kita tinggal ngasih postingan lama yang sekiranya relevan dengan topik dari postingan baru yang  kita buat. Misal nih, kalau kamu baru aja bikin blog, nggak ada salahnya buat tengok tips blogging yang pasti pengen kamu tahu sejak awal ngeblog.

5. Labeli setiap postingan blog

Label itu penting banget nget nget yaaa buat dikasih di tiap postingan kita. Nggak cuma buat tujuan SEO aja, tapi juga supaya postingan kita lebih organized di setiap kategorinya. 

Kalau ngomong soal ngelabelin postingan, saya sendiri pasti ngasih label ke kategori utama yang ada di blog. ASLINYA SIH yang paling bener cuma "Self-Development", "Beauty & Fashion", sama "Blogging & Social Media". Cuma sekarang udah ada kategori lain berupa "Event Report" dan "Sponsored" sebagai portofolio buat calon-calon klien yang berminat menggandeng blog ini sebagai partner peliputan atau per-marketing-an. Beberapa klien pariwisata juga sudah mulai masuk, jadi saya tambahin "Food & Travel" deh akhirnya.


Nah untuk tambahan labelnya, kita bisa tulis apa aja yang berkaitan sama postingan kita. Kalau review produk, ya tulis nama produknya. Kalau ngebahas event, ya tulis siapa penyelenggaranya. Secara SEO, InsyaAllah bakal bantu up postingan kita.

Udah itu aja? Yaaa sementara itu aja dulu. Masih banyak tips SEO lain kayak bikin webmaster, plugin ini itu yang saya bingung cara ngejelasinnya gimana. Buat kamu yang mau nambahin tips SEO-nya, langsung tulis di kolom komentar ya! Siapa tau bisa sekalian saya upgrade (mungkin) di postingan berikutnya.

Hope it helps and see you on the next post!

Post a Comment

66 Comments

Diyanika said…
Mbak, yang penggunaaan subheading nih masih nggak paham. Maksudnya gimana ya?
Hanifa said…
Kalau misal nulis listicle, poin-poinnya pake subheading Mbak :D
Wah makasih banyak mba ilmunya. Saya termasuk bloggger pemula nih 😃
Kalau nggak listicle sebaiknya pake apa mba ?
Hanifa said…
Nggak listicle pun bisa pakai. Misal mau ngasih sub-judul di antara paragraf biar lebih jelas konteks pembahasan paragrafnya seputar apa :3
Hanifa said…
Iya sama sama Bundaaa. Saya juga masih banyak belajar :D
Terima kasih mba ilmunya 😃
Hanifa said…
Iyaaa sama samaaaa :D
erny's journal said…
Wah aku baru tahu lho yang soal subheading itu. Thanks for sharing ya Han!
Hanifa said…
Yuhuuuu masyama Erny :*
Yoen Mintarsih said…
Tips yang bermanfaat sekali Mbak. Dulu saya nggak tahu sama yang namanya "edit permalink" ini. He ..
Hanifa said…
Saya juga baru tahu belum lama ini. Alhamdulillaaah semoga membantuuu 😘
Herva Yulyanti said…
baru tau yg suheading mba makasih mba jd pengen ngacak2 eaaa biar belajar lagi dan lagi alhamdulilah dapet ilmu lagi dari sini 😍
Mporatne said…
teriman kasih mba ilmu nya. Jazakumullah khairon khasiro
Hanifa said…
Alhamdulillah makasih banyak Mbak atas feedback positifnya 💕
Hanifa said…
Sama sama Mbak semoga bermanfaat 😊
Thanks infonya mbak...bermanfaat banget, buat saya yg pemula
Antung apriana said…
Makasih tipsnya. Aku yang masih belum dilakukan bikin internal link ke blog sendiri. Moga nanti bisa rajin bikin
Mba, kalo ngasi label itu gmn ya ? Aku dari dulu bikin tulisan kukasi banyak label, trus jadi pusing krn kebanyakan. Tipikal blogspot mungkin ya ? Pengennya dibuat semacam categories kaya di wordpress gitu gmn caranya ya mba ? Btw makasih banyak artikel nya ^^
Hanifa said…
Sama samaaaa 😘
Hanifa said…
Mulai dirutinkan saja gapapa 😊
Hanifa said…
Saya agak nggak paham sama maksud pertanyaan Mbak. Bisa lebih diperjelas lagi nggak? :'

Kalau untuk label di postingan, sudah pasti yang dipakai yang sekiranya penting saja. Nggak perlu terlalu banyak tapi sudah ngasih petunjuk seputar isi dari postingan tsb.
Ruli retno said…
Baru ngeh soal bounce rate
Hanifa said…
Semakin kecil, tandanya pembaca semakin betah berlama-lama baca blog kita Mbak :3
Nur Rochma said…
Aku termasuk yang gak paham seo. Makasih ya mba.
Beautyasti1 said…
Masih ga mudeng dengan heading sub heading bla bla blah hehehe.. Gagal paham dah seo ^^'
thanks for sharing mba, udah lama pakai blogspot tapi baru tahu fitur-fitur di atas *kemane aje guee* haha
Dipa said…
Artikel yang sangat bermanfaat, langsung praktek :)
Hanifa said…
Sama sama Maks semoga membantu :))
Hanifa said…
Kalau misal Mbak bikin artikel yang ada list nya, poin2 yg sebelumnya pake tulisan "normal" diganti jadi "subheading"
Hanifa said…
Sama-sama Kak :D
Hanifa said…
Mantap :D Makasih banyak untuk feedback positifnya :D
fillyawie said…
Bagus banget Mba Tips nya 👍👍👍, hal yang simple tapi sering kelewat untuk di perhatikan dalam blog post saya. Thank you for sharing.
Hanifa said…
InsyaAllah kalau rutin dilakukan bisa membantu banget kok :3 Sama-samaaa :D
Lulu Khodijah said…
Thanks for sharing! Mau menerapkan yg subheading nih. Yg lain insyaAllah sudah :D
noriko reza said…
thanks ilmunya mbak..simple tapi baru tau karena selama ini ngeblog cuman karena asal suka nulis aja >_<..harus mulai menerapkan ilmu ilmu bloging nih saya biar nggak semakin oke ngeblognya
Yelli Sustarina said…
Sangat berguna tips ini bagi para blogger, thanks banget infonya mbak!
Mita Vacariani said…
aku baru tau mba yg subheading fungsinya itu ternyata hehe.. thanks for sharing mba, jd nambah ilmu :)
Makasi tipsnya bermanfaat sekali khususnya sebagai pemula izin share ya mba
Ratri Anugrah said…
Ups, aku baru tau ada subheading di blogspot x_x Alhasil selama ini pakai large text. Bodohnya aku ngga utak-atik juga. Thank you mbaaaa udah dikasih info hehe
Trimakasih sudah membagi ilmunya. Saya mau lagi ya tips SEOnya.. Untuk belajar. Yg ini saya kunyah dulu pelan-pelan.. God bless..
Nodiwa said…
Aku baru tahu soal subheading, permalink dan bounce rate. Mau utak-atik blog ah. Terimakasih sharing tips SEO nya ya mbak :)
wah sis, bermanfaat banget tipsnya. Nggak cuma buat pemula tapi buat yg udah lama tapi ngga peduli sama SEO hahaha *kayak aku* next postingan mau langsung aku praktekin deh

www.deniathly.com
Hanifa said…
Sama sama Mbaaak 😁
Hanifa said…
Siiip Mbak sama-samaaa. Semoga bikin makin semangat ngeblog yaaa 😍
Hanifa said…
You're welcome 😘
Hanifa said…
Iya Mbaaak masamaaaa 😍
Hanifa said…
Mongho di share aja Mbaaak siapa tau bisa bermanfaat buat yang lain jugaaa 😘
Hanifa said…
Iyaaaa sama samaaaa semoga bermanfaat yaaa 😘
Hanifa said…
Siaaaaaaap InsyaAllah akan ada tambahan lagi. Mungkin untuk detail tiap poinnya lagi karena ini masih yang umum 😊
Hanifa said…
Sama sama Mbaaak. Saya juga masih utak atik terus nih 😂
Hanifa said…
Makin semangat ngeblog ya siiiiiiissss 😘😘😘
Dzaka Zulafa said…
Waduh Mbak terima kasih tipsnya, ternyata ga terlalu ribet ya buat belajar SEO awal awal gini. Ini saya baru mulai menulis nih boleh kalau berkenan mampir hehe
Hanifa said…
Iya Kak sama-samaaaa :D
tabemonogatari said…
Ini oh iniiiii sangat berguna sekali buat aku. Makasih banyak mba, aku baru di dunia blogger dan bingung dengan SEO tapi setelah baca blog punya mba aku jadi melek apa itu SEO. Thank you mbaa
Hanifa said…
Semoga sedikit membantu yaaa ;)
zaenudin said…
makasih mba, saya jadi tahu banyak tentang SEO.. hehe
Hanifa said…
Ehe ini baru sebagian kecil kok. Kalau ada tambahan, jangan sungkan untuk share di sini juga ya :D
Tapi saya pakai heading mbak, apa itj ga masalah? Soalnya memang ada opsi, mau heading atau subheading. Adakah pengaruhnya?
Hanifa said…
Kalau heading sih umumnya buat bagian headline. Jadi penempatannya di awal paragraf sebelum paragraf pembuka. Pengaruhnya di alogaritma Mbah Gugelnya kalo ga salah muehehehe
Bikin part selanjutnya dong hanifa, ku akan menyimak dengan manjah
Hanifa said…
Udah tuuuu yang ngopcan sama Mbak Shintaries duluuu xD
Prima Chandra said…
Listicle itu modelnya semacam : 7 Kiat Sukses Blogging, ya?
mau coba poin 2,, kayaknya menarik untuk dicoba..
Hanifa said…
Prima Chandra: Betul sekali :D
Hanifa said…
Victor Martin: Mantaaaap :D