FKY 29: Datang Sekali, Pasti Ingin Balik Lagi!

Dari banyaknya event kesenian di Jogja, seperti Pasar Kangen dan Art Jog, FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) adalah salah satu yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh masyarakatnya. Acara tahunan yang rutin diadakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY ini nggak pernah gagal bikin masyarakat Jogja terhibur dengan berbagai rangkaian acaranya. Tahun 2017 kali ini adalah kali ke-29 FKY terselenggara, mulai dari tanggal 27 Juli - 13 Agustus. Planet Pyramid di Jl. Parangtrits KM 5,5 jadi lokasi pusat FKY 29 tahun ini.

 Panggung Pasar Seni FKY 29

Rangkaian acara di FKY 29 ini banyak banget! Ada bioskop FKY, diskusi seni, kirab seni, lokakarya, lomba, PAPERU (Pameran Perupa Muda), panggung pasar seni, pasar seni, dan video mapping. Aku sendiri berkesempatan untuk dateng di tanggal 3 Agustus dan keliling Planet Pyramid dari ujung ke ujung. Perhatianku tertuju ke PAPERU, pangung pasar seni, dan pasar seni.


 Suasana Pasar Seni FKY 29 di malam hari. Walau ramai, tapi tidak berdesak-desakan.

Secara pribadi, aku suka banget sama PAPERU FKY 29. Walau aku masih awam masalah seni, tapi aku punya tempat spesial di hati untuk mengapresiasinya.Karya-karyanya unik dan bikin betah untuk dipahami lebih dalam.Tapi sebagian, atau mungkin masih banyak orang, yang kurang tahu gimana caranya mengapresiasi suatu karya seni dengan bijaksana. Alhasil, masih aja aku temui orang-orang yang dengan iseng pegang-pegang, bahkan mencoba melepas, instalasi seni yang ada di sana.



Sebagian dari banyak karya yang dipamerkan di PAPERU FKY 29

 This is my personal favorite among all arts in PAPERU FKY 29

Di PAPERU ini, para perupa muda Jogja nggak cuma "pamer" karyanya aja, tapi juga menyediakan ruang khusus untuk mereka yang berminat membeli karya-karyanya. Untuk yang nggak paham nilai karya seni sih pasti bakal nganggep kalau harga yang dipatok sangatlah mahal. Wajar sih kalau memang belum paham. Tapi coba lihat dari sisi sang seniman. Suatu karya otentik bisa jadi membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. So, let's appreciate it more.


And honestly, if I was just rich enough to buy this, I would definitely bring this home.

Setelah puas keliling show-room PAPERU, saatnya berkeliling pasar seni. Ada banyak banget pilihan jajanan dan produk kesenian lokal karya teman-teman dari berbagai UMKM. Pada saat itu aku ketagihan beli minuman cokelat dari COA-COA dan tempe mendoan. Sumpah, aslinya nggak segampang itu buat memutuskan mau jajan apa saking banyaknya opsi. 

Itu baru jajannya aja. Belum lagi pilihan pernak-pernik yang dijual di pasar seni FKY 29. Duh, kalau udah laper mata, bisa raib semua uang di dompet. Bagus-bagus banget dan akhirnya aku kecantol di booth Leon Paper Works. Barangnya sih biasa aja... Cuma notebook yang biasa buat nyatet-nyatet gitu. Cumaaaaaaaaa aku orangnya obsessed banget sama notebook kayak giniiii. Belum lagi kalau di dalemnya ada agenda. Buat freelancer kayak aku, barang kayak gini penting banget. Sampe aku udah nggak bisa bedain lagi mana yang emang penting dan mana yang udah impulsif kalau udah kecantol sama barang semacam ini.

Leon Paper Works, thank you for making me broke in a night. But it's all worthy. 
Those notebooks aren't just pretty in the design, but also useful.

Overall, FKY 29 ini oke banget dan JAUH LEBIH BAIK dari segi tempat dan penataannya. Walau rame, tapi nggak desak-desakan parah. Semoga ke depannya FKY bisa mempertimbangkan untuk menyelenggarakan dengan tempat yang luasnya serupa dengan Planet Pyramid. Penataannya pun semoga makin oke lagi. Setidaknya sih sama okenya dengan yang tahun 2017 ini.

Buat kamu yang belum dateng ke FKY 29, cuss berangkat sekarang juga! Kesempatan untuk dateng ke event FKY 29 tahun ini cuma sampe tanggal 13 Agustus aja!

6 comments:

  1. Fix postingan ini membuat saya rindu Jogejaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini dooooong! Agustus rame2nya acara seni nih 😆

      Delete
  2. Yogya memang selalu dan selalu bikin kangen :)

    ReplyDelete
  3. keren, memang org jogja kreatif2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insan-insan kreatif banyak yang berkumpul di sini Mak :')

      Delete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.