Podcast, Teman Ngantor Bareng Selama WFH

podcast teman WFH

Beberapa waktu yang lalu saya lagi suka banget ndengerin podcast sambil kerja. Dulu saya pernah nyoba, tapi ujung-ujungnya malah jadi terdistraksi. Kayanya selama kerja dari rumah, saya perlu ditemani suara-suara yang bisa bikin semangat kerja jadi makin membara. 

Kalau sepi gitu, bawaannya langsung cemas. Tiba-tiba khawatir, grusa-grusu dan malah nggak tenang. Makanya saya butuh suara-suara lain yang sebagai temen kerja. Biasanya saya otomatis langsung buka Spotify dan muter playlist musik. Saat kerjaan agak selo, saya biasa setel YouTube atau Netflix. Baru kemaren ini nih ngerasa lebih enak kerja sambil ndengerin podcast.

Baca juga: 5 Cita-cita yang Ingin Saya Wujudkan di Umur 30an

Saat kita buka explore Spotify, ada baaanyak banget pilihan podcast yang bisa didengerin. Kemudahan pembuatan podcast dan makin meningkatnya preferensi orang untuk ndengerin podcast jadi beberapa faktor yang mempengaruhi naiknya jumlah podcast yang beredar di berbagai platform audio. 

Kalau lagi mager baca tapi nonton konten video pun dirasa memberatkan, podcast bisa jadi jawaban untuk ngulik lebih banyak info saat kita sedang sibuk beraktivitas. Udah ada banyak banget pilihannya dan bisa disesuaikan dengan apa yang lagi pengen kita dengerin. 

Kali ini saya pengen share beberapa opsi podcast seputar self development yang cocok untuk dijadikan teman kerjamu saat WFH, salah satunya adalah podcast "Gini Aja Deh" dengan host Llia Salsabeela.

Pertama kali saya tau podcast ini ketika Mbak Llia Salsabeela nge-share salah satu episode podcastnya di Instagram’s story. Pada saat itu saya belum begitu tertarik karena masih belum begitu sering menggunakan Spotify. Sampai akhirnya beberapa waktu yang lalu saya coba dengerin dengan alasan “lagi pengen aja”.

Baca juga: Polusi Asumsi yang Bikin Rendah Diri

Kek kepaksa gitu yha kesannya? HAHAHA. Padahal intensi saya murni karena lagi pengen mulai dengerin aja. Saya penasaran sama apa yang beliau share di podcast-nya. Udah sejak lama saya terinspirasi dengan sosok Mbak Llia, tepatnya sejak saya membaca bukunya yang berjudul Girls In Tech. Terlebih lagi, sekarang Mbak Llia memutuskan untuk tinggal di Bali setelah sekian lama hustling di Jakarta.

Ada beberapa episode yang saya suka di podcast Gini Aja Deh milik Mbak Llia. Episode-episode tersebut membahas seputar time and energy management, how to deal with toxic people, dan cerita tentang gimana beliau bener-bener belajar hal baru selama masa karantina di Bali. 

Baca juga: Menelaah Kembali Arti dari Kesuksesan

Semua episode di podcast-nya saya lahap hanya dalam sehari karena bener-bener saya dengerin dari awal mulai kerja sampe kerjaan kelar semuanya. Saya juga dengerin sambil jalan-jalan belanja ke minimarket di deket rumah. 

Personally, saya ngerasa kayak beneran diajak ngobrol berdekatan dan suaranya Mbak Llia beneran sopaaaaan banget masuk ke telinga. Insight yang beliau kasih pun nggak kaleng-kaleng dan sering kali berbeda dengan apa yang saya pahami selama ini. 

Konten semacam ini nih yang bikin saya ngangguk-ngangguk dan sesekali menampar diri. Cocok banget untuk kamu yang pengen menyerap konten podcast singkat tapi ngena banget mak jleb! 

Baca juga: 3 Pelajaran Berharga Setelah Sakit Selama 2 Minggu

Nah, kalau kamu sendiri, suka ndengerin podcast juga nggak? Kasih tau rekomendasi podcast yang biasa kamu denger di kolom komentar ya! See you on the next post!


Post a Comment

25 Comments

Kebiasaan kerja dan belajar tiap orang beda-beda ya Mbak. Saya justru gak bisa konsentrasi kerja atau belajar bisa disambil mendengarkan ini itu. Kalaupun musik harus tanpa lirik. Sebab kapa pakai lirik, otomatis otak saya mengikuti cerita di dalamnya, jadinya kerja yang sedang didepan bisa terlupa hehehe
Ayi said…
Saya rajin pake Spotify tapi buat dengerin musik. Podcast yang saya dengerin cuma podcastnya teman saya yang nyeritain nostalgia Makassar di masa lalu. Sering sih dengar iklan podcast gitu pas lagi dengerin musik. Cuma belum ada waktu buat dengerin, karena saya tipe yang harus nyimak dengan seksama kalo dengerin orang ngomong. Hehe.
Rani R Tyas said…
Aku orangnya agak terganggu kalau dengerin suara orang ngobrol, Mbak 😂 jadi kalau kerja ya denger musik aja. Pas nyante deh kadang sesekali denger podcast Drakor Class sambil ngakak dengerin spoiler drama korea dari mereka.
Mia Yunita said…
Kalo dengerin podcast sebenarnya jadi berasa dengerin siaran radio hehe. Tapi di podcast tentu ada bedanya ya dengan siara radio. Kalo aku jarang banget sih dengerin podcast. Pertama kali denger podcast di spotify, interview dengan dr.Tirta gitu.
nurul rahma said…
Yeayy, aku jadi pengin ikut nyimak podcast doi juga.
selalu sukaa kalo para podcaster bikin konten cihuy seputar time and energy management, kayaknya bisa banget kita tiru gitu ya
termasuk tips how to deal with toxic people, ini penting BANGET!
Mugniar said…
Wah iya, suaranya menenangkan ya, berasa diajak ngobrol. Kualitas sound-nya pun oke. Senangnya bisa punya Podcast keren begitu. Oya, saya kemarin baru mendengarkan Podcast-nya Daniel Mananta yang episode Marcell Siahaan, wuih keren cara Daniel mewawancarai Marcell dan menggali insight dari seorang Marcell.
Eryvia Maronie said…
Saya jarang dengar podcast.
Apalagi kalo pas langu ngerjain sesuatu yang butuh keseriusan. So pasti bakal ter-distract.
Tapi bolehlah nanti saya dengerin yang direkomendasiin di blog ini :)
Sampai saat ini sih belon pernah secara serius nyari dan dengerin podcast,
Tapi sesekali suka nonton podcast Raditya Dika di youtube

Kayaknya pengen mulai dengerin juga nih, buat nambah2 wawasan kayaknya asyik juga yaaah
Lisdha said…
Saya belum pernah mendengarkan podcast hehehe.
Seringnya itu malah dengerin yutub format podcast macem daniel mananta atau merry riyana
Meski ada visualnya tapi nggak saya pantengin lihat karena memang fokus ke voice-nya :)
Tian lustiana said…
Palingan saya dengerin podcast Rachel Goddard, dan yang trend di Spotify aja biasanya suka langsung auto muncul, jadi suka asal klik aja. Ternyata dengerin podcast itu asik juga yah.
Siti Nurjanah said…
Aku ga sering tapi kadang suka juga dengar podcast
Lebih yang kaya motivasi gitu sama kadang yg tema horor
Aku masih sesekali aja ngepodcast, Mbak..Wah bisa nih coba denger podcast Mbak Lila aku suka bahasan tentang time dan energi management gitu atau how to deal with toxic people yang kini related banget ..cus ntar kucoba, thanks rekomendasinya
Nanik Nar said…
Saya belum pernah dengerin podcast mbak. Saya tuh tipe orang yang kalau kerja suasananya harus hening mbak
Elly Nurul said…
Great idea nih mbak, aku termasuk yang belum pernah lho dengerin podcast kala waktu senggang dirumah.. jadi terfikir juga nih untuk bisa cari teman selama wfh dengan podcast ya.. WFH jadi lebih nyaman deh
Nchie Hanie said…
Wah senangnya bisa dengerin suara teman kapan pun di podcast, apalagi memberikan insight yang luar biasa.
Aku ga main podcast dan ga pernah dengerin, soalnya aku leboh suka visual
Dee_Arif said…
wah iya, sekarang podcast lagi trending ya mbak.
aku juga suak dgrin podcast, terutama yang bahas soal drama korea, podcastnya Drakor Class 😁
Lidya Fitrian said…
Aku belum pede nih bikin podcast kayanay suaranya gak bagus untuk direkam gitu. Tapi kalau mendengarkan Podcast seru aja di spotift. Spotify juga teman aku buat lari & beres2 rumah :-D
Wah kalau aku belum begitu tertarik sama podcast nih, Mbak. Baru beberapa kali dengerin. Mungkin next kalau udah dapet "hidayah" bisa sering-sering buka Spotify, ya. Hahaha.
Btw menarik kayaknya nih konten mbak Llia :)
Wiwied Widya said…
Aku bukan tipikal pendengar podcast sih. Jaman radio dulu aja jarang dengerin. Sekarang ada podcast juga belum tertarik sih. Kpan2 kali ya
Tian lustiana said…
podcast lagi booming banget ya sekarang tuh, cocok memang buat nemenin wfh an.
Utie. Adnu said…
Jarang Aku kak dengerin podcast Lebih seneng nonton visual gitu.. eh tapi Ada niatan kepingin bikin podcast yg sederhana deh..
Adriana Dian said…
Aku juga suka dengerin podcast, bisa didengerin sambil santai yaaaa.. hihi. Ngga perlu fokus kaya nonton TV yaaa.. hehe. Jadi penasaran nih sama podcastnya Llia Salsabeela iniii.. nnti dengerin aaaah
echaimutenan said…
aku jarang dengerin podcast mak soaalnya suka ngantuk
tapi pengen dengerin mba Llia juga ah sesekali biar nambah ilmu juga
andyhardiyanti said…
Saya gak pernah nih denger podcast. Karena emang gak instal app spotify di hp, cuma instal di laptop aja. Jadi pas buka laptop aja dengerinnya. Itupun dengerin musik sih. Tapi kalau podcast video, yaa paling sering nonton channelnya Deddy Corbuzier.
Ruffie Lucretia said…
Coba dengerin podcast dari Internetsehat. Temanya bagus, mendidik dan me-literasi netizen indonesia. Kayaknya sekarang pidcast udah jadi semacam gaya hidup ya, kalo dulu orang dengerin talkshow di radio ada jadwalnya, sekarang bisa dengerin tema apa yang kita mau dan kapan aja