3 Tipe Baterai yang Digunakan untuk Pemasangan Tenaga Surya

September 26, 2018
Kamu harus berpikir kreatif untuk mengatasi permasalahan listrik di industri yang sedang dijalani dengan menggunakan sumber listrik tenaga surya. Kelebihan dari penggunaan panel surya bisa dikontrol lebih ketat agar nggak terjadi pemborosan pemakaian listrik. Pemasangan panel surya dapat menggunakan 3 tipe baterai yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


1. Baterai Primer

Tipe baterai yang bisa sekali pakai artinya kamu memerlukan anggaran penukaran baterai secara berkala. Baterai dengan tipe ini material elektrodanya nggak mengalami kebalikan arah ketika dilepaskan. Contoh baterai tipe ini yang digunakan sebagai solusi listrik industri besar adalah baterai zinccarbon, baterai lithium, baterai alkali, dan baterai silver oxide. 

2. Baterai Sekunder

Kamu bisa juga menggunakan baterai sekunder sebagai alat untuk mendapatkan sumber listrik tenaga surya. Baterai ini akan lebih efisien digunakan karena dapat diisi ulang. Jadi saat energi listrik yang dihasilkan sudah habis, kamu bisa melakukan pengisian dengan cara charging.

Penggunaan tipe baterai ini akan dihubungkan dengan beban pada terminal elektron baterai yang mengalir dari negatif ke positif. Jenis baterai yang termaksud tipe sekunder adalah baterai nickel-metal-hydride, baterai nickel cadmium, baterai li-ion, dan baterai li-po.

3. Baterai Lead Acid

Bagi kamu yang menggunakan panel surya sebagai solusi listrik industri besar dapat menjadikan baterai lead acid sebagai pilihan. Baterai ini menggunakan asam timbal sebagai bahan kimianya. Jenis baterai ini terbagi dua yaitu starting battery merupakan sebuah baterai yang dapat menghasilkan arus listrik dalam jumlah yang tinggi dalam waktu singkat. 

Baterai ini dapat digunakan maksimal 10 sampai 20% dari kapasitas normal yang dimiliki. Deep cycle battery merupakan sebuah baterai yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik yang stabil dalam waktu lama. Baterai ini dapat digunakan hingga 80% dari kapasitas normalnya. 

Dalam pemasangan panel surya kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis baterai. Tujuannya agar dapat membuat biaya keluar menjadi sangat minimal dalam perawatan atau penggantian baterai. Perhitungan ini penting sebagai salah satu upaya stabilitas operasional industri. Kamu bisa menggunakan jasa sewatama.com untuk pemasangan panel. 

No comments:

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.