Paduan Kopi dan Seni di Tirana Art House & Kitchen

Coffee virgin mana suaranyaaa?

Di tengah hype-nya kedai kopi yang makin banyak bermunculan di setiap sudut kota Jogja, saya tetap jadi perempuan yang nggak penasaran soal kopi. Padahal saya biasa memaksakan diri buat ngikutin tren kekinian. Cuma kok masalah kopi ini saya nggak begitu triggered buat ngulik, ya?

Beruntung banget hari Sabtu (11/11) minggu lalu saya dan teman-teman blogger Jogja diundang ke sebuah tempat yang berlokasi di daerah Suryodiningratan untuk mengenal lebih jauh masalah per-kopi-an dan lalala-nya.

 Kopi yang disugukan di Tirana Art House & Kitchen

Namanya Tirana Art House & Kitchen, sebuah kafe yang juga difungsikan sebagai galeri seni. Oleh Mbak Nunuk Ambarwati, saya dipersilahkan masuk dan diarahkan untuk menikmati fasilitas yang ada sebelum acara dimulai. Saya perhatikan, tempatnya nggak begitu spacey tapi dekorasinya sungguh nyeni. First impression Tirana Art House & Kitchen langsung bikin saya rela kalau harus berlama-lama.

Berbagai buku dan kerajinan yang tersedia di Tirana Art House & Kitchen

Acara dimulai oleh Mbak Nunuk dengan perkenalan seputar Tirana Art House & Kitchen. Tirana Art House & Kitchen adalah saran untuk mengembangkan kreatifitas. Kita nggak cuma bisa ngopi-ngopi atau nongkrong santai, tapi juga bisa mengikuti workshop yang diselenggarakan di Tirana Art House & Kitchen, serta menikmati berbagai karya seni yang dipamerkan oleh di sana.

Kesempatan tersebut terbuka bagi siapa saja yang ingin memperkenalkan karyanya. Beberapa seniman yang berhasil diorbitkan oleh Tirana Art House & Kitchen antara lain Roby Dwi Antono, Imam Santoso, Rina Kurniyati. Asep Maulana Hakim, dan lain-lain.

Cahya Novan, salah satu seniman yang melaksanakan pameran tunggal dengan instalasi mannequin di Tirana Art House & Kitchen

Tirana Art House & Kitchen menyediakan berbagai macam jenis kopi dengan metode penyajian yang berbeda-beda pula. Kopi yang tersedia di Tirana Art House & Kitchen di antaranya adalah Arabika Bali Kintamani, Toraja, Arjuno, Flores, Ijen, Papua, Aceh, Ndeles, Robusta Temanggung, dan Dampit. Kita bisa memilih metode penyajian kopinya, seperti V60/Calita, Moka Pot, Frenchpress, Vietnam Drip, Rockpress, Syphon, Aeropress dan Turkish.



Berbagai macam metode penyajian kopi oleh para barista Tirana Art House & Kitchen, mulai dari Aeropress, Frenchpress, Rockpress, dan Syphon.

Mengenai menu yang tersedia, Tirana Art House & Kitchen tidak hanya menyuguhkan kopi saja, namun juga berbagai macam menu lain. Untuk kita yang nggak bisa minum kopi "beneran", kita bisa pilih menu minuman dengan kategori Espresso Based, Milk Based, dan Tea Based. Ada juga menu snacks yang bisa jadi teman ngobrol di Tirana Art House & Kitchen.

Menu tea based dari Tirana Art House & Kitchen, berupa Casara Lemon Tea yang terbuat dari sari kulit kopi

Frutten cake dengan tekstur lembut dan rasa yang manis

It's not potato. It's sweet potato.

Kalau kamu lagi di Jogja, nggak ada salahnya buat mampir ke Tirana Art House & Kitchen. Buat saya, tempatnya cukup nyaman, enak banget buat ngobrol, dan tentunya cukup instagenic dengan adanya berbagai instalasi seni di dalamnya.



Tirana Art House & Kitchen

Alamat: Jl. Suryodiningratan No.55, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta
Kontak: 0818-277-073 (Nunuk Ambarwati)
IG: http://instagram.com/tiranakitchen
Jam buka: 09.00 – 24.00

10 comments:

Sash said...

kayanya seru ni tempatnya, artsy. btw ku juga ga suka ngopi, ga bisa minum kopi malah.

Hanifa said...

Iya mbaaak artsy bener. Sama Mbak. Andalanku cuma kopi sachet 😂

agi pranoto said...

kapan nih guweh diajak kesinih? sebagai turis ibukotah masa kini guweh pengen diajakin ngopi di sinih sist

btw ini serius, ayo kesini lagi :D :D

Hanifa said...

TURIS BANGET NEH?

Ayo ajakin yang lain jugaaaa~

Ericka Abdullah said...

aku penikmat kopi anyaran mbak duhh bakalan gembira sukacita kalo diajak kesini apalagi ada buku bacaan hmm klop .. eh tertarik juga dengan rasa teh kulit kopinya

Dewi Rieka said...

Wah, asyik banget suasananya, suka barang2 seninya...ada bukunya juga..

Winda Trisuci said...

wah tempatnya seru sekali, apalagi saya memang pecinta kopi, kayaknya bakal betah disana :)


http://www.dajourneys.com/

Hanifa said...

Buku dan kopi termasuk kombinasi yang ciamik ya Mak 💕

Hanifa said...

Paket lengkap lah Mbak pokoknya ini mah 😍

Hanifa said...

Bakalan betah banget Cik, apalagi waktu musim hujan gini 😍

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.