5 Baju Tunik Modern Plus-Size Friendly yang Harus Eksis di Foto OOTD-mu

Sejak dulu, saya sering dipusingkan dengan urusan milih baju. Sebagai perempuan bertubuh plus-size, saya nggak menampik fakta bahwa ada banyak hal yang ingin saya “sembunyikan” ketika berpakaian. Tapi, mindset tersebut udah saya ubah beberapa tahun belakangan. Asalkan pakaian tersebut sopan dan nyaman, saya akan mengenakannya dengan leluasa. Tinggal gimana cara saya memadukannya dengan aksesoris yang menunjang penampilan.

Baju Tunik, Baju Favorit untuk OOTD

Salah satu jenis pakaian yang paling saya suka adalah tunik. Kalo kamu follow Instagram saya, pasti akan notice tunik polos warna hitam yang bolak-balik saya pake. Orang Jogja bilang fenomena ini dengan sebutan “Ring-Go” alias “Garing-Dinggo” atau “Kering-Dipakai” dalam Bahasa Indonesia. HAHAHA. Ya gimana dong, emang nyaman banget dipake. Apalagi warna hitam yang netral bisa saya mix & match dengan aksesoris kalung dan hijab yang berbeda-beda.

Baju tunik polos yang jadi favorit saya

Kenapa kok saya suka banget pake tunik? Menurut saya, tunik ini cocok banget untuk muslimah bertubuh plus-size karena desainnya yang longgar dan menutupi bokong. Tunik sendiri ternyata punya berbagai macam jenis dan model. Tunik polos yang sering saya pake adalah satu dari sekian banyak jenis tunik yang ada di pasaran. 

Lalu, apa aja jenis-jenis tunik lain yang plus-size friendly?

5 Baju Tunik Modern Plus-Size Friendly

Berbagai jenis baju tunik modern untuk foto OOTD-mu

1. Tunik Chiffon

Suka dengan model baju yang “jatuh” dan ringan? Tunik chiffon bisa jadi pilihan. Tekstur kainnya yag ringan, tipis, dan hampir transparan ini bisa kita temukan dalam model baju tunik modern. Kain chiffon mempunyai ragam bahan dan serat yang cukup variatif. Contohnya chiffon dari serat sintetis seperti polyster dan nylon, atau dari serat alam seperti katun dan sutra.

Dalam pemakaiannya, tunik chiffon terasa lebih sejuk saat dikenakan. Supaya nggak keliatan nerawang, sebaiknya kita memakai tanktop atau manset sebagai dalaman. Tunik ini cocok dipake dalam acara semi-formal seperti pada pesta pernikahan.

2. Tunik Vest

Untuk tampilan yang lebih santai dan boyish, kita bisa memadukan shirt dan jeans dengan tunik vest sebagai pemanisnya. Vest, atau yang biasa disebut rompi, biasanya terbuat dari bahan kain atau kaos. Modelnya pun cukup beragam, seperti vest dengan kancing, tidak berkancing, hingga resleting depan.

Tunik vest, selain dapat menjadi pemanis saat tampil casual, juga berfungsi sebagai penghangat badan yang anti ribet. Kalo kita udah udah pake kaos lengan panjang, nggak perlu lagi pake jaket lengan panjang. Cukup dengan mengenakan tunik vest, tubuh akan terasa lebih hangat tanpa harus merasa kepanasan.

3. Tunik Asimetris

Saat denger kata “asimetris”, mungkin kita langsung membayangkan bentuk yang ngga rata kanan-kiri/atas-bawah. Well, sedikit mendeskripsikan sih... Model baju asimetris memang punya potongan yang nggak sama antara bagian satu dengan bagian lainnya. Tapi, model seperti ini malah yang membuat penampilan terlihat lebih stylish.

Begitu juga dengan tunik asimetris. Baju tunik modern dengan model ini nggak hanya bikin penampilan terlihat lebih fashionable, tapi juga mampu membuat ilusi tubuh terlihat lebih ramping. Tunik asimetris akan cocok bila dipadukan dengan celana pensil atau legging polos. Saya pribadi belum punya tunik semacam ini dan berencana hunting di online shop kesayangan. Bakal jadi pilihan utama saat hangout ke tempat-tempat hits dan ber-foto OOTD.

Tunik chiffon, tunik vest, dan tunik asimetris

4. Tunik Hoodie

Hoodie, tapi tunik? Ada. Pada dasarnya model baju ini adalah hoodie yang menggunakan desain tunik. Hoodie sendiri berbentuk seperti sweater dengan topi. Kebanyakan hoodie mempunyai desain dengan saku depan dan tali untuk merapatkan bagian topinya. Selain itu, terdapat pula resleting di bagian depannya.

Berbeda dengan hoodie biasa, tunik hoodie mempunyai desain bagian bawah yang lebih panjang dan menutupi bokong. Bila pada hoodie biasa tidak terdapat aksen sama sekali, tunik hoodie mempunyai aksen yang biasa terdapat pada baju tunik. Bahan dari tunik hoodie cukup tebal, sehingga sangat cocok dikenakan saat cuaca dingin/ libur di pegunungan.

5. Tunik Peplum

Saya pertama kali lihat aksen peplum ini di baju-baju trendy ala cewek-cewek ulzzang Korea. Baju dengan model peplum ini punya bentuk mengembang di bagian bawah dan udah diaplikasikan pada banyak jenis pakaian wanita, seperti pada rok, blouse, kemeja, dress, blazzer, hingga tunik.

Tunik peplum secara tampilan terllihat hampir sama dengan blouse. Pembeda antara keduanya adalah bagian belakang baju yang lebih panjang dan menutupi bokong. Secara tampilan, baju tunik modern dengan model peplum terlihat lebih anggun dan elegan. Untuk bentuk tubuh dengan pinggang besar, pilihlah model peplum yang nggak terlalu ngembang/lebih jatuh.

Tunik hoodie dan tunik peplum

Dari kelima jenis tunik tersebut, saya pengen banget punya tunik asimetris yang modelnya stylish dan cocok banget untuk OOTD di tempat-tempat hits. Selain itu, tunik vest juga bisa jadi alternatif outfit saat ingin tampil casual. Kamu sendiri suka tunik dengan model seperti apa? Share langsung di kolom komentar ya! See you on the next post!

8 comments:

desni utami said...

wah iya tunik asimetris emang lucu ya mba.. aku pun naksir jadinya hihi

Firsty Ukhti Molyndi said...

aku sukaa tunik. sudah punya semuanyaa ^^

Hanifa said...

Desni Utami: Iyaaaa pengen banget juga punya tunik yang asimetris iniii :D

Hanifa said...

Firsty Ukhti Molyndi: Sama niiih saya juga suka banget. Tinggal yang asimetris aja yang belum punyaaaa :D

Tira Soekardi said...

wah aku suak takut pakai tunik krn tubuhku pendek takut mendelep

Hanifa said...

Mak Tira: Padahal nggak masalah lho Maks mau pendek atau tinggi :3

Fanny F Nila said...

Aku suka yg modelnya asimetris. Cakep tuh utk acara casual ama temen2.. Utk baju2 panjang, aku jg lbh milih tunik mba drpd gamis. Tunik masih membuat bdn terlihat ramping soalnya :)

Hanifa said...

Fanny F Nila: Yup bener banget yang asimetris cakep banget. Saya pun suka tunik karena super nyaman saat dipake :D

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.