Lombok, Potensi Wisatanya Bikin Kita Bangga Sama Indonesia


Pulau Lombok memiliki tempat wisata yang terbilang lengkap, indah dan megahnya Gunung Rinjani, keindahan alam bawah laut di sekitar Tiga Gili, air terjun yang memiliki panorama indah, dan wisata adat dan jangan lupakan kelezatan kuliner khasnya.


Keindahan pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini memang telah di akui hingga ke mancanegara, dan telah dibuktikan dengan keindahan alam bawah laut di Pulau Lombok. Banyak spot menyelam atau sekadar snorkelling disini.

Aku sendiri belum pernah ke Lombok, tapi beberapa inspirasi tempat wisata di Lombok yang memiliki keindahan luar biasa ini bikin aku makin pengen pergi ke sana. Di mana aja sih?

1. Air Terjun Benang Kelambu


Berada di kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di kaki Gunung Rinjani di bagian selatan. Untuk sampai ke Air terjun ini kita memang butuh perjuangan dengan sedikit mendaki bukit di tengah hutan. Tapi santai, banyak kok wisatawan lain yang juga mendaki, jadi kita nggak jalan di tengah hutan sendirian. Atau jika memang kita merasa nggak sanggup mendaki, mamang Ojek siap mengantarkan kita ke atas bukit dan sampai di air terjun.

Disebut air terjun benang kelambu, karena air terjun disini terdiri dari beberapa aliran air, arusnya terlihat pelan seperti sebuah kelambu yang turun dari atas bukit, sungguh pemandangan yang memesona, dipadukan dengan hijaunya pepohonan dan dan terpaan sinar matahari yang membuatmu nggak berhenti berdecak kagum dan merasa beruntung lahir di Indonesia.

2. Gili Nanggu


Jika kita sudah bosan berada di tiga Gili, Gili Nanggu bisa jadi alternative untuk tempat wisata di Lombok selanjutnya. Berada di barat daya Lombok, Gili Nanggu merupakan pulau kecil dengan luas sekitar 12 ha dan kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengitari seluruh bagian pulaunya. Nggak perlu khawatir meski ini merupakan pulau kecil, namun di Gili Nanggu sudah tersedia penginapan yang menyediakan berbagai kegiatan air yang bisa kita lakukan. Seperti snorkelling, diving, wahana water sport, penyewaan kano, sepeda sampai perahu jukung.

Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih akan menjadi pemandangan yang siap menemani kita menghabiskan waktu berlibur, karena masih jarang dikunjungi wisatawan, Gili Nanggu tergolong sepi dan sering dijadikan untuk tempat berbulan madu.

3. Gunung Rinjani


Sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Asia Tenggara, kita wajib mengunjungi gunung ini. Namun, pastikan fisik kita kuat ya. Karena, mendaki gunung ini nggak bisa main-main. Kecuali jika kita sudah terbiasa mendaki, ya!

Pemandangannya akan terlihat lebih indah saat matahari terbenam, Ada 2 jalur pendakian untuk mencapai Puncak Rinjani, yaitu Jalur Sembalun dan Jalur Senaru. Jalur Sembalun merupakan jalur favorit para pendaki karena meskipun treknya lebih panjang namun bisa menghemat 700m ketinggian.

Pastinya, sepanjang perjalanan jalur pendakian kita akan berdecak kagum dengan pemandangan yang sangat indah. Maka wajar jika Gunung Rinjani merupakan bukti keindahan alam Lombok yang akan membuatmu semakin bangga dengan negeri ini.

4. Wisata Desa Adat Sade Lombok


Penduduk di Desa Sade Lombok ini sekitar 715 jiwa. Mata pencahariannya adalah bertani dan pekerjaan menenun adalah pekerjaan sambilan kaum wanita, setelah selesai bekerja di sawah. Mereka menenun dengan hanya mengunakan alat tenun tradisional yang sangat sederhana. Hasil tenunan mereka sangat beraneka ragam seperti taplak meja, kain sarung, kain songket, selendang, dan lain-lain.

Penduduk di sini merupakan suku sasak. Konon, kebudayaan masyarakat terekam dalam kitab Nagara Kartha Gama karangan Empu Nala dari Majapahit. Dalam kitab itu, Suku Sasak disebut “Lomboq Mirah Sak-Sak Adhi”.

Gimana? Makin pengen pergi ke Lombok atau sudah memutuskan untuk langsung terbang ke Lombok? Semoga suatu saat nanti ada kesempatan untuk pergi ke sana, ya! See you on the next post!



Sumber gambar: 
lihatlahnusantaraku.wordpress.com
transportasiwisatalombok.com
rinjaninationalpark.com
wisatadilombok.com

9 comments:

  1. betul ,lombok memang indah , waktu ke sana juga aku lihat banyak wisata ayng bisa diandalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aakkk iri Maaak saya juga pengen ke sana tapi belum kesampaian :')

      Delete
  2. Padahal pulau tetangga tapi belum pernah kesana TT. One day lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks sama niiih. Semoga ya suatu saat nanti :')

      Delete
  3. Wisata Alam Di Lombook hampir komplit,
    semua yang kubutuhin ada disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaa udah pernah ya? IRIII pengen banget ke sana jugaaaa Dx

      Delete
  4. betul banget, memang potensi wisatanya cukup banyak dan bagus.
    saya lebih suka ke Lombok karena lebih sepi, drpd ke Bali. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya walau lebih jauh tapi worthy banget kayanya. WAJIB BANGET NIIIH

      Delete
  5. Aku baca ini terus kangen banget sama suasana Lombok huhu

    ReplyDelete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.