Santai Menjelang Haid dengan 5 Kegiatan Ini. Krengki saat PMS? Mitos!


Ih, krengki muluk... Mau dapet yaaa?

Celetukan semacam ini sering dilontarkan rang-orang saat liat cewek krengki. Pokoknya kalo krengki, pasti mau dapet aka datang bulan aka haid. Padahal, yang namanya krengki tuh bukan cuma waktu mau haid aja, lho. Bisa jadi karena emang lagi banyak pikiran, stress, jadi keseimbangan emosinya rada labil, lalu muncul krengki.

Kalo dari pengalaman saya beberapa tahun ini, krengki saat PMS udah jadi mitos. Sering banget saya lupa haid tanggal berapa, nggak ada tanda-tanda fisik atau psikologi yang begitu berubah, tau-tau “srrrrr....”, eh, dapet. Bakal kelimpungan kalo lagi beraktifitas di luar dan lupa nggak bawa pembalut. Makanya, jangan lupa dicatet, yak.

Mood-Swing Saat PMS

Nah, ngomongin soal krengki dan mood-swing saat PMS, walaupun mungkin nggak begitu sering terjadi pada saya, tapi mungkin bagian sebagian cewek lain masih sering terjadi. Ada 3 macam krengki yang biasa terjadi saat menjelang haid atau masa-masa PMS:

1. Badan jadi mager beuts

Saat PMS, perempuan yang sehari-harinya ceria dan aktif banget bisa jadi mendadak super mager. Serasa nggak ada harapan hidup lagi gitu. Mau makan, males... Mau kerja, males... Mau hangout, males... Maleees aja bawaannya. Ada yang mengalami juga?

2. Bawaannya galau mulu

Kalau ada temen perempuan yang biasa muterin playlist dengan dominasi lagu-lagu EDM kok tiba-tiba muter lagu-lagu mellow yang sedih-sedih, cek dulu. Bisa jadi dia abis putus cinta atau emang lagi pengennya muter lagu-lagu galau. Kalo pengennya muter lagu galau, ditanyain lagi kapan tanggal terakhir haid. Misal beberapa hari lagi udah masuk tanggalnya, nah itu, bisa jadi dia lagi tenggelam di masa-masa PMS.

3. SEMUA SALAH! HANYA AKU YANG BENAR!

Iyaaaa iya iya semua aja disalahiiin. Tipe perempuan yang kayak gini aslinya nyebelin yak. Tapi mau gimana lagi, kalau dia lagi di masa PMS, mungkin bisa sedikit dimaklumi yah. Karena bisa jadi dia bersikap kayak gitu karena pengaruh hormonal yang cukup kuat. Cumaaa kalau emang dia sering banget marah-marah, yah, susah juga ngebedainnya.

Krengki-krengki yang terjadi saat PMS tadi cukup menyebalkan rasanya kalau terlalu sering terjadi sama kita. Apalagi kalau lagi di tempat kerja, tiba-tiba mood-swing melanda. Aduh, bisa jadi dianggep nggak profesional. Kalau udah sering terjadi, temen-temen kerja juga bakalan susah buat memaklumi.

Cara Mengatasi Mood-Swing Saat PMS

Pada dasarnya, yang namanya mood-swing itu bisa dikendalikan, kok. Jadi semasa PMS pun, emosi kita bisa tetep stabil walaupun secara hormonal emosi kita dibikin acak-acakan. Gimana caranya supaya nggak krengki saat PMS atau menjelang haid?

1. Lakukan olahraga rutin

Masih belum rutin olahraga? Sama, saya juga. HEHE. Tapi saya selalu berusaha menyempatkan olahraga, setidaknya sekali dalam seminggu, untuk stress-release. Apalagi menjelang haid, mood saya kadang jadi acak-acakan nggak karuan. Saya sendiri suka banget sama senam aerobic karena gerakannnya yang dinamis dan menggunakan musik. Enak kan yah kalo olahraga dibawa joget ajah. HAHAHA.

Untuk kamu yang nggak biasa dengan olahraga high-impact seperti senam, kamu bisa coba lakukan yoga. Saya sebenernya dari dulu agak takut buat nyobain yoga. Alasannya karena saya merasa badan saya terlalu gemuk untuk olahraga ini. Sampe suatu hari, saya lihat mbak-mbak segedhe saya di Instagram yang bisa melakukan gerakan-gerakan yoga, bahkan yang rumit sekalipun.

Saat melakukan gerakan yoga, otot-otot tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Banyak banget gerakan yoga sederhana yang bisa dipraktekan sendiri di rumah. Buktinya waktu saya ke Yoga Festival 2018 di Prambanan Sabtu lalu (12/05/2018) gerakan-gerakan yoga yang dipraktekan nggak melulu yang jempalitan susah banget. Buat orang yang nggak terbiasa olahraga berat, yoga bisa jadi pilihan olahraga yang super relaxing dan menyenangkan.

Yoga Festival 2018 di Prambanan

2. Sedia Kiranti di kulkas

Setiap denger kata Kiranti, pikiran kita langsung “Oh, biar nggak nyeri haid”. Emang minuman ini udah terkenal banget sebagai minuman pereda nyeri haid di kalangan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, saya kira Kiranti ini minuman abal-abal yang dilabeli “sehat datang bulan”. Waktu dicoba, lhah, jamu beneran ternyata.

Kiranti dengan bahan-bahan alami

Selama masa PMS, cocok banget bila kita mengombinasikan konsumsi kiranti dengan olahraga yoga. Dari penjelasan Pak Harianus Zebua selaku Corporate & Mareting Communication OT Group, permasalahan perempuan menjelang PMS yang didominasi dengan rasa kelelahan bisa diatasi dengan yoga. Kiranti dengan bahan-bahan alami berupa kunyit, jahe, asam jawa, gula jawa, gula pasir, kencur dan juga jeruk, bisa memaksimalkan metabolisme di dalam tubuh. Tubuh pun jadi segar dan lebih nyaman saat beraktifitas.

Bersama Bapak Harianus Zebua

Bersama dengan para blogger Jogja di event Yoga Festival 2018

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi

Menjelang haid, mood yang nggak stabil bisa bikin kita stress-eating dan cenderung melakukan “balas dendam” dengan mengonsumsi makanan dengan kadar gula dan garam yang tinggi. Kebiasaan seperti ini sebaiknya kita kontrol supaya badan tetep fit selama mood lagi naik-turun.

4. Mandi dengan air hangat

Ini nih yang paling saya suka setelah beraktifitas seharian. Mandi dengan air panas somehow bikin kepala yang tadinya penuuuh banget dengan pikiran seputar kerjaan jadi lebih enteng dan enakan. Badan yang tadinya pegel-pegel nggak karuan, setelah mandi air hangat, jadi lebih rileks dan nggak tegang. Itu kenapa mandi air panas dianjurkan untuk para perempuan di masa PMS supaya krengki juga berkurang dan jadi lebih santai.

5. Me time!

Pergi hangout sama temen-temen emang asyik sih. Tapi ada kalanya tubuh dan pikiran kita membutuhkan “alone time”. Alone is not lonely. Kita melakukan kegiatan “me time” sendirian bukan untuk mengurung diri, tapi untuk memberikan ruang pada diri dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan hati. 

Misal, kita santai sambil baca buku di rumah, nyalain lilin aroma terapi sambil maskeran di kamar, muter playlist slow sambil tiduran aja, aduuuh, pikiran jadi lebih tenang rasanya. Krengki saat PMS beneran mitos doang!

Being on your own is a need

PMS emang bener adanya. Tapi uring-uringan saat PMS bisa jadi sekedar mitos kalau kamu tau cara mengatasinya. Kalau kamu sendiri, sering mengalami apa saat PMS? Share di kolom komentar yaaa. See you on the next post!

6 comments:

Wiwin Pratiwanggini said...

Hihihi.. iyaaaaa, duluuuu pernah mengalami masa-masa sensitif kalo lagi mau dapat (baca: PMS) :D Krengki abisss!

Hanifa said...

Mak Wiwin: Dengan Kiranti, nggak ada lagi kata krengkiii~

Tira Soekardi said...

kalau aku mah emosinya suka bikin bete orang makanya aku lbh baik banyak diam

Hanifa said...

Mak Tira: :') hiks iyah Mak sering kali lebih baik diam. Malah lebih jleb...

Tira Soekardi said...

betul ya, harus dialihkan dg banyak kegiatan agar gak bad mood

Hanifa said...

Iyah Mak :))

Leave your comment and your blog URL, so that I can blogwalking to yours. Supaya saya bisa langsung blogwalking, tulis komentar dan URL blogmu yaaa :))

Powered by Blogger.