Review iFree: Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid Tanpa Obat

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid

Nyeri haid itu sesuatu yang “nggak banget”. Bener atau bener? Mungkin saya salah satu dari sekian banyak perempuan yang nggak begitu sering mengalaminya. Temen-temen saya pernah bilang kalau saya cukup beruntung karena nggak harus merasakan nyeri haid.

Rasa sakitnya memang bikin nggak mood ngapa-ngapain di 1-2 hari pertama haid. Tapi sekalinya kena, duh Tuhaaan, rasanya nggak mau beranjak dari tempat tidur sambil nahan perut yang nyerinya nggak karuan.

Nggak biasa nyeri haid, tapi kok ngalamin nyeri haid juga?

Memang kalau dilihat dari riwayat keluarga, ibu saya juga nggak mengalami nyeri saat sedang haid. Jadi wajar aja kalau saya pun juga nggak begitu sering mengalaminya.  Walau begitu, saya notice ada satu hal yang menyebabkan saya mengalami nyeri haid di waktu-waktu tertentu, yaitu saat siklus haid tidak teratur. 

Ini terjadi saat saya masih dalam fase menyelesaikan skripsi. Sekitar tahun 2016, siklus haid saya bener-bener nggak teratur. Ada yang waktunya mundur, ada yang terlalu maju, ada yang mundur sampe hampir 2 bulan dan di bulan berikutnya keluar buwanyaaak banget di hari-hari awal siklus haid datang lagi.

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid
nyeri haid yang dirasakan pada awal siklus

Saya inget banget, pada saat siklus haid itu jadi super duper nggak teratur, saya merasa biasa-biasa aja. Cuma yah cukup ngeri saat di hari pertama haid, saya sampe ganti pembalut lebih dari 6x dalam sehari. Pembalut yang night lho padahal. Itu kan permukaannya gedhe dan nampung lebih banyak daripada yang reguler. Sampe habis sebanyak itu!

Cara mengurangi nyeri haid tanpa obat

Saya bukan tipe orang yang suka minum obat, terus terang aja. Kalau misal rasa sakit yang dialami masih bisa ditahan dengan cara alami seperti minum dan makan lebih sehat, saya lebih memilih opsi tersebut. Sama halnya dengan dengan saat merasakan nyeri haid. Kalau bisa sih saya bisa mengurangi rasa sakitnya tanpa minum obat.

Apa saja yang sebaiknya dilakukan saat haid dan bagaimana cara mengurangi nyeri haid tanpa obat?

1. Lakukan olahraga ringan. Olahraga ringan yang dimaksud adalah olahraga yang tidak membutuhkan terlalu banyak kerja otot, seperti kardio. Hindari olahraga seperti angkat beban dan renang. Personally, saya lebih suka melakukan senam aerobic.

Selain menyenangkan, olahraga ini juga membuat tubuh menjadi lebih segar. Kebayang banget rasa seger yang kerasa saat mandi right after going to aerobic claas. Beraktivitas jadi lebih semangat, tidur pun jadi lebih nyenyak

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Kalau sedang haid, produksi hormon jadi cenderung fluktuatif. Perubahan hormonal ini jangan sampe diperparah dengan konsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak kolestrol seperti gorengan. Lebih baik konsumsi lebih banyak serat dari sayur dan buah untuk menghindari gangguan di area pencernaan.

3. Konsumsi lebih banyak air putih hangat. Saat menstruasi, produksi prostaglandin, zat kimia yang menyebabkan uterus terus berkontraksi, biasanya meningkat. Zat ini yang membantu kinerja rahim agar bisa mendorong darah keluar lebih mudah.

Namun, zat ini pula yang menyebabkan wanita mengalami gangguan pencernaan saat sedang menstruasi. Sehingga selain mengonsumsi makanan berserat tinggi, air putih hangat bisa membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan saat haid.

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid
gaya hidup sehat untuk mengurangi nyeri haid

Kalau sudah menerapkan gaya hidup sehat tersebut, sebaiknya kita tetap beraktivitas seperti biasa. Haid bukanlah halangan untuk tetap beraktivitas seperti biasanya. Itu pun jika kita tau gimana caranya supaya bisa “biasa aja” pas perut lagi nyeri-nyerinya.

Minum obat sih boleh aja. Tapi kalau menghindari obat, apa dong yang sekiranya bisa dilakukan. Well, salah satu yang bisa jadi solusi nyeri haid tanpa obat adalah menggunakan pad terapi hangat dari iFree.

Mengurangi nyeri haid dengan menstrual pad iFree

Sekilas dilihat dari kemasannya, iFree terlihat seperti pad berupa bantalan tipis. Mirip koyo, tapi lebih tebel sedikit, Bisa dibayangin kan yah? Bentuk dan teksturnya halus layaknya permukaan sebuah pembalut, namun lebih tipis dan kecil serta memiliki perekat yang baik sehingga tidak mudah lepas atau terlipat saat digunakan beraktiftas.

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid
kemasan dari iFree menstrual pad hangat

iFree pad dikemas dalam dus kertas berwarna merah muda dan putih dengan informasi yang cukup lengkap seperti cara pemakaian dan manfaat produk tersebut. Satu box/dus kertas berisi 2 pads yang dibungkus kembali, masing-masing berukuran sekitar 10 cm.

Nah, produk iFree ini diklaim bisa mengurangi nyeri haid karena menghantarkan hangat ke area yang mengalami rasa nyeri.

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid
cara pemakaian iFree menstrual pad hangat

Cara menggunakan menstrual pad iFree

1. Buka kemasan pad terapi iFree. Pad perlahan akan menghangat saat terpapar udara.
2. Lepaskan lapisan perekat dan tempelkan pada area yang sakit. Tentukan rasa hangat yang diinginkan dengan tiga cara:

💓Agak hangat: tempelkan pada di bagian dalam baju
💜Hangat: tempelkan pad diluar celana dalam
💛Lebih hangat: Tempelkan di bagian dalam celana dalam.

Pad ini hanya untuk satu kali pemakaian. Pastikan kemasannya tidak terbuka terlalu lama untuk menjaga kehangatannya.

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri Haid
Salah satu cara pemakaian iFree menstural pad hangat

Dalam kinerjanya, iFree pad menggunakan proses OxyHeat yang menghasilkan sensasi hangat begitu pad terpapar udara saat kemasan dibuka. Rasa hangat yang dihasilkan bisa bertahan hingga 8 jam. Saat digunakan, pad ini mampu memberikan rasa nyaman saat beraktifitas, dengan mengurangi kram perut dan nyeri haid saat ditempelkan pada area yang terasa nyeri.

Review pemakaian menstrual pad iFree

Selama ini, saya jarang mengalami nyeri haid. Itu mengapa, saya meminta testimoni dari kawan kantor saya, Alfanisa. Pada saat itu, saya minta dia mencobanya saat sedang nyeri haid di hari kedua. Dari cara pemakaian, terbilang sangat mudah karena seperti menempelkan koyo. Alfa memilih cara pemakaian opsi paling hangat. Menurutnya, panas yang dihantarkan nggak lebay seperti koyo. 

Nah, Alfa ini biasa kerja di depan laptop selama hampir 8 jam. Saat kurang gerak, rasa nyeri biasanya terasa semakin menjadi-jadi. Selama ini dia sama sekali belum pernah mencoba terapi hangat saat sedang nyeri haid. Mensrual pad iFree ini dia akui bisa membuatnya beraktivitas dengan lebih rileks hingga malam hari.

Pagi harinya, dia melakukan cek iFree pad yang saya sudah dipakai di hari sebelumnya. Ternyata permukaannya masih menghantarkan hangat. Seandainya bisa dipake lagi, pasti udah dipake lagi HAHAHAHAHA

iFree Menstrual Pad Hangat Pereda Nyeri HaidiFree manstrual pad hangat

iFree pad ini bisa dengan mudah dibeli secara online di JD.ID, Farmaku, dan KlikIndomaret, maupun offline di drugstore seperti Guardian, Watson, DanDan, Boston, Hypermart, Viva Health Apotek, dan Apotek Roxy. Harganya sekitar Rp 25.000,- untuk 1 box berisi 2 pad. Di beberapa tempat ada perbedaan harga. Tapi mengingat manfaatnya yang cukup maksimal dalam meredakan nyeri, nggak masalah lah yaaa.

So far, I’m impressed with this product. Saya masih nunggu momen tepat untuk menggunakannya karena sampe tulisan ini kelar pun saya belum haid lagi. Tapi mendengar testimoni dari Alfa, saya jadi yakin kalau 2 produk dengan harga Rp 25.000 ini beneran worth the price! I’ll give you guys the update from me setelah aku pakai juga yah. See you on the next update!

More Info :
Instagram : @ifree.Indonesia
Facebook : iFree



Post a Comment

2 Comments

Tira Soekardi said…
baru tah aku, jaman aku dulu belum ada, pakainya air hangat yg dimasukan dalam botol kaca
Waaaaaaaaw sampe ada produknya khusus dibeli lewat website ya.
Ya Allah kemana aja w selama inii