Kamu Akan Merasakan 5 Manfaat Ini Setelah Gabung Komunitas Blogger


Ada berapa teman sepergaulan kamu yang juga ngeblog?

Kalau aku sendiri, sedikit banget. Ada sih yang punya blog. Tapi biasanya mereka menjadikan blog sebagai wadah curhat tanpa ada niat untuk monetizing. Padahal saat ini, blog bisa jadi salah satu sumber hobi yang menghasilkan.

Eh, emang penting ya punya temen yang sama-sama ngeblog?

Penting banget dong! Apalagi kalau kamu pengen banyak belajar supaya kemampuan ngeblog bisa lebih meningkat lagi. Salah satu caranya adalah dengan masuk komunitas blogger. Suatu langkah yang aku sesali karena nggak aku ketahui sejak awal ngeblog. Komunitas blogger nggak cuma jadi wadah pergaulan antar blogger aja, tapi ada banyak manfaat yang lainnya. Apa aja?

1. Wadah silaturahmi antar blogger

Nggak punya temen yang juga ngeblog itu bikin kita merasa sendirian. Setidaknya itu sih yang aku alami saat belum ketemu komunitas blogger. Setelah masuk komunitas blogger, jadi ada temen yang bisa dicurhatin masalah ngeblog. Nggak jarang juga temen-temen blogger jadi tempat curhat masalah pribadi. HAHAHA.

2.  Sarana berbagi ilmu, termasuk seputar blogging

Sebelum masuk ke komunitas blogger, aku clueless banget dengan ilmu blogging yang lain. Aku cuma tahu nulis dan publish. Nggak tahu harus mengadu sama siapa kalau aku pengen upgrade soal ilmu-ilmu ngeblog yang lain. Komunitas blogger ngebantu banget untuk dapetin info-info seputar ngeblog kayak SEO, blog competition, dan lain-lain.

3. Memperluas networking dari berbagai profesi dan background

Blogger tuh nggak cuma bisa nulis doang, lho. Selain bisa nulis, kita juga punya latar belakang pendidikan dan profesi yang berbeda-beda. Sejauh ini aku kenal dengan blogger yang juga berprofesi sebagai guru, designer, enterpreneur, karyawan swasta, ibu rumah tangga, dokter, dan lain-lain. Nulis yang emang udah jadi hobi mereka pun jadi penunjang profesi mereka masing-masing. Kita pun jadi punya lebih banyak kenalan dan networking makin luas.

4. Menunjukkan eksistensi kita sebagai blogger

Gimana caranya supaya kita dikenal sebagai blogger? Ya tunjukkan kalau kita tuh "ada". Dengan gabung ke komunitas blogger, kita bisa sering bertegur sapa dengan blogger lain dan share konten blog kita. Kita jadi dikenal dan orang lain bisa tahu, oh, blogger juga to ternyata. Kalau konten blog sudah bagus dengan DA/PA yang cukup tinggi, bisa jadi leih sering dilirik brand juga untuk diajak kerjasama.

5. Memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan blog

Kalau sudah dikenal sebagai blogger, tentunya orang juga lebih tertarik untuk berkunjung ke blog kita. Kalau niche tulisannya sesuai dengan minat pembaca, lebih gampang lagi nembaknya. Kamu bisa gabung ke komunitas-komunitas blogger yang sesuai dengan konten blogmu. Dari sana, kamu bisa dapet lebih banyak pageview

Pembaca yang dateng bisa jadi nggak cuma sekedar baca aja, tapi juga tanya hal-hal yang berkaitan dengan kontenmu. Di sinilah kamu bisa berinteraksi langsung dengan para pembaca dan membangun citra positif untuk blogmu juga.

See? Gabung di komunitas blogger ternyata banyak juga manfaatnya. Aku merasa beruntung bisa gabung dengan beberapa komunitas blogger, baik internasional, nasional dan regional. Kalau baru gabung 1-2 komunitas blogger, tambahin! Nggak rugi deh pokoknya. At least kita jadi tahu ilmu-ilmu dan info yang tersebar di sana. Makin banyak referensi, kita akan makin merasa kurang dan lebih banyak belajar.

Happy blogging and see you on the net post!

29 comments:

Wahyu Widyaningrum said...

Sepakat bange. MEmperluas networking memang sangat peting ya Mbak

Novarina Dian Wardani said...

Wah ... Kayaknya aku musti nambah komunitas blogger nih, secara baru gabung di beberapa komunitas saja. Terimakasih untuk sharingnya, mbak Hanifa. Jadi semangat ngeblog deh :D

Hanifa said...

Iya Mbak biar makin banyak belajar juga 😘

Hanifa said...

Iyaaaa ditambah ajaaa biar makin semangat ngeblog juga 😍

Adi Pradana said...

Sepakat dgn artikel ini, byk manfaat begabung di komunitas blogger. Yg plg penting menunjukkan eksistensi... Dan menambah teman....

Erny Kurniawati said...

Sepakat! Sejak deket sama temen-temen blogger jadi berasa berkembang lebih baik :)

herva yulyanti said...

Setuju mba semenjak gabung komunitas aku merasakan banyak perubahan, seolah tulisanku juga diapresiasi oleh teman2 yang sebelumnya mungkin pageview aku tiarap terus :)

Nabila Putri Karimah said...

Setuju banget sama semuanyaa! Belajar rame2 memang lebih asik daripada sendirian hehe.. Soalnya aku sama ky kamu fa, ga punya temen sepermainan yg blogging juga. Apalagi sekarang tinggalnya merantauu..

Hanifa said...

Siiiip :D

Hanifa said...

Iyaaaaa aku pun jadi merasa gituuu. Makin bangga karena masuk jadi member resmi Jogja Bloggirls *hugs*

Hanifa said...

Betul bangeeeet. Jadi lebih semangat lagi buat ngeblog yah :'))

Hanifa said...

Ya kaaaaan. Bingung bok belajar sendiri, nggak ada tempat mengadu keluh kesah masalah per-bloggingan :')

Mirwan Choky said...

Oooh gitu ya, saya baru aja aktif ngikutin komunitas blogger beberapa waktu yang belum lama ini.

Hanifa said...

Itu langkah yang sudah bagus banget :)

Adi Stia Utama S said...

Dulu sewaktu awal2 ngeblog beberapa tahun yg lalu banyak temen deket yg ngeblog jg
tapi satu persatu pada tumbang karena pada sibuk dengan dunia nyata jadi blog nya pada gk keurus.. Sekarang tinggal satu temen itupun saya rayu2 agar mau ngblog lagi dn mulai smangat lagi..

Ikut komunitas blog itu memang asyik, bisa banyak belajar dari blogger2 lain. yg pasti semngat ngeblog jadi makin membara .. hehe

Sabda Awal's Blog said...

nih poin satu langsung terjadi, saya komen disini sebagai wadah silaturahim ya mbak :D

saya nemu blog mbak pun di grup blogger juga, di Wwarung Blogger, sejatinya grup blog itu dibutuhkan blog untuk mengembangkan blognya

Hanifa said...

Betul Mas. Saya merasa beruntung banget bisa gabung beberapa komunitas blogger di daerah maupun yang skalanya nasional. Tambah saudara, makin banyak jaringan juga :')

Hanifa said...

Warung Blogger salah satu komunitas yang bikin blog saya berkembang ke arah yang lebih baik. Sering BW ke blog teman2 WB bener2 mendatangkan banyak manfaat untuk saya secara pribadi maupun profesional sebagai blogger :))

Anggun Josie Pasemawati said...

Iya sih ikut grup blogger dan sering baca2 artikel temen2 yg dishare jadi nambah ide nulis juga. Blogger newbie nih jd masih tolah toleh belajarnya,sering bilang "oo.. Jadi gitu ya" hehehe

bara anggara said...

Baru sekitar sebulan terakhir ikut aktif di komunitas blogger nasional.. Tapi belum bisa2 nyerap ilmu SEO, susah euy :(

-Traveler Paruh Waktu

MITHA said...

Setuju... Mempermudah untuk blogwalking juga.. coba kalo saya gak ikut komunitas blog, mungkin saya gak isa nyasar sampe sini deh..

Happy blogging..

Nur Rochma said...

Nggak ada sih teman main yang ngeblog. Aku kurang jauh mainnya ya...
Jadi memang penting sih gabung di komunitas itu. Dapat ilmu juga tahu perkembangan dunia blogging. Kalau diam saja, wah saya nggak bakal nyasar di blognya mba Hanifa, hihi...

Hanifa said...

Ehehehe ya kaaan jadi secara nggak langsung jadi nambah ilmu juga <3 Semoga makin semangat ngeblognya yaaa

Hanifa said...

Nggak apa2 maaas. Malah banyakin nulisnya dulu aja, SEOnya pelan2 diterapin. Dari yang paling simpel dulu aja. Banyak kok tips2 yang nggak ribet tapi applicable dan berpengaruh juga sama performa blog kita. Semangat!

Hanifa said...

Ahahaha makasih Mbaaaak udah nyasar sampe siniii. Semoga bermanfaat yaaaa

Hanifa said...

Sama nih Maaaak. Saya sendiri awalnya kesepian banget nggak ada temen2 yang sama ngeblog. Akhirnya ketemu saat blogger gathering dan sekarang jadi maen bareng <3

Stephanus Christiono said...

Suka neh sama artikelnya.. jadi pengen ikutan komunitas blogger.. 😅

Hanifa said...

Nggak boleh ngatain... Nggak boleh ngatain... Nggak boleh ngatain...

sintaS said...

Pengen banget ikutan komunitas blogger, tapi aku orangnya pemalu, agak canggung kalo ngobrol sama orang baru kenal

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.