Tingkatkan Pageview Blog dengan Update Postingan Lama

November 15, 2016

Hey everyone! 

Aku kembali ngeblog setelah bulan lalu nggak terlalu aktif nulis di blog dan hanya berujung dengan 3 postingan aja. HAHAHA. Maafkan aku yang belum bisa konsisten. Ternyata buat balik multi-tasking itu effort-nya lumayan juga, ya? Bulan September udah niat mau konsisten, eh performa blog malah turun di bulan Oktober. At least udah niat. Tinggal eksekusinya aja mau terus konsisten apa  nggak.

Konsisten dalam ngeblog tidak hanya berkaitan dengan nulis postingan baru. Banyak hal yang bisa seorang blogger lakukan saat sedang hiatus nulis. Salah satunya adalah menghidupkan postingan lama. Para blogger perlu melakukan hal ini untuk menjaga pageview blog. Akan lebih baik lagi kalau postingan lama di-update supaya lebih fresh dan mampu meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita.

Jadi, apa aja langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat postingan lama jadi postingan yang lebih fresh?

1. Tulis ulang judul postingan lama dengan judul yang lebih efektif SEO-friendly
Sebelum tau tentang seluk beluk SEO, aku cuma asal-asalan aja pas ngasih judul. Nggak asal-asalan juga sih, tapi nggak ada keyword signifikan yang aku taruh di judul. Selain di judul, keyword yang ingin ditekankan juga harus terdapat di postingan dan disebutkan berkali-kali. Tujuannya agar konten kita dapat lebih mudah di-recognize oleh google.

2. Modifikasi artikel dengan foto yang lebih representatif
Banyak di antara postingan-postingan lamaku yang gambar di dalamnya nggak terlalu menarik bahkan terkesan asal-asalan. Biar postingan terlihat lebih menarik, lebih baik aku ganti dengan gambar yang beresolusi lebih tinggi.

Gimana sih caranya cari gambar yang resolusinya tinggi?

Gampang, kok. Masukkan keyword gambar yang diinginkan di google, klik "image", klik "tools" di bagian paling kanan, klik "size" di bagian kiri, dan pilih "large". Jangan lupa untuk mencantumkan sumber gambar, ya!

3. Update isi atau edit ulang postingan lama
Postingan lama kita bisa jadi nggak merangkum semua informasi penting yang dibutuhkan pembaca. Untuk itu, coba tuliskan informasi tambahan yang bisa membuat tulisan kita menjadi satu paket lengkap yang mempermudah pembaca dalam menyerap informasi. Kalau ada kalimat yang terlalu panjang, sebaiknya dimodifikasi menjadi kalimat yang lebih efektif. Misal ada satu paragraf yang ternyata berisi satu kalimat puuuwanjiang, silahkan di buat menjadi beberapa kalimat efektif yang singkat, informatif, dan enak dibaca,


4. Tulis postingan baru yang jadi kelanjutan postingan lama
Menambah informasi di postingan lama bisa jadi bikin postingan itu kepanjangan dan membosankan. Kalau gitu, mending buat postingan baru yang jadi kelanjutan postingan tersebut. Tujuannya untuk merespon apa yang sudah kita tulis di postingan sebelumnya. Kita bisa mencantumkan pendapat-pendapat yang menanggapi postingan lama dan meresponnya di postingan baru. 

5. Berikan backlink postingan serupa di postingan baru
Kalau sudah menulis postingan baru, jangan lupa untuk memberikan backlink postingan yang serupa. Backlink adalah link atau tautan langsung ke situs yang ingin kita tunjukkan ke pembaca. Dengan memberikan backlink postingan serupa, pembaca bisa tau lebih banyak referensi dan informasi yang relate dengan postingan baru yang kita tulis.
6. Pasang widget "Popular Post" di sidebar
Selain memperbaharui postingan, kita juga bisa menarik lebih banyak pembaca untuk berkunjung ke postingan-postingan sebelumnya dengan memasang widget "Popular Post" di sidebar. Di dalamnya pasti terdapat postingan-postingan dengan jumlah kunjungan yang tinggi dan banyak diminati oleh pembaca kita.

7. Share ulang postingan-postingan lama di social media
Aku biasanya membuat checklist untuk postingan-postingan lama yang aku share. Checklist sangat membantuku untuk memastikan postingan mana saja yang perlu aku share ulang dalam waktu dekat atau di lain waktu. Bagikan lagi postingan-postingan lamamu setidaknya 1-2 kali sehari supaya pageview tetap terjaga. Bisa juga kamu tambahkan berbagai hashtag yang berhubungan dengan postinganmu agar lebih banyak orang yang tertarik untuk klik ke link yang kamu share.

Dari ketujuh poin yang aku sebutkan, mana yang sudah kamu lakukan? Kalau ada yang belum kamu coba, cuss langsung coba aja. Buat yang punya saran atau cara lain untuk meningkatkan pageview blog, silahkan tulis di kolom komentar supaya pembaca yang lain juga ikutan belajar. See you on the next post!

52 comments:

HAERIAH SYAMSUDDIN said...

ubek2 postingan lama, ah. Trims tipsnya mba....

Jack seven said...

wah saya paling males edit postingan lama, penyakit!!!! hehehe
kalau saya masih belajar SEO nya.
makasih mbak untuk tips nya, bermnafaat!
oh iya kalau kebetulan lagi cari tips fotografi mampir juga dong ke blog saya
gariswarnafoto[dot]com
yuk mariii

Christanty Putriarty said...

setujuh bNget sama ide postingan ini. JAdi semangat ngeblog nih mbak. slm kenal dari Kudus y.
(twitter & IG :@cputriarty)

Hanifa said...

Sama-sama :D

Hanifa said...

Hahahaha itu penyakit semua blogger kayanya. Cuma intensitasnya seberapa sering itu yang membedakan. Siap mas nanti saya BW ke sana. Tertarik banget untuk belajar juuga soalnya :D

Hanifa said...

Semoga makin semangat yaaa. Terima kasih atas kunjungannya :D

Muhamad Hamdi said...

Setuju mba, terutama poin 2, selain dapat memanggil ulang wawasan lama, juga dapat memberikan nilai tambah untuk melakukan refleksi tulisan lama yg pernah dibuat dengan orientasi menciptakan bahasa yang berkualitas tentunya. Artikelnya sangat bermanfaat mba, terima kasih
Salam silaturahim n salam menulis kembali.

Hanifa said...

Terima kasih Mas. Semoga bisa jadi penyemangat kita bersama.

Ratri Anugrah said...

Terima kasih buat tipsnya :) Tapi, kalau untuk review film/serial TV, menurut mba sudah cukupkah keyword berupa judul film/serial TV yg dimaksud pada judul?

Hanifa said...

Bisa disebutkan judul film/serial TVnya lalu ditambahkan 2-3 kata yang menggambarkan film/serial TV tersebut.

Nawang Nawma said...

makasih sharingnya mbaa,,,bermanfaat banget buat blogger baru kayak aku,,:) Btw, salam kenal yaa Mba,,,Ini blog aku, mba,,,siapa tau mau iseng mampir hehe,,,:D https://nawangnawma.blogspot.co.id/

Vindy Putri said...

Kalau ganti judul perlu diperhatiin ulang. Karena URL nya akan berubah. Dan Google harus Crawl dari awal lagi. Mungkin kalau yang sebelumnya emang belum terindex gak masalah. Tapi kalau sudah bagus di google, lebih baik ganti isinya saja :D Judulnya jangan...

Nice tips.. ^^

vani diana said...

Paling aman cari gambar dari Pixabay Mba, bisa dipakai tanpa harus memberi kredit ke gambar dan tersedia aneka gambar resolusi besar. Buat blog yg monetized juga aman.

Ina Inong said...

Thanks tipsnya, walau postingan masih sedikit coba ah upgrade lagi postingan lama :)

Hanifa said...

Ah iya benar banget. Kalau judulnya belum bagus sih bisa kok di revert to draft dulu, lalu kalau di blogger ada pilihan costumize title. Bisa diubah di sana juga. Makasih banyak sarannya :D

Hanifa said...

Wah noted Mbak :D Pengen juga langganan di web penyedia foto bagus gitu. Biar makin "hidup" blognya. Thanks buat sarannyaaa :D

Hanifa said...

Tidak apa-apa mbak diuodate kalau merasa masih kurang. Tapi bisa juga ditulis lanjutannya di postingan baru ;)

Hanifa said...

Sama samaaa Nawang~ Semoga makin semangat ya ngeblognya. Nanti kalo sudah lebih longgar, saya akan BW ;)

Fenty Fahminnansih said...

Oooh gitu toh caranya, makasih vhaaa .... mampir ke blogku ya kakaak, hahahaha

Hanifa said...

Komentarmu ketok basa basi amat sih Mbuak huahahaha. Woke deeeeh daku meluncuuuur~

Andi Cintana said...

Wah sama.. aku juga gini mba masih mood2an bgt klo nulis haha. Makasih mba tipsnya, mulai ngubek2 post lama aah haha

Hanifa said...

Sama-sama Mbaaaak. Semoga bermanfaat :D

Fuji Astyani Hijriyah said...

aw, makasih tipsnya mbak :D diriku juga sekarang emang lagi edit2 blog nih ^^

salam kenal yah
http://www.fujichan.net/

Vindy Putri said...

Hai, aku baru pertama kali berkunjung ke sini, blognya bagus sekali. Aku bukanya pakai mobile, btw.

Semua point bener banget. Konsisten tidak harus nulis baru, asal rajin share apalagi post lama pun gak apa2. Apalagu kalau moment nya berulang, wah bisa ngangkat banget. Tapi memang lebih bagus nulis juga tetap dilakuin :D supaya google nya juga suka.

Ada satu point yg salah, mbak...
Pilih foto beresolusi tinggi. Gambar betesolusi tinggi itu cenderung size nya gede juga. Salah banget kalau harus save gambar dengan size besar. Bisa2 load nya berat. Dan bisa-bisa pembacanya ngacir duluan, blognya lama bgt bukanya...

Tapi... maksud mbak udah bener banget. Maksudnya gambarnya berkualitas supaya makin kece dan bagus. Ada solusi untuk gambar, kualitas bagus, tetapi size nya kecil.
Caranya adalah manipulasi quality di editor poto. Potosop misalnya. Kalau bisa size dibawah 100kb. Kalau gabisa yaa pokoknya jangan di atas 200kb atau 500kb lah.. :)

Manjakan pengunjung dengan keringanan blog kitaaaa... :)
Salam kenal mbak..

Vindy Putri said...

Ternyata aku sudah pernah ke sini hihiii... ada komenanku di atas. Kayanya pas masih jaman2ny pake browser uc mini. Sekarang pake chrome. Tampilannya cantik di chrome. :)

Hanifa said...

Sama-samaaaaa :D Semoga bermanfaat :D

Hanifa said...

Mbak Vindyyyyy makasih banyak atas sarannyaaaa. Ini komentar terkompit yang pernah saya dapet selama ngeblog. Udah bisa dibikin postingan baru lho ini poin-poin dari komentarnya Mbak Vindy xD

Kalau ada link2 terkait pemilihan foto yang bagus untuk blog dan juga tips memperingan load blog dari Mba Vindy, saya mau dong Mbak. Masih butuh belajar banyak nih :D

Sekali lagi makasih ya Mbak :D

Eri Udiyawati said...

Ini maaah cocok buatku yang sering mati ide buat nulis postingan baru.

Makasih ya, Mbak, info menarik bgt nih.

Hanifa said...

Sama-sama Mbaaak :D Coba dibikin konsep mind mapping biar makin cling cling ide2 ngeblognya :D

emanuella christianti said...

Noted mbaaa, apalagi yang poin 2, nginget foto2 jadul yang bikin ngelus dada, hehehe...

Hanifa said...

Aku juga Mbak. Pengen ngelus dada sama paha atas ayam gorengnya Olive chicken jadinya.... Langsung stress eating D:

Vindy Putri said...

Hai, muncul lagi di beranda FB-ku, kegelitik main ke sini lagi hihi... Ada ada ada... sebenernya ada banyak sekali tutorial, Ini ada satu link, dari blog temen. Blog dia isinya banyak tutorial optimasi blog yang mudah banget dipelajarin. Btw, ini link utk optimasi gambar. Tapi dia pakai aplikasi Photoscape. ( http://www.tulisanwortel.com/2016/09/cara-memasukkan-gambar-di-postingan-blog.html ) Semoga membantu yaaa.... ^^

Hanifa said...

Makasih banyak Mbaaaaaak \o/ Nanti kalo udah online PC dan lebih selo, aku akan pelajarin. Jangan bosen kasih saran ya Mbaaaak :*

Hanifa said...

Oh iya, kemaren sebelum liat komen Mbak yang terbaru ini, aku udah ikutin saran Mbak Vindy dengan ngurangin ukurannya jadi lebih "loading friendly" via photoscape. Lebih gampang sih emang karena tinggal milih ukurannya aja. Uploadnya pun lebih cepet :3

geelottus said...

kayaknya harus banyak berguru sama blogger satu ini deh.... :D

Hanifa said...

Saya juga masih belajar nih :3

Ranny said...

Dari kemarin mau repurpose tapi ya ampun pengen belah diri aja hiks lagi kesulitan bagi waktu huhuhuhu jadi semangat lagi baca ini ^^

Hanifa said...

Hihihi ayo semangat bareng mbaaaak :D

Rosanna Simanjuntak said...

Kayaknya kalau ganti judul tidak direkomendasikan, mbak. Apalagi kalau pernah posting komen dengan URL postingan. Ntar bisa jadi broken link. Ngefek ke DA/PA juga ke blog di mana kita memberi komentar.

Untuk image gratis, selain pixabay juga ada http://www.gratisography.com/ atau bisa cari di google dengan keyword daftar penyedia gambar gratis terbaik dan berkualitas tinggi.

Pasti terkejut dengan betapa banyak jumlahnya. Ada yang harus mendaftar ada juga yang bisa langsung download.

Happy hunting free image yaa...

Hanifa said...

Hmmm gitu ya... Mungkin harus di fetch lagi di webmaster biar yang broken link tidak terdeteksi dan di-crawl oleh google lagi? Saya masih harus banyak belajar. Tapi makasih banyak Mbak atas sarannya :D

Waaaah makasih banyak buat rekomendasi temoat download gambarnyaaa :D Saya akan coba cari dari sana :D

Muthi Haura said...

aku belum ngeh banget tentang SEO mbak huhu. Duh, aku rada malas ngotak-ngatik postingan lama, kebiasaan malas yang harus dihilangi ya mbak ;’)

Hanifa said...

Belajar dikit2 aja Mbak mulai dari yang paling sederhana dulu :D Ayo kita rajin mbaaak :D

Lusi T said...

Iya, sayang kalau postingan lama cuma dikubur saja.

Hanifa said...

Benar Mak :D

Uniek Kaswarganti said...

Aku kadang2 juga share postingan lama nih buat reminder.

Dessy Savitri said...

Makasih Mba, berguna sekali untuk saya yang baru memulai ngeblog

Hanifa said...

Sama-sama Mbak Dessy. Semoga bermanfaat :D

Hanifa said...

Siiiiip Mbak :D

Febriyan Lukito said...

Saya juga pernah nulis ini mbak di tulisanbloggerindonesiacom. Memang edit post lama itu gak selamanya jelek kok. Memberi masukan baru ke post dulu kan bagus juga. kl ada yg dtg lagi n baca bisa dpt insight baru n bagus.

Tp utk pengguna blogspot, jangan sekali2 ganti url post lamanya ya.... bisa jadi 404 nanti. Page not found dan hasilnya malah jelek.
Kalaupun mau ganti url, pasang redirect di blognya.

Salam kenal mbak. Febriyan

Hanifa said...

Halo Mas Febri! Saya pernah beberapa kali berkunjung ke blog Mas nih. Banyak yang saya bookmark untuk peningkatan blog ini. Makasih banyak Mas untuk sarannya. Berikutnya mungkin akan saya tambahkan :D

Erny Kurniawati said...

PR banget nih edit tulisan lama. Tapi kayanya bisa deh dicoba

Hanifa said...

Cuss coba ajah 😘

Leave your comment and your blog URL, so that I can blogwalking to yours. Supaya saya bisa langsung blogwalking, tulis komentar dan URL blogmu yaaa :))

Powered by Blogger.