7 Cara Menjaga Produktivitas Selama WFH



Work From Home aka WFH udah jalan 4 bulan. Rasanya masih nggak nyangka kok bisa bertahan kerja di rumah sampe 4 bulan ini. Kalau diinget-inget lagi, ada banyak banget fase nge-down saat WFH. Secara psikis, saya yakin kalau kita semua yang terpaksa kerja sendirian di rumah akan ngerasa capek lebih cepet.

Kita nggak bisa menghindari fakta bahwa WFH ini membuat kadar stress dan burnout meningkat. Kerjaan yang biasanya bisa kita hilangkan stressnya dengan ngobrol seru bareng temen-temen, tiba-tiba nggak bisa kayak gitu lagi. Mau nggak mau semuanya jadi harus ditanggung sendiri deh.

Sedih? Jelas. Feeling unmotivated? Sering. Walau begitu, berbagai obstacle tersebut nggak mengurangi usaha saya untuk tetep produktif dan ngelarin semua kerjaan. Percaya deh, ini bener-bener nggak mudah! Saya paham kalau temen-temen juga banyak yang mengalami hal serupa. 


But, again, we're in this together. So here I want to share some tips that I use to stay productive while working from home.

1. Set batas waktu kerja

Pada masa awal kerja dari rumah, hampir setiap hari saya ngerasain burnout karena kerjaan. Energi serasa terkuras habis hanya untuk kerja. Saya sempat meladeni kerjaan pagi-siang-malam karena saya ngerasa punya banyak waktu untuk terus bekerja. Biasanya ada jeda yang agak panjang dari satu kerjaan ke kerjaan lain. 

Sebagai konsekuensi, saya jadi kerja "non-stop" karena memang jeda tersebut secara nggak langsung sama aja dengan menunda pekerjaan. Kerja dengan ritme seperti ini bener-bener bikin capek, serius deh. Memang saat kita kerja di rumah, kita bisa leluasa mau ngapain aja karena kita kerja sendirian. Tapi keleluasaan ini tidak bisa diartikan dengan slacking off dan terus-terusan menunda kerjaan. 


Kalau terus-terusan kayak gitu, ujung-ujungnya juga bakal kita yang ngerasain kerugian dari kebiasaan ini. Maka dari itu, set batas waktu untuk membedakan kapan jam kerja, waktu untuk me time, dan istirahat total dari semua aktivitas harian.

2. Go outside to take a quick walk

To be honest, ini salah satu kebiasaan yang sering saya lupakan. Antara lali (lupa) atau nglali (sengaja lupa) karena aslinya saya memang mager banget orangnya. HAHAHA. Cuma beneran beda lho kalau kita menyempatkan diri untuk jalan-jalan keluar rumah, yaaa buat sekedar refreshing aja gitu. 

Mungkin awalnya bakal berat banget yak untuk membiasakan jalan kaki. Tapi ini beneran membantu saya untuk lebih rileks dan ngelemesin badan yang udah terlalu kaku karena keseringan duduk. Kalau saya lagi beneran males, saya jadiin jajan ke minimarket buat alesan jalan kaki. Lumayan kan daripada nggak terlalu banyak gerak dan rebahan terus?

3. Pindah space kerja saat merasa suntuk

Saya sudah di titik jenuh kerja di rumah terus-terusan. Mungkin lebih tepatnya kerja di kamar aja, tanpa berpindah ke ruangan lain secara reguler. Stuck di satu tempat tuh memang lebih cepat menimbulkan potensi burnout kayak hubungan kamu sama dia yang juga bikin kita jadi lebih cepet stress dengan kerjaan.


Selain memperbanyak aktivitas fisik dengan jalan-jalan atau olahraga ringan, usaha lain yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa suntuk adalah dengan tidak terus-menerus di satu tempat dan memindahkan "ruang kerja" ke tempat lain. Misal nih ya, saya udah terlalu sering kerja di dalam kamar, biasanya sesekali saya pindah ke ruang keluarga atau ruang makan. 

4. Go call some friends

It sounds typical to call some friends when you're feeling tired with works, I know. Tapi sebagai makhluk sosial, sejatinya kita selalu butuh berinteraksi dengan orang lain untuk menjaga kesehatan mental kita. Terlebih lagi dengan kondisi WFH selama masa karanita yang memaksa kita selalu berada di rumah dan nggak ketemu dengan siapapun selain orang rumah. 

Makin gila sih rasanya kalau diturutin buat sendirian terus.

Selama WFH, sempetin deh untuk sesekali keep in touch dengan teman-teman kita via suara atau video call. Saya biasanya nyempetin sekali dalam seminggu walau cuma sebentar. Pasti akan ada rasa lega tersendiri yang saya rasakan setelah ngobrol bareng temen. 

Image

Beberapa bulan ini saya juga gabung di channel Discord bareng Agi dan beberapa temen. Kadang kalu kerjaan lagi selo, kami nyempetin untuk ngobrol sambil kerja bareng via Discord. Seneng banget deh, berasa ada yang nemenin jadinya.

5. Feeling overwhelmed? Write them out!

Saya sering merasa cemas tanpa sebab. Rasanya grusa grusu dan nggak tenang banget. Tapi saya paham saat merasakan hal ini pasti ada sesuatu yang belum selesai, entah kerjaan atau masalah yang perlu dikomunikasikan dengan teman. Biasanya pas udah sadar kalau pikiran sedang nggak karuan, saya berhenti sejenak, ambil nafas pelan-pelan, buang perlahan, dan berpikir kembali, ada apa sebenernya?

Kadang merenung dan berpikir aja nggak membantu banyak. Isi kepala rasanya masih penuh dan ruwet layaknya benang kusut dan bundhet. Kalau udah gini, pelarian saya selalu ke journal. Saya langsung buka journal dan tulis SEMUA yang jadi beban pikiran saya. 


Tulisannya udah pasti berantakan banget, nggak ada alur yang jelas sama sekali. Tapi setelah saya tumpahkan semuanya ke dalam tulisan, kepala terasa ringan, pusing yang dirasakan sedikit berkurang, dan pikiran pun terasa lebih plong.

6. Recognize your pattern

For me, this method counts as game changer. Sebelum saya jelaskan lebih lanjut, saya mau ngajak kamu untuk merefleksikan kembali kapan kamu merasa fully motivated dan unmotivated untuk bekerja. Kalau kamu udah tau "kapan", spesifikan lagi ke detail-detail lain yang menyangkut apa, di mana, bagaimana, dengan siapa, dan kenapa.

Selama WFH, nggak jarang saya ngerasa kesulitan banget untuk keep up dengan kerjaan. Kondisi pandemi yang memaksa untuk stay at home dalam waktu yang lama membuat saya sering mengalami naik turun mood yang cukup drastis. Mood swing ini tentu ngefek banget ke kerjaan. 


Saat mood bagus, kerjaan banyak dan meeting call berjam-jam bisa saya jabanin. Pas udah nggak mood, saya bisa tinggalin semuanya dan end up doing nothing but guilty feeling because I got zero shits done. Perubahan yang drastis ini bisa jadi "tidak masalah" kalau udah ngerti 5W1H dari pattern kerja kita.

Sebagai contoh, saat hari Selasa-Rabu, saya bisa gaspol jakandor. Biasanya saya taruh semua task penting yang sangkut pautnya dengan data analisis dan meeting call di hari-hari tersebut. Hari Rabu-Kamis biasanya saya ngerasa agak woles, jadi saya ambil jeda sebentar dengan mengerjakan task yang lebih ringan dan mulai kerja agak siang. Masuk hari Jumat, saya gaspol lagi sambil mempersiapkan sprint kerjaan untuk minggu depan.


Dengan recognizing pattern ini, saya jadi merasa terbantu untuk plotting kerjaan dan target dengan lebih realistis. Saya sadar kalau nggak mungkin untuk merasa semangat dan on fire setiap hari, sehingga saya harus ngerti perubahan mood dan menyesuaikannya dengan beban kerja agar semua bisa selesai tepat waktu dan selalu meet the deadline.

7. Start early, end earlier.

Last but not least, ini adalah langkah follow up dari poin yang sebelumnya. Bagi saya pribadi, rasanya bisa lebih fokus kerja kalau start pagi sekitar jam 07.00 atau 08.00. Biasanya di siang hari, sekitar setelah makan siang, ritme kerja jadi lebih pelan karena masuk jam makan siang dan kekenyangan HAHAHA.

FYI, saya bekerja dalam tim yang terdiri dari berbagai negara. Mereka biasanya mulai bekerja saat di Indonesia sudah waktu makan siang. Sebelumnya, saya sering mulai kerja agak siang, sekitar jam 10.00 atau 11.00. Kalau lagi mager banget, jam 13.00 bisa baru mulai kerja. 


Awalnya biasa aja, tapi lama-kelamaan malah jadi ngerasa capek karena nggak ada kegiatan setelah kerja selain mandi dan tidur. So now, I start early so I can end earlier. Kerjaan lebih banyak yang terselesaikan dan lebih banyak waktu luang untuk me time selain rebahan.

Jadiiiii itu semua cara saya untuk menjaga produktivitas selama WFH. Semua poin di atas bener-bener berdasarkan dari pengalaman saya selama WFH 4 bulan ini. Untuk temen-temen yang masih WFH seperti saya, semangat yaaaak! Beberapa cara di atas bisa dicoba supaya bisa tetep poduktif selama WFH. See you on the next post!

Post a Comment

28 Comments

Nurul Sufitri said…
Banyak cara yang bisa dilakukan ketika WFH ya. Yang penting bisa mengelola waktu bekerja dan bersantai. Kalau di rumah suka banyak gangguan jadi kurang konsentrasi hahaha...Suamiku kadang direcekin sama anak2 atau kadang keceplosan teriak2 padahal papanya lagi meeting.
wah...keren tipsnya. Pasti beda rasanya bekerja di lingkungan kantor dengan di rumah. Itu juga saya amati saat suami WFH. Berasa ga ada motivasinya. Apalagi saat ada info temen yang kerja di lantai berapa gitu positif..duh. Syukur dia ga lama WFH, 2 bulan pas PSBB saja dan kini dah WFO lagi...meski tetap waspada ternyata auranya beda, lebih hepi dia. Juga perasaan istrinya. Ngelihat suami 24 jam itu rasanya kok ya enggak eneg juga hahaha...Paling tidak kalau dia ngantor sekian jam kan saya bisa me time apalah-apalah di rumah :D
nurul rahma said…
Waahh, ini samaaaa bgt dgn yang daku alami.
Sekarang udah gampang suntuk ber-Work from Home.
Jadinya aku sering jalan ke minimarket, deh :D
Sekalian olahraga, beli cemilan, hilangkan suntuk!
Keke Naima said…
Bekerja di rumah memang bisa lebih banyak tantangannya. Lihat kasur, lihat tv, bawaannya pengen rebahan melulu hahaha. Belum lagi kalau ada gangguan lainnya. Memang harus diatur dan disiplin supaya tetap lancar selama WFH
Kerja dari rumah musuh utamanya emang itu, kebosanan. Harus pandai-pandai menjaga ritme sebab kalau tenggelam dalam kebosanan, yang rugi kita sendiri. Bisa gelap semua. Tips-tips di atas sangat berguna untuk saya yang bekerja dari rumah juga, Mbak. Terima kasih ya :)
Eryvia Maronie said…
Tipsnya ok banget nih buat yang ngejalanin WFH.
Soal produktif saat WFH juga pernah saya bahas dalam live IG saya, dah seperti apa mbak Hanifa tulis, narsumku waktu itu juga bilang kalo wfh itu work from home, bukan work at home. Mesti dibedakan.
NiaNastiti said…
Ini pe er aku banget Mak, karena ada anak kecil jelang dua tahun jadi aku tuh susah bagi waktu. Malem terpaksa kerja nyicil buat besokannya biar siang lebih free kecuali ada meeting yang kudu nangkring depan latop, hehe. Bener banget wfh bisa bikin burn out dan lelah dan setuju sama tips2nya di sini :)
Dewi Rieka said…
Iya, aku yang terbiasa kerja di rumah saja merasakan betapa jenuhnya Han, jadi malas mau bergerak menyelesaikan pekerjaan..aku mau tiru caramu ah..pergi ke kafe sepi, aman kok ya...
Nomer 6 related banget sama aku walaupun aku nggak WFH mbak. Tapi over over gitu emang membebani banget kalau nggak dikekuarkan dalam bentuk tulisan
Elly Nurul said…
Ini semua yang dibutuhkan aku banget nih, saat semua harus dilakukan dari rumah, maka harus jaga mood banget agar produktifitas tetep terjaga ya
Alfa Kurnia said…
Meski sudah biasa kerja di rumah, sejak anak-anak study from home rasanya makin overwhelmed kerjanya. Set batas waktu kerja itu memang penting banget. Kalau enggak rasanya nggak selesai-selesai. Ini masih berusaha disiplin sama waktu kerja.
Andy Hardiyanti said…
Terima kasih tipsnya mbak. Selama WFH ini, ada kalanya semangat minta ampun, ada kalanya juga magernya gak ketulungan. Huhuhu
Aku semenjak diberlakukan belajar di rumah bikin schedule juga. Karena akukan freelancer foto ya jadi jadwal foto biasanya aku kerjakan sehabis anakku selesai belajar.
Rahmi Aziza said…
Kalo aku udah lebih dr 4 bulan work from home xixixi. Kalo bagi yg biasa kerja kantoran WFH berat juga malah ga konsen kerja.
Ira duniabiza said…
Iyaaa.. di rumah 3 bkan itu2 aja suasana bisa bikin suntuk juga ya... kami jadi rajin bongkaran buat ganti2 suasana..
Nia K. Haryanto said…
Wah, ini suamiku banget nih begini 2 bulan kemaren. Dia mah perfeksionis orangnya. Jadinya di rumah pun bisa fokus dan produktif. Kalo aku kayaknya malah sebaliknya. Kerja dari rumah susah fokusnya
Milda Ini said…
Ok. I will folow your suggestion at first poin. Its urgent to us give time out when we are work.
Lina W. Sasmita said…
Nah kalau suntuk dan bingung nggak ada ide di saat kerja sekalipun, saya biasa telpon teman dan itu cukup membantu mengembalikan mood dan minat kerja.
Setuju sama yang bangun lebih awal itu, krn berasa banget kalau bangun kesiangan rasanya malas gtu beraktivitas. Soalnya kyk semuanya serba terburu2 gtu ya mbak. Beda kalau bangun pagi ada waktu panjang buat mempersiapkan aktivitas juga
Kadang kerja di rumah itu membuat kita lebih santai. Tapi kalau gak bisa memanajemen waktu dengan baik, kerjaan malah bisa numpuk ya...
lendyagasshi said…
Aah....ide untuk mengganti tempat kerja ini keren banget siik..
Selama ini aku di depan tipi sambil mantengin anak-anak nonton, maka gak produktif banget.
Terus pindah ke kamar.
Enak di luar kali yaa...ditemenin angin sepoi-sepoii...
Nathalia DP said…
Saya sempet khawatir juga suami jenuh karena wfh terus engga ketemu temen2, tapi katanya engga juga soalnya ada anak2...
Tira Soekardi said…
kadang bosa di rumah apalagi aku yang biasa berkegiatan dengan banyak orang serasa dikerem
Ga terasa ya, sudah 4 bulan. Saya tu sampai lupa hari dan tanggal. Memang membosankwn banget sih. Untungnya kemajuan teknologi lumayan memudahkan ya mb. Meskipun ga bisa temu muka langsung, video call atau ketemu via zoom lumayan ngilangi rasa sepi dan bosan
Hana Aina said…
Memberi batasan waktu untuk setiap kegiatannya memang penting, ya. Aku sering kelupaan sama yang satu ini. Kalau sudah asyik melakukan sesuatu, bisa lupa waktu. Lanjut terus,haha ^^
erny's journal said…
Wah setuju bab pindah tempat kerja, aku udah pindah 3kali selama WFH haha karena biar ga bosen gitu dan so far terhappy pas pindah ke kamar. Walaupun jatohnya kamarku jd kaya kos-kosan. Tidur, kerja, nonton film di kamar. Padahal kan banyak ruang di rumah. Tapi aku personal malah makin seneng kerja di rumah ketimbang di kantor. 2 bulan WFO kerasa bgt capeknya dan waktu kurang efisien karena kemakan waktu jalan.
Mega said…
Time dan emotion management tetep yang utama ya Kak. Supaya kerjaan beres, kitanya tetep waras & sehat.
Makasih sharingnya, Kak🙏😍
Nadia K. Putri said…
Tipsnya bagus banget mbak. Kerja WFH sering bikin badan kaku, apalagi kalo dijor-jorin. Poin nomor tujuh ngena banget gara-gara saya mulai kerja jam 9-10 pagi. Mulai sekarang, buka laptop lebih pagi deh mbak biar bisa end earlier :)