OldTown White Coffee Jogja: Restoran Nyaman untuk Nongkrong dan Makan di Tengah Kota


Selama beberapa bulan belakangan, pikiran akan menu makan siang apa yang harus saya beli bukan lagi concern utama saya. Setelah bekerja di kantor baru, saya tinggal jalan ke pantry dan ngambil makan siang udah disedian katering kantor. Cukup mengurangi kebingungan saya sih akhirnya. 

Walau begitu, keresahan tentang akan makan siang apa dan di mana tetap muncul ketika harus ketemu klien atau ada kawan dari luar kota yang datang berkunjung. I'm not good at choosing place to eat. Akhirnya pilihan untuk ketemuan sambil makan selalu berujung ke food court di mall atau restoran junk food terdekat. Yes, I know I'm bad.

Tapi, minggu lalu saya sudah menenukan restoran yang sepertinya bakal jadi salah satu referensi untuk makan bareng temen-temen di Jogja. Nama dari restoran ini adalah OldTown White Coffee. Lokasinya bener-bener strategis di tengah kota Jogja, tepatnya di Jl. C Simanjuntak No. 78 A Terban, Yogyakarta. Some of you may recognize this place before, I guess. Buat yang baru aja ke Jogja pun bakal gampang buat cari lokasi tempat ini, kok.

Sekilas mengenai OldTown White Coffee

Dengan perpaduan desain minimalis dan modern, namun tetap mempertahankan nuansa peranakannya, OldTown White Coffee Café yang didominasi warna putih pada interiornya, menawarkan atmosfer yang lebih cerah dan menyegarkan sehingga sangat cocok untuk bersantai maupun sebagai tempat pertemuan bersama teman dan kolega.

OldTown White Coffee Jogja

Dari sudut kota Ipoh, OldTown White Coffee hadir, toko kopi kecil ini kini menjadi sangat terkenal dan menjadi pembicaraan orang banyak selama beberapa dekade karena terkenal dengan kopi putihnya yang unik dan harum.

Kisah kopi "kopi putih" ini dimulai pada tahun 1958 ketika pendirinya,seorang pria Hainanese dari Ipoh, menemukan metode unik memanggang perpaduan biji kopi Liberica, Arabica dan Robusta, yang dipanggang dengan caramel pada suhu yang tinggi dan menjadikan kopi ini sangat popular terutama bagi para peminum kopi lokal.

Papan menu dan bar OldTown White Coffee Jogja

Suasana lantai 1 OldTown White Coffee

Kemudian sejak tahun 1999, OldTown White Coffee memproduksi berbagai macam minuman  dan produk makanan khas tambahan yang dijual pada lebih dari 200 gerai di Ipoh, Malaysia dan sekitarnya.

Dan pada tahun 2005, bisnis ini semakin berkembang dan
OldTown White Coffee mulai melakukan penetrasi di sektor F&B dengan membuka jaringan dan melakukan modernisasi dan berubah dari konsep warung kopi tradisional Ipoh menjadi Restaurant modern dan mulai saat itulah nama dan bisnis OldTown White Coffee mulai mendunia.

Nuansa makan siang di OldTown White Coffee Jogja

Restoran yang berada di depan kampus vokasi UGM ini memiliki 2 lantai yang di dalamnya terdapat indoor dan outdoor dining. Jika kamu masuk ke dalamnya, di lantai 1 kamu akan langsung disambut oleh staff yang berjaga di kasir dan diarahkan untuk duduk di meja yang cocok dengan jumlah orang yang akan makan bersamamu. 

Suasana lantai 1 dan lantai 2 OldTown White Coffee Jogja

Kalau datang untuk makan sendiri sambil nyelesein kerjaan, ada sudut meja yang cukup cozy untuk makan dan kerja di sana. Saat datang dengan rombongan beberapa orang pun, kamu akan menemukan meja panjang yang bisa menampung banyak orang untuk makan bersama. Rertorang ini pun menyediakan baby chair, sehingga bisa dibilang kalau restoran ini cukup baby friendly.

Saat naik ke lantai 2, kamu akan menemukan kursi-kursi sofa nyaman dan 2 ruangan terpisah yang bisa digunakan untuk meeting atau coworking space. Untuk temen-temen muslim yang menjalankan ibadah sholat, tersedia juga musholla di lantai ini. Jika ingin sholat berjamaan di masjid pun juga bisa. Jaraknya hanya beberapa meter ke arah selatan dari restoran.


 Suasana indoor dan outdoor di lantai 2 OldTown White Coffee Jogja

Menu food and beverages di OldTown White Coffee Jogja

Untuk masalah makanan, nggak perlu diragukan lagi. Seluruh menu yang disajikan di gerai-gerai OldTown White Coffee Jogja punya cita rasa yang sangat lezat dan khas  Asia. Dengan resep yang telah terbukti berkualitas serta dibuat oleh para juru masak yang telah mengikuti standard dan pelatihan yang ketat, nggak heran kalau berbagai menu yang disajikan bener-bener berkualitas dan menggugah selera.

Selain itu OldTown White Coffee Jogja menawarkan sajiannya yang lebih bervariasi mulai dari Original White Coffee yang sudah sangat legendaris mendampingi berbagai makanan khas peranakannya seperti Malaysian Cuisine, Indonesian Favorites dan juga berbagai Western Delight, kali ini semakin dilengkapi dengan menu Soup, Salad hingga berbagai pilihan Pasta dan Sandwich.




Saat saya berkunjung ke sana bersama temen-temen blogger, ada beberapa menu makanan yang kami coba, seperti Kaya and Butter Toast, Avocado Prawn, Hainan Chicken Rice, Malaysian Curry Chicken, Signature Seafood Pasta, Signature Chicken Noodle, Spicy Thai Fillet Fish, dan Butter Milk Fried Chicken.

Selain itu, ada juga beberapa minuman segar yang disajikan, di antaranya adalah Cendol, Ice Kacang, Coffee Lava, Signature Ice Cream, Red Bean Matcha, White Coffee Original, Pop Corn Latte, Malaysian Teh Tarik, Sparkling Yuzu Coffee, dan Enriched Chocolate.



Berbagai beverages dan desserts yang disajikan di OldTown White Coffee Jogja

OldTown White Coffee Jogja juga ngemanjain para pecinta kopi dengan menambah aneka menu kopi dengan metode Manual Brewing yaitu V60 - Pour Over serta beberapa alternatif lain buat pengunjung yang pengen menikmati kopi OldTown namun memiliki waktu yang terbatas,  maka tersedia juga OldTown White Coffee Cold Brew yang dikemas dalam botol sehingga dapat dinikmati  kapan aja dan di mana aja.

Dari semua menu yang disajikan, favorit saya jatuh kepada Hainan Chicken Rice. Aroma dan tekstur nasinya begitu harum dan lembut. Begitu juga dengan potongan ayamnya. Kayanya kalau balik lagi, saya bakal pesen menu ini for sure.

Jadi, udah kapan mau ke sini bareng? 😉 




OldTown White Coffee Jogja Simanjuntak
Jl. C. Simanjuntak No. 78A Terban, Gondokusuman, Yogyakarta (0274-520729)

IG: @oldtownsimanjuntak.yk

Post a Comment

11 Comments

Ceritamakvee said…
Kayaa toastnyaa dabesttttt sihhh ini tuhhh
Hmm sepertinya itu penampakan dada Vera yaa
Mini GK said…
Aku suka salad. Ini tempatnya cantik beud. Pasti betah kalau ke sini. Ini pas sepi di waktu kapan ya? Males kalau ramaian
Wiwin | pratiwanggini.net said…
Berarti ini sebelum Mirota Kampus kalo dari arah Kaliurang. Deket rumah donggg.. artinya masuk daftar resto untuk dicobain :)
Duh Mbak Hanifa, aku suka banget sama desain ruangannya. Cozy banget. Tampilan makanannya juga menggugah selera banget tau gak sih. Yummy :)
Vika Kurniawati said…
menunya itu loh, bikin laper mana porsi mantap ya buat satu orang. Cocok kalau dinikmati bersama kopi.
Waaaa tempatnya asyik yaa, jadi pengin ke sini. Buat foto2 bagus ni ya..
Nisya Rifiani said…
Kamu pasti udah nggak bingung lagi kalau mau ajak makan siang teman-teman, apalagi menunya lengkap begitu... dan lokasinya di tengah kota, ah sayangnya lumayan jauh dari tempat kerjaku,,,
Tempatnya cozy bgt ya mbak, enak buat nongki berlama-lama sambil ngobrol hehehe
Dyn said…
Duh, udah lama ada rencana mau ke sana cuma masih maju mundur takut harganya overprice dan makanannya nggak sebanding. Tapi habis lihat postingan ini jadi fix deh weekend ini kayaknya bakal berkunjung ke sana hihi.