Things I Value From Blogging

Another year, another goals. Sepertinya bukan cuma saya aja yang punya segudang rencana di tahun 2018 ini. Pada dasarnya setiap hari adalah momen start over bagi saya. Tapi memang nggak bisa menampik kalau tahun baru selalu jadi special moment untuk memulai berbagai rencana baru. Bisa dalam rangka mencoba hal baru atau memperbaiki kesalahan di masa lalu.

Saya punya beberapa planning, itu pasti. Walau sepertinya nggak akan saya share secara terbuka di blog. Di tahun 2017, saya merasakan banyak hal baru yang exciting dan upsetting terjadi secara bersamaan. Sometime I don't know how I handled it. Dari banyak hal yang saya alami, menjadi blogger adalah salah satu hal yang sangat sangat sangat saya syukuri.


Tahun 2017 adalah tahun di mana saya mulai take blogging to the next level. Ada berbagai pembelajaran dan momen-momen memorable yang saya dapatkan dari ngeblog di tahun lalu. Apa aja?

1. More Friends from Blogger Communities

Kalau tahun 2016 saya baru mulai serius ngeblog, tahun 2017 saya mulai serius networking dengan temen-temen blogger. Beruntung banget tahun lalu saya dipertemukan dengan temen-temen di Komunitas Blogger Jogja dan Jogja Bloggirls.

With Jogja Bloggirls in Grand Opening of Ozora Skincare

With Komunitas Blogger Jogja in "Temu Blogger Kesehatan" Event

Awalnya cuma ngobrol lewat dunia maya. Setelah dateng bareng ke event beberapa kali, akhirnya beberapa jadi temen yang lumayan deket. Nggak cuma deket karena sama-sama ngeblog aja, kami juga deket secara personal. I feel super lucky to have them!

2. Experiences to Learn About

Tahun 2017 adalah tahun pertama saya mulai keluar dari zona nyaman. Dari blog, saya mendapatkan recognition dan amanah untuk bekerja freelance. Saya belajar banyak seputar how to negotiate dan personal branding. Selain itu, saya yang dulu enggan nulis tentang beauty atau travelling. Kok kayanya nggak saya banget gitu. Tapi akhirnya saya nyemplung juga ke dunia beauty dan travelling.

Kalau yang travelling sih saya baru nyoba bahas tipis-tipis aja. Misalnya dengan bahas destinasi wisata lokal atau kuliner di sekitar Jogja. Kalau yang beauty, saya makin yakin buat lebih sering bahas setelah tau kalau visitor saya kebanyakan masuk lewat konten beauty di blog saya. Jiwa budak pageview saya makin getol untuk ngulik dunia beauty deh akhirnya. HAHAHAHAHA.

3. Some Exciting Projects

Saya merasa beruntung setelah "terpaksa" ikut pacar beli domain .com untuk blog ini. Awalnya saya pesimis bakal me-monetize honeyvha.com. Setelah beli domain, job ngeblog mulai berdatangan satu demi satu dan jadi salah satu sumber penghasilan saya to pay the bills.

Walau begitu, saya belum berani mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan utama. Dari pengalaman saya tahun lalu, saya merasa nggak bisa mengandalkan invoice untuk kebutuhan setiap saat. Nggak jarang invoice cairnya luwamaaaa banget atau malah nggak sesuai dengan yang dijanjikan.

But we all get there when we work on it, right?

4. Confidence & Self Improvement

I'm lack of confidence. Yes, that's who I am. Growing up, I never see myself worthy. Saya super insecure dan susah banget merasa percaya diri. Sebagai perempuan plus-size, saya tumbuh di lingkungan yang selalu memandang bahwa saya "nggak pantas". But blogging has changed that.

Walau nggak seberapa sih, tapi dari ngeblog saya mulai percaya diri dan percaya kalau saya punya value. Saya mulai memberanikan diri untuk berpendapat dan belajar that it's OK to be different. Saya jadi paham kalau setiap orang punya keunikan dan jalan hidup masing-masing yang nggak bisa disamakan dengan orang lain.

5. Help to Overcome Fear & Doubts

Seperti yang sebelumnya udah saya paparkan ((( paparkan ))) di poin sebelumnya, ngeblog bikin saya memberanikan diri untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya sama sekali nggak mau saya lakukan. Dari keberanian itulah saya belajar nggak takut untuk melakukan hal-hal "mustahil" lainnya. Saya jadi nggak ragu untuk ber-OOTD full badan. Saya nggak takut mix and match apa yang ada di lemari baju saya, bahkan dengan outfit warna gonjreng. Dulu, mana bisa gitu?

Berani OOTD full body

I guess, from blogging, I learn to be myself and not comparing myself to others. Entah ini akan jadi karir atau sekedar hobi, yang pasti saya nggak mau meninggalkannya. Saya udah kadung cinta! Dulu saya pernah tanya sama pacar, "Sia-sia nggak ya aku belajar ini itu tentang blog?" dan dia dengan tegas jawab, "NGGAK." And I see the value of what I do here with my blog.

Kalau kamu, apa yang kamu value dari ngeblog? Tell me on comment down below, ya! See you on the next post!

26 comments:

Muthi Haura said...

Sama mbaaak, aku jg ngerasain hal yang sama. Semuanya, tapi sayang, aku belum pernah kopdar dengan teman blogger :( Aku jg mulai menjamah dunia beauty dan travelling jugaa haha. Btw salam kenal mbk, muthihauradotcom

APRIL TUPAI said...

Tahun 2018 aku mau benahi blog jh ah beli domain dan rapihin desain. 2017 ku blogku ngasih hadiah2 tak terduga Mbak. 😄

Asy-syifaa Halimatu Sadiah said...

Tahun 2018 ini sebenarnya jadi awal aku mulai nyeriusin bikin series baru *nanti perhatiin ya bakal muncul label Jelajah [...] Kota*, mulai dari kedai, museum, taman, dan perpus. Empat hal yang kayaknya asyik diulik karena yah Bandung emang lovable banget deh!

Aku sendiri belum concern untuk paid job gitu sih, let it flow aja, kalo nulis dibayar mah gakan nolak, wkwk. Toh domain dotcom ini biar akunya konsisten dulu di blog, yang lain mah ngikutin, termasuk pageview, followers blog baru, dan tentu saja isi dompet, hehe :D

Annisa P said...

Alhamdulillah banyak banget yaa pencapaiannya... Aku sendiri suka banget sama gaya nulis kamu, terkadang serius tapi santai juga. Semoga tahun tahun berikutnya semakin hitzzz yaaa :)

www.akpertiwi.com

Hanifa said...

Semangat kaaak. Blog makin ciamik bisa jadi pembuka pintu rejeki jugak ihihi

Hanifa said...

Weheeeeeeeeeeeeey mantabs! Aku udah baca-baca yang postingan jelajah. Banyakiiin! InsyaAllah bisa certified travel blogger bandung hietzz :*

Hanifa said...

Masih biasa bangeeeeeeeet tapi Alhamdulillah disyukuri perubahan udah banyak. Semoga tahun ini kita makin produktif ya Nisaaaaaaaaaa :*

Rizki Mulanova said...

Keren kak. Motivasi banget buat aku yang baru ngoprek ulang blog yang ada dan pindah domain.com. semakin yakin untuk seriusin blog and stop comparing sama temen2 yang udah enak2 dapet kerja.

Sukses kak, semangat teruss ! :)

www.rmulanova.com

Hanifa said...

Semangat juga untuk kamu Rizkiiii. Pokoknya fokus ke konten kita aja. Blogwalking sambil intip2 konten blogger lain juga harus sih, tapi untuk meningkatkan kualitas konten kita juga. The job will come to us eventually kalau kita berusaha terus :*

Sandra Hamidah said...

Hampir sama sih mba, goals ku adalah bermanfaat bagi orang banyak hehe tfs ya

Hanifa said...

InsyaAllah Mbaaaak :'))

Muthi Haura said...

Semangat untuk plan 2018nya ya mbak. Kalau aku jg pengen lebih nyeriusi blog tahun ini. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

Erny Kurniawati said...

Waaaah aku juga punya goals nambah temen lagi. Dan memperbaiki kualitas konten. 😊 semoga goalsmu tercapai ya hannn....

Hanifa said...

Amiiiiiiiiin semangat Ernyyyy! Blogmu bikin aku lebih niat untuk memperbaiki konten juga lho <3

Ratri Anugrah said...

Aduh iri banget punya komunitas begitu. Belum nemu yang sebesar itu sih di Surabaya. Kalau ada acara aja baru ketemu blogger2 lain. Pengennya ya gathering gitu, tapi aku selalu kecil sendiri :)) Berasa beda dunia. Btw selamat udah pede bikin OOTD! Aku pun belum bisa pede sampai sekarang. Emang dasarnya nggak suka di depan layar sih. Tapi pengen gitu bikin OOTD yang proper hahaha #banyakmaunya

Hanifa said...

Cobain OOTD dooooong! Harus pede! Iyaaa di Jogja mayan banyak bloggernya. In fact, banyak blogger dari Jogja yang udah melalang buana ke Jakarta juga ahahaha

Sharon Loh said...

Sukaaa baca ceritanya kak. Aku setuju banget yang bikin tambah percaya diri. Jadi makin bisa menghargai diri sendiri yaah.
Semoga perjalanan bloggingnya makin cihuy ya! <3 <3

Hanifa said...

Thank you banget atas apresiasinyaaaaa. Amiiiin semoga makin asyique ngeblognyaa <3

mutie aryanti mutimimut said...

Setuju Hanifa, banyak manfaat positif yang diperoleh dari nge-blog. Hal penting adalah tetap menjadi diri sendiri yaa

Hanifa said...

Benar Mbak. Menjadi diri sendiri kadang susah sekali hanya karena pengen diterima di society yang banyak maunya :')

Rahma Fitriana said...

semoga di tahun ini bisa punya blog sendiri, biar ada tempat buat menyalurkan ide2 dalam kepala.
p.s ; maaf pakek akun ini karena masih terlogin di komputer basecamp hehehe. habis ini tak log out. aku ojo mbok bengoki meneh lho mbak

Hanifa said...

SOPO IKI HEEEEEEEH

Oh, Ryan. Parah Ryan melu2 aku pengen 7 tahun juga kuliahe.

Fuji Astyani Hijriyah said...

gara2 ngeblog aku jadi kerja di agency digital marketing padahal jurusan kuliah gak ada nyambung2nya haha

fujichan.net

Hanifa said...

Softskill lebih sering menentukan arah karir kita ke mana hahahah xD

Rindang Yuliani said...

Wah, kerennya kamu Mbak. Aku juga cinta banget sama bloggingku. Tahun ini targetku ingin meningkatkan kualitas konten dan merapikan tata letak blog. Baru TLD juga dan semangat masih tinggi. Semoga bisa gini terus.

Hanifa said...

Masih belajar juga kok ini Mbak :3 Semoga makin sukses juga ngeblognyaaa :))

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.