Review Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

Review Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

Skincare, untuk sebagian orang, bukan lagi rutinitas tambahan yang dilakukan sesekali saja. Kalau untuk saya pribadi, skincare malah udah jadi hal yang wajib dilakukan setiap hari. Walaupun saya kerap skip skincare malam hari saking muwales dan capeknya, tapi untungnya masih bisa nyempetin skincare pagi sebelum makeup. Dulu sih males banget rasanya pake skincare di pagi hari. Biasanya langsung pake foundation, bedak, eyeliner, dan lipstick. Kebiasaan nyepelein pemakaian skincare ini jelas ngaruh banget ke kondisi kulit saya.

Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

Tapi sekarang, perlahan dan pasti, saya mulai ngerutinin lagi pake skincare di pagi hari. Tahapannya dimulai dari facial wash, toner, essence, moisturizer/day cream, dan sunscreen. Nah, beberapa bulan terakhir, saya lagi suka banget sama produk sunscreen dari Biore, yaitu Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ yang juga jadi “gong” morning skincare routine saya setiap hari.

Packaging

Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ ini sebenernya sunscreen yang diproduksi langsung di Jepang. Informasi seputar produk, bahan-bahan, maupun pabrik produsennya masih menggunakan Bahasa Jepang pada kemasannya yang berbentuk squeeze tube. Tube yang memiliki desain warna gradasi biru dan putih ini memiliki tutup ulir yang menjamin produk tetap aman di dalamnya. Dari segi kemasan, Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ tergolong praktif dan travel friendly, sehingga enak banget untuk dibawa ke mana aja.


Packaging dari Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ (atas sample, bawah 50g)

Kemasan dari sunscreen yang diproduksi Biore ini udah mengalami perubahan dari kemasan lama ke kemasan baru. Walau begitu, nggak ada perbedaan jumlah SPF yang terkandung di dalamnya. Di kemasannya yang baru, sunscreen yang diklaim sebagai No. 1 brand di Jepang ini terbungkus bersama karton yang memiliki keterangan berbahasa Indonesia di bagian belakangnya. Tapi masih kerap juga ditemukan Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ dengan keterangan berbahasa Jepang saja dibungkus kartonnya.

Dari segi isi, menurut saya sih 50g rasanya dikiiiiit sekali untuk sunscreen dengan harga Rp 115.000. “Ah rugi banget”, begitu pikiran awal saya ketika menerima produk ini. Tapiii pikiran saya berubah ketika sudah merasakan manfaatnya selama 2 bulan menggunakannya. Memangnya apa sih manfaat yang saya rasakan sampe saya merubah mindset “rugi” jadi “worthy”? Setelah ini akan saya bahas lebih dalam yha.

 Bagian tutup pada Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

 Keterangan produk yang ada pada packaging box Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

Ingredients

Water (Aqua), Alcohol, Ethylhexyl, Methoxycinnamate, Lauryl Methacrylate/ Sodium Methacrylate Crosspolymer, C12-15 Alkyl Benzoate, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Dimethicone, Ethylhexyl Triazone, Silica Dimethyl Silylate, Dipropylene Glycol, Xylitol, Dextrin Palmitate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Polysilicone-9, Glyceryl Stearate, Aminomethyl Propanol, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Agar, Fragrance (Parfum) , Isoceteth-20, C30-45 Alkyl Methicone, Polyvinyl Alcohol, C30-45 Olefin, Disodium EDTA, BHT, Sodium Hydroxide, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Citrus Grandis (Grapefruit) Fruit Extract, Royal Jelly Extract, Sodium Hyaluronate, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Citrus Medica Limonum (Lemon) Fruit Extract , Phenoxyethanal, Methylparaben, Butylparaben, Ethylparaben, Propylparaben.



Keterangan beberapa kandungan dalam Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++
melalui analisa skincarisma.com

Kandungan yang menjadi andalan produk sunscreen ini adalah SPF 50 dan PA++++ yang bisa dilihat langsung sekilas setelah kita melihat kemasannya. Apa sih maksud dari SPF dan PA itu sendiri?
SPF alias Sun Protection Factor adalah kandungan yang menangkal langsung sinar UVB penyebab sunburn dan kemerahan. Semakin tinggi tingkat SPFnya, semakin tinggi pula perlindungan yang diberikan pada kulit yang dilapisinya. 

SPF sendiri juga disebut sebagai perbandingan waktu kapan kulit kita terbakar matahari. Misal nih, tanpa sunscreen, saya bisa kena sunburn dalam waktu 5 menit (tergantung kadar UVB-nya juga yha). Saat menggunakan SPF, sunburn-nya tuh cuma tertunda saja. Kalau jumlah SPFnya 50, berarti saya bisa kena sunburn dalam waktu 250 menit.

Kandungan formula yang ada pada Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

Sedangkan mengenai PA, sebelum kita mengenalnya lebih jauh, kita harus mengenal dulu yang Namanya PPD (Persistent Pigment Darkening). Jika SPF melindungi dari sinar UVB, PPD gunanya untuk melindungi dari sinar UVA. Pada PA (Protection Grade of UVA) terdapat keterangan +++ yang menunjukkan jumlah PPD pada produk tersebut. PA+ mengandung 2 PPD. Sehingga jika PA++++ artinya terdapat 8 PPD di dalamnya.

How To Apply

Cara pemakaian Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ sebenernya simpel banget. Kita tinggal keluarin produk di tangan sejumlah ruas 2 jari dan digunakan setelah mengaplikasikan moisturizer. Saya sendiri menggunakannya di pagi hari setelah tahapan facial wash, toner, essence, dan day cream/moisturizer. 

Hukumnya udah WAJIB BANGET kalau buat saya. Walaupun kegiatan sehari-hari saya cuma duduk kerja di depan laptop, tapi most of the time saya bekerja di area yang paparan mataharinya cukup intense. Selain itu saya juga mengendarai motor untuk pergi ke mana-mana. So, you know it’s a must?


Cara pakai Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

Ngomong-ngomong, tau nggak kenapa harus sebanyak 2 ruas jari? Menurut para dermatolog sih itu takaran minimal yang bisa melindungi wajah dan area sekitarnya dari paparan sinar matahari. Jadi yang jari 1 untuk diaplikasikan di area T-zone sekitaran dahi dan hidung, lalu jari 2 diaplikasikan di area pipi, rahang, dan leher. Setelah itu kita bisa pakai BB cream atau foundation, tapi harus nunggu sampe produk sunscreen-nya menyerap dulu, yha!

After Application

1. Cepat menyerap dan nggak lengket. Bisa dibilang, saya CINTA BANGET sama produk ini sampe berniat untuk purchase adalah karena cepatnya si produk sunscreen ini menyerap. Seperti biasa, pagi adalah waktu yang cepat berlalu dan saya sering banget terburu-buru. Kalau lama nyerapnya, nggak bisa makeup dong maliiih.
2. Aromanya enak dan nggak ganggu. Salah satu hal penting dari suatu produk, apapun yang saya pakai, adalah aromanya. I don’t mind fragrance on the product that I use, seriously. Asal aromanya pas, enak, wanginya nggak berlebihan sampe bikin pusing, saya rasa masih aman kok untuk digunakan.

Tekstur dari Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

3. Nyaman diaplikasikan secara merata. Ketika saya pake beberapa layer produk skincare lain sebelum menggunkannya, sunscreen ini nggak kerasa nggedibel di wajah. Mungkin karena produk ini water based dan cepat menyerap, jadi nggak terasa berat saat dilayer dengan produk-produk lain yang digunakan bersamaan dengannya.
4. Enak saat langsung ditimpa bedak padat. Setelah menggunakan sunscreen, saya biasa menggunakan lipstick sebagai blush on dan eyeshadow, lalu saya timpa langsung dengan bedak padat. Rasanya cukup enak dan nggak cakey sama sekali. Hasil makeup-nya pun even, seperti pake base lain semacam BB cream atau foundation. Padahal saya cuma pake skincare aja. Mantul, nggak?

Klaim manfaat pemakaian Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

5. Mengurangi sunburn dan bintik hitam. Saya akui setelah rajin menggunakan sunscreen, saya jadi lebih nyaman berkegiatan di luar ruangan. Biasanya kulit saya langsung memerah seketika kalau nggak pakai sunscreen. Jadi memang penggunaan produk ini PENTING BANGET yha. Jangan sampe kelewatan karena tanda-tanda penuaan pun akan lebih cepat datang kalau kita neglecting pemakaian sunscreen.


Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++

💸 Rp 115.00 di drugstore seperti Guardian dan Watson.
Bisa juga didapatkan di eCommerce seperti Sociolla, KAO Official Store Tokopedia, JD.id, Blibli dll.
💗 Cepat menyerap, aromanya enak, nggak white cast
💔  Cukup pricey untuk ukuran 50g, but it’s worth the money!

Overall, I realllllyyyyy love this product. NO DOUBT lah pokoknya buat purchase lagi kalau nanti udah abis. Kamu sendiri udah nyobain produk sunscreen dari Biore ini? Share pengalamanmu selama menggunakannya di kolom komentar, yah! See you on the next post!

11 comments:

agi tiara said...

this is totally worth the money. dulu aku nyetok meskipun kalo lagi qismin berpaling ke brand lain yang lebih murah. asli ini nggak bikin breakout ataupun keliatan oily di wajah. cuma kerasa banget harus lebih sering reapply ketimbang sunscreen lain... apakah mungkin karena dia cepet banget diserap sama wajah ya??

Hanifa said...

Agi Tiara: Iyah beb emang gampang banget nyerapnya. Makanya ini cocok buat langsung ditimpa bedak kalau pas lagi makeup buru2. Suka sih aku sama hasilnya :D

Eka wahyuni said...

Waa boleh dicoba kayaknya nih, gak pake umur2an kan ya?

vika said...

seem bisa rekom keponakanku nih, dia lagi cari produk yang tepat serta cocok buat sehari-hari.

Agustina Purwantini said...

Harus dibeli online kah?

Mei said...

berarti termasuk barang import ya Mba, bisa nyobain tar lihat di watson lagi banyak diskon di sana, kebetulan aku sering banget belakangan ini ke lapangan, butuh pelindung kulit gitu, kena matahari dikit aja frecklessnya langsung menjamur

Mini GK said...

Belum pernah nyoba. Tapi kalau kakak Honey sudah berikan ulasan macem ini, akunya jadi ingin ikutan coba

Wiwin Pratiwanggini said...

Setujuuu bahwa skincare itu sudah menjadi kewajiban terutama untuk usia 20 tahun ke atas. Investasi lho ini hehehehe..

Nisya Rifiani said...

Kamu kebalikan sama aku yang males skincarean pagi2 huhuhu :'(
Syukurlah aku udah insaf dan mulai rajin pake skincare di pagi2 bebs, cuman aku memang belum nemu sunscreen yang tepat nih...
Ini kemasan sample ada nggak sih?? Pengen nyoba tapi kalau langsung beli yang besar terus nggak cucok gimanaa??? wkwk

Dian farida ismyama said...

Tabir surya ini memang penting banget sih ya. Lumayan juga 115ribu tapi kalau hasil oke sih why not

Ririe Khayan said...

Belum nyobain tabir surya dari Biore ini. Jika dilihat reviewnya, Biore UV Aqua Rich SPF 50 PA++++ rekom ya, setara dengan harganya.

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.