Budi Mulia Dua Foundation Tour: Bersekolah dengan Senang, Senang di Sekolah

December 20, 2018
Kalau disuruh flashback masa-masa yang paling menyenangkan saat sekolah, saya pengen banget flashback ke masa-masa SD-SMP. Masa-masa itu tuh, aduh, seneng banget pokoknya. Walau sekolah memang terasa berat karena tuntutan akademik yang cukup banyak pada masanya, tapi saya seneng banget rasanya kalau misal bisa kembali ke momen itu. Lalu beberapa waktu yang lalu, saya menerima WhatsApp dari Mbak Tasniem Rais.

“Mbak Hanifa, mau nggak kalau tanggal 12 Desember saya ajakin jalan-jalan keliling Budi Mulia Dua? Kita mulai dari Panjen, terus ke Seturan”. 
Tanpa basa-basi, saya langsung menjawab, “Bisa, Mbak” dan mempersiapkan diri untuk hari H. Dari yang awalnya berkhayal doang, kapan yah bisa balik ke sekolah lagi, eh malah diajakin ke sekolah yang sekarang dikelola oleh Mbak Tasniem Rais.

Bersama dengan para blogger dan influencer Jogja di Masjid Kristal Budi Mulia Dua

Saya sendiri udah cukup familiar dengan nama “Budi Mulia Dua” karena banyak dari teman-teman saya yang bersekolah di sana. Ada yang dulu TK di sana, ada yang SMP di sana, lalu SMA lanjut juga di sana. Dulu saya kira Budi Mulia Dua ini bercabang, lho. Jadi ada Budi Mulia Satu, Dua, Tiga, dan seterusnya. Eeeh baru tau kemaren ini kalau ternyata “DUA” di sini adalah “Dunia dan Akhirat”. Waaah saya udah salah persepsi selama ini.

Budi Mulia Foundation

“Budi Mulia Dua mendampingi anak dalam belajar dan mengembangkan potensinya untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia, cerdas dan terampil. Dengan motto "Bersekolah dengan Senang dan Senang di Sekolah" membuat setiap anak memiliki rasa senang saat waktu sekolah tiba. Budi Mulia Dua menyediakan sarana dan prasarana yang membuat anak menyukai sekolah dan mendukung setiap aktifitas anak karena Budi Mulia Dua percaya setiap individu adalah unik, sehingga ia mempunyai cara dan kemampuan masing-masing untuk berkembang menjadi dirinya sendiri.”

SD Budi Mulia Dua Panjen

Tour started from SD Budi Mulia Dua di Panjen. Pada pukul 08.00, saya dan temen-temen blogger dan influencer Jogja berkumpul untuk menyimak presentasi seputar Budi Mulia Dua dari Mbak Tasniem. Presentasi yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit ini berisi seputar asal-usul Budi Mulia Dua, apa saja visi dan misinya, dan garis besar fasilitas yang ada di dalamnya.

Awal mula didirikan di tahun 1987, dimulai dari sepetak garasi kecil Bapak dan Ibu Amien Rais, dengan jumlah murid 9 anak, dengan guru TK-nya Ibu Amien Rais. Kemudian seiring waktu, Budi Mulia Dua bisa berkembang hingga saat ini. Setelah 31 tahun berdiri, kini memiliki ribuan murid dan ratusan guru dan karyawan.

Jenjang Sekolah dan Metode Pembelajaran Budi Mulia Dua

Dulu, saya lebih familiar dengan Budi Mulia Dua sebagai TK aja. Sekarang, Budi Mulia Dua punya sekolah mulai dari Playschool (baby school), Playgroup, Kindergarten, Primary School, Junior High School, Senior High School, Vocational High School, Qur’an Learning Centre Boarding School, hingga D1 Culinary School.

Lapangan luas di SD Budi Mulia Dua

Fasilitas Qur'an Learning Center Budi Mulia Dua

Ruang baca dan bermain Playgroup Budi Mulia Dua Seturan

Ruang tidur siang Playschool Budi Mulia Dua Seturan

Untuk kurikulumnya, Budi Mulia dua menerapkan kurikulum internasional berupa Islamic Montessori Reference (0-7 tahun) dan Islamic Cambridge Reference (SD, SMP, SMA). Untuk basis pembelajaran sendiri, Budi Mulia Dua menekanan pada pembelajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai praktek kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, pembelajaran sehari-hari didasarkan pada Experiments, Exploration, High Order Thinking, Problem-Solving, and Critical Thinking. Jadi jangan heran kalau misal ada anak SD Budi Mulia Dua yang udah cas cis cus skill public speaking-nya. BMD memiliki program Genius Hour di mana anak diperbolehkan melakukan riset sesuai passion mereka, dan di akhir semester mereka mempresentasikan hasil riset mereka. Dilakukan sejak SD kelas 1.

Berbagai Program Unggulan dan Fasilitas di Budi Mulia Dua

Selain pembelajaran akademik, sekolah ini juga punya berbagai program sekolah yang beda dari sekolah lain, seperti:

1. Tapak Suci (Ilmu bela diri bernafaskan agama Islam) dan renang. Renang dan Tapak suci menjadi budaya setiap anak di BMD. 
2. Juz Amma’ Movement, di mana sejak kecil anak dibiasakan mendengarkan lantunan  dan membaca Al-Qur’an dan lulusan SD nya diharapkan sudah bisa menghafal juz ke-30. 
3. Gardening, sebagai kebiasaan sehari-hari supaya anak mencintai tanaman dan alam sekitarnya. 
4. Extrakulikuler yang variatif, berupa horse-riding, robotic, game coding, cooking,  martial arts, archery, sports, music, dan lain sebagainya. 

Karawitan SD Budi Mulia Dua 

Kegiatan class meeting lomba menggambar di SD Budi Mulia Dua 

UDAH PADA BISA CODING DONG INI ANAK BUDI MULIA DUA (nggak bisa kalem) 

Suasana class meeting di lapangan tengah SD Budi Mulia Dua

Di samping metode pembelajaran akdemik dan program unggulan, Budi Mulia Dua juga punya fasilitas gedung dan infrastruktur sekolah yang menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar. Beberapa di antaranya adalah:

1. Lab komputer yang menggunakan iMAC terbaru keluaran 2018. 
2. Perpustakannya juga memiliki ribuan buku berbahasa Indonesia dan bahasa inggris yang selalu diupdate tiap tahun. Fasilitas perpustakaan yang nyaman membuat murid BMD menjadi lebih senang untuk menghabiskan waktu di perpustakaan sehari-harinya. 
3. Kolam Renang milik BMD bernama Salsabiela Swimming pool dan kolam renang ini juga bisa dibuka untuk umum.
4. Masjid kristal Budi Mulia Dua, yang arsitekturnya menggunakan kristal di seluruh sisi bangunannya. Terinspirasi dari Bangunan Masjid dengan arsitektur persia di Iran. 
5. Sistem makan siang menggunakan Japanese Lunch System di mana anak-anak menyiapkan makan siang mereka sendiri dari lantai 1 ke lantai kelas mereka dan memiliki tugas sendiri-sendiri sebagai tim persiapan makan siang. 
6. Culinary and Multimedia (Game Making and Cinematography). Fasilitas dapurnya merupakan salah satu yang terbaik di Jogja dan menjadi acuan banyak sekolah kuliner di Jogjakarta. 
7. Jogging Track, Outdoor Futsal, BMD Health Clinic, lapangan parkir luas, dan lain-lain.

Ruang baca Qur'ar Learning Center Budi Mulia Dua 

Ruang bermain dan belajar Playschool & Playgroup Budi Mulia Dua 

Perpustakaan SD Budi Mulia Dua 

Lapangan hijau milik SD Budi Mulia Dua 

Lapangan basket SD Budi Mulia Dua 

Laboratorium komputer SD Budi Mulia Dua yang sudah dilengkapi iMac

Lengkap banget yah fasilitasnya? Betah banget rasanya emang berlama-lama di sekolah-sekolah milik Budi Mulia Dua yang kami kunjungi kemarin. Kalau misalnya perlu informasi lebih lanjut, bisa langsung buka website Budi Mulia Dua dan follow Instagram setiap sekolahnya. Semoga sedikit informasi seputar BMD ini bermafaat yah untuk buibu dan pakbapak yang lagi cari sekolahan untuk anak-anaknyaaa!

That's a wraaaap!

Follow sekolah-sekolah Budi Mulia Dua di Instagram!

Playschool, Playgroup & TK: @bmdseturan
SD Budi Mulia Dua Panjen: @sdbudimuliaduapanjen
SMP Budi Mulia Dua: @smpbudimuliadua
SMA Budi Mulia Dua: @smabudimuliadua
SMK Budi Mulia Dua: @smkbudimuliadua
Qur’an Learning Center: @qlc.budimuliadua

Website all schools: www.budimuliadua.com

12 comments:

Wiwin Pratiwanggini said...

Cocok! Menjelang tahun baru, siap-siap cari sekolah buat anak-anak. Budi Mulia Dua bisa masuk daftar pilihan sekolah. Pendaftaran sekolah swasta di Yogyakarta biasanya sudah mulai dibuka di bulan Januari lhoo..

Vika Kurniawati said...

Ada karawitannya to? Apik tenan, mana fasilitasnya oke punya

Nisya Rifiani said...

Wah asyiknya dapet invitation ke Sekolah Budi Mulia. Fasilitasnya lengkap banget ya, keren-keren pula tuh desainnya, aku nggak nyangka sumpah.. (Apa aku yang kudet nggak ngikutin dunia persekolahan yha?!)

Primastuti Satrianto said...

Sekolah zaman now asik banget ya. Budi Mulia deket rumah ni..

Ety Abdoel said...

Wow, lengkap banget fasilitasnya. Beruntung banget anak-anak yang bisa sekolah di Budi Mulia

Dian Farida said...

Wah perasaan tadi udh coment kayak nya ilang hiks. Mantap ya Budi Mulia fasilitasnya kece. Beberapa temenku guru di sana juga. Ninim malah temen sejak SD. Sayang mau pindah ke Depok jadi ga survei SD-SD ke Jogja

Hanifa said...

Wiwin Pratiwanggini: Iyah Mbak. Siap2 nih buat para orang tua yang lagi cari sekolah berkualitas, bisa langsung tanya2 ke Budi Mulia Dua :D

Hanifa said...

Vika Kurniawati: Hooh Mbaaaak. Malahan ini tuh yang jadi inti dari kegiatan ekstra di sekolah. Pokoknya masalah kebudayaan tradisional, mereka HARUS memahami dan menguasai!

Hanifa said...

Nisya Rifiani: Bener Mbaaaak aduuuh fasilitas-fasilitasnya juarak banget lah pokoknya!

Hanifa said...

Primastuti Satrianto: Wah, BMD ini nggak cuma sekolah jaman now, tapi sekolah of the future juga :D

Aizeindra Yoga said...

MasyaAllah, itu programnya bagus sekali, gak hanya meningkatkan ilmu di bidang pendidikan juga meningkatkan mental anak ya kak, kalo di Medan ada mungkin aku juga bakal jadi opsi kuat untuk sekolahkan anak di Budi Mulia

Lusi said...

Astaga, kirain kata dua itu karena ada yg nomer satu. Barutau :))

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.