Review Clinelle Purifying Series, Rangkaian Produk Skincare untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Semenjak kerja kantoran, saya jadi sering banget jerawatan di area dagu. Nggak tau yah apa karena stress doang atau ada pemicu lain seperti debu dan kotoran di jalanan karena aktifitas rutin pulang pergi dari rumah ke kantor dan sebaliknya secara rutin. Hampir setiap hari saya lewat di jalan yang dibangun proyek underpass.

Debunya memang ASTAGHFIRULLAHALADZIM banyak buwanget! Udah gitu, saya suka nekat nggak pake masker. Most of the time bahkan saya nggak pake masker waktu perjalanan ke mana aja pake sepeda motor. Parah sih emang. Tapi emang udah kebiasaan banget jadinya. Wajar aja kalau akhirnya wajah saya bereaksi dengan timbulnya jerawat di berbagai spot wajah, terutama di bagian dagu.


Untungnya, bulan lalu saya dapet kiriman paket Clinelle Purifying Series dari Clozette Indonesia. Rangkaian produk dari Clinelle yang ditujukan untuk kulit sensitif ini terdiri dari 4 jenis produk, yaitu Purifying Cleanser, Purifying Toner, Purifying Blemish Gel, dan Purifying Gel Moisturizer.

Clinelle Purifying Series

Keseluruhan produk tersebut mengandung “7 Secret to the Happy Skin” formulation, berupa bahan-bahan yang nggak menimbulkan iritasi kulit, baik untuk penggunaan jangka panjang maupun pendek.
Seri produk dari Clinelle Purifying ini diklaim nggak mengandung bahan-bahan seperti pewangi buatan, pewarna buatan, bahan komedogenik, minyak mineral, SD alcohol, Lanolin, dan Paraben

Kandungan Clinelle Purifying Series nggak hanya membantu dan menghilangkan jerawat tetapi juga mencegah breakout, mengontrol produksi minyak pada wajah, mengecilkan pori-pori, melawan bakteri, memudarkan atau mencerahkan bekas jerawat, dan menghaluskan kulit.

Lalu, seperti apa hasil 4 produk dari rangkaian Clinelle Purifying tersebut di kulit saya. Berikut review singkatnya.

Clinelle Purifying Cleanser 80 ml (Rp 99.000)

Clinelle Purifying Cleanser


Ingredients: Water, Myristic Acid, Glycerin, Potassium Hydroxide, Coco-glucoside, Stearic Acid, Palmitic Acid, Glycol Distearate, Cocamidopropyl Betaine, Glyceryl Stearate, Beeswax, Sorbitan Olivate, PEG-100 Stearate, Phenoxyethanol, Sodium Chloride, Hydroxyethylcellulose, Ethylhexylglycerin, Allantoin, Panthenol, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Disodium EDTA, Paeonia Lactiflora Root Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Polygonum Multiflorum Root Extract, Phellinus Linteus Extract, Morus Alba Bark Extract, Sophora Flavescens Root Extract, Cimicifuga Racemosa Root Extract, Sesamum Indicum (Sesame) Seed Extract, Angelica Gigas Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Betaine, Salicylic Acid, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate

 Kandungan formula pada Clinelle Purifying Cleanser

Sebagai produk cleanser berupa cleansing foam, saya biasa menggunakan produk ini sebagai second cleanser, setelah membersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil. Sebenernya bisa aja sih digunakan sebagai first cleanser KALAU keadaan wajah sedang nggak ber-makeup sama sekali. Tapi kalau pake makeup, even cuma sunscreen sama bedak tabur doang, better dijadiin second cleanser untuk menghindari iritasi.

Keterangan produk pada Clinelle Purifying Cleanser

Clinelle Purifying Cleanser diklaim bisa mengatasi permasalahan kulit seperti menghilangkan permasalahan kulit yang diakibatkan oleh bakteri, merangsang pertumbuhan sel kulit baru, dan mengandung bahan anti-septik yang aman dan efektif.

Di dalamnya terdapat kandungan-kandungan seperti Tea Tree Oil, Salicylid Acid, dan Polyphenol. Masing-masing kandungan tersebut berfungsi sebagai anti-bakteri yang memperbaiki tekstur kulit, eksfoliator yang memperhalus permukaan kulit, dan melindungi serta menenangkan kulit dari efek inflamasi atau rasa terbakar.

Tekstur produk cleansing foam dari Clinelle ini punya tekstur yang cukup creamy. Saat diaplikasikan, rasanya cukup mild dan lembut. Menurut saya, produk dengan tekstur semacam ini cocok banget untuk kulit berjerawat, mengingat jerawat itu sendiri akan lebih mudah terkena iritasi apabila produknya cenderung “keras” di kulit.

Tekstur dari Clinelle Purifying Cleanser

Personally, saya suka banget sama produk ini. Klaim produk yang dapat menghaluskan permukaan kulit bener-bener bisa saya rasakan, sehingga rasanya lebih nyaman ketika saya mengaplikasikan rangkaian produk skincare berikutnya. Gunakan produk ini senggaknya 2x sehari pada pagi dan malam hari dengan gerakan memutar ke seluruh bagian wajah (kecuali area mata) untuk hasil yang maksimal, yah!

Clinelle Purifying Toner 150 ml (Rp 129.000)

 Clinelle Purifying Toner

Ingredients: Water, Butylene Glycol, Glycerin, Niacinamide, Phenoxyethanol, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Ethylhexylglycerin, Trideceth-10, Panthenol, Allantoin, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Disodium EDTA, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Betaine, Salicylic Acid, Citric Acid, Sodium Citrate, Paeonia Lactiflora Root Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Polygonum Multiflorum Root Extract, Phellinus Linteus Extract, Morus Alba Bark Extract, Sophora Flavescens Root Extract, Cimicifuga Racemosa Root Extract, Sesamum Indicum (Sesame) Seed Extract, Angelica Gigas Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate iol, Sodium Hyaluronate

 Kandungan formula pada Clinelle Purifying Toner

Setelah menggunakan Clinelle Purifying Cleanser, produk yang digunakan selanjutnya adalah Clinelle Purifying Toner. Sebagai produk yang ditujukan untuk kulut sensitif dan blemish prone, toner ini bisa cukup menghidrasi kulit. Pori-pori yang tadinya sudah dibersihkan dengan Purifying Cleanser pun jadi terasa lebih lembap dan siap untuk menyerap produk-produk skincare berikutnya dengan lebih baik. 

 Keterangan produk pada botol Clinelle Purifying Toner

Produk ini diklaim bisa mengatasi permasalahan kulit seperti menyeimbangkan kadar sebum dan produksi minyak, mengembalikan dan menjaga kadar hidrasi, dan menenangkan iritasi pada kulit. Di dalam Clinelle Purifying Toner terdapat kandungan-kandungan seperti Pethanol, ekstrak Chamomille, dan Lavender Oil. Masing-masing kandungan tersebut berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit dengan meningkatkan kadar kelembapan secara instan, memperhalus permukaan kulit dan merangsang pertumbuhan sel baru.

 Packaging spray dari Clinelle Purifying Toner

Produk toner ini biasa saya gunakan setiap sebelum makeup dan sesudah membersihkan makeup. Caranya adalah dengan menyemprotkan produk ini ke seluruh bagian wajah dan leher dengan mata tertutup. Setelah itu, ratakan produk dengan menekan permukaan kulit secara perlahan agar produk dapat terserap maksimal ke dalam kulit.

 Tekstur dari Clinelle Purifying Toner

Pada dasarnya, saya nggak begitu suka dengan aroma dari toner ini. Memang sih klaim-nya no fragrance tapi aromanya nggak cukup “netral” untuk saya. Walau begitu, dari segi tekstur saya akui kalau produk ini bisa menyerap dengan baik dan memudahkan penggunaan produk berikutnya.

Clinelle Purifying Blemish Gel 15 ml (Rp 129.000)


 Clinelle Purifying Blemish Gel

Ingredients: Water, Glycerin, Butylene Glycol, Betaine, Cyclopentasiloxane, Phenoxyethanol, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Ethylhexylglycerin, Carbomer, Arginine, Dimethiconol, Hydroxyethylcellulose, Tocopheryl Acetate, Beta-Glucan, Disodium EDTA, Paeonia Lactiflora Root Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Polygonum Multiflorum Root Extract, Phellinus Linteus Extract, Morus Alba Bark Extract, Sophora Flavescens Root Extract, Cimicifuga Racemosa Root Extract, Sesamum Indicum (Sesame) Seed Extract, Angelica Gigas Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Glyceryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, 1,2-Hexanediol, Arbutin, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Panthenol, Salicylic Acid, Sodium Hyaluronate

 Kandungan formula pada Clinelle Purifying Blemish Gel

Produk berikutnya dari rangkaian Clinelle Purifying adalah Clinelle Purifying Blemish Gel. Dengan tekstur gel yang ringan, produk ini diklaim sebagai spot treatment yang cocokuntukdioleskan pada kulit berjerawat maupun bekas jerawat, Formulanya bikin jerawat yang tadinya “ngamuk”, meradang parah hingga terasa terbakar, jadi lebih kalem dan berkurang kemerahannya. 

 Keterangan produk pada Clinelle Purifying Blemish Gel

Di dalamnya terdapat Pro Vitamin B5, Salicylic Acid, dan Aloe Vera. Ketiga kandungan tersebut memiliki fungsi untuk memperbaiki barrier skin, eksfoliator untuk memperhalus kulit, dan menenangkan kulit. Sebagai produk yang ditujukan langsung untuk menyembuhkan jerawat dan juga menghilangkan bekas jerawat, produk ini tergolong cukup efektif. Yang paling terasa adalah berkurangnya kemerahan pada luka jerawat yang meradang.

 Packaging dari Clinelle Purifying Blemish Gel

Selama pemakaian, saya biasa mengaplikasikan Clinelle Purifying Blemish Gel pada area wajah yang penuh dengan noda bekas luka jerawat dan area yang kemerahan. Rasanya cukup soothing dan menenangkan. Walau begitu, pemakaian produk ini juga harus diimbangi dengan sikap disiplin untuk nggak megang-megang bekas jerawat. Sayangnya, saya masih nggak disiplin dan itu mengakibatkan luka sembuh lebih lama.

Tekstur dari Clinelle Purifying Blemish Gel

Clinelle Purifying Gel Moisturizer 30 ml (Rp 139.000)


 Clinelle Purifying Gel Moisturizer

Ingredients: Water, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Hydrogenated Polyisobutene, Niacinamide, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl, Taurate Copolymer, Squalane, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Betaine Salicylate, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, Sodium Polyacrylate, Ethylhexylglycerin, Polysorbate 60, Allantoin, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Disodium EDTA, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Paeonia Lactiflora Root Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Polygonum Multiflorum Root Extract, Phellinus Linteus Extract, Morus Alba Bark Extract, Sophora Flavescens Root Extract, Cimicifuga Racemosa Root Extract, Sesamum Indicum (Sesame) Seed Extract, Angelica Gigas Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Panthenol, Betaine, Citric Acid, Sodium Citrate, Salicylic Acid, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate
 
Kandungan formula pada Clinelle Purifying Gel Moisturizer

Last but no least adalah gel moisturizer dari rangkaian Clinelle Purifying Series, yaitu Clinelle Purifying Gel Moisturizer. Walaupun teksturnya gel-like, tapi sangat ringan dan cenderung cair. Teksturnya mirip seperti Aloe Vera Gel, mudah menyerap di kulit, dan memberikan rasa dingin.

 Keterangan produk pada Clinelle Purifying Gel Moisturizer

Produk ini diklaim bisa membersihkan dan mencegah noda di permukaan kulit, mengontrol produksi sebum, mencerahkan dan menghidrasi kulit. Di dalam Clinelle Purifying Blemish Gel terdapat kandungan-kandungan seperti Phellinus Linteus, Licorice, dan Tea Tree Oil. Ketiganya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan sel kulit wajah, memudarkan noda bekas jerawat, dan anti bakteri.

 Packaging dari Clinelle Purifying Gel Moisturizer

Saya biasa pake Clinelle Purifying Gel Moisturizer ini di malam hari saat mengaplikasikan rangkaian skincare setelah membersihkan wajah dan terbebas dari berbagai jenis makeup.Kurang prefer digunakan di pagi hari karena produk ini memakan waktu sedikit lebih lama untuk menyerap sepenuhnya ke dalam kulit. Untuk hasil yang maksimal, produk ini bisa digunakan pagi dan malam hari dengan gerakan memijat ke bagian atas.

 Tekstur dari Clinelle Purifying Gel Moisturizer

So far, saya cukup cocok dengan seluruh produk dari Clinelle Purifying Series. Saya suka banget sama Purifying Cleanser dan Purifying Gel Moisturizer-nya. Untuk update produk-produk terbaru dari Clinelle, kamu bisa cek langsung di Instagramnya @clinelleid. See you on the next post!

Post a Comment

1 Comments