Sering Bepergian Menggunakan Motor? Perhatikan Bagian Ini Saat Service!

tempat-service-motor-terbaik

Sejak mendapatkan SIM C di tahun pertama kuliah, saya lebih sering menggunakan motor untuk bepergian ke mana saja. Dulu saya sempat dilungsuri motor 2 tak yang knalpotnya blombongan dengan asap yang nggak tertahankan. Malu? Ah, saya telen aja rasa malu itu karena saya males kalau harus nunggu jam kosong di kampus. Mending pulang naik motor dan balik lagi saat ada kelas atau kegiatan kampus.

Seiring berjalannya waktu, saya sudah berganti motor 2 kali. Tentu saja saya sudah berkali-kali service motor karena itu salah satu kewajiban saya sebagai pemilik kendaraan. Setiap jarak tempuh tertentu, saya rutin membawa motor ke bengkel untuk memeriksa kondisi mesin, gas tangan, oli, ban, saluran bahan bakar, dan lain sebagainya. Tapi, detail seperti apa yang perlu diperhatikan lebih lanjut.

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli motor matic (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Memiliki fungsi sebagai pelumas serta pelindung mesin, oli mesin harus diganti setidaknya sesuai jarak tempuh yang tercapai. Rata-rata pabrikan oli mesin memberikan rekomendasi untuk mengganti tiap mencapai 2500 KM. Biaya yang perlu dibayar biasanya sudah meliputi biaya pembelian oli serta biaya jasa gantinya. Harganya pun tergantung pada merek oli mesin tersebut.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 KM / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

2. Oli Gardan

Selama ini saya nggak pernah memiliki motor matic karena secara kenyamanan, untuk saya pribadi, nggak begitu cocok. Tetapi jika kau menggunakan motor matic, mengganti oli gardan adalah sebuah kewajiban rutin. Fungsinya sebagai pelumas gear yang ada di CVT (Continuously Variable Transmission) harus diganti 1x setelah 2x ganti oli mesin.

3. Busi

Sudah beberapa kali saya service motor karena kerusakan busi. Repot banget lho ini kalau sampe bermasalah karena fungsinya ada di bagian kelistrikan. Sehingga jika bermasalah, bisa jadi motor tidak bisa dinyalakan. Maka dari itu penggantian busi secara rutin juga dibutuhkan.

4. Aki atau Accu

Idealnya tegangan pada aki dalam kondisi mesin mati berkisar pada 12,3-12,6 Volt. Namun dalam keadaan mesin menyala, tegangan antara 13,7 - 14,2 Volt termasuk ideal. Standar inilah yang menjadi patokan perlu atau tidaknya pemeriksaan aki lebih lanjut. Jika tidak sesuai standar tersebut, bisa jadi ada kondisi terminal berkarat atau kebocoran. Apabila dirasa tidak layak pakai, sudah saatnya diganti dengan yang baru agar motor tetap nyaman dikendarai.

5. Kampas Rem

Saya pernah mengalami kecelakaan motor karena rem yang bermasalah. Saat itu ada 2 motor di depan saya yang bertabrakan dan saya berada tepat di belakang mereka. Walau jaraknya agak jauh, tapi saya ikut menabrak karena rem motor yang bermasalah. Untuk menghindari insiden yang sama, saya selalu pastikan kampas rem tetap dalam kondisi prima dengan melakukan service berkala.

6. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis dengan pemeriksaan pada komponen motor, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara menyeluruh. Fokus pemeriksaan berkisar pada kondisi lampu, saringan udara atau karburator, tekanan pada ban, tegangan rantai, klakson, maupun rem.

Tune up bisa disertai dengan penggantian oli gardan, oli mesin, maupun sparepart. Biasanya mekanik yang melakukan service akan menginformasikan terlebih dulu untuk memastikan persetujuan dari pemilik motor jika perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut.

7. Filter Udara

Filter udara yang berguna sebagai penyaring udara ke ruang pembakaran juga perlu dipastikan kondisinya saat melakukan service motor. Pastikan tidak ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi maupun karburator. Jika sampai terdapat kotoran, sebaiknya dibersihkan atau diganti apabila dirasa perlu.

8. Aki atau Accu

Idealnya tegangan pada aki dalam kondisi mesin mati berkisar pada 12,3-12,6 Volt. Namun dalam keadaan mesin menyala, tegangan antara 13,7 - 14,2 Volt termasuk ideal. Standar inilah yang menjadi patokan perlu atau tidaknya pemeriksaan aki lebih lanjut. Jika tidak sesuai standar tersebut, bisa jadi ada kondisi terminal berkarat atau kebocoran. Apabila dirasa tidak layak pakai, sudah saatnya diganti dengan yang baru agar motor tetap nyaman dikendarai.

9. Ban

Saya paling sering menemui kendala berupa kebocoran ban karena lalai memompanya secara berkala tiap 2 minggu sekali. Tentu hal ini terasa merugikan karena biayanya yang nggak sedikit dan susahnya mencari tukang tambal ban ketika insiden ini terjadi di area yang jauh dari keramaian. Sehingga untuk menghindarinya, perlu pengecekan setiap akan berangkat ke mana saja dengan menggunakan motor. Saat service motor pun sebaiknya diperiksa kembali tekanan udara dan kondisinya secara keseluruhan.

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik

Terus terang, mencari bengkel yang nggak banyak fafifu wasweswos dan fokus dalam melakukan perbaikan instead of penggantian saat belum diperlukan tuh cukup tricky. Banyak opsi bengkel di luar sana, tapi salah satu yang direkomendasikan adalah Planet Ban. Bengkel ini diklaim dapat memberikan service dengan impresi hasil yang terasa seperti mesin baru!

Jenis “servis motor rasa baru” ini dikenal juga sebagai servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Manfaat Servis Motor di Planet Ban?

💗Penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

💗Penggunaan sparepart asli yang menjadikan motor lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

💗Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (4 hingga 6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

💗Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang. Eco friendly banget!

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban Dibanding Bengkel Lain

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Sudah jelas kan tentang bagian apa saja dari motor yang harus diservis beserta manfaatnya? Jangan lupa servis motor di Planet Ban untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan merasakan servis motor rasa baru




Post a Comment

29 Comments

Anonymous said…
Sebelum service memang sebaiknya dicek sendiri dulu apa aja yang harus diperbaiki atau diganti biar nggak kecelik
Anonymous said…
Aku juga sering teledor masalah angin ban dan harus beberapa kali ganti gara2 bocor
Anonymous said…
Kalau service, aku biasa ke bengkel resminya aja yang emang udah langganan sejak motor masih dipake orang tuaku
Anonymous said…
Belum pernah coba ganti oli pake merek tersebut. Mungkin next time mau coba siapa tau performanya jadi lebih oke
Anonymous said…
Urusan service gitu aku selalu serahin ke suami wkwkwk males ngurusin sendiri. Tapi kalo harus sendiri ya gapapa yang penting udah dicek sama suami dulu apa2 yang harus di-service
Ria Tumimomor said…
Berhubung gak punya motor, aku baru tahu loh kalau abis service itu malah bisa jadi masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor . Mau service tapi setelahnya malah jadi ada masalah baru ya... Mending milih tempat service yang terbaik deh
Nurul Sufitri said…
Wah, servis motor di Planet Ban ternyata memuaskan ya. Ga cuma ganti oli dan gear box dan sebagainya, banyak yang diperhatikan sampai berasa motor matic baru. Aku punya Mio 2018 di rumah. Memang kudu rutin servis berkala agar motor awet. Ini biaya servisnya sangat terjangkau deh. Boleh ah kapan2 bawa motorku ke sana.
Terkadang suka ada aja yang taunya cuma pakai, ya. Padahal kendaraan juga perlu dirawat. Supaya tetap sehat kendaraannya. Kalau udah rusak, bisa lebih mahal perbaikinnya
Helenamantra said…
aku pun pertama kali punya motor sendiri waktu kuliah. Senangnya kemana-mana mudah naik motor, ga perlu nunggu bus. Tapi ya harus rajin ke bengkel untuk periksa. Waktu itu aku sengaja pilih bengkel resmi karena kurang paham mesin. Baca artikel ini jadi tahu ada oli mesin dan oli garden.
btw, 4 & 8 sama?
Katerina said…
Motor kalau mau awet dan enak dipakai memang harus dirawat, detailnya seperti yang sudah mbak sebut di atas. Planet Ban ini bisa jadi referensi untuk teman-teman pengguna motor yang ingin motornya terawat baik ya. Harganya juga bagus, sangat terjangkau. Thanks infonya mbak.
Milda Ini said…
Wah, harga service nya juga lumayan terjangkau , perlu banget ini diperhatikan soal kondisi motor sebab kalo motor metic nih suka rewal kalo udah rusak, hehehe
Sash said…
Akutu sering banget dengar atau baca Planet Ban. Namun, dalam bayanganku ya planet ban ini cuma ngurusi ban aja hahaha. Nggak taunya nama bengkel dan bisa servis macam-macam. Ya maap, aku buta sekali urusan motor hihihi.
Aswinda Utari said…
Baru tau sm planet ban ini. Ini availabe dimana mba? Kebetulan bulan ini mau service motor n ganti ban. Kemarin sempat jatuh gegara bannya agak gundul nih. Gak keganti jg sampe sekarang
Mamah-mamah yang pada naik motor harus tau juga nih, nanti aku share ke temanku juga ah yang pada naik motor. Tapi ini memang yang namanya menggunakan kendaraan bermotor tuh harus memperhatikan hal-hal tersebut ya.
Punya kendaraan sendiri, rasanya lebih bebas. Kemana dan kapan saja, motor bisa digunakan untuk melancarkan segala urusan. Jadi karena motor adalah sarana kedua penting setelah kaki kita, emang wajib banget diservice setiap beberapa kilometer. Sebagai ungkapan sayang juga kepada sarana transportasi yang telah membuat hidup kita lebih enak ini ya Mbak
Andiyani Achmad said…
nah aku setuju nih untuk melakukan servis motor secara berkala agar kondisi motor tetap prima ya
Dulu jaman masih kerja motoran kemana2, sampai keluar kota juga pernah. Memang bener sih service rutin itu wajib pasti di cek2in semua. Oli memang hal paling penting sih
Jiah Al Jafara said…
Aku baru kemarin ganti oli mesin dan gardan. Pas dipakai, jadi enak lagi. Terus soal aki, ini gantinya kalau udah mati aja sih. Moga yang ini awet. Harganya lumanyun kan, hehehe. Yang penting rajin cek biar gak kenapa-kenapa. Bisa boros banget kalau kesemua gak beres
Dulu awal punya motor sendiri (dibawain ortu buat transportasi kerja) saya enggak open dengan motor. Bisanya cuma pakai dan isi BBM aja. Nah, pernah mogok jam 1 pagi di jalan sepulang kerja shift malam. Langsung berjanji bakalan rajin merawat motor sesudahnya haha...Btw , Planet Ban lengkap begini bisa jadi pilihan service motor nih
Naqiyyah Syam said…
Makasih banyak informasinya Mbak tentunya ini berguna banget dalam menjaga motor apalagi kalau motor yang dibeli itu bukan motor baru jadi perlu dijaga banget tentang oli dan lain-lain
Dee_Arif said…
Motor wajib kita rawat secara rutin ya mba
Caranya bisabdi servis rutin di Planet Ban ini
Utie adnu said…
Aku kemarin juga ganti oli dan ganti ban depan di planet Ban mba kebetulan deket rumah ...

Pelayannya ok ya dah gotu cara kerjanya juga teliti banget
Sri Widiyastuti said…
planet ban deket nih dari rumahku mbak. memang terpercaya yaa menservis kendaraan motor kita. motor yang diservis di sini serasa baru lagi
Ida Raihan said…
Saya tim yang menyerahkan semua utusan perservisan kendaraan ke bapake., Mak. Soalnya emang gak paham soal begituan. Hehe.
Murah juga ya biaya servisnya, boleh juga nih dicobain bawa motor ke Planet Ban. Jadi ingat nih kalau udah agak lama enggak servis motor.
Aku belum pernah servis motor di Planet Ban, tapi pernah dengar dari keluarga suamiku kalau servis mobil pun emang Planet Ban yang terbaik, terutama after sales service-nya. Ya nggak sih, bund?
Dewi Rieka said…
Planet ban ini banyak yang rekomendasikan ya karena pelayanannya bagus, harga dan biayanya pun terjangkau. Sekarang banyak bengkel nakal soalnya menipu pelanggan
Rina s said…
Sama nih sy juga suka ke planet ban, deket dari rumah harganya juga murah
Nyipenengah said…
Iya bener, oli tuh penting banget. Tapi, aku sering banget nih ngga cek oli motor. Jadi kalau ke bengkel suka dapet warning kalau oli udah mau kering :(