5 Produk Skincare untuk Kulit Kering Normal

Produk Skincare untuk Kulit Kering

Saya bukan tipe orang yang sering perawatan di klinik kecantikan. Pertama kali saya melakukan perawatan di klinik tuh sekitar tahun 2018 dan usia saya saat itu sekitar 26 tahun. Pada saat itu ada kerjasama dengan satu klinik kecantikan di Jogja dan saya terima kerjasama tersebut. Awalnya ragu, tapi akhirnya saya berhasil diyakinkan oleh teman yang satu batch kerjasama dengan saya.

Sebelum mulai proses kerjasamanya, kami diberikan beberapa pertanyaan tentang tipe kulit masing-masing. Di kuesioner tersebut, saya menjawab pertanyaan tersebut dengan “kulit berminyak” karena selama ini saya selalu beranggapan kalau itulah kondisi kulit saya. Setelah itu kami diundang untuk mencoba treatment dari klinik tersebut.

Baca juga: 5 Produk Favorit untuk Makeup Sehari-hari

Sesampainya di klinik, kami menunggu bersama beberapa blogger lain untuk berkonsultasi dengan dokter. Saat tiba giliran saya masuk ke ruang konsultasi, dokter yang berjaga menginstruksikan untuk cek kondisi kulit menggunakan suatu alat khusus. Dari situ saya baru mengerti kalau tipe kulit saya bukanlah berminyak, melainkan kulit normal cenderung kering.

Proses pemeriksaan kondisi kulit di salah satu klinik kecantikan Jogja

Saya sempet kaget campur khawatir karena produk-produk yang saya gunakan selama ini sering kali ditujukan untuk kulit berminyak. Saya merasa kalau kulit “keset” tuh artinya kulit kita bersih. Itu hanya berlaku untuk kegiatan cuci piring dan kulit kita nggak bisa disamakan. 

Baca juga: Review Skintific 360° Crystal Massager Lifting Eye Cream

Kulit yang keadaannya keset berarti terlalu kering dan nggak sehat. Kita harus menjaga produksi sebum agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Berikut 5 produk skincare untuk kulit kering yang bisa digunakan.

1. Toner/Essence

Sebagai pemilik kulit kering, sudah jadi kebiasaan saya untuk prepare the skin agar produk-produk yang dipakai berikutnya bisa lebih maksimal kinerjanya. Produk yang biasa saya pakai adalah toner/essence, seperti L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro Essence. Saya gunakan produk ini baik di pagi maupun malam hari.

Produk Skincare untuk Kulit Kering
L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro Essence

Saya sudah beberapa kali repurchase produk ini sejak tahun 2019 karena memang cocok banget dengan kebutuhan kulit. Selain cepat meresap ke dalam kulit, produk ini membuat kulit terasa lembab. Cara pemakaiannya pun mudah karena tinggal dituang secukupnya ke telapak tangan dan diaplikasikan secara lembut ke seluruh wajah hingga meresap sempurna.

2. Moisturizer

Setelah menggunakan toner/essence, saya biasanya langsung masuk ke pemakaian moisturizer. Tahap ini sama sekali nggak bisa di-skip karena inilah produk kunci yang menjaga kelembaban kulit. Produk yang saya gunakan beberapa waktu terakhir adalah Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel yang memberikan manfaat berupa perbaikan skin barrier atau lapisan kulit terluar secara bertahap dengan pemakaian yang rutin setiap harinya.

Produk Skincare untuk Kulit Kering
Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Selama pemakaian produk ini, saya merasakan kulit lebih lembap dan nggak mengalami pengelupasan sama sekali walau cuaca sedang memungkinkan kulit saya untuk mengalaminya. Jerawat hormonal yang meradang pun cepat mereda saat pemakaian moisturizer ini. Tekstur produknya ringan dan nggak lengket di kulit, serta cukup cepet meresapnya.

3. Sunscreen

Selain moisturizer, produk ini juga nggak boleh kelewatan. Jujur saya sendiri baru rutin menggunakannya setelah usia memasuki akhir fase 20an. Cukup telat ya sebenernya. Tapi ini juga karena faktor edukasi sih kayanya. 

Saat masih di bangku sekolah dulu, ibu saya nggak begitu telaten mengedukasi soal perawatan wajah selain penggunaan pembersih seperti milk cleanser atau facial wash. Kurangnya informasi ini jelas bikin saya nggak aware akan pentingnya penggunaan sunscreen.

Produk Skincare untuk Kulit Kering
Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF 50+ PA++++

Beberapa waktu belakangan saya rutin menggunakan Skintific 5X Ceramide Serum Sunscreen SPF 50+ PA++++ yang tekstur produknya ringan dan cenderung watery, sehingga mudah diaplikasikan secara merata ke seluruh area leher dan wajah. Produknya nggak meninggalkan whitecast, itu kenapa saya suka saat waktunya harus reapply setelah ibadah sholat.

4. Cleansing Water

Perawatan kulit kering nggak hanya berhenti di tahap penutrisiannya, tetapi juga harus dibersihkan secara rutin baik di pagi maupun malam hari. Tahap ini penting banget karena kulit wajah yang bersih akan menjauhkannya dari masalah-masalah seperti kulit kusam, berjerawat, hingga flek hitam.

Produk Skincare untuk Kulit Kering
Biore Perfect Cleansing Water

Biasanya saya membersihkan wajah dengan oil cleanser dari Biore setelah seharian menggunakan makeup yang cukup berat. Tapi saat saya menggunakan makeup tipis, saya pakai Biore Perfect Cleansing Water sebagai first cleanser. Dari segi harga juga cukup terjangkau dan tergolong travel friendly sehingga cocok dibawa saat bepergian.

5. Face Wash

Setelah penggunaan oil cleanser/cleansing water, saya biasa mengakhiri tahap cleansing dengan 2nd cleanser berupa facial wash. Tahap membersihkan wajah yang kedua ini untuk memastikan nggak ada lagi residu yang tersisa di kulit wajah kita. Di beberapa kesempatan, sekitar 1-2 kali dalam seminggu, saya menggunakan produk dengan kandungan clay yang juga berfungsi untuk mengeksfoliasi permukaan wajah.

Produk Skincare untuk Kulit Kering
Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Untuk produk facial wash, salah satu produk yang saya suka banget adalah Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser yang nggak mengandung SLS, tapi tetap menghasilkan busa dan nggak memberikan efek kulit yang mengencang setelah penggunaannya. Harganya tergolong pricey, tetapi sangat direkomendasikan untuk yang memiliki kulit sensitif mengingat kandungannya yang cukup ramah untuk tipe kulit tersebut.

Baca juga: First Impression Review Sulwhasoo First Care Activating Serum

Itulah 5 produk skincare untuk kulit kering normal yang pernah atau sedang saya gunakan. Produk-produk ini terbukti bekerja di kulit saya dan bisa didapatkan di berbagai e-commerce. Dari semua produk tersebut, apakah ada yang sudah atau ingin kamu coba? Share di kolom komentar ya! See you in the next one!

Post a Comment

17 Comments

Herva Yulyanti said…
Sama nih mba aku juga punya kondisi kulit kering normal, dari sekian yang mba pake tertarik banget sama skintific rasanya iklannya bertebaran dimana mana jadi terngiang2 kebetulan juga mau cari sunscreen hehe
Lina Sophy said…
Hai mbak, kalau kulitku tuh berminyak dan sensitif jadi kalau salah pilih produk nggak nunggu lama pasti gatal dan muncul jerawat/bruntusan. Sebel sih jadi ragu kalau mau cobain produk baru gitu 😁
Tian lustiana said…
PEnasaran sama skintific nya nih, udah beberapa kali ingin nyoba namun maju mundur saja hehe, baca reviewnya jadi tambah penasaran deh
sari widiarti said…
Penasaran sama sunscreen skintific, banyak yg udah review, terkesan sama teksturnya, klo biore tuh nyaman dipakai, nggak perih buat bersihin makeup mata
Nanik nara said…
Hehehe... kesetnya piring dengan muka itu beda ya mbak. Ternyata ada ya peralatan khusus untuk menentukan jenis kulit. Jangan-jangan saya pun salah nih mengidentifikasi kulit muka saya sendiri.
tantiamelia.com said…
paling seneng baca review skin care - klinik gini deh, berasa sedang diajarin pakenya
Ovianty said…
Aku pakai skincare itu maju mundur mak, nanti pakai kalau lagi males ya males, alhasil muka balik jadi tidak terawat. Iya sih skincare itu bagus banget dimulai dari usia 20-an ya. Kulitnya juga enak ya mak, normal kering jadi nggak gampang jerawatan. Tapi harus banyak pelembab biar lembab terus.
April Hamsa said…
Kalau kulit kering emang sebaiknya pakai produk yang bisa memberikan efek melembabkan ya mbak. Kalau aku kombinasi wajah cuma bagian pipi yang kering. Kata dokter kurang minum tp emang diminta pakai produk yang bantu melembabkan juga. BTW terima kasih rekomendasi produknya. Jd tertarik ma sunscreen-nya nih soalnya kalau pakai sunscreen yg biasanya suka kyk berminyak gtu.
Andiyani Achmad said…
selama kulitku cenderung kering beberapa produk di atas sempat aku gunakan, karena memang bisa membuat kulit menjadi lebih moist
lendyagassi said…
Bermanfaat banget bagi yang memiliki jenis kulit dry to normal, bisa ikutan menggunakan perawatan skincare rekomendasi kak Hanifa. Tapi aku setuju sih kalau merawat sendiri dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit ini bisa jadi investasi juga selain kudu nyempetin waktu ke klinik. Hhehe, saking jarangnya aku ke klinik juga... merasa lebih seneng cobain skincare rekomendasi dari sahabat beauty blogger.
Idah Ceris said…
aku belum pernah nyobain produk dari avoskin. pingin nyobain buat diaplikasikan ke kulit sensitif aku, nih.
Anonymous said…
Seneng kalau memang sudah cocok dan sesuai kebutuhan. Kulit saya juga kering, dan syukurlah ternyata 5 step di atas bisa mengatasi Kulit kering.
Ahhh iyaa facial wash nya Avoskin emang bagus yaa, aku pakai juga. Gara-garanya baca cuitan di Twitter yang kasih testimoni kalo enak untuk membersihkan wajah, seger dan terasa kok jadi kencang gitu
Nyi Penengah said…
Bener mba soal produk kecantikan nih memang cocok cocokan kok ya.Aku belum coba semuanya nih, toonernya ding
Wah bisa banget nih jadi rekomendasi agar kulit kering bisa tetap tampak aman dan cerah
Beberapa produk di atas sudah saya coba.
Semuanya aman untuk ibu menyusui...
duniamasak said…
pas banget kulitku lagi kering, terimakasih atas rekomendasinya ya kak :D
duniamasak said…
pengen nyoba Skintific Moisturizer, katanya manjur banget ya :D