3 Tips Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi Corona

Sudah hampir sebulan WFH (Work From Home), saya kadang masih merasa sangat kesepian. Selama 2 minggu sebelum diharuskan bekerja dari rumah, saya merasa kalau hidup sudah semakin berpihak pada saya. Saya makin betah di kantor karena dapet kesempatan untuk mencoba role dan challenge baru.


3 Tips Menjaga Silaturahmi Saat Menerapkan Physical Distancing


Selain itu, teman-teman kantor pun selalu sukses bikin mood saya semakin membaik dari waktu ke waktu. Saya jadi lupa kalau dulu pernah patah hati dan jadi lebih siap move on berkat pekerjaan serta para coworker saya. Lalu tiba-tiba, semua karyawan diwajibkan WFH. Semua karyawan kecuali beberapa OB yang masih wajib ke kantor untuk menjaga kebersihan dan keamaan kantor.

Awalnya saya cuma bisa nge-blank. Serius. Kosong dan ndomblong aja gitu setelah hura-hura Townhall Meeting bulan Maret yang meriah banget. Kalau kamu follow saya, pasti inget kalau saya sempat story-in kehebohan kantor yang ngebagi-bagiin hadiah buat para karyawannya yang berprestasi. Saya juga dapet hadiah ulang tahun dari kantor berupa trip ke Bandung. Aduh, seneng banget deh pokoknya. Eh, mendadak itu semua nggak bisa dirasain dulu selama beberapa bulan ke depan.


Sedih? Iya, jelas banget. Weekend terakhir sebelum WFH, saya sempet ngalamin demam dan pusing nggak karuan karena stress berlebih. Lemah banget badan saya saat dihadapkan dengan informasi terkait Corona yang membanjiri media sosial saya. Saya ngerti banget kalau saya baperan dan gampang banget kebawa. Makanya ketika saya harus menyerap dan menyarin terlalu banyak info baru, saya jadi overwhelm.

Banyak yang Berubah Saat Pandemi

Saya sih masih beruntung. Lha tapi bapak dan ibu saya, gimana? Bapak kerja di sektor pariwisata dan ibu sehari-hari jualan snack dan menerima pesanan. Semua harus berhenti secara terpaksa karena mau dilanjutkan pun terasa sia-sia. Apalagi Corona ini cara pencegahannya membuat gerak kita jadi terbatas. Kita jadi nggak bisa ketemu banyak orang dalam satu waktu dan bepergian bersama.

Kami terpaksa membatalkan acara jalan-jalan ke Demak dan saya juga nggak bisa cuti dengan pergi ke Bandung. Nggak usah berharap muluk-muluk kalau ini bakal kelar cepet.

Lalu, gimana dengan tradisi Ramadhan dan Idul Fitri? Apakah akan berbeda dari biasanya?

Yha jelas dong. Adanya kebijakan social distancing udah pasti bikin beberapa tradisi kayak buka bersama, tarawih di Masjid, sampe kumpul keluarga besar waktu lebaran pun harus ditunda dulu. Ngebayanginnya aja udah sedih banget nggak sih?


Udah ngerasain nggak bisa nongkrong sama temen selama sebulan aja rasanya frustasi banget, ditambah nggak bisa kumpul keluarga yang cuma sekali dalam setahun. Momen silaturahmi jadi nggak bisa kita jalani seperti tahun-tahun sebelumnya.

Social Distancing Bukan Penghalang Silaturahmi

Walau sedang berada dalam situasi yang menyulitkan kita untuk bertemu langsung secara fisik, keadaan ini nggak akan jadi penghalang buat tetep menjalin silaturahmi dengan temen-temen dan sanak saudara kita. Beruntung banget sekarang kita udah difasilitasi dengan berbagai macam teknologi yang memudahkan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan koneksi internet.

Agar komunikasi dan silaturahmi tetep terjaga dengan baik, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Apa saja cara menjaga silaturahmi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini?

1. Mengadakan silaturahmi virtual dengan seluruh anggota keluarga

Salah satu teknologi andalan yang makin banyak dimanfaatkan saat ini adalah virtual meeting. Tanpa harus bepergian, kita bisa terkoneksi dengan seluruh anggota keluarga melalui aplikasi online meeting seperti Zoom, Google Hangout, Skype, dan lain-lain.

Silaturahmi melalui aplikasi online meeting

Waktu lebaran nanti, rencananya saya bakal minta tolong saudara dekat yang bisa membantu uti untuk ikut silaturahmi online lewat video call. Semoga bisa keturutan biar rasa kangen ngumpul bareng bisa terobati. Amiiiin!

2. Saling berkirim surat secara rutin

Emang bener, teknologi memudahkan semua urusan komunikasi. Tetapi walau begitu, masih nggak ada yang mengalahkan kekuatan manisnya pesan tulis tangan. Kirim email udah biasa banget. Nge-chat lewat WA atau DM juga dah kerasa biasa aja. Coba kalau lewat surat. Kalau dari pengalaman saya, nulis surat tuh terasa lebih menyentuh dan personal.

Surat yang ditulis tangan pun akan terasa lebih tulus dan pesan yang kita sampaikan di dalamnya juga lebih mendalam. Kita pun akan cenderung mencurahkan lebih banyak emosi yang mengikat satu sama lain melalui surat. Jadi kalau ada waktu, sempetin buat pergi ke kantor pos sesekali aja buat ngirim surat ke kerabat terdekat.

Momen lebaran besok bisa juga tuh kirim surat disertai ucapan selamat hari raya Idul Fitri. Rasanya pasti jauh lebih bermakna daripada hanya sekedar ngirim ucapan aja.

3. Mengirimkan parcel maupun bingkisan sederhana

Last but not least, selama masa pandemi ini, kita tetap bisa memanfaatkan jasa pengiriman untuk memberikan parcel lebaran kepada kerabat terdekat, termasuk temen-temen kantor dan sanak saudara di kampung halaman. Isinya bisa macem-macem banget.

Parcel bingkisan lebaran untuk kerabat terdekat

Kalau biasanya parcel cuma isi makanan ringan, bisa coba diganti dengan paket lain seperti sembako atau bahkan baju lebaran. Kita bisa mulai dengan ngasih parcel ke tetangga terdekat di sekitar rumah yang bener-bener membutuhkan. Kalau orang-orang terdekat di sekitar kita udah dapet, baru deh kasih ke temen-temen atau para saudara. Jangan lupa lengkapi paket yang dikirim dengan kartu ucapan lebaran 2020 di dalamnya.


Dari beberapa tips di atas, mana aja yang udah kamu terapkan? Kalau belum, coba deh. Masa-masa kayak gini, kita harus saling menguatkan satu sama lain. Jangan sampe larangan untuk berkumpul membuat kita jadi hidup terlalu individualis tanpa memikirkan silaturahmi. Manfaatkan teknologi yang ada untuk membantu mereka yang membutuhkan dan tetep keep in touch dengan kerabat dekat. Selamat mencoba!

Post a Comment

6 Comments

Anisa Nuha said…
Bener banget. Ngirim parcel atau bingkisan tuh jadi kesan tersendiri dalam situasi seperti ini. Gak ada corona aja berkesan, pomeneh pas coronanya hilang. Wusss~
jadi kak, kapan kamu kirimin aku parcel? aku siap lho menerima parcelmu
Menabung rindu sampai menggunung supaya pecah indah ketika pandemi usai T_T
erny's journal said…
Poin ketiga, aku kan ultah di bulan ini han. Personally aku bukan orang yang nyaman diucapin karena kikuk balesin. Dan biasanya jrg pada ngadoin. Tapi di tengah pandemi ini aku happy banget waktu orang2 ngucapin personal dan kirim bingkisan ke rumah. Merasa, oh mereka ttp inget ya walau kita jarang ketemu. Something yg tadinya weird buatku, eh jadi nyenengin ditengah situasi ini. Kamu sehat2 terus ya!
Monica Agustami said…
Dek Hani...... AYO NGOPI VIRTUAL!!
Riski Saputra said…
bener banget mba, di kondisi kayak gini silaturahim secara offline emang sulit, demi kesehatan bersama huhuhu tapi Alhamdulillah, kemajuan teknologi sekarang sangat membantu, agar bisa tetap silaturahim :)