Cara Mengatasi Bosan Bekerja dari Rumah dengan Permainan Online Gratis

permainan online gratis

Sejak 2016, saya sudah terbiasa bekerja dari rumah. Hanya sekitar 2 tahun saya merasakan kerja di kantor sekitar pertengahan 2018 hingga 2020 awal. Setelah itu saya bekerja secara remote yang seringnya hanya dari rumah. Walau sempat ngantor sesekali setelah kasus covid mereda, di akhir tahun 2022 saya kembali bekerja sebagai freelancer yang lebih sering bekerja dari rumah daripada dari coworking space atau kafe. Meskipun sudah terbiasa “ngantor” di rumah, tapi saya nggak menampik kalau bekerja dari rumah juga masih menantang untuk saya.

Tantangan Bekerja dari Rumah

Saya seorang introvert, tapi bekerja dari rumah juga punya tantangan tersendiri. Berikut beberapa tantangan yang biasa saya temukan saat bekerja dari rumah:

1. Distraksi dari Tetangga Sebelah Rumah

Sejak 2020 lalu, tepatnya saat awal pandemi dan saya mulai bekerja secara remote dari rumah, saya baru menyadari kalau anak tetangga saya sering tantrum di pagi hari. Awalnya saya merasa kalau itu bukan suatu kebiasaan, dalam artian hanya terjadi sesekali saja. Tapi kok frekuensinya hampir setiap hari ya?

permainan online gratis

Selain itu, saya kira kejadian ini hanya terjadi di pagi hari. Seiring berjalannya waktu dan semakin lama saya bekerja dari rumah, lho, kok siang-sore-malam tuh ada aja waktunya anak ini nangis lagi. Apalagi sampe teriak-teriak dan berlarian di depan rumah, yang mana dekat dengan posisi home office saya. Akhirnya cuma bisa pasrah dan pasang headset supaya suaranya tidak begitu mengganggu walau capek juga di kuping.

2. Daya Tarik Kasur Meningkat 1000%

Bekerja dari rumah membuat saya harus kreatif dalam mengelola tata ruang kerja. Walau di rumah ada satu ruang kamar yang nganggur dan bisa digunakan sebagai home office, tetapi saya memilih untuk menjadikan pojok kamar tidur sebagai tempat bekerja. Ruang kerja yang menjadi satu dengan kamar tidur ini kerap membuat saya terlena untuk tidur di jam kerja atau bekerja di atas kasur.

Baca juga: 5 Langkah Membuat Ruang Kerja di Kamar

Tidak untuk dicontoh ya, teman-teman! Memang paling aman tuh bikin home office di ruangan tersendiri. Kalaupun mau bikin ruang kerja di dalam kamar, sebaiknya berlawanan arah dengan kasur agar arah pandangan nggak dikit-dikit tertuju padanya, sehingga tidak gampang tergoda.

3. Gangguan Internet dan Listrik

Elemen yang penting banget dalam bekerja secara remote dari rumah tuh udah pasti listrik dan koneksi internet. Apalagi jumlah meeting online meningkat cukup signifikan setelah kebijakan kerja dari rumah diterapkan. Kalau terjadi gangguan koneksi internet atau mati listrik, udah tuh, pasti bingung dan panik banget bawaannya.

permainan online gratis

Solusinya gimana ya kalau pas keadaan kayak gini? Hmmm, palingan dari saya sih tindakan pencegahan aja kayak laptop dipastikan dalam keadaan baterai penuh sebelum meeting online dan jumlah kuota di HP untuk tethering masih aman. Kalau nggak memungkinkan, ya cuma bisa ijin nggak ikut meeting dulu. Pokoknya dikomunikasikan aja dengan tim supaya nggak ada kesalahpahaman.

Cara Mengatasi Bosan Bekerja dari Rumah

Dengan berbagai tantangan yang ditemui, bekerja dari rumah bisa jadi rutinitas yang membosankan apabila kamu nggak ngerti cara mengatasinya. Awalnya mungkin kamu enjoy karena nggak harus melakukan mobilitas ke kantor yang memakan banyak waktu. Tapi seiring berjalannya waktu, rasa bosan juga bisa muncul di tengah rutinitas bekerja dari rumah. 

Agar kamu nggak merasa bosan saat bekerja dari rumah, berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Mendengarkan Podcast Favorit

Sejak awal bekerja dari rumah, yang paling sering saya lakukan ketika merasa bosan adalah mendengarkan podcast favorit. Kalau mendengarkan musik sih pasti ya. Apalagi posisi kerja dari rumah tanpa ada kolega yang nemenin di samping kanan-kiri-depan-belakang. Sepi banget kalau nggak ada musik.

Baca juga: Podcast, Teman Ngantor Bareng Selama WFH

Tapi podcast berbeda dengan musik. Ibaratnya musik membangun suasana tanpa ada obrolan, podcast tuh berasa dengerin kolega yang lagi diskusi atau sekedar gosip saat kita merasa bosan. Biasanya saya mengakses platform seperti Spotify dan Noice untuk mendengarkannya. Selain itu, saya juga suka mendengarkan wawancara antar komika di berbagai channel YouTube seperti PWK dan Agak Laen.

YouTube Agak Laen - Adek Abang feat Hifdzi Khoir

2. Menonton Serial TV Kesukaan

Di samping mendengarkan podcast, kegiatan lain yang saya lakukan untuk mengurangi rasa bosan bekerja dari rumah adalah menonton serial TV kesukaan. Tapi instead of nonton as ditonton secara seksama, saya biasanya cuma nge-play tanpa ditonton secara berkelanjutan. Ibaratnya dijadiin background noise gitu. Lagi-lagi biar nggak begitu sepi saat sedang kerja sendiri dari rumah.

Untuk serial TV, saya biasanya binge watch serial seperti Gossip Girl dan Sex And The City. Kalau lagi pengen yang ringan-ringan minim konflik dewasa, saya nyetel Hannah Montana wkwkwk. Nontonnya nggak di laptop tapi di tablet biar nggak mendistraksi kerjaan yang diselesaikan menggunakan laptop.

3. Mencoba Permainan Online Gratis

Kalau bener-bener lagi suntuk kerja, saya ambil waktu untuk istirahat dulu dan cari permainan online gratis. Permainan tipe ini tergolong ringan dan cocok untuk unwind di tengah pekerjaan atau setelah menyelesaikannya. Untuk mengakses permainan online gratis, kamu bisa buka solitaire.org dan pilih jenis permainan yang cocok dengan seleramu.

permainan online gratis
Website permainan online gratis

Melalui website permainan online gratis ini, nggak cuma game Solitaire aja yang bisa kamu mainkan, tetapi ada berbagai jenis game lain yang bisa kamu pilih. Ada game tipe Solitaire, Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles, dan Word. Personally, saya suka tipe Match 3 dengan pilihan game Candy Fiesta, Candy House, Same Game, Treasure of Atlantis. Zuma Ball, dan Zuma Legend.

permainan online gratis
Pilihan game yang ada di dalam Solitaire

permainan online gratis
Salah satu pilihan game Solitaire

Saya sudah biasa main game tipe tersebut di HP. Pokoknya kalau butuh game yang nggak mikir, enaknya main Candy Fiesta. Secara flow dan interface, seger aja gitu dimaininnya. Sebelum mulai, kita bisa cek aturan mainnya dulu di bagian bawah landing page-nya. Tapi saya nggak perlu baca karena emang mainnya beneran nggak pake mikir.

permainan online gratis
Cara main di landing page game Candy Fiesta

permainan online gratis
Tampilan Candy Fiesta di website permainan online gratis Solitaire

Dari berbagai cara di atas, mana yang biasa kamu lakukan saat merasa bosan bekerja dari rumah. Share di kolom komentar dan sampai jumpa di postingan berikutnya!


Post a Comment

22 Comments

Aji Sukma said…
Waduh, gak suka ngegame, jadi keknya aku bukan marketnya. Kecuali kalau ada lawan yang nantangin, kalau menang ditraktir makan. Hayuk, deh! wkwk
Efi Fitriyyah said…
Awalnya pas buka solitaire.org aku pikir gamenya main kartu doang taunya banyak banget. Nah yang kartu ini udah lama beud kan ya tapi ternyata masih asik buat dimainkan. Vibes challengingnya ga ilang-ilang
Farida Pane said…
Game online bisa jadi salah satu solusi pemecah kebosanan. Apa lagi kalau gratis, ya
Mba bener banget. Kadang ya kalau kerja di kamar atau bahkan deket deket kasur tuh bawaannya mudah ngantung. Kayaknya kasur manggil manggil buat tidur daripada kerja. Hhahaha. Senangnya ada permainan online bikin semangat
Nurul Sufitri said…
Wah, aku nih termasuk emak2 yang mengisi waktu senggang dengan bermain game. Kalau Solitaire mah udah lama banget dari zaman komputer PC gitu sampai sekarang masih seru ya. Kalau free online games kayak permen2 itu juga asyik. Bisa di laptop atau HP sama2 seruuuuu :D
Ophi Ziadah said…
Nah Solitaire nih game dari zaman pertama ada komputer dan masih terus berjaya smp sekarang nih, ada hidden object juga tuh di solitaire aku suka banget yang hidden object
Mrs. Ruli Retno said…
Aku uda coba game ini, seru jg buat ngisi waktu yg penting internet lancar ya mak
Game online tuh memang menjadi penyelamat sih kalau memang sedang bosan atau menunggu buatku. Biasanya aku main kalau sedang menunggu yang membutuhkan waktu lama, favorit banget ini Solitaire.
Antung apriana said…
kalau kerja di rumah itu kadang ada aja ya godaan untuk bersantainya. makanya aku kalau hari libur jarang banget berhasil ngerjain kerjaan lebih sering di kantor. tapi buat yang kerjanya memang dari rumah harus pintar ya menyiasatinya biar tetap produktif bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah memang awalnya menyenangkan, ya. Tapi bagi sebagian orang lama-lama membosankan. Apalagi buat orang yg ekstrovert. Hehe..
Nyoba main di website Solitaire memang mengasyikkan :)
Jiah Al Jafara said…
Kerja di kasur dan kamar tuh aku banget. Mau gimana wong emang masih numpang ini. Kalau udah punya rumah, mau deh bikin semacam meja kantor biar lebih fokus. Oh iya, kalau bosan tuh akau juga main game online. Di Solitaire org memang banyak gamenya
Molly said…
Kalo molly pribadi juga suka banget ngegames. Tapi pas liburan aja. Kalo hari kerja bisa2 keterusan nanti hehe
lendyagassi said…
Uda sih yaa.. kalau ada yang nyebelin dari tetangga tuh healingnya di dalam rumah sambil gelapin semuanya terus lakuin hal-hal yang disenengin. Aku setuju banget, dari mulai memilih serial fave sampai Permainan Online Gratis di solitaire.
Biarin sejenak tetangga yang tantrum.
Dee_Arif said…
Iya, kerja di rumah kadang suntuk
Makanya perlu sesekali mencari hiburan dengan main game online di Solitaire ya mbak
Idah Ceris said…
Aku pernah nyaman banget punya ruang kerja di pojokan kamar, Mbak. Tapi ternyata ya itu, sering nengokin kasur. Hahaha.

Setuju, kalau lagi bosen kerja bisa ngegame online duyuuuuuw.
Gusti yeni said…
Akuu suka main solitaire disaat BT lumayan mager sambil mengasah otak. Emak butuh hiburan sejenak dr rutinitas yaa
Husnul Khotimah said…
Gane-game legend yang bikin nggak bisa move on, bener-bener bisa jadi obat bosen kala kerjaan numpuk dan DL bejejer hahaha..
aku pemain games jadul nih mb Hanifa. bisanya cuma tetris dan Feeding Frenzy yang ngasih makan ikan itu lo hahaha. kyaknya cocok nih mampir di sini untuk nyari game2 yang ringan
Dewi Rieka said…
Aku jadi suka nih main solitaire gara-gara diajarin anakku ternyata seru juga setelah cape ngerjain artikel terus rehat sejenak main game
kalau ada waktu, biasanya aku suka banget masaaak dan baca buku plus blogging hehehe. Tapi main games juga seru yaa mba
fanny_dcatqueen said…
Suamiku termasuk yg ga terlalu suka wfh mba, Krn memang banyak distraksi 不不不不. Apalagi kalo tetangga sebelah rumah ada bangun sesuatu, beugh, ributnya ga bisa bilang apa2 不不. Blm lagi kalo ada pengamen. Secara rumahku bukan komplek . Jadi banyak yg begini. Jadi memang kalo bisa di kantor, dia mah lebih suka kantor.

Permainan online gini aku msh mainin , buat refreshing kalo jenuh Ama kerjaan . Apalagi enak, ga pake install. Solitaire dari dulu juga jadi favorit, sebelum kenal games yg modern skr . Legend sih dia, ga bosenin dan tetep asik sampe kapan aja
Rezky Pratama said…
enak ya freelance mbak,
saya yang kerja di luaran pengen bisa free lance
tapi semuanya kelihatan enak beda kalau kita menjalaninya
disyukuri aja dah sekarang hehe