5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Wanita Plus Size

Everyone has their own insecurities on each aspect of their lives. Kita semua pasti pernah atau bahkan sering merasa insecure. Kita bisa merasa insecure tentang relationship, studi, atau pun permasalahan lain seperti hal-hal yang berkaitan dengan tubuh kita. Saya sendiri mengalami hal yang sama. 

Dulu saat saya masuk fase umur 20an, saya selalu merasa insecure dengan apa yang orang-orang pikirkan tentang tubuh. Sejak TK, saya selalu di-bully karena tubuhku yang gemuk. Waktu masih SD, saya selalu masuk section untuk orang-orang yang umurnya jauh lebih tua dari saya saat berada di toko pakaian. 

Saya membutuhkan baju yang ukurannya seukuran orang dewasa kala itu. Sangat sulit mencari pakaian yang cocok untuk umurku. Saya selalu merasa malu saat berada di toko pakaian. That's one kind of humiliation that I felt. Dan saya masih merasakannya sampai sekarang.

Tips Percaya Diri untuk Wanita Plus Size

Reminding the old days, it was bitter for me. Walaupun saya masih merasakannya hingga saat ini, rasanya tidak sepahit yang dulu. Beranjak dewasa, saya mulai mencari tahu bagaimana caranya untuk menyiasati rasa insecure terhadap tubuhku sendiri.

Saat kuliah, saya mengikuti berbagai kegiatan di kampus. Saya mencoba membuang rasa ketidakpercayaan diriku dengan memaksa diriku untuk berbaur dengan lebih banyak teman dari berbagai daerah. Saat berada di lingkungan yang menuntut diriku untuk tampil lebih sering di depan umum, di sanalah saya menemukan kepercayaan diriku.


I might be not the prefect girl, but the confidence helped me a lot to look as best as I can. Dari sana saya mulai mencari tahu bagaimana caranya untuk tampil lebih percaya diri lagi. So, I have this list that help me (and you out there) to be more confident in public.

1. Pakailah busana yang sesuai dengan tubuh kita

Ini adalah salah satu hal yang harus kita perhatikan sejak awal. As plus-size woman, saya tidak suka memakai busana ketat. Selain karena bentuk tubuh yang terlalu terlihat, mengenakan busana yang ketat juga membatasi ruang gerak.

Dalam keseharianku, saya lebih suka mengenakan kaos atau kemeja yang longgar, lalu saya padu-padankan dengan rok yang sesuai dengan atasan yang saya kenakan. Selain itu aku juga sering mengenakan cardigan sebagai outer. Hijab, tas, sepatu yang saya pakai pun disesuaikan dengan outfit-ku. The key is to know yourself and what works on you.

2. Add some accessories to your outfit

Menambahkan aksesoris seperti kalung, gelang, cincin, bros, jam tangan atau aksesoris lain yang match dengan outfit yang kita kenakan bisa menambah rasa percaya diri kita.

Selain itu, outfit yang kita pakai pun jadi terlihat lebih outstanding apabila kita mengenakan aksesoris. Produk aksesoris yang recommended bisa kamu dapatkan di hijup.com. Pilihannya sangat bervariasi. So, don't forget to put accessories together!

3. Put your make up on, ladies! 

Hal esensial yang nggak boleh ketinggalan untuk terlihat lebih percaya diri adalah make up. You look pretty already without make up, but you can look way prettier after putting them. Sambil cari tahu produk kosmetik yang cocok dengan kita, bisa juga coba browsing tutorial natural make up di youtube. Putting make up's fun and boost the mood up!

4. Get yourself active and be positive!

Memperbanyak aktifitas fisik seperti berolahraga atau sekedar bersih-bersih rumah sebelum beraktifitas di pagi hari bisa membantu kita untuk hidup lebih sehat. To feel alive is the key of life. Selain itu, perbanyak doa dan membaca berbagai informasi yang membuat kita berpikiran lebih positif. Saat kita merasa sehat, kita pun menjadi lebih positif dan percaya diri.

5. Remember, you are not alone!

You're not alone. People out there may have the same insecurities. Many of them even worse than yours. Agar kita lebih termotivasi lagi untuk optimis, bisa coba cari tahu di instagram seputar campaign untuk Positive Body Image seperti #BeautyAtAnySize, #EffYourBeautyStandards, dan lain sebagainya. Di sana akan ada banyak cerita dari banyak orang yang berjuang untuk terus percaya diri dan berkarya menghasilkan yang terbaik tanpa harus ambil pusing seputar body image-nya.

Ada banyak cara lain untuk lebih percaya diri dan mengurangi insecurity kita seputar body image. Cari tahu lebih banyak dan bagikan kepada orang-orang yang memiliki issue yang sama. Don't forget to always be positive and keep confident!

Post a Comment

6 Comments

Hanifa said…
Aseeeek Kafeeel~ Bantu share yaaak :*
Hanifa said…
makasih kakak keong racun drama korea :*
Vani Diana said…
Great tips... terasa banget buat saya yang sering ga pede karena size plus.
Hanifa said…
Semoga bermanfaat Mbak :D Jangan lupa pede :D