Streaming Drama Korea Lebih Mudah dengan Tribe

November 07, 2017

"Ifa, kasih rekomendasi drama Korea terbaru dong!"

Biasanya kalau ada orang yang nyamperin saya dengan pernyataan seperti itu, saya langsung mati kutu. Banyak orang mengenal saya sebagai KPop enthusiast dan menyamakan hal tersebut sebagai "tahu semua hal yang berbau Korea". Oke, saya memang suka banget sama KPop. Tapi kalau drama Korea aka drakor, saya akui kalau sebenernya saya kurang update. HAHAHA.

Bukannya nggak suka drakor, tapi saya takut banget setiap udah nonton drakor. Kenapa? Karena drakor itu SUNGGUH ADIKTIF. Kayanya drama Korea punya efek samping semacam pasir hisap. Sekalinya nginjek, eh serasa ditelen bumi dan susah buat naik lagi. Apa jangan-jangan cuma saya yang kayak gitu?

Mengenai Tribe, Drama Korea, dan Para Penikmatnya

Eits, ternyata nggak lho. Berdasarkan hasil analisis data penonton aplikasi video streaming dan on demand, Tribe, pecinta program TV Korea biasanya menghabiskan waktu rata-rata 76 menit per harinya. Jadi nggak cuma drama Korea aja, tapi juga berbagai program lain seperti variety show dan beauty show. Hal ini diungkapkan oleh Rasyefki Sultani selaku Country Manager Tribe Indonesia pada event meet up blogger dan jurnalis dengan Tribe Indonesia di Jogja tanggal 24 Oktober 2017.

Di event ini, Mas Rasyefki nggak cuma mengungkap data penonton tayangan Korea aja, tapi juga data-data penting lain mengenai pola tontonan masyarakat, khususnya generasi milenial. Generasi millennial (usia 21-24 tahun) dan generasi Z (usia 15-20 tahun) sudah makin meninggalkan siaran TV konvensional dan TV kabel dan makin beralih menonton film atau acara TV via internet.

Data pengguna Tribe

Tribe sendiri adalah layanan Video on Demand dan TV Streaming yang berbasis aplikasi online. Saat ini Tribe beroperasi di empat negara, yaitu di Indonesia, Phillipina, Singapura, dan di Thailand. Di Indonesia, Tribe pertama kali diluncurkan pada 18 Maret 2016 lalu. Aplikasi streaming dan video on demand ini diciptakan untuk mengakomodir demand generasi milenial akan pilihan konten video tertentu yang semakin tinggi, termasuk drama Korea.

Selama ini Tribe memang all out dalam menyajikan drama korea sebagai menu utama. Total ada 96 judul drama korea dengan total episode hampir mencapai 1500 episode. Jumlah tersebut masih belum termasuk variety show dan program TV lain yang ditayangkan 24 jam nonstop di 4 channel TV Korea (OK, KBS TVN dan Kplus).


Eh, tapi memangnya cuma drama Korea aja yang available di Tribe? Nggak, kok. Walau didominasi oleh tayangan drama dan variety show dari Korea, Tribe juga mencoba untuk menarik perhatian dari para penggemar serial action superheroes dengan menayangkan channel Warner TV dari perusahaan media Hollywood ternama, Warner Bros.

Biaya Berlangganan Video on Demand di Tribe

Untuk berlangganan video on demand dan tayangan di Tribe, kita cukup membayar Rp 15.000,- aja per bulan. Kalau sudah sign in, kita bisa berhak memanfaatkan akses gratis bagi pengguna baru selama 30 hari. Faktor ini ternyata membuat aplikasi Tribe sudah di download oleh 2 juta pengguna dalam kurang dari 2 tahun!

Dengan perkembangannya yang cukup signifikan dan permintaan streaming dan video on demand untuk generasi milenial, Tribe diharapkan bisa jadi aplikasi yang mampu menyediakan tontonan berkualitas untuk para penggunanya dan juga masyarakat dunia pada umumnya. Jadi kalau bingung mau ngapain saat ada waktu luang, nonton #DrakordiTribe bisa jadi pilihan kita.

Photo source:
https://www.lowyat.net/
http://gizguide.com/

4 comments:

  1. boleh juga dicobain cara ini, keknya asik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak bisa coba instal di HP dan langsung berlangganan 😊

      Delete
  2. Wah seriusan mba cuma 15 ribu sebulan? Murah bangettt ya. Jadi penasaran. Soalnya saya penyuka drakor hehehe

    ReplyDelete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.