Kamar Mandi Bebas Jamur dengan 3 Cara Ringan

April 20, 2018
Berapa lama biasanya kamu “ngendon” di kamar mandi? Saya termasuk yang bisa ngabisin waktu sejam, bahkan lebih, saat berada di kamar mandi. Kerjaan saya emang nggak cuma mandi byar byur sih kalo udah di sana. Ritual lulur, creambath, dan printilan perawatan lainnya sering saya lakukan di kamar mandi. 

Maka dari itu, penting banget buat saya merawat kebersihannya. Buat saya pribadi, kamar mandi yang baik adalah kamar mandi yang bersih dan sehat. Kalo nggak rajin dibersihkan, bukan nggak mungkin akan menimbulkan gangguan seperti jamur yang tentunya selain nggak enak dipkitang, juga akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan, batuk, atau bersin.


Kalo dipikir lagi, jamur di kamar mandi adanya dari mana? Biasanya sih dari bercak air, buih sabun, atau debu yang menempel di kaca, sudut atau dinding kamar mandi yang lembab. Sifat jamur sangatlah kuat menempel pada permukaan yang lembab. 

Tentunya kita nggak ingin hal itu terjadi pada toilet kamar mandi terbaru kita, bukan? Untuk itu, ada beberapa cara agar kamar mandi terhindar dari jamur, di antaranya adalah

Perhatikan Sirkulasi Kamar Mandi

Langkah pertama mencegah timbulnya jamur, adalah dengan membuat kamar mandi sekering mungkin. Pasanglah ventilasi seperti exhaust fan (kipas) atau jendela pada kamar mandi kita. Atau jika memungkinkan, bukalah pintu kamar mandi setelah selesai digunakan. Tingkat kelembapan ruangan harus berada atau dibawah 50%.

Poles Keramik Kamar Mandi

Agar kamar mandi terhindar dari jamur, poleslah lantai keramik menggunakan bahan poles khusus setiap satu tahun sekali. Hal ini penting untuk mencegah jamur timbul dari sela-sela keramik.

Bersihkan Setiap Hari

Jika kamar mandi atau peralatan shower kamar mandi terbaru kita sudah terkena jamur, nggak perlu khawatir, kita dapat menggunakan cairan pembersih yang mengandung hydrogen peroksida untuk membersihkan area yang sudah terkena jamur. 

Caranya gimana tuh? Semprot atau tuang cairan pada area yang terkena jamur, diamkan sebentar, lalu sikat, bilas, dan lap hingga bersih dan kering menggunakan lap lembut. Kita juga dapat menggunakan bulao, cuka, larutan air baking soda, atau karbol untuk ngangkat jamur dan membersihkan kamar mandi setiap hari. 

Selain itu, jangan lupa untuk mengelap peralatan kamar mandi seperti shower, kaca, wadah sabun, wastafel, dan lainnya dari bercak air setelah menggunakan kamar mandi. Jika hal ini dilakukan terus menerus, kamar mandi kita akan bersih dan terbebas dari jamur.

Jadi gimana, masih sudi males-malesan ngebersihin kamar mandi? Yuk jaga kebersihannya! Pokoknya inget, mencegah SELALU lebih baik daripada mengobati. Kamu sendiri udah rajin ngejaga kebersihan kamar mandi belum? Share di kolom komentar yak. See you on the next post!

10 comments:

Sitti Rasuna W. said...

Serius sejam? Lama amat hahaha!

Hanifa said...

Kak Sitti: Hampir sejam kalo lulur creambath segala macem huahahahaha

Dani Maulana said...

Kamar mandi di rumahku tidak ada jamur. Lumut sering.

Besok Siang said...

Wah artikel yang sangat bermanfaat. Bisa diaplikasikan pada blog Besok Siang agar tidak berjamur.

Hanifa said...

Kak Dani: Bisa jadi ada jamur tapi nggak keliatan :))

Hanifa said...

Kak Admin Besok Siang Nan Koplo: Cara membersihkan utek dari pikiran kotor aja gimana?

Tira Soekardi said...

terus terang sebagus2nya kamar amdi atau toilet aku mah malah gak suka betah lama di sana, jd suka heran yang suka lama banget nongkrong di toilet atau mandinya lama

Vindy Putri said...

Saya termasuk yang obsesi pengen punya kamar mandi kinclong tapi belum bisa huhu...

Hanifa said...

Mak Tira: Sama Maks, saya juga suka banget berlama-lama di kamar mandi apalagi kalo pas luluran hahaha

Hanifa said...

Kak Vindy: Pasti bisaaaa :D

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.