5 Cara Memilih Baju Olahraga yang Nyaman untuk Wanita Plus Size

September 25, 2018
Ngomongin seputar hal yang ada hubungannya sama olahraga buat wanita modern, biasanya pikiran langsung tertuju ke jenis-jenis workout tertentu yang wanita banget seperti senam aerobic, yoga, zumba, maupun fitness. Let’s call them as “workout” in general. Saya pribadi lebih memilih untuk memadukan senam aerobic dan fitness dalam workout routine setiap minggunya. Walau porsi dengan yang lainnya agak berbeda, karena terus terang enakan senam daripada fitness, tetapi kedua jenis workout ini yang menurut saya paling nyaman dijalankan.

Nyaman? Iya, nyaman saat sudah dipaksakan. Untuk bisa memaksa diri sampe ke sanggar senam atau ke gym, saya harus nge-trik pikiran supaya beneran mau melangkah ke sana. Salah satu booster yang saya gunakan adalah PAKAI BAJU OLAHRAGA TER-NYAMAN. Nyaman buat saya bukan yang sekedar enak dipakai, tapi juga yang bikin saya makin semangat untuk “ayo sih cepetan nge-gym” gitu.


Sebagai seorang plus size, saya sadar betul kalau hal yang mungkin dianggap sepele ini bisa berpengaruh banyak buat orang-orang yang seperti saya. Walau plus-size, tapi jangan sampe “malu” buat working out in public, dong. Kira-kira, bagaimana cara memilih baju olahraga yang nyaman untuk wanita plus-size?

1. Pilih baju olahraga yang meningkatkan mood-mu

Berolahraga sama pentingnya seperti menjalani kegiatan sehari-hari yang lain. Walau waktunya nggak se-lama aktifitas lain seperti bekerja di kantor atau belajar di sekolah/kampus, tetapi rutinitas ini bisa membawa perubahan yang cukup signifikan dalam hidup kita. 

Jadi supaya lebih semangat mancal ke tempat senam, saya biasanya milih baju berwarna gelap yang nge-pas di badan. Maksudnya nggak terlalu ketat dan nggak terlalu longgar. Enak dan ngasih kesan slimmer look saat digunakan. Padu padan kaos dan celana pendek wanita untuk senam yang biasanya jadi andalan saya.

2. Pakai sepatu olahraga yang tepat untuk menghindari cedera

Pakai sepatu olahraga yang pas nggak hanya disarankan karena bakal bikin kita nyaman saat memakainya, tapi juga ada faktor yang lebih penting seperti untuk menghindari cedera. Misalnya kita pakai baju yang terlalu ketat, kita bakal lebih susah bernafas dan akan ngehambat aliran darah. Kalau udah kayak gini, malah bisa kurang leluasa dalam bergerak dan bisa sesak nafas. Yah, niat olahraga biar sehat, kok jadi sakit?

3. Jangan hanya buat gaya, tapi pakai sesuai fungsinya

Sebagai wanita, adalah hal yang wajar kalau kita pengen selalu tampil gaya. Perkara ke gym doang, tetep yha, pasti pengen gaya juga. Mungkin biar agak wangun gitu kalau difoto saat sedang keringetan basyah nan manjah. Nggak jarang juga saya nemu yang model-model begini malah pakai baju yang bikin gerak saat olahraga terhambat. 

Daripada gegayaan doang, lebih baik pakai baju dan celana pendek wanita untuk olahraga yang menyerap keringat, lentur, dan pastinya membuat kita nyaman saat berolahraga. Kebanyakan gaya bisa jadi bikin kamu nggak nyaman, males olahraga, akhirnya selfie buat pencitraan doang. Fail!

4. Your skin needs to breath too!

We, as human are breathing as we’re alive. Tapi, yang bernafas nggak hanya hidung dan paru-paru kita aja. Kulit kita pun harus bernafas, terutama saat sedang berolahraga. Sebaiknya kita pilih baju yang memungkinkan kulit kita lebih “lega” dalam bernafas. Bernafas dalam artian nggak menghambat peredaran sirkulasi daran dan keringat bsisa keluar secara maksimal. Sekali lagi, jangan pake baju atau celana pendek wanita yang super ketat, ya!

5. Pilih bahan berkualitas untuk memudahkan gerak

As a plus-size woman, I have this kind of issue where I can’t move freely. Itu kenapa, di hari-hari biasa, saya nggak pernah pake celana jeans atau celana ketat lain. Alasannya ya karena punya badan seperti saya nih kalau mau lebih lincah jelas harus pake yang pas atau sedikit longgar. Begitu juga dengan milih baju olahraga. Baiknya sih milih bahan yang menyerap keringat dan elastis supaya lebih leluasa dalam bergerak

Kalau udah tau kelima cara memilih baju olahraga tersebut, seharusnya nggak ada alesan-alesan lain lagi untuk kamu nggak semangat olahraga. Semoga bermanfaat and see you on the next post!

6 comments:

Veronika Erlina said...

Yeayyy! Mbuaksay zunzungankuh ��

Tira Soekardi said...

makasih tispnya

Qudsi Falkhi said...

Tips menarik, makasih mbak

Hanifa said...

Veronika Erlina: Eheeeee~

Hanifa said...

Mak Tira: Siap Mak :D

Hanifa said...

Qudsi Falkhi: Sama sama mbaaak

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.