9/8/16

Jangan Sepelekan 7 Hal Penting Ini Setelah Membuat Blog!


Sepetember akhirnya datang dan kita udah ngelewatin seminggu pertamanya. Bulan lalu, tepatnya bulan Agustus, adalah bulan ter-tidak produktifku dalam blogging. Bulan-bulan sebelumnya juga nggak rajin-rajin amat sih... Tapi Agustus bener-bener parah. Cuma 2 postingan aja! Sibuk? Well, everyone's busy and still get their ass sitting in front of their computers and writing things down. I have no excuse at all. Satu-satunya excuse yang bisa aku jabarkan hanyalah MALES. Males karena... males aja. Gimana? Anyone can tell me any better excuse to explain the reason why I wasn't productive on writing blog last month?

Bulan ini, no more excuses. I'm finally back on writing and I will. Kali ini aku nulis tentang hal-hal penting yang sering banget kelewatan sama banyak blogger. Aku salah satunya. Apa aja sih hal-hal penting yang sebaiknya nggak diabaikan oleh kita yang udah punya blog dan beneran serius pengen jadi blogger?

1. Membuat blogging planner
Aku orang yag masih belum disiplin dalam hal membuat postingan blog secara rutin dan teratur dengan interval waktu tertentu. Maka dari itu, aku coba cari cara supaya bisa lebih disiplin dan terjadwal untuk posting artikel di blog. Dari kebanyakan artikel yang aku baca tentang pengaturan jadwal posting, membuat blogging planner selalu jadi opsi utama. Seperti halnya membuat to-do-list, blogging planner mampu membantu kita menyusun waktu dan topik yang harus kita tulis. Saat tidak nulis, kita bisa research untuk tulisan berikutnya dengan melihat blogging planner yang telah kita buat. Jadi lebih teratur, kan?

 http://cf.yellowblissroad.com/wp-content/uploads/2014/12/Blog-Planner-All-Download-Graphic200.jpg
Contoh blogging planner via http://cf.yellowblissroad.com

2. Rutin publikasi blogpost di social media

Hal yang sering kita lupakan adalah mempublikasikan ulang artikel-artikel yang telah kita tulis. Padahal dengan melakukan publikasi ulang tersebut, kita mampu menaikkan pageview blog, bahkan saat kita sedang hiatus atau absen menulis. Bukan berarti kita tidak usah nulis lho ya. Nulis itu udah semacem kewajiban kalau memang berniat serius mengembangkan blog. Hanya saja saat kita tidak menulis, hal ini mampu membantu pembaca kembali lagi ke blog kita. Traffic juga nggak anjlok banget jadinya.

3. Menambah dokumen pelengkap data
Ngaku deh siapa yang males membubuhkan dokumentasi tambahan di postingan blognya? Aku. LOL. Kadang males aja gitu kasih foto, related links, atau misal grafik kalau lagi nulis blog. Lha kalau nggak di kasih, gimana bisa meyakinkan pembaca? Setidaknya dengan membubuhkan data-data pelengkap tersebut ke dalam postingan kita, para pembaca bisa memvalidasi berdasarkan apa yang mereka lihat dan baca di blog kita.

Baca juga: 7 Blogpost Topic That Worth to Write

4. Mempelajari SEO
Hiyeeeuuuh. SEO? What kind of weird terms is that? Awal aku bikin blog, nggak ada tuh yang kasih tau masalah SEO. Baru deh awal tahun saat aku memutuskan untuk coba serius menulis di blog, aku baru cari tau seputar SEO. Because it's a must for bloggers to know it. At least you know it before you understand it. SEO adalah Search Engine Optimization, yang lebih mudahnya kita sebut sebagai cara mengoptimalisasi blog yang kita kelola supaya bisa lebih mudah terdeteksi di search engine. Karena orang Indonesia lebih sering pakai google, maka SEO berdasar alogaritma google yang perlu blogger Indonesia pahami.

5. Mengikuti gathering blogger

Hal yang sering terabaikan oleh orang yang sudah rutin menulis blog adalah bersosialisasi dengan blogger lain. Merasa malu dan minder karena merasa masih newbie, sedangkan yang ada di gathering blogger biasanya adalah para masta (master) yang sudah malang-melintang di dunia per-blogging-an. Bahkan sudah banyak yang dapet job dari blogging. Aduh, mindernya tipeku banget. Tapi malah menurutku mumpung masih awal, banyaklah bertemu dengan para master tersebut dan bertanya banyak hal kepada mereka. Belajar dan coba terapkan ke dalam kebiasaan ngeblog kita. Rejeki bisa menular, lho.

Baca juga: 7 Langkah Awal Menjadi Blogger Produktif

6. Berkunjung ke blog-blog lain
Berapa kali kita mengunjungi blog-blog lain untuk sekedar membaca maupun meninggalkan komentar? Kalau tiap minggunya masih bisa dihitung dengan jari, maka kita harus lebih rajin berkunjung. Hal yang biasa disebut dengan blogwalking ini sangat bermanfaat, tapi sering diabaikan oleh orang-orang yang telah  membuat blog. Bahkan yang sudah rutin posting tulisan di blog pun sering abai. Mungkin tidak termasuk prioritas, tapi sangat tidak dianjurkan untuk diabaikan. Selain mampu menjalin silaturahmi sesama blogger di dunia maya, kita juga bisa refresh ide menulis untuk postingan-postingan kita berikutnya.

7. Membuat stok foto/data blogging
Menulis sudah kita lakukan. Blogwalking pun sering. Tapi stok foto dan data, sudah ada belum? Eh, jangan disepelekan lho poin terakhir ini. Penting sekali untuk kita membuat stok foto dan data yang sekiranya bisa kita gunakan pada postingan selanjutnya. Hal ini bertujuan agar kita mampu mengefisiensi waktu kita dalam mengolah suatu postingan. Saat membuat blogging planner, jangan lupa mencatat waktu yang perlu kita luangkan untuk membuat stok foto maupun research data untuk blogpost kita. Lebih efisien daripada harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengolah foto-foto maupun data yang akan kita gunakan.

Dari ketujuh poin di atas, adakah poin yang sekiranya kurang dan perlu ditambahkan? Kalau ada, tolong kasih tau di kolom komentar ya. Semoga postingan ini bermanfaat, tidak hanya untuk kita yang sudah membuat blog, tapi juga untuk teman-teman yang baru mau masuk ke dunia blogging. Sampai jumpa di postingan berikutnya! Good luck, everyone!

40 comments:

  1. nge share ke sosmed kadang aku males..he2, mesti dirajinin lagi nih...

    salam kenal terimakasih..ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak :D Semoga setelah ini kita jadi makin rajin yah~

      Delete
  2. benar-benar harus di telatenin dengan baik ya kalau mau fokus blogging ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak.. InsyaAllah bisa lebih berkembang lagi blog yang kita kelola :)

      Delete
  3. wahh bener bener aku masih harus banyak belajar nih, than you ilmu & reminder nya ya :D

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome Mbak :D Semoga bermanfaat ;)

      Delete
  4. Kalau blogging planner tertulis, saya belum bikin, cuma tiap nulis udah plan, next-nya apa. SEO iya nih, saya jadi acak2 judul lagi biar setidaknya ada satu kata kunci, haha... Kalau share di socmed sih saya udah over narsis, hahah... Twitter paling banyak, share ke grup2 blogger biar di-RT :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kalo SEO saya juga masih belum paham banget. Bikin postingan juga nggak based on trending keyword. Hahaha. Semoga makin telaten setelah ini :D

      Delete
  5. beli domain mba hehe
    ikutan giveaway di tempat aku yuk, pemenang dapat gratis hosting dan domain selama 1 tahun. makasih
    http://www.indriariadna.com/2016/09/giveaway-tips-cantik-ala-kamu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul saya juga mau beli domain nih. Masih nunggu waktu tapi muehehe.

      Delete
  6. paling males bikin blogger planner XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi saya juga masih belum telaten nih xD

      Delete
  7. Saya masih belum paham bener soal SEO hahhaa :))
    Oh iya beli domain juga perlu mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah akan segera beli domain Mbak :D Makasih banyak atas sarannya.. Semoga bermanfaat :D

      Delete
  8. Nah, bagian blogging planner itu belum maksimal kalo aku x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih. Semoga setelah ini bisa mulai bikin pelan-pelan yah :D

      Delete
  9. Masalahku adalah mood yang suka naik turun...beda tipis ama males yak wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih Mbak, saya juga gitu kadang xD

      Delete
  10. Blogging planner aku masih blm terlalu memanfaatkannya. Kalau SEO hehe msh belajar.
    TFS Mbak :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak :D Semoga bermanfaat :D

      Delete
  11. Membuat stok foto :D Bagiku, urusan foto ini yang paling banyak ngabisin waktu. Nulis setengah jam, milih foto 3 jam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar itu Mbak. Saya sendiri juga lama banget kalo harus milih foto. Jadi lebih baik bikin stok foto biar ga memakan waktu terlalu banyak :D

      Delete
  12. Cuma 2,3,6,7 aja yang selama ini dilakuin
    Wow itu yang bikin Blog Planner, asli belum kepikiran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Mbak siapa tau lebih produktif dan terorganisir :D

      Delete
  13. Yang paling susah dalam menulis memang konsistensi. Apalagi kalo idenya mandek mbak. Hihihi

    Ide bagus nih blog planner hehege

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak saya juga sering mengalami :') Semoga bermanfaat artikel ini bermanfaat :D

      Delete
  14. Yang harus ditingkatkan blogwalking nih, masih bolong2 saya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga setelah ini kita makin rajin blogwalking ya Mbak :D

      Delete
  15. Saya kena dibagian 1, 2, sama 5 nih. Hehehe.

    Malah udah buat blogging planner tapi saking apalah-apalahnya bisa sampai 7 bulan hiatus dari blog. Duhduh.

    Kalau yang rutin publikasi biasanya pas abis ngepublish postingan. Pas masih anget-angetnya. Kalau udah lama pasti jarang dipublikasi. Padahal kalau belum sempat nulis seharusnya masih sempat publikasi kan ya. *catet*

    Kalo yang masalah gathering itu tidak lain dan tidak bukan karena saya berdomisili di Pulau Sumatera. Jarang ada acara gathering blogger di sini mbak. Padahal setiap dapet undangan gathering rasanya pengen banget datang. Tapi apa daya, kejauhannn~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang poin 1 dan 2 aku juga masih belajar juga nih. Namanya disiplin emang proses sih... Apalagi aku suka males orangnya HAHAHAHA

      Kalau gathering belum bisa, mendingan silaturahmi via blogwalking aja. Siapa tau next time malah dipertemukan sama blogger-blogger yang udah kenal via dunia maya :D

      Semangat yaaaa untuk kita!

      Delete
  16. Paling nyerah sama SEO. Pusiinggg.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbaaaak jangan nyeraaaaaah :D

      Bisa coba minta bantuan temen yang juga ngeh masalah SEO biar bisa belajar bareng :D

      Delete
  17. Haduuh nomor 3 tuh masih males2an banget hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan males mbaaaak xD

      Ayo kita sama-sama semangat walau koneksi suka lambat. HAHAHAHA

      Delete
  18. Hadeuuhh...kayaknya blogging plannernya yg kudu dibenahin klo aku mah...ngisi blog tuh cm ngelanjutin draft2 yang udah berserakan aja hehehe, ama stok foto jg tuh males juga..kdg dah nulis, tp didiemin aja lupa input foto, lama2 tema yg ditulis basi deh hehehe....
    Salam kenal mba hani...trims ya udah sharing tulisannya...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi bisa aja mbak suatu saat tema itu ngangkat lagi dan mbak bisa share ulang ke socmed. Artikel2 yang masih belum ada fotonya mendingan di-update pake foto yang berkaitan biar terlihat lebih fresh :D

      Salam kenal Mbaaak. Hope it helps! :D

      Delete
  19. mbak, yang paling susah tuh 'menambah dokumen pelengkap data' hahah itu malasin bangeettt :(
    btw makasi postingannya, membantu banget buat aku yang lagi pengen seriusin si blog heheh

    fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog kamu udah bagus lhooo! Aku suka sama blogmu. Semoga kita makin konsisten yaaa :D

      Delete
  20. Han, aku masi blm ngrti SEO gitu banyak mesti belajar nih , thanks ya artikelnya 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai yang simple-simple aja Mbak. Banyak kok tipsnya :3

      Delete

Silahkan tinggalkan kritik dan saran yang membangun. Boleh meninggalkan link blog, tapi mohon untuk tidak mencantumkan link hidup, ya! Terima kasih ;)