5 Hal yang Mampu Membantu Tidur Lebih Nyaman

cara-tidur-lebih-nyaman

Tidur adalah salah satu rutinitas istirahat yang menjadi kebutuhan setiap mahluk hidup di dunia, termasuk kita sebagai umat manusia. Tubuh kita dibentuk dengan metabolisme yang mampu dimaksimalkan untuk bekerja, namun juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Kualitas tidur pun menjadi hal yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi performa metabolisme tubuh.

Banyak hal yang mampu mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Salah satu riset mengungkapkan bahwa semakin berkualitas jam tidur seseorang, semakin baik pula kualitas kinerja otaknya. Kualitas tidur pun dapat mempengaruhi tingkat produktifitas. Dengan meningkatnya kualitas tidur, akan naik juga tingkat produktifitas kita.

Lantas apabila kita memiliki masalah dengan tidur, bagaimanakah solusinya?

1. Perbaiki Pola Makan dan Olahraga

Salah satu hal yang mampu mempengaruhi kualitas tidur adalah pola makan dan olahraga. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari berdampak besar kepada metabolisme tubuh. Apabila kita rajin mengonsumsi serat dari sayur maupun buah-buahan secara seimbang, tubuh akan menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit.


Sebaliknya, apabila teralu banyak mengonsumsi olahan dengan karbohidrat dan lemak yang berlebih tanpa diimbangi dengan serat, tubuh akan cenderung lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu olahraga mampu membantu menguatkan imun dan membuang racun yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat dan kualitas tidur pun meningkat.

cara-tidur-lebih-nyaman
Jogging di pagi hari bisa membantu kita untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Selesaikan Semua Pekerjaan

Menunda pekerjaan dan meninggalkannya begitu saja sering menjadi distraksi utama seseorang untuk tidur dengan nyaman dan nyenyak, sehingga tidur pun menjadi terganggu. Ada baiknya untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita pada hari itu sebelum jam tidur tiba.

Namun apabila masih bisa ditolerir untuk ditunda, tidak ada salahnya untuk menunda apabila kita merasa sudah berusaha dengan maksimal untuk mengerjakannya dan memilih untuk tidur. Jangan lupa pasang alarm untuk mengerjakannya kembali keesokan harinya, ya?

3. Mengurangi Konsumsi Kopi

Kopi memang sudah menjadi gaya hidup banyak orang di kota-kota besar yang sibuk dan padat jadwal. Namun apabila kita ingin mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi kopi, misalnya dari 3x sehari menjadi 2x atau 1x saja di pagi maupun siang hari.

Selain itu, mengurangi konsumsi kopi harian penting untuk kesehatan tubuh secara general, terutama bagi kamu yang memiliki masalah asam lambung. Konsumsi berlebih dapat menyebabkan gangguan tidur, peningkatan tekanan darah, dan kecanduan kafein. Dengan mengurangi konsumsi kopi, kamu juga berpotensi meningkatkan kualitas tidur secara maksimal.

cara-tidur-lebih-nyaman
Minum kopi boleh aja kok. Asal jangan berlebihan, ya.

4. Merapikan dan Membersihkan Kamar dan Tempat Tidur

Siapa yang tidak suka ruangan yang rapi dan bersih untuk beristirahat? Kita pasti lebih nyaman dengan kamar yang tertata lebih rapi dan bersih, baik untuk bekerja maupun beristirahat. Secara psikologis, distraksi terhadap hal-hal kecil yang mengganggu juga akan berkurang. Dengan ruangan yan bersih, kita pun akan merasakan udah yang lebih segar di dalam kamar. Tidur pun menjadi lebih nyaman karena pernafasan terbebas dari debu-debu yang mengganggu.

5. Matikan Lampu atau Gunakan Lampu Tidur

Mematikan lampu saat tidur bisa meningkatkan kualitas tidur. Badan rasanya lebih rileks karena mata tidak silau akan cahaya lampu kamar. Namun, tidak semua orang bisa tidur dengan lampu kamar yang dimatikan total. Solusinya adalah dengan menyalakan lampu tidur yang cahayanya redup dan tidak menyilaukan mata. Di pagi hari, badan pasti lebih segar karena tidur kita berkualitas.
 
Bagaimana? Sudah siap untuk tidur lebih nyaman malam ini?

Post a Comment

9 Comments

Fuji Astyani said…
tips diatas beberapa emang udah terbukti kayak jaga pola makan sama kegiatan olahraga itu ampuh banget. terus soal pekerjaan juga, biar ga banyak pikiran hahaha. dan satu lagi yang paling utama buat aku adalah kebersihan tempat tidur hehe

salam
http://www.fujichan.net/
Hanifa said…
Wah iya bener kebersihan tempat tidur bener-bener pengaruh sama kualitas tidur. Makasih masukannyaaa :D
Tira Soekardi said…
satu lagi pikiran harus tenang dan rileks, minum susu hangat bikin cepat tidur juga
Unknown said…
Sebelum tidur , tempat tidur harus nyaman dan sholat jangan lupa. Dijamin nyenyak dah..
Hanifa said…
Bener Mbak. Tenang dan rileks adalah kunci :D
Hanifa said…
Untuk yang muslim sudah jelas harus sholat dulu :D
Dewi Nielsen said…
Yang paling harus dari list diatas kalau saya, tempat tidur harus bersih, wangi trus lampu harus mati ...sudah deeeh....bakalan mimpi indah :D
Prananingrum said…
iya banget mbak yg selesaikan pekerjaan...apalagi kalau org yg perfeksionis kyk aku nih.klo belum kelar pekerjaan kepikiran terus
duniamasak said…
setuju banget dengan poin pertama karena ternyata olahraga bisa mempengaruhi pola tidur dan lebih nyenyak :D