5 Hal yang Biasa Dipersiapkan Beberapa Bulan Sebelum Lebaran

Pada sadar nggak sih kalau 2 bulan lagi udah Ramadhan? Itu artinya lebaran masih 3 bulan lagi. Tapi, percaya deh, waktu 2-3 bulan itu bakal terasa cepet banget! Lha wong rasanya baru kemaren tahun baru, kok ujug-ujug udah mau akhir Maret aja. Cepet banget ya kaaan?

Walau memang masih hitungan bulan menuju Ramadhan dan Idul Fitri, tapi saya nggak menyangkal kalau keribetannya memang udah terasa. Mungkin keribetan ini juga udah mulai dirasakan beberapa orang. Ada berbagai persiapan yang mulai dilakukan beberapa bulan sebelum lebaran. Apa aja sih?

1. Berburu tiket mudik

Siapa yang udah mulai berburu tiket mudik jauh hari sebelum lebaran? Padahal belum dapet kepastian cuti, tapi udah nekat beli tiket lebaran. HAHAHA. Entah deh lebih parah yang mana: udah punya tiket mudik tapi nggak bisa cuti ATAU nggak punya tiket mudik padahal udah dapet jatah cuti.


Terus terang, saya sendiri belum pernah merasakan keduanya. Tapi rasanya bakal nyesek banget kalau misal beneran bisa dapet cuti tapi nggak ada tiket buat balik ke kampung halaman. Itu kenapa, banyak orang yang udah mulai berburu tiket pesawat atau tiket kereta mudik, bahkan beberapa bulan sebelum lebaran.


2. Tabungan untuk dana darurat selama lebaran

Sebagai seorang freelance dengan pemasukan nggak menentu, tabungan adalah penyelamat finansial paling utama yang saya bisa andalkan. Di umur saya yang udah mulai memasuki fase akhir 20an, saya mulai mempertimbangkan lebih banyak hal yang menyangkut kenyamanan finansial. Termasuk tabungan dana darurat selama lebaran.

Saya meniru cara ini dari ibu yang nyiapin dana darurat lain yang nantinya dipakai demi kelancaran mudik. Hal ini bikin hati ibu lebih tenang karena beliau ibu rumah tangga dengan usaha jajan pasar sebagai sumber penghasilannya. Biasanya dana ini dipakai ibu untuk keperluan lebaran seperti sewa mobil, tiket mudik, oleh-oleh, sampai angpao untuk keponakan-keponakannya.

3. Baju spesial untuk silaturahmi

Kebiasaan yang sangat lumrah ditemui menjelang lebaran, selain berburu tiket mudik, adalah berburu baju baru. Saya bukan tipe orang yang terlalu ngebet harus punya baju baru khusus silaturahmi di hari lebaran. Tapi, beberapa teman saya mengaku udah nge-cim/booking penjahit untuk bikin baju lebarannya. 

Gils. Masih ada beberapa bulan lagi, tapi rempong bikin bajunya udah jauh-jauh hari. Tapi memang sih, kalau dipikir-pikir lagi, load pesenan para penjahit biasanya udah penuh selama Ramadhan. Which means, if you want to make a special outfit for Eid, you need to book ASAP.

Prefer beli jadi atau jahit sendiri?

Walau begitu, mungkin ada juga yang prefer beli atasan wanita terbaru, dress, atau gamis aja menjelang lebaran. Kalau persediaan udah nggak tersedia, terpaksa pake baju-baju yang udah ada di lemari juga nggak masalah. Asal tau cara mix and match-nya, pasti bakal keliatan kece kok.

4. Mobil untuk disewa selama lebaran

Berburu tiket, udah. Berburu baju baru, udah juga. Mungkin yang selanjutnya bisa dilakukan adalah berburu kendaraan untuk disewa selama lebaran. Sejujurnya ini adalah kebiasaan orang tua saya karena keluarga kami nggak punya mobil di rumah. Ada mobil, tapi di dealer, belum dibeli.

*bersandar di pojok ruangan*

But, no worries! Banyak jasa penyewaan mobil yang bisa jadi andalan untuk mudik ke kampung halaman. Biasanya kami mudik ke Magetan dan untuk ke sana bisa pakai bus Jogja-Surabaya (yang ngebut setengah mati) atau mobil.

Tapi dengan mobil, kami sekeluarga bisa mudik dengan lebih nyaman dan bisa bawa oleh-oleh yang lebih banyak. Selama di kampung halaman, saudara-saudara lain bisa ikut naik mobil yang kami sewa saat bersilaturahmi ke rumah sesepuh di sana.

5. Renovasi rumah demi kenyamanan keluarga

Kenyamanan rumah untuk kumpul keluarga juga nggak boleh luput dari perhatian. Renovasi rumah bisa jadi sesuatu yang harus dipersiapkan jauh hari sebelum lebaran. Kalau ada beberapa kerusakan di rumah, nggak ada salahnya untuk memperbaikinya terlebih dulu. Kalau nggak ada yang harus direnovasi, kita bisa coba declutter dan merapikan seluruh ruangan. Tujuannya biar kita bisa merasa lebih lega dan tamu yang dateng pun akan merasa lebih nyaman.

Selain itu, memperindah detail dekorasi ruang tamu dan ruang keluarga juga bisa dicoba. Bisa dengan ngeganti taplak, meja, karpet, atau gordyn. Kalau urusan rumah udah beres, suasana lebaran pun dijamin bakal jadi lebih nyaman.

Renovasi rumah agar lebih nyaman

Dari kelima persiapan di atas, persiapan mana aja yang udah kamu lakukan beberapa bulan sebelum lebaran? Atau malah ada persiapan lain yang kamu lakukan, tapi nggak aku tulis di atas? Share di kolom komentar yak! See you on the next post!



Images source: https://unsplash.com/

4 comments:

Tira Soekardi said...

wah sebentar lagi sdh mau lebaran ya, paling duit ya kudu banyakan

Hanifa said...

Iya Mak harus jaga-jaga lebih banyak :))

Lina Astuti said...

Kalau saya udah mulai mikirin mau bisnis apa sebelum lebaran nanti, buat nambah2 beli kue dan kasih isi amplop lebaran buat ponakan2. Hehe

Hanifa said...

Wah iya! Kalo ada bakat bisnis kue kecil2an bisa jadi opsi tuh <3

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.