7 Cabang Olahraga Asian Games 2018 yang Seru untuk Ditonton

August 20, 2018
Asian Games 2018 kali ini diadakan di Indonesia karena Vietnam mengundurkan diri menjadi tuan rumah karena alasan ekonomi. Indonesia yang sejatinya ditawarkan untuk jadi tuan rumah pada Olimpiade tahun 2019 lebih memilih tahun 2018 karena pada tahun 2019 kita akan melaksanakan pesta demokrasi (pemilihan umum).

Seperti pada tahun 1962 ketika Indonesia jadi tuan rumah Asian Games di era Presiden Soekarno, kali ini pun Olimpiade Asia ini akan diadakan juga di Jakarta. Hanya saja, selain Jakarta beberapa cabang olahraga Olimpiade juga akan dipertandingkan di kota Palembang, Sumatra Selatan.


Dari 40 cabang olahraga, yang tentunya semua menarik untuk disaksikan dan diikuti sesuai dengan hobi masing-masing, secara pribadi saya tertarik pada 7 cabang olahraga ini karena seru untuk ditonton.

Atletik

Di cabang atletik, ada nama Agus Prayogo yang sering memberikan medali emas bagi bangsa Indonesia. Tercatat Agus Prayogo pernah menyumbangkan emas untuk Indonesia pada SEA Games 2015, dan 2017 Di nomor tolak peluru (Kuala lumpur).

Kala itu, atlet Indonesia lainnya yang meraih medali emas adalah Eki Febri Ekawati dari cabang tolak peluru putri. Kali ini pun kita berharap semoga atlet-atlet Indonesia bisa memberikan lebih banyak medali emas karena kesempatan tersebut lebih besar mengingat saat ini kita akan menjadi tuan rumah.

Badminton

Hampir semua masyarakat pribumi suka menyaksikan atlet-atlet Indonesia berlaga di ajang kejuaraan badminton. Alasannya sederhana, karena banyak atlet yang berprestasi di cabang olahraga ini. Di cabang badminton, Indonesia akan diwakili oleh skuad muda pada gelaran Asian Games 2018 kali ini. 

Berikut adalah beberapa nama yang akan berusaha mengharumkan nama bangsa Indonesia di Kancah internasional yaitu Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir, Greysia Polii-Debby Susanto, Ricky karanda Suwardi-Debby Susanto, Fajar Alfian-Mohamad Rian Ardianto, Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon, Fitriani-Gregori Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan-Apriyani Rahayu, dan beberapa nama lainnya.

Sepak bola

Selain dua cabang olahraga di atas, cabang olahraga lain di Asian Games 2018 yang bakalan seru untuk ditonton adalah sepakbola. Walaupun prestasi sepakbola Indonesia belum cukup membanggakan di mata dunia. Namun, sebagai masyarakat yang gemar menonton bola, tentu ini akan menjadi ajang yang menarik untuk ditonton. Di Asian Games kali ini, Indonesia akan diwakili oleh Timnas U-23.

Beladiri

Indonesia sejatinya adalah negara yang juga identik dengan bela diri terutama pencak silat. Selalu menarik untuk menyaksikan atlet-atlet bela diri Tanah Air berlaga di Kancah internasional.

Bola basket

Di cabang olahraga basket, Indonesia akan diwakili oleh 14 pemain di antaranya adalah:
  1. Andakara Prastawa
  2. Arki Dikania Wisnu
  3. Jamarr Andre Johnson
  4. Abraham Damar Grahita 
  5. Adhi Pratama
  6. Kevin Yonas Sitorus
  7. Moh Saroni
  8. Avan Seputra
  9. Xaverius Prawiro
  10. Juan Laurent 
  11. Valentino Wuwungan
  12. Kaleb Ramot Gemilang
  13. Sandy Febiansyah
  14. Firman Nugroho 


Bola voli

Saya menganggap bola voli sebagai cabang olahraga yang menarik karena selain sepak bola dan bola basket, ini merupakan olahraga favorit ketika sekolah dulu. Bola voli juga tidak kalah seru untuk disaksikan layaknya permainan badminton dan basket.

Tinju

Bagi para pria, pertandingan tinju merupakan pertandingan yang juga cukup menarik. Untuk kali ini, tim merah putih akan diwakili oleh beberapa petinju di ajang Olimpiade Asia. Di antara nama-nama petinju yang akan berusaha meraih medali emas adalah, Mario Blasius Kalli (kelas 49 Kg), Aldoms Suguro (52 Kg), Sunan Agung Amoragam (56 Kg), Farrand Papendang (60 Kg), Libertus Gha (64 Kg), dan Sarohatua Lumbatobing (69 Kg), dll.

Jadi, sudah siap untuk dukung atlet jagoanmu di Asian Games 2018?

12 comments:

Salman said...

Menarik nih artikelnya....kalau sepakbola sama badminton memang juaranya di Indonesia, dah pasti paling berisik deh supporternya, hihihi.

Buat basket saya nambahin dikit sis, seru soalnya ada pemain2 NBA juga. Salah satunya Jordan Clarkson-nya Cavs yg masuk tim Filipina.

Fanny Fristhika Nila said...

Jujurna aku ga ngikutin sih :). Cm nonton pas openingnya jemarin doang. Tapiiii suami yg suka olahraga mau nonton tenis meja nanti tgl 28 :p. Dia memang olahraganya itu sih. Makanya setiap ada pertandingan tenis meja pasti dibela2in datang

Sabda Awal's Blog said...

saya cuma nonton badminton , kalau saya masih kerja di jakarta pasti saya samperin tuh ke istora untuk nonton langsung.

Saya suka badminton udah 4 tahunan, info turnamen, rangking dunia, atlet, prestasi sampai hapal, hehe

Tira Soekardi said...

bola basket , voli, badominton itu yang aku suka

agi pranoto said...

gue ngikutin nih asean games. lumayan buat ajang rusuh-rusuhan sama orang rumah wkwkwk. kemaren panjat tebing gildaaa atletnya cepet2 banget kek spiderman!!!

Hanifa said...

Salman: Yah sayangnya Indonesia di cabor sepak bola udah enggak lanjut lagi :'

Hanifa said...

Fanny Fristhika Nila: Wah asyik banget kalo bisa nonton langsuuuuung ><

Hanifa said...

Bang Sabda: Wahahaha sekarang udah nggak di Jakarta lagi yah? Coba kalo masih di Jakarta, pasti disamperin terus ya Bang :D

Hanifa said...

Tira Soekardi: Kalo nonton aku suka semua itu Mak :D

Hanifa said...

Aggy: Jangan mau kalah lu Gy! Cuss ikutan jadi atlit panjat sosial ahahaha

Ursula Meta Rosarini said...

Aku nonton badminton, panjat tebing & lari, menurut aku seru banget hihihi

Hanifa said...

Ursula Meta Rosarini: Aaaaakkkk seru banget kalo bisa nonton

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.