YIS Science Fair 2022: Pameran Sains Siswa Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Nggak kerasa sudah sekitar 3 tahun dari kunjungan pertama, minggu ini saya berkesempatan untuk kembali berkunjung ke salah satu sekolah internasional di Yogyakarta, yaitu Yogyakarta Independent School (YIS). Bertepatan dengan World Science Day for Peace and Development, YIS mengadakan Science Fair 2022. 

Event ini merupakan pameran berbagai macam science project yang dibuat oleh seluruh siswa YIS, mulai dari Early Years & Primary Years Programme (TK-SD), Middle Years Programme (SMP), dan Diploma Programme (SMA). Tema untuk tahun ini adalah “The Science of Light and Colour” dengan harapan seluruh siswa yang terlibat bisa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Mendidik Siswa Menjadi Diri Mereka Seutuhnya

Sebelumnya saya mau sedikit flashback ke masa 2019 saat pertama kali school visit ke YIS. Sebagai seseorang dengan latar belakang pendidikan profesi guru, saya merasa amazed dengan kurikulum digunakan di sekolah ini. Kurikulum tersebut adalah IB atau International Baccalaureate. Kurikulum ini awalnya diterapkan di Swiss pada tahun 1968, diakui oleh universitas di seluruh dunia dan diajarkan pada jutaan siswa di lebih dari 150 negara.

Dengan kurikulum IB, proses pembelajaran di YIS mengedepankan critical thinking dengan memperbanyak diskusi dan praktik. Salah satunya melalui science project yang mereka buat untuk event Science Fair 2022. Seluruh siswa mempresentasikan dan mendemonstrasikan langsung hasil eksperimen sains-nya.

Baca juga: 5 Keuntungan Belajar Bahasa Mandarin

Acara ini dibuka di Lapangan Basket YIS dan diawali dengan pengenalan dan sambutan oleh Kepala Sekolah YIS, Bapak Ismail Sumantri. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan demonstrasi singkat berupa eksperimen sains yang dipandu oleh Ibu Josephine, pengampu mata pelajaran Kimia di YIS.  

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School
Pembukaaan YIS Science Fair 2022

YIS Science Fair 2022 yang melibatkan partisipasi dari siswa dari seluruh jenjang pendidikan yang ada di YIS terbagi menjadi 2 sesi setelah sesi pertama berupa pembukaan. Sesi kedua adalah bagian para siswa Early Years dan Primary Years Programme untuk mempresentasikan project mereka. 

Project sains tersebut berupa the science of plant colours oleh siswa Early Years (TK), five senses observation oleh siswa kelas 1 dan 2, biodiversity board games oleh siswa kelas 3 dan 4, serta ecological food chains interactive game oleh siswa kelas 5 dan 6.

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School
Beberapa hasil karya siswa jenjang TK-SD di YIS Science Fair 2022

Pada sesi ini, para guru dari jenjang TK dan SD mendampingi para siswa, nggak hanya untuk membuat science project, namun juga mengunjungi demonstrasi project siswa-siswa lainnya. Secara personal, saya takjub banget dengan hasil karya mereka. Favorit saya adalah tanaman berupa jahe dan tamarin. Selain itu, ada juga board games interaktif hasil karya siswa kelas 3 & 4.

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent SchoolGEMESH BANGET PENGEN BAWA PULANG BOLEH NGGAK?

Berikutnya adalah sesi ketiga yang merupakan sesi terakhir dan penutup dari rangkaian event YIS Science Fair 2022. Sesi ini merupakan giliran presentasi dan demo hasil karya dari para siswa jenjang Middle Year Programme dan Diploma Programme. 

Terdapat 5 project yang dipresentasikan, yaitu the science of light and colour oleh siswa kelas 7, science influencers oleh siswa kelas 8, distillation oleh siswa kelas 9, pendulum art and fireworks oleh siswa kelas 11, dan the science behind 3D glasses oleh siswa kelas 12. Lho, siswa kelas 10 ke mana? Di event kali ini, mereka bertugas sebagai panitia yang mengantar para pengunjung ke tiap science booth yang ada di setiap sudut sekolah.

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School
Beberapa hasil karya siswa jenjang SMP-SMA di YIS Science Fair 2022

Pada sesi terakhir ini, saya menyempatkan diri untuk menyimak demo dari project science of light and colour dan pendulum art and fireworks yang merupakan perpaduan antara seni, fisika, dan kimia. Project buatan siswa kelas 11 berupa pendulum art dipraktekan melalui kolaborasi dengan para siswa PYP yang mengantri untuk mendapatkan kesempatan mengayunkan botol berisi cat air yang digantungkan pada ring basket. Seru banget!

Baca juga: 3+ Website Belajar Bahasa Korea Gratis

Kunjungan kali ini jujur lebih mengesankan. Mungkin karena di kesempatan ini saya bisa berinteraksi langsung dengan para siswa dan guru. Saya sempat berkenalan dengan Bu Josephine yang ternyata merupakan mantan peneliti simpanse sebelum bekerja sebagai guru di YIS. Ada juga Pak Kuswahyudi selaku guru  yang memberikan tips perawatan tanaman yang baik dengan memanfaatkan air hujan atau air kolam. Saya jadi nambah insight baru deh.

Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School
Kemeriahan suasana YIS Science Fair 2022

Selain para guru, hal berkesan lainnya juga tentang para siswa yang sudah bekerja keras memberikan effort terbaik mereka untuk project yang diikutsertakan pada Science Fair 2022 ini. They are amazing! Semangat belajar mereka membuat saya ikut tergerak lebih semangat lagi. Tentunya untuk bekerja dan menjemput rejeki supaya siapa tau suatu hari nanti bisa bergabung ke dalam komunitas YIS. Bercita-cita demikian, nggak ada salahnya kan?

Baca juga: 7 Cara Menjaga Produktivitas Selama WFH

Kalau mau tanya-tanya lebih lanjut tentang fasilitas, biaya, atau hal-hal lain terkait sistem pendidikan yang digunakan di YIS, langsung aja dateng ke sekolahnya. Bisa juga cek informasinya melalui website Yogyakarta Independent School atau akun instagram @yogyakartaindependentschool atau via WhatsApp +628112632442. 

See you in the next one!

Post a Comment

0 Comments