Sengajakan ke Jogja untuk Mengunjungi 3 Event Kesenian Ini!

January 18, 2019
Kebiasaan awal tahun para karyawan kantor adalah melihat tanggal merah mana yang potensial buat cuti dan pergi liburan. IYHA ATAU IYAH? Saya sendiri udah ada rencana untuk pergi solo travelling. Dengan status baru sebagai jomblo, setelah beberapa tahun berpacaran, saya merasa harus mengembalikan router as a single dengan memberanikan diri solo travelling dan berdamai dengan diri saya sendiri. Berat, tapi saya meyakinkan diri saya bahwa travelling sendiri adalah alternatif terbaik untuk memahami seberapa kuatnya saya “berjalan” sendiri. 

As a solo, I love taking pictures at events. Alone. Walau mungkin akan banyak yang ngecap, “Ih garing dong kalau pergi sendiri”. Sebenernya nggak ada alasan khusus sih kenapa pada akhirnya saya pergi sendirian. Selain saya males cari temen, karena mungkin bakal ribet janjiannya, saya juga pengen menguji seberapa tangguhnya saya menikmati apa yang ada di hadapan saya hanya dengan diri saya seorang. 

Termasuk menguji seberapa tahannya saya saat dihadapkan dengan pemandangan mbak dan mas yang gandengan mesra sambil ketawa-ketawa bahagia. Bangsat.


Speaking of solo travelling, Jogja termasuk salah satu kota yang worth untuk dikunjungi apabila kamu ingin jalan-jalan sendirian. Selain tempat wisatanya, banyak banget event di Jogja, mulai dari kesenian, musik, olahraga yang berskala internasional yang harus dikunjungi saat di Jogja. Or perhaps, you can go alone by yourself just to come to some special art events there. Tinggal cari paket wisata Jogja murah dan dibikin pas tanggal-tanggal event pentingnya. Ada 3 event yang harus kamu kunjungi di Jogja.

1. Art Jog

Saya akui kalau Art Jog selalu jadi event kesenian yang saya tunggu-tunggu setiap tahunnya. Bukan karena akhirnya bisa ganti profile picture di seluruh platform media sosial dengan karya yang dipajang di sana aja. Walau emang sih, itu salah satu motivasinya. HAHAHA. Tapi selain itu, karya-karya yang disuguhkan pun sangat atraktif dan juga interaktif.


Nggak sekadar karya atau instalasi seni rupa, tapi juga berisi pesan-pesan soal pencerahan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seniman pun ikut mengimplementasikan makna pencerahan secara beragam. Meskipun demikian pencerahan yang ditampilkan memiliki benang merah berupa upaya untuk mengusir kegelapan atau membawa siapa pun yang masih terbelenggu kegelapan menjadi terang.

2. Ngayogjazz

Untuk kamu yang suka banget sama jazz, event musik satu ini wajib kamu datengin. Konsistensi memadukan tradisi dan modern dalam setiap penyelenggaraan, membuat Ngayogjazz tak hanya sebatas pertunjukan musik. Hal ini terlihat dari daftar penampil yang tak hanya berisi pemusik jazz dari berbagai aliran, namun juga masyarakat Kwagon sendiri yang akan menampilkan kesenian tradisional mereka. 

Nggak hanya itu, dalam prosesnya, Ngayogjazz bersama masyarakat setempat juga melibatkan tradisi seperti pemilihan bahan baku utama artistik yang sebagian besar berasal dari alam yaitu bambu serta workshop artistik dalam bentuk gotong royong sebagai bentuk kolaborasi masyarakat setempat dengan penyelenggara.

3. Jogja International Heritage Walk

Kalau kamu suka banget olahraga, terutama jalan sehat, Jogja International Heritage Walk termasuk event yang ngak boleh dilewatin. Event ini berskala internasional yang biasa diselenggarakan di Prambanan & Imogiri oleh Jogja Walking Association, Royal Silk Foundation dan PT Taman Wisata Candi (TWC). 

Konsep yang diusung event ini nggak hanya kesehatan (kesehatan), tapi juga aksi kesadaran lingkungan (green environment), pendidikan dan komunikasi, dan pariwisata dan ekonomi. Sebagai penyelenggara event, Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang terdaftar sebagai anggota International Marching League (IML).


Pada tahun 2017, hampir sekitar 7500 orang berpartisipasi pada Jogja International Heritage Walk, 285 di antaranya adalah wisatawan mancanegara ikut ambil bagian dalam acara. Turis internasional ini berasal dari negara-negara seperti Belanda, Belgia, Jerman, Prancis, Austria, Australia, Jepang, Korea Selatan , Rusia, China, Taiwan, Amerika Serikat dan Kanada. Mayaaan bisa sepik-sepik bule. Siapa tau pulang dari event langsung nggak jomblo lagi. HAHAHA.

Jadi gimana, cuti tahun ini, siap ke Jogja dan ke event-event keren di atas?

No comments:

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.