3 Aktivitas Mager yang Cocok Dilakukan Kala Weekend

pilihan-aktivitas-weekend

Minggu ini rasanya pendek sekali untuk saya. Ada banyak pekerjaan kantor dan freelance, tapi jam efektif kerja hanya 2-3 hari aja. Udah pada tau kan ya kalau minggu ini pemerintah menetapkan cuti bersama. Walaupun saya kerja di kantor swasta, pihak HR membolehkan untuk mengambil libur dengan syarat memotong jatah cuti dan ada ijin dari masing-masing manajer divisi tentunya.

Divisi saya? Nggak ada yang cuti. AHAHAHAHA. Tapiiii hawa magernya tu tetep kerasa banget. Selain karena saat ini kami masih WFH, beberapa waktu ini cuaca di Jogja udah mulai lebih sering gloomy. Pagi hari udah mulai sering dimulai dengan langit Jogja yang mendung atau malah masih hujan deres sejak malam sebelumnya. Makin mager nggak sihhh?

Baca juga: Starting Over Some Good Habits

Yah, despite the weather and the upcoming long weekend, rasa mager juga timbul karena banyaknya pelancong yang dateng ke Jogja. Maklum, udah pada bosen di rumah. Ini sih yang jadi salah satu sebab saya dan tim tidak ambil cuti. Kek kalau libur lama pun mau ke manaaa gitu lho?

Terus terang saya masih mempertimbangkan pandemi sebagai alasan untuk nggak bepergian ke luar kota dan ke tempat wisata yang ruuuwame pengunjung dari berbagai daerah. Maka dari itu, ada beberapa hal yang saya lakukan saat long weekend ini.


1. Kumpul bareng di rumah temen

Selama pandemi, saya memilih berkunjung ke rumah teman untuk menjaga kehidupan sosial. Saya udah beberapa kali keliling dan main ke rumah atau kos teman yang ada di Jogja. Kegiatannya ya cuma ngobrol, ngemil, bergibah, diskusi yang berfaedah, kadang bebakaran di halaman rumah salah satu teman, ngusilin kucing-kucing mereka, joget bareng pake game Just Dance, sampe tidur siang karena hujan dan kekenyangan. Macem-macem deh!

Baca juga: 3 Alasan Kuat untuk Lebih Bijak Mengelola Keuangan

Kalau ditanya kenapa kok saya memilih main ke rumah teman, jawabannya sederhana: saya bisa langsung tidur jika sudah merasa ngantuk atau capek. HAHAHA. Selain kemageran yang amat sangat, saya juga suka banget sama kucing mereka. Aduh, aduuuh, seneng deh kalau bisa ndusel-ndusel gemesh.

By the way, suara kami cukup keras. Jadi kalau di dalem rumah, rasanya cukup aman untuk ngobrol dan ketawa terbahak-bahak. Palingan setelah itu minta maaf ke tetangga ahahahaha.


2. Room makeover dan decluttering

Ini salah satu yang selaluuu aja jadi wacana saya. Udah sejak berapa bulan yang lalu, saya berencana untuk melakukan makeover dan declutter barang-barang di kamar saya, terutama makeup dan skincare. Saya tuh sering banget lupa kalau masing-masing produk kecantikan juga ada masa expirednya.

Sempet nggak akhirnya? Sempet tapi yhaaa nggak menyeluruh sih. Hanya beberapa bagian drawer aja yang saya declutter. Kamar saya juga masih belum perlu make over yang extreme. Concern saya hanya pada meja kerja, seperti peletakan monitor, merapikan kabel yang pating nglewer, dan memilah beberapa makeup maupun skincare yang berada di area meja kerja.

Baca juga: 5 Elemen Home Office yang Layak Dimiliki Para Freelancer

Setelah melakukan kegiatan declutter ini, pikiran saya jadi terasa lebih fresh. Jujur, kamar yang berantakan itu salah satu sumber kekacauan otak saya. Walau mungkin barang-barangnya tidak saya lihat secara langsung, tapi saya pasti kepikiran setelah membuka dan melihatnya. Daripada kebayang-bayang mulu, mendingan saya bersihin aja sekalian. Trik ini cukup ampuh karena saya jadi lebih organized dan produktif menjelang minggu berikutnya.


3. Series marathon sambil ngemil

Last but not least, kegiatan yang paling saya suka: NONTON. Beberapa bulan belakangan saya memang suka banget nonton karena ini kegiatan yang bisa saya lakukan sambil rebahan dan main hape. Weekend ini saya udah ngelarin beberapa tontonan, mulai dari yang ringan dengan bumbu drama dan kebucinan sampe yang serius banget ngebahas seputar tokoh politik dan documentary.

Mungkin di antara para pembaca artikel ini juga suka dengan kegiatan nonton. Biasanya sih temen-temen saya yang sudah mak-emak suka banget sama tontonan drama keluarga semacam Suara Hati Istri atau series yang serupa. Kamu juga suka nonton nggak? Racunin rekomendasi tontonan favoritmu dong di kolom komentar!

Astagaaaaa drama banget siiih

Beberapa aktivitas tersebut udah cocok belum sama kalian yang juga suka mager kayak saya? Kegiatan apa yang kalian lakukan sebagai kaum mager dan rebahan selain yang sudah saya sebutkan? Langsung cuss kasih tau juga di kolom komentar juga ya! See you on the next post!

Post a Comment

19 Comments

Eryvia maronie said…
Sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat mager ya.
Saya pun juga sekaramg lebih senang ngumpul di rumah bareng sepupu2 biar bisa sambil rebahan, hehehe..
atik muttaqin said…
Sama mba saya juga klo udah mulai bosen dirumah ngajak janjian ketemu Temen dan itu bener2 ampuh bikin semangat Up lagi biasanya setelah ketemu kita makan bareng di luar jd rasa bosen dan suntuk hilang sirna seketika😊
NiaNastiti said…
Nomer 3 favoritku banget ituu, apalagi sekarang banyak serial bagus di layanan berbayar yah, makin betah magerny, hehe
Yeni Sovia said…
Nikmatin ya mba say waktu senggangnya dengan bisa ke rumah temen atau bisa marathon nonton. Soalnya kalau udah punya anak mah masih kecil anaknya. Boro-boro bisa ke rumah temen hahaha hihihian. Mu ke kamar mandi aja rasanya kayak pergi berperang karena dipenuhi dengan drama tangisan anak wkwkwk 🀣

Boro-boro bisa maraton nonton, soalnya baru mu nonton aja eh anaknya udah bangun, atau minta puplah, minta pipis lah, minta mainlah. Akhirnya mara emak kayak zombi kurang tidur wkwkwk 🀣

Hihihi Mba ini aku ikut curcol ya mba 🀣. Soalnya baca ini jadi kangen juga masa muda πŸ˜‚. Jadi intinya apapun itu mari kita nikmati. Soalnya walau aku rempong punya anak kecil, tapi klo anaknya mkin gede, eh malah kangen sendiri ama masa2 kecilnya dan nggak mu anak cepet2 gede πŸ˜‚. Semangat kita mba 😍.
Mugniar said…
Saya kadang ikut nonton sinetron Amanah Wali 4 sama anak saya wkwkwk. Sinetronnya berbeda dengan kebanyakan sinetron, ada makna yang bisa dipetik makanya saya biarkan putri saya nonton itu daripada di scrolling gaje Instagram hehehe.
Juliastri Sn said…
Kalo aku pas mager paling enak rebahan sambil nonton film drama romantis. Duh..udah paling membahagiakan ituh.. :)
Aku pemalas jadi ya itu yang kulakukan kyknya cuma yang terakhir nonton drama berseri2 wkwkwkwk :p
Tapi saat pandemi kyk gini kadang udah males banget menatap gadget jd kadang aku ngurusin kerjaan lain kyk berkebun di rumah :D
Sesekali baking, tapi yang simple aja gk mau bikin pegel diri sendiri haha
Nia K. Haryanto said…
Nomor 3 nih yang paling sering aku lakuin di masa pandemi kayak sekarang. Kepengennya sih bisa ngumpul bareng, tapinya masih pada khawatir. Tapi gapapa deh, sementara ini nonton marathon dan ngemil masih jadi favorit. Asal jangan nambah melar aja. Hehehehe
Desy Yusnita said…
Selama pandemi justru saya belum pernah main ke rumah temen Mba. Paling cuma kerumah keluarga dekat aja, untuk pindah suasana. Perlu juga untuk tetap waras.
Kecuali kumpul bareng.. aku sudah lakukan semua nih hehehe. Paling seru memang decluttering karena aku perluuu lakukan secara rutiiin
Wah yang terakhir itu aku banget Mbak, nonton drama marathon sambil ngemil plus rebahan asik banget 🀣 ntar tau-tau udah sore aja padahal nonton dramanya belum selesai. Kalau nomer satu dan dua aku belum mencobanya sih, tapi kayaknya seru juga buat dicobain biar ga bosen di rumah terus.
Duhhh, jadi penginnyaaaa. beberapa weekend ini, cuma bisa nyantai bentar gara2 kerjaan. Moga besok bisa santai lebih puas lagi. Wkwkwk
Dewi Rieka said…
Iyaa, aku juga sukanya main ke rumah teman sambil bawa camilan, nggak rame-rame pokoknya..terus suka nonton Drakor sekarang dan bercocok tanam hehe apa saja deh yang bikin hepi
Kalau lagi mager biasanya nonton drakor atau baca webtoon hahaha. Tapi jarang sih bisa rebahan wong kalau weekend biasanya dipake nulis atau kegiatan lain yang nggak bisa dikerjain di hari biasa karena harus nemenin anak PJJ.
sama banget aku juga termasuk kaum mager atau kaum rebahan gitu dan dengan adanya aktivitas seperti ini lumayan membantu juga ya
Dzulkhulaifah said…
Udah pasti banget lah nonton drama menjadi kegiatan selingan haha. Karena ya mau ngapain lagi, cobaaa? Namanya juga lagi mager, yekaaan? Drama yang recommended itu, apa yaaa? Drakor Reply 1988 coba deh, Mbak. Drama keluarga yang daleeem banget.
lendyagasshi said…
Aku juga happy banget loo..kalau habis bebersih rumah.
Mungkin belum sampai declutter yang serius...tapi hanya beberapa yang tampak di meja kerja, meja makan. Rasanya so happy udahannya.
Seger dan bersemangat kembali.
Paling suka nonton film deh. Film-film Hollywood nih yang jadi kegemaranku. Kadang setel lagi koleksi DVD lama kalau pas kangen dengan film tertentu
Yugo said…
Olahraga dulu barang satu sampai dua jam. Abis itu mager-nya jadi lebih khusyuk. Udah males gerak, kecapekan pula. πŸ˜‚