Keluarga Makin Betah dengan Smart TV di Rumah

June 10, 2018
Digital era is here. Internet is like taking over the whole world with its technology. Untuk para generasi milennial, teknologi berupa internet udah pasti nggak bisa lepas dari kehidupan mereka. Saya pun termasuk yang nggak bisa lepas dari internet, baik di smartphone maupun laptop.

Why? Because my life is on it! Even my career depends on it. Sebagai pekerja digital, internet jelas nggak mungkin saya tinggalkan. Sayangnya, nggak semua orang di sekitar saya paham internet. Jaman sekarang, lho! Masak iya sih? Iya, saya nggak bohong. Orang yang saya maksud ada di keluarga saya sendiri: ibu saya.

Ibu saya adalah salah seorang dari generasi baby boomers yang nggak “njowo” atau nggak paham dengan internet. Itu kenapa, kalau berbicara seputar pekerjaan, saya harus, bahkan selalu, berusaha keras untuk menganalogikannya dengan sesuatu yang lebih “membumi” dan bisa ibu saya pahami. Gimana lagi dong? Ibu saya cuma paham TV. Mau cari informasi dan hiburan, ya cari di TV. Titik.

Nonton bareng keluarga (via https://www.quietrev.com/)

Beruntung banget, saat ini internet juga sudah bisa dinikmati di TV. It’s called smart TV. Nggak bisa dipungkiri, kita sebagai generasi milennial dan orang tua kita sebagai generasi baby boomers sering merasa “berjarak” satu sama lain karena perkara teknologi. Akan tetapi, hal ini bisa diminimalisir dengan adanya smart TV.

Dari zaman ke zaman televisi mengalami perubahan teknologi yang terus berkembang, mulai dari warna yang monoton, lalu berwarna cerah hingga kualitas gambarnya setajam yang sekarang ini. Dari yang bentuk monitornya cembung, saat ini TV punya desain monitor yang sangat tipis dengan ke unggulan layar yang tipis dengan kualitas fantastis, televisi zaman sekarang sering disebut sebagai smart TV.

TV dengan julukan “smart” ini punya desain yang tipis dan layar  yang lebar. Namun, kalau ditelaah lebih dalam lagi, pengertian smart TV yang sebenarnya ada pada fiturnya yang mampu disambungkan dengan internet dan mengoperasikan OS pada komputer maupun juga perangkat yang hampir sama dengan perangkat smartphone saat ini.  

Contoh smart TV di rumah

Sama dengan jenis-jenis televisi lain pada umumnya, perangkat audio yang berkualitas “surround sound” diakomodir oleh smart TV. Info terbaru smart TV saat ini, katanya sih, terdapat sound bar yang melengkapi LED-nya. Dengan fitur ini, media audio yang dihasilkan jadi lebih optimal. 

Di rumah, seluruh anggota keluarga bisa lebih puas saat menonton acara TV favorit. Perangkat sound bar yang ada smart TV hampir sama dengan home theater. Namun yang membedakannya adalah desain, di mana perangkat sound bar  lebih minimalis bila dibandingkan dengan home theater

Dengan kualitas TV semacam ini, smart TV tentu bisa jadi solusi untuk lebih mengakrabkan keluarga. Saya pribadi sudah memasukkan smart TV ke wishlist perangkat elektronik yang perlu saya beli nantinya. Lumayan, kalau bisa terkoneksi internet, saya bisa memperkenalkan Youtube sedikit demi sedikit ke ibu saya. Tontonan di rumah pun nggak monoton gitu-gitu aja. Kamu tertarik untuk punya smart TV juga, nggak?

8 comments:

Doel said...

Smart TV udah makin hype aja ya... seolah gawai di tangan jangan dilepaskan gitu aja, meski harus berpindah platform.

Hanifa said...

Doel: Iyah cukup mudah rasanya :D

Mpo Ratne said...

tertarik dong, berhubung waktu kumpul keluarga enakan sambil nonton tv . Apalagi bisa youtube makin betah aja meluangkan waktu bersama keluarga

Hanifa said...

Mpo Ratne: Bener baangeeettt. Pilihan acaranya pun lebih variatif jadinya :D

xrismantos said...

Ngga perlu smart tv, mending tv biasa disambungin ke raspberry pi 3 harga 500ribuan sepaket, udah jadi full komputer tuh (full featured browser jd bisa youtube, streaming film gratisan lewat indoxxi, bahkan buat ngetik ala ms office jg bisa) genius tv kalo sy sebut.

Hanifa said...

Xrismanto: Wahahaha ide bagus juga sih itu :D

Anjar Setyoko said...

Saya kayaknya kok kudet banget ya mbak, baru dengar nih smart TV. Tapi seru juga sih kalau nonton TV sekalian langsung youtube-an. Apalagi kalau gambarnya tajam dan sound nya menggelegar

Hanifa said...

Anjar Setyoko: Saya pun baru tau belum lama ini Mas hahaha. Emang kayanya asyik banget kalo bisa punya smart TV di rumah :D

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.