Cara Mengatasi Rasa Mual yang Mengganggu Saat Travelling

Saya bukan tipe orang yang sering travelling. Believe me, I’d rather be at home than going travel alone. Tapi bukan berarti saya bener-bener nggak suka bepergian yak. Kalau lagi ngerasa suntuk, ada waktu, ada tenaga, dan ada dana, saya pasti nyempetin untuk jalan-jalan walau cuma di dalam kota. Kalau ada event seni, saya pasti sempetin nonton.

Lain halnya kalau saya harus bepergian ke luar kota. Persiapannya tentu lebih banyak daripada sekadar jalan-jalan di dalam kota yang bisa ditempuh dengan motor dan dalam waktu yang nggak begitu lama. Walaupun tergolong jarang, tapi saya biasanya pergi ke luar kota menggunakan mobil atau transportasi umum seperti bus, kereta api, atau pesawat.


Kenapa nggak pake motor aja? Hmmm, secara personal, saya merasa lebih aman saat menggunakan kendaraan yang kapasitasnya lebih besar dan bisa memuat lebih banyak orang dalam perjalanan. Kita pun bisa istirahat lebih nyaman selama melakukan perjalanan hingga sampai ke destinasi yang dituju.

Tapi, nggak jarang rasa nyaman tersebut terganggu karena saya tiba-tiba “mabuk”. Bukan mabuk gara-gara minum alkohol yak. Apalagi mabuk duda. Nggaaaaaaak wey bukan mabuk yang kek gitu. Saya biasanya ngerasa mual saat perjalanan jauh, apalagi saat menggunakan bus ke luar kota. Kalau udah begini, biasanya saya cuma bisa pasrah.

Kalau ditelusuri lagi, sebenernya rasa mual tuh datengnya dari mana sih? Secara medih, rasa mual bisa hadir karena guncangan selama perjalanan dan rasa tegang yang dialami selama perjalanan. Untuk mengatasinya, kita bisa membaca terlebih dahulu penyebab muntah pada anak dan penanganannya yang termudah bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat.

Nah, kalau udah terlanjur ngerasain mual, langkah apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk menguranginya?

Makan permen

Saat mengalami mual dan muntah, kita akan merasakan area mulut terasa nggak nyaman. Padahal, jika mulut terasa nyaman, maka rasa mual bisa ditahan dan mencegah agar nggak muntah. Agar terasa lebih nyaman, maka salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengonsumsi permen. Permen bisa membuat kita merasakan nyaman pada area mulut saat rasa mual hadir.

Selain memberikan rasa yang nyaman, permen juga nggak akan membuat kita merasa kekenyangan hingga akhirnya justru membuat jadi semakin mual. Siapkan permen yang kita suka selama perjalanan agar bisa dikonsumsi saat sewaktu-waktu dibutuhkan. Sehingga, rasa mual dapat teratasi tanpa perlu mengorbankan banyak waktu hanya dengan mengonsumsi permen.

Bawa aromaterapi atau minyak angin

Masuk angin bisa terjadi saat perjalanan dan menjadi penyebab seseorang merasakan mual dan muntah. Semburan udara dari pendingin menjadi salah satu alasan mengapa kita bisa merasakan masuk angin dan berujung pada rasa mual dan muntah. Selain itu, udara dari luar kendaraan juga menjadi alasan mengapa seseorang bisa masuk angin selama perjalanan.

Agar dapat mengatasi masuk angin secara praktis, maka kita bisa membawa serta minyak angin saat perjalanan. Minyak angin dapat membantu mengeluarkan angin yang masuk ke dalam tubuh dan membuat tubuh jadi terasa lebih nyaman. Selain itu, bawa juga minyak aroma terapi agar kita bisa mendapatkan bau yang segar dan bisa mencegah terjadinya rasa mual.

Itulah dua cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa mual saat perjalanan berdasarkan tips kesehatan gue sehat. Selain itu, siapkan selalu obat Corticosteroid Nasal Spray di apotik bebas tanpa resep yang dibutuhkan untuk keperluan mendesak. Semoga bermanfaat yaaaaaak!

Post a Comment

1 Comments

Jane Reggievia said…
Makan permen mint (sepedes-pedesnya biar puol hahaha) emang paling ampuh buatku untuk mengurangi rasa mual atau mabok perjalanan. Jangankan perjalanan jauh keluar kota, kadang terlalu lama di mobil karena kejebak macet aja udah pusing huhu makanya permen mint itu wajib banget ada ditasku.