Tingkatan Produktifitas dengan 7 Cara Ini!


Menjadi manusia yang produktif adalah goals untuk orang-orang yang bermimpi akan kesuksesan di masa depan. Nggak cuma yang lagi berproses menuju kesuksesan aja, tapi juga untuk mereka yang ingin mempertahakan sukses itu sendiri dalam hidup mereka. Ada yang bilang kalau kerjaan banyak, bangun pagi, lalu pulang larut malem dalam keadaan capek itu namanya produktif. Hmmm, emangnya gitu?

Aku mendefinisikan produktif sebagai suatu rangkaian kegiatan dimana kita tidak hanya capek mengerjakan ini itu, tapi juga menghasilkan. Setelah prosesnya pun, kita merasa puas dan bahagia dengan apa yang kita capai. Bangun pagi dalam keadaan semangat untuk menjalani hari, tidur malam dalam keadaan tenang karena apa yang kita kerjakan membuahkan hasil positif.

Beberapa bulan ini terus terang aja aku ngerasa nggak produktif. I really am lack of productivity. Banyak sekali alasan di baliknya. Maka dari itu, aku berencana (dan semoga tidak hanya jadi wacana) untuk memperbaiki beberapa hal yang berkaitan dengan pola hidup dan aktifitas yang mampu meningkatkan produktifitas. Apa saja?

1. Stick to the plan!

Hal pertama yang suka susaaah banget dilakukan adalah benar-benar menjalankan apa yang sudah direncanakan secara matang. Udah bikin to-do-list, eh taunya nggak maksimal. Oleh karena itu, komitmen dengan daily planner harus benar-benar kuat. Jangan sampe menunda yang ujung-ujungnya nggak bakal dikerjain. Kerjakan dari pekerjaan yang paling susah dikerjain. Step by step, sedikit demi sedikit, lama-lama juga bakal selesai kok. Just do and stop planning it all the time.

2. Hindari begadang sampai pagi hari

Sering begadang sampai jam 2 atau 3 pagi? Sama, aku juga. Alasannya? Nyelesein kerjaan atau nonton TV series. Bisa juga karena memang insomnia. Pas bangun? Biasanya sih ngerasa capek dan nggak semangat. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidur tidak terlalu larut, bahkan tidur pagi. Bukannya recharge, eh malah semakin discharged. Kecuali kalau emang pola tidur default-nya seperti itu.

3. Bangun subuh dan tidak tidur lagi

Setelah sholat Subuh, apa yang biasa kita lakukan? Yep, tidur lagi. Biasanya tidur lagi karena kita masih merasa malas beraktifitas dan masih ngantuk karena kurang tidur semalam. Alhasil kita memutuskan untuk tidur lagi sampai last minute berangkat ke sekolah, ke kampus, atau ke tempat kerja. Ada baiknya untuk tidak tidur lagi setelah Subuh atau paling tidak bangun sekitar jam 6-7 pagi dan dilanjutkan dengan olahraga atau langsung mandi. Badan lebih segar dan siap beraktifitas!

4. Olahraga minimal 30 menit tiap hari

Sudah sekitar setahun ini, aku nggak rajin ke tempat senam seperti waktu masih aktif kuliah dulu. Padahal kalau disempetin, bisa banget sebenernya. Aku sering ngerasa minder karena selain nggak ada temen, kadang suka ada ibu-ibu yang iseng kepo berat badan dan latar belakang kehidupan. Ah, males deh jadinya... Untuk itu aku siasati dengan aerobic workout di rumah dengan instruksi video yang aku dapet dari Youtube. Lumayan bikin fresh dan semangat.

5. Tidak melewatkan makan sayur dan buah

Ini tips buat lebih produktif apa tips kesehatan sih? Eh, jangan salah... Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan sangat mempengaruhi metabolisme dan ketahanan tubuh dalam menjalankan aktifitas. Kalau kita makan yang dominan junk food, biasanya sih gampang capek dan ngantuk. Beda saat kita makan buah dan sayur dengan porsi cukup. Selain gizinya seimbang, nggak cepet laper dan ngantuk juga.

6. Minum air putih secara teratur

8 gelas sehari? Ih, siapa yang sanggup?
Lhah, ya disanggupin dong. Kurangnya air putih juga dapat berdampak signifikan bagi kesehatan. Kalau aku sih pas kurang air putih udah jelas langsung gampang banget laper dan badan jadi pegel-pegel. Itu kenapa biasanya aku nyiapin 2 botol tupperware 1L di meja kerja. Karena kalau nggak gitu, suka males minum. Boleh dicontek kok buat yang suka males minum air putih juga. Muehehehe.

7. Kurangi candu social media

Ini nih.. Ini... Susyah cyiiin. Gimana ya... Bangun pagi habis matiin alarm, langsung buka notifikasi. Setelah itu lanjut buka-buka yang lain sampe nggak kerasa 2 jam berlalu sia-sia hanya buat kepoin selebgram favorit atau yang lebih so yesterday lagi adalah kepoin mantan. Stop! Fokus aja ke daily planner yang udah disiapin semalem yeee. Kecuali kalo emang nggak ada kerjaan, sok lah lanjut keponya.

Jadi, itulah beberapa hal yang berusaha aku lakukan untuk memperbaiki lifestyle dan meningkatkan produktifitasku. Kalau kamu sendiri gimana? Ada tips lain mungkin yang bisa di-share supaya lebih produktif. Kalau ada, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bisa jadi self-reminder dan bermanfaat, ya! See on the next post!

24 comments:

Mildaini Milda Mildaini said...

nice info , aku lg nyobain byk minum ni

Farichatul Jannah said...

Hihi dari sekian cara diatas hanya dua yang bisa aku lakukan.. Plan dan banyak minum air putih... aku banget ini..

tapi kalau begadang malam,, bangun pagi gak bisa... hihihi karena bisa ngerjain tulisan malam hari... pagi tidur ckckckkc

tapi okelah aku akan berusha lebih baik demi kesehatan dan produktifitas yang lebih baik

Ade Anita said...

yang terakhir rada-rada susah karena sekarang internet udah bener2 bikin kecanduan.. sakaw banget deh kalo sehari nggak buuka internet

Hanifa said...

Sama nih Maks.. Semoga bisa lebih rajin dan nggak males-males lagi..

Hanifa said...

Sama nih Mak kalo begadang pasti abis Subuhan langsung tidur lagi. Haduuuh... Semoga nggak keseringan begadang dan bisa bangun lebih pagi :D

Hanifa said...

Sama nih Maks apalagi kalau udah buka youtube sama pinterest. Susah berhentiii~

Muthi Haura said...

haha yg trakhir itu aku jh sring ngrasainnya mbak. kayanya susah banget y buat lepas dr sosial media. ayo mbk smangt buat kita :D

Rusydina Tamimi said...

btw point 3 itu apa kepotong ya mbak tulisannya?

dari semua tulisan olahraga sama makaan sayur itu yang susah :(

Hanifa said...

Semangat Mbaaaaak :D Lawan rasa ketagihan supaya nggak terlalu sering buka socmed :D

Hanifa said...

Ah iya. Terima kasih Mbak atas koreksinya. Sudah saya tambahkan lagi.

Kebiasaan sehat itu memang susah-susah gampang sih ya Mbak :') Mungkin bisa dicoba pelan-pelan aja dulu :D

Eri Udiyawati said...

Merasa dinasehati nih, karena aku sering juga lewat dari jadwal, udah gitu sering begadang, ditambah kecanduan sosmed. Xixixiixix, makasih infonya :)

Hanifa said...

Sama-sama Mbak :D Ini juga sebagai bahan refleksi untuk diri saya sendiri. Semoga bermanfaat :D

inezdiva said...

Berusaha stick to plan sama minum air putih nih sepertinya hehe

www.extraodiary.com

Hanifa said...

Nha yang minum air putih penting banget tuh. Kalau kurang, bisa dehidrasi sampe jatuh sakit :(

Tiara Nabila said...

T^T duh kadang susah banget ya ngikutin plan sendiri ahahha aku malah susah buat olahraga konstan :'''

Hanifa said...

Sama :'

Makanya bikin postingan ini sebenernya buat ngingetin diri sendiri :'3

Rach Alida Bahaweres said...

Aku selalu berusaha pengen minum air putih 8 gelas sehari tapi sampai sekarang belum berhasil :(
Makasih ya sudah mengingatkan mba.

Hanifa said...

Sama-sama Maks :))

Tira Soekardi said...

makasih tips dan sharingnya

Hanifa said...

Sama-sama Maks :D

Endah Kurnia Wirawati said...

sering tidur malam, atau malah tidur sama sekali, tidurnya di siang hari (ini semacam mode default gitu deh), bikin to do list yang dikerjain cuma 50 persen, paling banyak..

ahh sudahlah.. yang penting makan sayur,buah dan banyak minum air putih ..
hehehe

Hanifa said...

Hiksss sama Mbaaaaak saya malah sering begadang dan bangun kesiangan. Kalau bangun siang tuh rasanya jadi kurang produktif. Ngerjain malam hari juga nggak maksimal. Tapi berusaha sekuatnya buat berubah. Semangaaaat

Anggara W. Prasetya said...

Olahraga itu mbak yang penting...
Setelah olahraga berasa fresh dan enteng jadinya..

Hanifa said...

Betuuul. Saya pun sedang membiasakan lagi untuk olahraga setidaknya 3x dalam seminggu. Saat sakit flu pun jadi terasa lebih enteng di badan. Nggak begitu menyiksa jadinya ihihihi

Leave your comment and your blog URL, so that I can blogwalking to yours. Supaya saya bisa langsung blogwalking, tulis komentar dan URL blogmu yaaa :))

Powered by Blogger.