5 Cita-cita yang Ingin Saya Wujudkan di Umur 30an

cita-cita di umur 30an

Usia udah hampir seperempat abad, tapi kok hidupmu masih berkutat sama skripsi dan kerjaan-kerjaan freelance yang nggak pasti bayarannya sih?

Begitulah celetuk si negative thinking yang sering muncul di pikiran saya saat akan memasuki umur 25 tahun. Memang, di usia saya waktu itu, masih banyak hal yang belum saya lakukan. Idealnya sih, usia segini tuh udah kerja kantoran atau udah lanjut S2. Bahkan banyak juga yang udah nikah. Konon usia 25 adalah umur ideal untuk mulai hidup yang baru sebagai keluarga kecil.

Dulu sempet cita-cita gitu sih... Cuma makin kesini saya merasa harus makin realistis sama keinginan saya. Kayanya kalau terlalu banyak berangan-angan, aduh... sakit banget jatuhnya kalau nggak tercapai di momen yang saya damba-dambakan.


Tapi, kayanya nggak tepat juga deh kalau saya cuma "ngikut" dan nggak stick to the plan yang udah saya rencanain dari awal. Mungkin saat ini memang belum waktunya. Allah sepertinya ingin saya berusaha lebih keras untuk menjadi versi terbaik dari diri saya. Usia mid-twenties memang penuh dengan plot twist yang ngehek serta nggak terduga. Banyak hal yang harus pelajari lebih jauh, pengalaman-pengalaman yang saya selami lebih dalam, dan lika-liku kehidupan yang lebih ngehek untuk saya alami di usia saya saat ini.

Buat apa sih? Usia 20an tuh buat seneng-seneng aja kali. Nikmatin aja, nggak usah terlalu sepaneng"

Wa.. ini nih. Ini nih. Iya sih, hidup nggak usah dibawa pusing. Tapi, kalau di usia yang masih tergolong newbie buat kehidupan nyata senyata-nyatanya ini saya masih "santai" aja, apa ada jaminan kalau hidup saya di fase usia berikutnya bakal nyaman-nyaman aja?

Nggak lah! Mbok kiro urip iso gumantung mbokmu terus? (Kamu kira hidup bisa tergantung ibumu terus?)

Fase usia berikutnya yang ingin saya jalani dengan lebih nyaman adalah Fase Usia Cantik. Fase dimana saya udah ngelewatin banyak ujian hidup di umur 20an dan masuk ke usia 30-40an dengan lika-liku hidup yang lebih manis. Ada beberapa keinginan yang pengen banget saya capai saat udah masuk usia cantik. Keinginan tersebut antara lain:

1. Melanjutkan studi S2 di jurusan Ilmu Komunikasi

Cita-cita saya sebelum lulus S1 adalah jadi tenaga pengajar di perguruan tinggi alias dosen. Saya kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Prancis. Setelah lulus, saya pengen banget lanjut S2 Pendidikan Bahasa Prancis di UPI Bandung. Tapi, nggak menutup kemungkinan untuk saya ambil jurusan lain yang sekiranya cocok dengan passion saya atau pekerjaanku setelah lulus S1 tahun depan. Saya udah membulatkan tekad saya untuk lanjut S2.


Tetapi setelah masuk ke dunia kerja, ternyata saya lebih interest ke bidang komunikasi. Kalau misal ada kesempatan, saya pengen banget lanjut kuliah lagi dan coba cari beasiswa untuk kuliah S2. Mungkin pengen nyoba sambil kerja di satu tahun pertama saat kuliah S2 dan resign dulu menjelang penyelesaian tesis karena terus terang saya susah banget fokus kalau harus studi dan kerja bebarengan.

2. Bisa terus level up dan bekerja di bidang yang jadi passion saya

Passion. Satu kata yang nggak habis-habis jadi harapan kita. Saat menentukan jurusan kuliah maupun saat udah berkarir, kita pasti pengen berkarir di bidang yang sesuai passion kita. Because we're gonna love what we do and what we work on. Selelah apapun, kita tetep seneng menjalaninya dan nggak merasa terpaksa. Saya sendiri masih harus mengasah passion saya untuk saat ini, supaya nantinya saya bisa bekerja dan membangun usaha/bisnis yang sesuai dengan passion saya


Alhamdulillah, setelah lulus dan mulai bekerja freelance dan akhirnya bisa kantoran, saya menemukan passion dari pekerjaan yang saya lakukan selam 3 tahun ini. Saat ini saya berada di fase istiqomah untuk terus belajar dan mengasah skill di bidang yang saya tekuni selama ini, yaitu bidang digital marketing. Tinggal cari cara gimana bisa level up terus.

3. Menikah dan punya rumah sendiri

Ah, siapa sih yang nggak pengen nikah. Pengennya sih udah sibuk ngurus anak-suami di rumah sendiri. Pengennya sih saya bisa kayak ibu. Ibu dan bapak udah nyiapin dana buat rumah sendiri sejak mereka masuk di umur 30an awal dan akhirnya bisa punya rumah sendiri saat udah mau masuk umur 40. 

Tapi perjuangan mereka di awal pernikahan, makjaaaaaaaang nggak main-main. Awal nikah di tahun 1986, mereka tinggal di kos-kosan sempit dimana tempat tidur, ruang tamu, dan dapur jadi satu ruangan. Menurut saya, perjuangan yang kayak gitu yang harus saya teladani dari ibu dan bapak. Walau saya tau cita-cita ini sepertinya cukup susah diwujudkan, tetapi InsyaAllah akan ada jalan selama kita mau berusaha.

4. Umroh dan lebih sering traveling bersama keluarga

Jujur, di usia saya saat ini, saya jaraaaaang banget bisa traveling sama orang tua. Kayanya mereka udah nggak kepikiran untuk jalan-jalan karena uangnya lebih baik buat bayar kebutuhan sehari-hari dan nabung buat umroh/naik haji. Alhamdulillah orang tua saya udah daftar haji walau berangkatnya masih lama banget. Saya bakal coba catch up nabung supaya bisa ikutan nyusul mereka nanti.


Selain itu, saya pengen ngajak mereka jalan-jalan juga ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Menurut saya, banyak hal di luar sana yang masih bisa kami explore bersama dan pasti akan ada pelajaran kehidupan yang bisa saya dapatkan dari traveling. I want my family to experience great things and I think that will make them happy. Semoga bisa terwujud setalah pandemi berakhir.

5. Tetap fit dan bisa menjalani aktivitas secara maksimal

Saat ini, banyak orang di usia saya yang udah kena macem-macem penyakit. Makan sembarangan, terlalu stress dengan pekerjaan, maupun kurangnya kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan olahraga teratur, rutin mengonsumsi multivitamin serta istirahat cukup yang sering disebut jadi pemicunya. Saya bener-bener harus memperbaiki pola hidup saya yang masih jauh dari istilah pola hidup sehat. Call me delusional, tapi saat ini saya masih berusaha untuk terus menjaga kesehatan dengan aerobic dan makan sayur serta buah-buahan.

Pola hidup sehat nggak cuma dari makanan yang kita konsumsi, suplemen vitamin C maupun olahraga yang kita jalani, tapi juga nutrisi dari produk-produk kecantikan yang kita gunakan. Di usia awal 20an, masih belum ada kewajiban untuk pakai produk-produk anti-aging. Tapi karena sekarang saya udah memasuki umur akhir 20an, jadi rasanya produk yang mengandung bahan seperti retinol dan lebih banyak moisturizer harus lebih sering saya gunakan untuk menjaga kelembapan kulit.


Kelima poin yang saya tuliskan di atas adalah wishlist jangka panjang yang setidaknya harus saya kejar dalam jangka waktu 5-10 tahun lagi. Tapi, 5-10 tahun bukanlah waktu yang lama di era yang semuanya serba cepat seperti sekarang ini. Lambat sedikit aja, bisa jadi ketinggalan beberapa langkah jauh di belakang. Tapi lagi-lagi, selama ada niat dan usaha, InsyaAllah semua yang dicita-citakan bisa terwujud tepat pada waktunya.

Post a Comment

18 Comments

fanny_dcatqueen said…
Justru di usia masih muda begini waktu utk mengejar semua target dan cita2 ya mbak.. Mumpung msh sehat, msh semangat :). Utk kulit aku malah udh dr smu dipaksa merawat ama mama.. Pake skin care yg khusus remaja, trs smakin dewasa ganti utk yg sesuai umur. Justru saat masalah blm begitu banyak menerpa muka, udh hrs dirawat biar ttp awet mudanya :D.

Moga menang lombanya ya mbak
Santi Dewi said…
semoga keinginannya bisa tercapai ya di usia cantiknya :)
Hanifa said…
Iya Mbak. InsyaAllah akan terus semangat buat ngejar target-target jangka panjang yang belum tercapai. Saya juga pakai skin care tapi sebatas facial foam dan pelembab yang tepat buat kulit saya. Semoga kita terlihat tetep awet muda jiwa raga ya :D
Hanifa said…
Amiiin :')

Terima kasih Mbak Sinta :D
hani said…
semangat Mbak...semoga bisa S2 lalu S3 sesuai cita2. Tetap sehat yaa agar tetap kinclong. Jangan lupa pakai sunblock...hehe...Salam kenal. Semoga menang lombanya...
Hanifa said…
Amiiin terima kasih Mbak :D

Iya nih kalau panas-panasan harus pake sunblock biar gak gosong :3

Salam kenal jugaaa ;)
Inna Riana said…
semoga targetnya segera tercapai. terus semangaat :)
Hanifa said…
Amiiin terima kasih Maak :')
Astin Astanti said…
yang belum kulakukan adalah olah raga Mbak
Hanifa said…
Ayo kita olahraga bareng Mak :D
Unknown said…
Ingin segera menyelesaikan tanggung jawab yg ada untuk menatap masa depan :)
Hanifa said…
RYAAAAAAAAAAAAAAAN D:

Ayo kita semangat :')
Ranny said…
Selagi masih twenty something, hajar terus sampai s3 :D hehehe eh nikah bisa disisip di antaranya :D merawat kecantikan mah pasti yes
Hanifa said…
Iya Mbak :D InsyaAllah akan berusaha buat sampe S3 karena pengen jadi dosen :D
Lucky Caesar said…
Selagii masihh muda, sekolah setinggi mungkin 😁 saya juga pinginnya begitu mbak. Hehehe semogaa semua keinginan yg ingin dicapai di usia cantikk bisaa terwujudd. Aamiin
Hanifa said…
Amiiiiin sama-sama berjuang untuk yang terbaik ya Mbak :D
duniamasak said…
semoga terwujud dengan lancar ya kak amin :D semangat kak!
Admin Website said…
Semoga terwujud mbak. Terharu aku baca artikel ini. Perjuangan orangtua mbak layak deh jadi panutan. Semoga kita dimudahkan rejeki dan segala cita-cita Allah Mudahkan jalannya.