Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta: For You Who Passionately Curious!

August 14, 2017
Learning is life time process. It won't ever stop, unless we die.
Kutipan tentang proses belajar di atas udah stuck di kepalaku selama beberapa tahun ini. Dulu saat masih sekolah dan kuliah, belajar memang terasa terdefinisi dalam lingkup kegiatan belajar di institusi tertentu. Tapi setelah lulus, apakah proses belajar itu berhenti? Nggak. Malah kita dituntut untuk lebih banyak belajar. Itu kenapa aku selalu ngasih reminder ke diriku sendiri untuk lebih banyak belajar hal-hal baru di luar comfort zone-ku.

Beruntung banget di hari Minggu, 13 Agustus 2017, aku berkesempatan untuk belajar lebih banyak seputar ilmu yang segan aku pelajari sebelumnya. Ilmu yang aku rasa terlalu tinggi buat orang selevelku: ilmu fotografi. Tapi akhirnya aku "nekat" ikutan kelas fotografi ini di event Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta yang diadakan oleh Clean&Clear dan GoGirl Magazine. Setelah coba daftar berkali-kali di tahun-tahun sebelumnya, akhirnya aku lolos dan bisa ikutan. Kelas fotografi bareng Gideon Winata jadi pilihan kelas yang aku ikuti.

Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta di Canting Resto

Selain kelas fotografi, ada 4 kelas lain yang masuk dalam rangkaian event Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta ini. Ada kelas beauty bareng Abel Cantika, kelas DIY bareng Kitty Manu, kelas menulis bareng Nina Moran, dan kelas vlogging bareng Kiara Leswara. Dipandu oleh MC favoritku, Uchita Pohan, acara ini berlangsung mulai pukul 12.00-17.00 di Canting Resto.

Di kelas fotografi, para peserta dikasih tips seputar fotografi flatlay yang lagi ngetren banget di media sosial. Ini nih salah satu alasanku ikut kelas ini. Awalnya aku pengen ikut kelas nulis atau beauty. Tapi setelah melihat demand kemampuan fotografi yang makin tinggi di pasar industri kreatif, kayanya memang paling tepat ikut kelas fotografi.

Kelas fotografi flatlay bareng Gideon Winata (@gidwinata)

Bermodalkan rasa penasaran doang, aku duduk di baris paling depan dan pasang mode "nyolong ilmu" dari Gideon Winata. Aku udah beberapa kali nyoba foto produk dengan konsep flatlay. Then I realized that I've been doing it WRONG. Dalam fotografi, banyak banget aspek yang harus terkonsep dengan matang, seperti lighting, theme, color scheme, photo pad (alas foot), properties, compositions, P.O.I. (Point of Interest), gear, dan editing.

Mengetahuinya saja aku langsung jiper, gais. Banyak beneeeer. Tapi demi hasil foto yang decent, aspek-aspek itu memang harus dipertimbangkan. Bermodalkan hasil penjelasan Kak Gideon dan pengalaman motret yang ala kadarnya, akhirnya aku dan para peserta lain langsung praktek foto flatlay pakai produk Clean&Clear. Dari semua foto yang diupload di Instagram masing-masing, akan dipilih 2 terbaik yang bakal dapet laptop dari Clean&Clear dan GoGirl.

 Antusiasme para peserta kelas fotografi flatlay yang cukup bikin aku minder.
Semuanya serius dan atmosfirnya kompetitif banget!

 Foto flatlay mentahan yang sama sekali belum aku edit

Hasil akhir dari flatlay yang udah aku edit dengan feeling yang aslinya tidak begitu kuat

Setelah kelas, para peserta dipersilahkan untuk menikmati coffee break yang udah disediakan. Saat sesi coffee break berakhir, mulailah sesi sharing seputar perawatan wajah yang tepat untuk kulit remaja bareng Clean&Clear. Walaupun aku udah nggak remaja dan lebih cocok jadi guru sekolah anak-anak yang duduk di sampingku, aku merasa tertarik dengan sesi sharing ini. 

 Biasanya sih aku fokus ke makanannya. Tapi di foto ini aku fokus ke Neng Beyi 
yang lagi milih mau makan apa. Ya Lord, dicepol aja cantek banget.

Berbagai jenis pilihan produk Clean&Clear. Kamu cocok sama yang mana?

Dari sini, aku baru tahu kalau ternyata formula dari produk perawatan kulit remaja dengan young adults/adults tuh beda banget. Jadi buat temen-temen yang masih di bawah usia 20, jangan dibiasain pake produk punya mama yaaa. Beda fase usia, beda juga formula produk perawatannya.

Akhirnya tiba waktunya pengumuman pemenang. Ada 5 pemenang keaktifan partisipasi di media sosial dan 10 pemenang laptop dari 5 kelas Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta. Daaaaan ternyata aku jadi salah satu pemenang laptop dari kelas fotografi flatlay. Selain itu, para pemenang juga berkesempatan untuk jadi kontributor Cerita Kita dan magang di GoGirl Magazine. SUCH A HUGE DEAL FOR ME OMG.

AND I GOT A CHANCE TO TAKE PHOTOS WITH THE BEAUTIFUL ABEL CANTIKA

Congratulation to the winners of Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta!

Aku merasa sangat sangat sangat beruntung bisa ikut Cerita Kita Batch 4 Yogyakarta ini. Datang dengan optimisme untuk bisa nyerap banyak ilmu, eh dapet bonus hadiah di akhir acara. Semoga di lain kesempatan aku bisa ikut kelas atau private mentoring bareng profesional yang udah ahli di bidangnya. I will always passionately curious for sure!

6 comments:

  1. Aww, seru banget! Kalau hari sebelumnya nggak ada event PPK, aku ikut daftar nih. Tapi weekend kemarin rasanya jompo banget kelelahan haha. Thanks for sharing Han!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa ini pas banget sama eventnya PPK. Karena dah kadung ikut ini, aku jadi gabisa ikut yang PPK 😭 Semoga next time bisa ikut eventnya PPK lagi 😍

      Delete
  2. Dapat pengalaman dan ilmu yg bermanfaat ttg fotografi. Sukses mbak. Itu pesertanya cewek smua atau ada cowoknya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung yang menyelenggarakan majalah cewek, jadi semuanya yang ikut cewek sih.. Yang cowok crew nya aja hehehe

      Delete
  3. Seruuuu banget, dan selamat ya atas hadiah laptopnya hihi.

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Ineeeez 😘😘😘

      Delete

Leave your comment and your blog URL so that I can blogwalking to yours ;)

Powered by Blogger.