7 Hal Seru yang Bikin Ketagihan Dateng ke Pucuk Coolinary Festival Jogja

I’m a happy person when it comes to food. Sambil nulis postingan ini aja udah kepikiran terus, ntar catering kantor bakal kasih makan siang apa yak? Makanya waktu minggu lalu dikasih tugas buat liputan Pucuk Coolinary Festival di Mandala Krida, tepatnya tanggal 30-31 Maret 2019, saya langsung ngerasa excited banget! Banget nget nget karena udah ngebayangin bakal ada banyaaak banget makanan yang bisa dicobain langsung di satu tempat. Alhamdulillah, tahun 2019 Jogja dapet kesempatan untuk ikut ngeramein event kuliner dari Teh Pucuk Harum ini.

Having fun in Pucuk Coolinary Festival Jogja

Sekilas mengenai Pucuk Coolinary Festival, ternyata tahun lalu event kuliner yang diinisiasi Teh Pucuk Harum ini udah pernah diselenggarakan di 2 kota lainm yaitu Malang dan Bandung. Lalu tahun ini, Jogja jadi kota destinasi ke-3 event kuliner yang jadi ajang temu kangen para foodies yang gemar berburu makanan, baik demi perut maupun konten. EAAA.

Nah, di Pucuk Coolinary Festival ini ada BUWANYAK BANGET hal-hal yang bikin saya ketagihan buat dateng lagi walau udah pepanasan sampe lemes di hari pertama event ini dibuka. Apa aja sih hal-hal seru yang bikin saya pengen dateng lagi ke sana?

1. Free Entry

Masuknya bayar berapa?
Gratis gaes! Huwuw, kan? Tapi emang parkirnya tetep bayar sih. Agak shock gimana gitu saat dikasih karcis parkir dengan tulisan Rp 5.000 terpampang nyata di genggaman tangan saya. Walau parkirnya mahal, menurut saya event ini tetep worthy untuk didatangi. Kapan lagi bisa kulineran lengkap di satu venue doang?

 National Sales & Promotion Head PT Mayora Indah Tbk, Henry David Kalangie

2. 100+ Food Tenants

Yup, you read it right. Ada lebih dari 100 tenant kuliner di Pucuk Coolinary Festival. Event yang dibuka langsung oleh National Sales & Promotion Head PT Mayora Indah Tbk, Henry David Kalangie dan Marlina Handayani sebagai perwakilan dari Dinas Pariwisata DIY ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu Manis, Gurih, dan Pedas.


Lalu, berapa harga makanan-makanan yang ada di sana? All tenants di Pucuk Coolinary Festival mematok harga sekitar Rp 10.000-Rp 30.000. Harganya bisa murah gini karena emang nggak ditarik biaya dan penghasilan mereka disimpan sendiri oleh para tenant. Warbiyasah mure kaaan?










Mong-ngomong, Jogja yang udah kadung ketempelan stereotype sebagai kota dengan kuliner manis, ternyata malah menyimpan lebih banyak kuliner pedas. Terbukti dari tenant makanan pedas yang lebih banyak dibandingkan tenant makanan manis dan gurih. Kalau kata Mas Arief Budiman (@kulineryogya), emang keliatan sih sekarang buwanyak bener kuliner pedes dengan embel-embel “setan”, “mercon”, “huhah”, “granatz”, dan lain sebagainya.




3. Sate Klathak Gratis

Lagi-lagi, yes people, kamu membacanya dengan benar. Ada 10.000 sate klathak yang dibagikan gratis di Pucuk Coolinary Festival. Beneran gretong, sis! Bekerjasama dengan Sate Klathak Pak Jede, Teh Pucuk Harum menyediakan sate klathak gratis ini untuk memanjakan lidah masyarakat Jogja yang datang. Sayangnya, setelah melihat antrian yang mengular cukup panjang, saya mengurungkan niat untuk ikutan ngantri. Next time beli langsung aja deh yak.

Ngantri 10.000 sate klathak gratis

4. Paket Minuman Hemat

Zuzur aja saya nggak begitu ingat apa jenis paket-paketnya. Tapi yang paling saya ingat adalah paket Rp 20.000 dengan berisi 2 Teh Pucuk Harum 1,5 L dan 1 voucher Rp 10.000 yang bisa digunakan langsung untuk jajan di Pucuk Coolinary Festival. Muwantul syekaliii lah paket ini. Saya tipe orang yang gampang haus. Saya bisa habis 2-3 L air putih setiap hari.  Galon kantor tuh kayanya setengahnya saya yang habisin tiap hari HAHAHA. Resikonya emang jadi beser dan bolak-balik ke kamar mandi sih. Tapi mendingan gitu lah, daripada dehidrasi.

Ayo dilarisin teh pucuk harumnyaaa

5. Cashback OVO 30%

Panik. Iyha, itu satu kata yang menggambarkan kegelisahan saya saat masuk ke Pucuk Coolinary Festival karena saya nggak bawa cukup duit buat jajan dan hedon di sana. Udah siap hedon, eh baru inget duit di dompet tinggal sak nyuk-an thok. Mana nggak ada ATM lagi. Aduuuh bingung akutu jadinya. Bersyukur ada OVO yang bisa diisi via m-banking. Cashback yang didapatkan pun maksimal 30%. Cukup membantu untuk saya yang cashless pada saat itu.

6. Happy Hour and Various Contest

Waini nih yang nggak kalah seru di Pucuk Coolinary Festival. Di jam-jam tertentu, ada sesi happy hour di mana pengunjung bisa dapet potongan harga sebesar Rp 10.000 di semua tenant. Unik banget deh pengumuman happy hour¬-nya. Semacam marching band keliling gitu. Lucu bats!

Happy hour dimulai!

Selain itu, ada juga berbagai kontes seperti Spicy King Noodles Contest dan photo contest. Ada juga kesempatan untuk memenangkan grand prize berupa Yamaha NMax buat pengunjung yang udah ikutan tenant favorit mereka. Gils, milih tenant, dapet motor gaesss. Dateng dianter ojol, pulang naek motor baru.

 Memanfaatkan happy hour dengan makan sate kere yang kaya akan kenikmatan

7. Live Music Performance

Selain bisa kulineran langsung di satu tempat, ada juga live music performance yang bisa dinikmati sambal gegoleran manjah di bean bag yang udah disediakan penyelenggara. Senenng banget rasanya kayak di music festival gitu nuansanya. Emang paling enak ke sana pas sore-sore udah surup gitu karena cuacanya bakal lebih sejuk daripada siang hari. Jadi sambil makan, duduk di bean bag, kenyang, gegoleran, lalu cari jajan lagi. Puwenak tenan yho urip nek bisa gini terus?



Ah, saying banget event ini cuma diselenggarakan 2 hari doaaang. Sedih akutu, masih ada voucher Rp 50.000 yang belum terpakai HAHAHA. Tapi tenang aja, InsyaAllah bakal ada event serupa di tahun berikutnya. Siap-siap buat kulineran lagi, jangan?

Sampai jumpa di Pucuk Coolinary Festival tahun berikutnyaaa!

4 comments:

indahjuli said...

Harusnya tiga hari ya Pucuk Coolinary Festivalnya, nggak semua tenant kuliner bisa dicicipi, keburu food coma :))
Ayam oreganonya enak tuh.

Vika Kurniawati said...

100 tenant kuliner tahun ini, tahun depan 200 tenant dunk #ngarep

Hanifa said...

Mak Injul: Sediiiih cuma 2 hari doaaang. KURANG BANGET!

Hanifa said...

Mbak Vika: Nyahahaha iyaaaa kalo lebih banyak tenant, harus lebih lama juga periode waktunyaaa

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.