Surat Terbuka untuk Uus dan Fans KPop di Indonesia

Hari Minggu sih biasanya sih identik dengan santai-santai sambil nonton TV atau cuma males-malesan. Tapi kayanya kata santai nggak tepat untuk mendeskripsikan timeline twitterku hari ini. Timeline twitter hari ini keliatan “rusuh” setelah salah satu komika stand up comedy melontarkan beberapa tweet yang bikin geger jagat Kpop. Sebelumnya aku mau bilang kalo aku seneng banget sama komika satu ini karena bitnya padet LPM (Laugh Per Minute) dan seger banget. Kalo abis nonton performnya, mood rasanya oke banget dan pikiran langsung fresh. Komika ini bernama Uus. Cowok tinggi yang berambut tidak berambut ini telah menggegerkan timeline Kpopers Indonesia hari ini? Apakah gerangan adanya yang menyebabkan hal tersebut?

Jadi kalau sepemahamanku, Uus nih mau ngasih tau Kpopers buat jangan terlalu mendewakan idolanya. Titik. Cumaaa masalahnya adalah statement yang dia utarakan di twitter cukup bikin sensi dan menyulut emosi Kpopers terutama yang berhijab. Pasalnya dia bilang...




Awalnya sebagai seorang fans Uus dan juga KPopers berhijab, aku tersinggung. Banget. Cowok seganteng Uus lebih suka cewek pake baju sexy ke tempat dugem daripada Kpopers berhijab. Dia mau bikin kesan perbandingan yang hiperbolik tapi pada akhirnya malah bikin sebel banyak orang. Sampe akhirnya ada #RIPUus di posisi trending topic. Wadaw...

Tapi sebenernya alasan mendasar apa sih yang bikin hijabers doyan KPop ini sakit hati?

Jawabannya adalah karena Uus bikin kesan kalau pakai hijab jangan ke konser Kpop. Kalau kamu suka Kpop dan pengen nonton konsernya, jangan pakai hijab. Pernyataan ini emang bikin sedih Kpopers Indonesia yang mayoritas cewek dan banyak juga yang berhijab. Tapi akhirnya Uus bilang kalau Kpop penuh dengan hal-hal negatif tapi kok Kpopers berhijab kesannya suka belain mati-matian idolanya sih?

Oh... maksudnya mau bilang jangan over-protective sama idola kita... Hmmm. Okay....

Bang Uus, pernyataanmu yang bandingin Kpopers berhijab sama cewek berbaju sexy di tempat dugem sambil mabok itu sungguh menyakitkan. Kamu kok tega banget sih bikin perumpamaan kayak gitu. Durjanak! usap air mata Pakai hijab itu pilihan perempuan muslim, Abang... Kalau ada Kpopers berhijab nonton konser Kpop sampe nangis-nangis, dia itu nangis bahagia bukan nangis karena si idola itu Tuhannya... Lagian toh yang nangis ketemu idola ga cuma penggemar KPop doang deh perasaan. Kenapa harus KPop yang dijadiin umpan?Motivasinya emang buat ngasih tau doang apa ada hal lain?

Ini kayanya mewakili perasaan dan suara dari kegaduhan Kpopers berhijab hari ini...

Tapi pada akhirnya, Bang Uus udah minta maaf. Namun tagar #RIPUus nampaknya makin menjadi seiring berjalannya waktu. Yah... itulah gambaran dari netizen di era IT seperti saat ini. Belum lagi fans KPop di Indonesia banyak banget yang masih berada di usia remaja. Secara kedewasaan, remaja jiwanya juga masih labil. Jadi kalau akhirnya viral dan ga selesai-selesai, ya wajar aja... Emosinya masih meledak-ledak. Cuma yah... mau gimana... namanya juga socmed, apapun bisa tersebar dengan cepat dan nggak semua netizen bisa menganalisa serta memahami situasi dengan baik. Ya akhirnya emosilah yang tercipta.

Buat fans Kpop Indonesia, saat ada sesuatu yang menyinggung idola kita, yuk kita berusaha santai aja. Ini sebenernya reminder buat aku juga karena aku sendiri masih suka over-react kalau ada sesuatu yang menyinggung idolaku. But just let's make KPop as something that makes us more enjoy. Dibawa seneng aja yuk. Kalau ada yang nggak suka sama idola kita, yaudah sih anggep aja sampah. Aku sendiri suka SNSD dan seneng banget sama mereka karena mereka passionate dengan pekerjaannya. Mereka jadi salah satu teladanku untuk terus semangat saat berada di kesulitan. Jadi sebodo amat orang nggak suka sama SNSD. Selama kita nggak terlalu mendewakan mereka, it's okay.

Buat Bang Uus, aku suka sama gaya Abang menyampaikan joke saat stand up. In fact, suka banget! Pacar aku juga komik jadi sedikit banyak tau tentang Abang dari dia. Hihi. Tapi alangah baiknya sebagai komika papan catur, bisalah ya lain kali lebih bijak lagi. Mungkin Abang nggak ngerasa kenapa-napa sama pernyataan Abang. Tapi ngeliat fenomena yang tercipta hari ini, ada bagusnya kita semua evaluasi diri. Sukses terus ya Bang Uus!

7 comments:

  1. Aku juga sempet emosi mbak. Apalagi berbarengan sama konser exo-_- huh makin kesel aja. Salam kenal mbak;)

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah waktu itu juga banyak tanggepan miring soal statement dia. Hhahaha. Salam kenal jugaaa ;)

      Delete
  2. Mungkin uus lihatnya Valak kali?? Makanya ngetwitt kya gituu!! hehe kali aja

    ReplyDelete
  3. Waah baru baca aku nya :D. Sempet denger sih dulu cerita ini, tp ga ngikutin krn bukan fans 2-2nya.. Uus atopun kpop. Tapi pribadi, setuju, ngapain ya kita bawel ke something yg orang lain suka. Ya udah sih... Selama ga ganggu kita, ga usah dinyinyirin mau pake hijab tp suka kpop kek.. Aku sndiri suka musik2 cadas, rock metal, tp aku cewe dan kdg berhijab (msh lepas pasang sih) :p, ga boleh juga dunk ke konser2 seram begitu :D.. Si mas uus mah ada2 aja :D

    ReplyDelete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.