3 Pelajaran Berharga Setelah Sakit Selama 2 Minggu


Bulan November tahun lalu bisa dibilang sebagai bulan terberat bagi saya. Tahun 2020 sudah cukup complicated untuk di-recall, kenapa kok ya di akhir tahun saya tetep aja ngerasain cobaan berat? Harus sampe suffering kayak gimana sih, 2020? Terus terang kalau masih dikasih ujian yang aneh-aneh, saya bakal nyerah dan ambil sisa cuti yang jumlahnya masih 8 hari supaya saya bisa sedikit lebih rileks dalam mempersiapkan plans dan goals tahun depan.

Kalau kembali lagi ke awal tahun lalu, masih nempel tuh memori saat saya lagi semangat banget buat bangkit. Akhir tahun lalu saya putus dan ngerasa berantakan. Saya mulai mempertanyakan self worth dan merasa kalau diri ini kurang berharga. Untungnya pada saat itu lingkungan keluarga dan kantor bisa membuat semangat dan saya mulai memperbaiki diri dengan rutin olahraga dan fokus bekerja.

Baca juga:  3 Aktivitas Mager yang Cocok Dilakukan Kala Weekend

Semangat yang saya punya nggak bertahan lama. Semenjak WFH di pertengahan bulan Maret, rutinitas tersebut nggak saya biasakan lagi. Saya seneng banget aerobic tapi semua sanggar senam saat itu tutup dan penyesuaian dari kantoran yang hingar bingar ke WFH yang super sepi bikin saya stress berat. Saya kangen kehidupan sosial yang saya punya. 

Setelah beberapa bulan membiasakan diri untuk WFH dan mulai berinteraksi lagi dengan teman-teman di luar rumah, somehow saya masih belum menemukan semangat untuk kembali ke rutinitas olahraga yang dulu sempat saya bangun. Saya cuma memanfaatkan waktu luang untuk sesekali jalan-jalan ke luar rumah, tetapi kegiatan ini nggak saya jadiin kebiasaan. 

Baca juga:   Upaya Mencegah Penularan Virus Corona Selain Work From Home

Ketika mengalami stress, saya lebih sering tidur dari pagi, bangun siang, tidur lagi sampe malam, lalu begadang sampai pagi. Memasuki hari kerja, saya sering nggak bisa tidur nyenyak dan bahkan cenderung kurang tidur. Saat jam kerja, saya sering nggak fokus dan menunda pekerjaan. Kebiasaan jelek ini seakan berubah menjadi lubang hitam yang membuat saya keluar untuk memperbaiki diri.

Lalu memasuki pertengan bulan November, tiba-tiba saya kena lower back pain yang bikin nggak bisa ngapa-ngapain. Tidur susah, duduk pun nggak bisa lebih dari 10 menit. Seketika saya ngerasa makin stress dan cuma bisa nangis. Selang seminggu setelah terapi dan minum obat dari dokter, saya bisa beraktivitas kembali dengan normal.

Baca juga:  7 Cara Menjaga Produktivitas Selama Work From Home (WFH)

Pasca sakit punggung bagian bawah, saya langsung mengambil cuti dan mendedikasikan hari Senin di minggu berikutnya untuk wisata kuliner. Setelah kedinginan gara-gara hujan sepanjang weekend, saya langsung panas-panasan dan makan-makan. 

Keesokan harinya, saya langsung merasakan perut melilit hebat dan lemes karena berkali-kali ke kamar mandi. Udah minum obat pun masih nggak berhenti rasa sakitnya. Saat itu saya terpaksa harus bertahan karena ada 2 meeting report mingguan. Edan sih, sampe segitunya saya "nyiksa badan" untuk tetep kuat bekerja.

Baca juga:  Berdamai dengan Situasi Krisis Covid 19

Saya merasa nggak berguna. Jujur, saya ngerasa nggak berguna banget. Tanggung jawab pekerjaan terasa begitu besar, tapi saya ngerasa nggak punya power untuk menguasai apa yang diamanahkan. Saat sakit, otomatis semua pekerjaan tertunda dan nggak bisa berbuat banyak dengan keadaan.

Dari sakit selama 2 minggu berturut-turut, saya jadi belajar beberapa pelajaran berharga yang penting untuk diingat agar nggak terjadi lagi. Beberapa pelajaran tersebut di antaranya:

1. Listen to your body signal

Sering kali saat merasa sehat, kita jadi suka lupa diri. Kita jadi terlena dengan pola makan nggak seimbang, istirahat yang kurang, dan terus-terusan maksa otak untuk bekerja saat badan lagi fit. Lalu tiba-tiba badan langsung ngedrop dan kita nggak bisa ngapa-ngapain. Kalau udah gini, siapa yang mau disalahin?

Saya makin sadar kalau selama ini sering nggak peka dengan sinyal yang diberikan tubuh saat udah capek banget. Seringnya saya beranggapan, "Halah, baru pegel-pegel dikit gini, masak udah nyerah?" Beuh, besoknya masuk angin berat sampe demam dan diare. Manja? Yha kalau udah sakit banget masak manja? Itu tuh badan udah harus istirahat lho! 

Baca juga:  That Life Changer Called Bolu

Kalau udah sampe terjadi berkali-kali, tandanya udah ada pattern. Perhatiin waktu munculnya dan jaga pola makan dan istirahat. Kalau udah jauh lebih enakan, badan pasti bisa diajak kerjasama lagi buat gaspol. Jangan lupa juga buat rutin konsumsi multivitamin setiap pagi sebelum beraktivitas. Kebutuhan vitamin, terutama vitamin C, penting banget buat dipenuhi.

2. Consume things that good for our soul

Salah satu yang bikin saya sering stress dan jatuh sakit adalah konsumsi konten yang "berbahaya" bagi jiwa. Apa sih yang dimaksud konten yang berbahaya? Salah satu contohnya adalah gosip dan drama yang nggak penting. Konten yang isinya kebencian, baik yang mengarah kepada pribadi maupun institusi. Hidup udah susah, nggak perlu dibikin makin runyam dengan drama-drama yang nggak penting.

Saya sebenernya termasuk yang nggak suka posting gosip atau drama. Tapi pasti saya masih kerap menumpahkan rasa kesal di media sosial. Saya juga beberapa kali adu argumen dengan orang-orang yang saya nggak kenal sama sekali dan berusaha memaksakan apa yang saya percaya kepada mereka. Padahal kita nggak bisa memaksa semua orang sependapat dan setuju dengan kita. 

Baca juga:  Podcast, Teman Ngantor Bareng Selama WFH

Nggak ada gunanya emang kalau dipikir-pikir lagi ngikutin drama nggak penting dan konten yang isinya menjatuhkan. Di Twitter, saya sudah mute beberapa kata yang saya hindari kontennya. Kalau di Tik Tok, setiap ada konten yang isinya bikin males, saya langsung klik "not interested". 

Selain konten kebencian, saya juga menghindari konten yang menyebarkan ketakutan dan cenderung bikin saya overwhelm. Pandemi memang masih berlangsung, tapi saya nggak terlalu mengikuti apapun yang berkaitan dengan Corona. Cukup tau aja dan saya lebih berhati-hati kalau sedang sakit. Lagi-lagi semua itu balik ke pilihan masing-masing individu. Kalau kamu merasa oke, silahkan ikuti aja.

3. Be more relax and chill

Above those two lessons, menurut saya yang paling penting adalah not overthinking everything. Saya seorang INFJ-T dan dari deep down saya pribadi yang cukup perfeksionis. I will be stress if things don't go as I planned

Saya juga suka mikir abot kalau ada orang yang cerita ke saya tentang beban hidupnya. Saya terlalu empati dan itu malah bikin pikiran saya jadi nggak sehat. Saya masih belajar untuk menyerap informasi seperlunya supaya nggak gampang kebawa.


Intinya kalau sudah ngerasa suntuk, segera istirahatkan pikiran. Nonton film kek, gegoleran kek, baca-baca buku kek, apapun deh yang bikin pikiran seger lagi. Last but not least, let's enjoy things while it last. Hidup cuma sekali, jangan sampe ngerasa sengsara terus dan menyesal kemudian hari. 

Kalau kamu juga sedang mengalami hal serupa, yuk share di kolom komentar! See you on the next post!

Post a Comment

13 Comments

Lusi said…
Bener banget nih, susah banget ngembaliin semangat buat olahraga meskipun cuma olahraga ringan. Udah telanjur nyaman diem aja di rumah. Semoga kita semua sehat selalu ya. Aamin.
Rani R Tyas said…
Bener banget nih, sebenarnya badan tuh udah ngasih sinyal-sinyal. Cumaaan kadang kitanya aja yang nggak peka bahkan mengenyampingkan rasa itu. Duh, semoga kita disehatkan ya tahun depan dan tahun-tahun berikutnya.
Helenamantra said…
Mbak Hanifa gimana kabarmu sekarang? Semoga makin membaik yah.
Pandemi punya sisi positif dan negatif. Alhamdulillah lewat cobaan sakit ini jadi bisa mengambil pelajaran. Semoga sakitmu jadi penggugur dosa.

Btw, kalau tubuh udah kasih sinyal lelah, sukanya nonton film tentang apa?
tantiamelia.com said…
Wah, Hani sempat covid kah? Alhamdulillaaah sehat lagi yaaaa .. tapi hati-hati ya Han, dampaknya masih ada so tetap say calm buat body, sehat itu tak ternilai harganya!

Btw kenapa merasa gitu sih?
Ketahuilah, bahwa tubuh juga butuh istirahat, so itu yang terbaik mungkin, disuruh eh dipaksa istirahat sejenak. Menikmati "slooowly response" sejanak biar ancang-ancang, ke depan melesat secepat anak panah!

met menjalankan resolusinya yaaa Hani, stay healthy and positive!
Pak ustad bilang saat diberi sakit insyaAllah dosa2 kita dihapuskan.
Memang saat sakit gak ada enaknya ya, aku pun juga suka ngeluh kalau lagi ngrasa gak kuat, tp pas lagi bener aku dzikir dan doa hehe, dasar manusia :D
Setuju banget mbak menjaga kesehatan tu gak cuma memberikan fisik makanan bergisi tapi buat jiwa kita sendiri tu jauh2in hal toxic yang berpotensi bikin kita lebih terpuruk yaa.
Semoga selanjutnya selalu sehat yaaa
Ranny said…
Mbak tos banget di poin 1. Sejak sakit vertigo, terus pernah tekanan bola mata tinggi, badan pegel-pegel saya memilih untuk lebih memperhatikan alarm tubuh. Kalau udah kliyengan berarti saatnya berhenti bekerja. Kalau maksa, ya bakal panjang urusan.
Nah iya mbak poin dua tuh, emang ya kalau terlalu mengonsumsi halhal berlebihan, kayaknya pikiran rasa penuh.Makanya saya suka detox medsos di akhir pekan.

Di poin akhir, mbak nasib ya untuk perfeksionis gitu (ngmg ke diri sendiri). Saya dulu juga gitu, suka kesal kalau nggak keturutan apa yang sudah di to-do-list-kan, sejak itu saya turunkan ekspektasi berusaha lebih menikmati.

Mbak, semoga sehat-sehat selalu ya. Dan bisa mewujudkan apa yang diinginkan. <3
Mak Hanifa, aku ngga bisa ngomong apa-apa lagi selain, "Semangaaattt..."

Kayaknya kalau lagi diuji tuh, ujiannya ngga cuma satu, tapi datang beruntun dan silih berganti gitu, yaa... Tapi aku pernah dibisiki sama temenku, "Habis sedih sesedih-sedihnya, susah sesusah-susahnya, biasanya kita akan dikasih bahagia sebahagia-bahagianya."

Aku berdoa semoga dirimu pun akan mendapatkan kebahagiaan (dan kesehatan tentunya, ngga kambuh-kambuh lagi lower back pain-nya) di tahun 2022 dan tahun-tahun berikutnya. Aamiiin...
Poin 1,2,3 noted banget. Ini reminder buat aku juga. Dua bulan ini aku juga sempat ngerasain sakit yang ngga biasanya mba, makanya aku juga mau memperbaiki pola hidup sehat. Biar bisa terus berkarya dan berbagi cerita.
Gusti yeni said…
Mbakuuu ikut bersedih semoga sehat selalu ya, memang ya mb pandemi dirumah teruss bikin mager. Banyak yg naik BB disaat pandemi karena malas berolah raga dirumah bener ga? Bawaannya ngemil apalagi banyak promo diskon makanan online 😭😭. Saya pribadi memaksa diri juga mb ikut kelas yoga online lwt tv atau youtube atau berbayar tp online krn badan mulai ga nyaman.
Antung apriana said…
Kadang kita memang suka mengabaikan sinyal dari tubuh ya yang ngasih tahu kalau sudah capek. Akibatnya malah jadi ambruk deh. Semoga tahun 2022 ini kita bisa selalu menjaga kesehatan ya
lendyagassi said…
Masalah kesehatan ini tidak boleh diabaikan sama sekali yaa..
Salah-salah mendengar sinyal dari tubuh, waktu pengobatannya malah lebih lama dan malah mengonsumsi obat-obatan chemical.

Semoga dengan keinginan yang kuat dan pikiran yang jernih, gak mudah panik dalam menghadapi masalah, kak Hani bisa jalani hari dengan penuh keceriaan dan sehat selalu.

Selamat tahun 2022.
Damar Aisyah said…
Betul Kak Hani, aku setuju sekali kalau udah ngerasa penuh kepala, suntuk, jenuh, udahlah buru-buru ambil jeda. Ambil jarak dari gadget dan deadline. Nikmati napas, nikmati dunia nyata. Semoga 2022 nanti kehidupan lebih mudah ya, kak. Sehat dan bahagia selalu.
rella said…
Mbaakk, lower backpain-nya jadi diobati dengan apa? Aku pun mengalami banget ini, jadi sering nggak produktif gara-gara sakit punggung banget...sementara kalau rebahan mulu yah kapan kelarnya ini kerjaan, huhu.

Semoga sehat selalu di 2022 yaahh, stay chill