Review Avoskin Miraculous Refining Serum, Chemical Exfoliator Keluaran Brand Lokal Indonesia

Siapa yang pernah bikin dosa ke kulit wajah dengan langsung tidur tanpa membersihkan makeup? Pasti ada dong di antara kamu yang udah pernah melakukannya. Saya juga termasuk salah satunya. Dulu waktu kulit masih nggak begitu bermasalah, saya suka santai aja nggak ngebersihin makeup. 

Muka saya nih kek muka badak. Mau diapain juga semacam nggak ngaruh gitu. Jadi saya teledor nggak bersihin makeup pun, nggak masalah. Saya juga jarang banget jerawatan. Sekalinya jerawatan pun, itu jerawat hormonal. Kalau ada yang galau banget sampe penasaran gimana rahasianya punya kulit mulus bebas jerawat seperti saya dulu, saya nggak bisa njawab. Ha wong dari dulu begitu. 


Sayangnya, itu dulu... Sekarang? HADEH. Sampe pusing saya tuh kok jerawat bisa muncul beriringan saling susul-menyusul. Kalau dulu saya jerawatan cuma saat akan haid. Sekarang, whenever my skin feels like it, boom! Muncul tuh satu per satu ke permukaan wajah. Apa karena pola makan? Pola pikir yang suka overthinking dan bikin stress? Atau mungkin kebiasaan jelek saya yang suka skip rutinitas skincare malam hari?

Belum ketemu jawabannya sih. Cuma PR saya sekarang nambah niiih. Kalau sebelumnya saya cuma pengen pori-pori lebih mengecil dan komedo berkurang, sekarang jadi ketambahan gimana caranya ngilangin bekas jerawat. Dan saya tau, yang satu ini buwerat syekaleee. Katanya harus laser lah, perawatan di klinik sampe ratusan ribu hingga jutaan lah, cem macem. Bergetaaarrr dompetku tuch.

Image result for arrrrgh gif

Nah, baru-baru ini lagi hapenning produk-produk dengan kandungan AHA + BHA yang katanya mampu memudarkan bekas jerawat. Saya udah lama masukin produk semacam itu ke wishlist. Beruntung, sekitar sebulan ini saya berkesempatan untuk nyobain produk dengan AHA + BHA dalam bentuk serum dari Avoskin, yaitu Avoskin Miraculous Refining Serum. Kali ini, saya mau bagiin pengalaman saya setelah sekitar sebulan menggunakannya.

Tentang  Avoskin Miraculous Refining Serum

Sebelum membahas lebih jauh seputar pengalaman saya dalam menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum. Avoskin Miraculous Refining Serum ini adalah ((( jodoh ))) Avoskin Miraculous Refining Toner yang juga diproduksi dalam waktu bersamaan. Sama seperti toner, serum ini mengandung 10% AHA (glycolic acid) dan 3% BHA (salicylic acid).

Glycolic Acid (AHA) ini diklaim memiliki molekul kecil sehingga dapat menembus kulit lebih mudah dan membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga mempercepat regenarasi sel kulit baru. Sedangkan Salycilic Acid (BHA) akan memaksimalkannya dengan menembus kulit lebih dalam untuk mengatasi masalah seperti komedo dan mengurangi pertumbuhan bakteri. Proses inilah yang disebut dengan chemical exfoliating. Avoskin Miraculous Refining Serum pun berfungsi sebagai exfoliating serum.

Avoskin Miraculous Refining Serum

Packaging

Avoskin Miraculous Refining Serum punya packaging berbentuk botol kaca tebal berwarna coklat dengan pipet tetes untuk aplikatornya. Botolnya hanya tertulis keterangan produk berupa nama, kandungan utama produk, netto, dan stiker expired date yang ditempel di bawah botol. Informasi selebihnya, seperti kandungan formula, cara penggunaan, dan manfaat, ada di box pembungkusnya.

Cuma, saya insecure buat bawa produk ini saat travelling. Sempet saya bawa staycation beberapa waktu lalu dan saya selalu meletakkannya di atas produk-produk lain dan di pouch yang cukup tebal. Saya khawatir banget kalau ketumpuk sama produk-produk lain, botol kacanya ini bisa retak atau bahkan pecah. Jadi kalau travelling, mungkin saya milih untuk nggak bawa Avoskin Miraculous Refining Serum.

Ingredients

Water, Propylene Glycol, Glycolic Acid, Niacinamide, Salicylic Acid, Butylene Glycol, Amylopectin, Xanthan gum, Dextrin, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Fucus Vesiculosus Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Acer saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Hydroxypropyl Bisstearamide MEA, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Triethanolamine, Dipropylene Glycol, Behenyl Alcohol, Ceteareth-20, Cholesteryl Isostearate, Tricaprylin, Cetearyl Alcohol, Squalane, Cholesterol, Stearic Acid, Dimethicone, Phenoxyethanol.

Keterangan produk berupa kandungan formula dalam Avoskin Miraculous Refining Serum

Berbicara lebih jauh mengenai formula dari Avoskin Miraculous Refining Serum, AHA yang terkandung di dalamnya  juga memiliki fungsi lain seperti: mencegah jerawat, meratakan warna kulit yang disebabkan oleh bekas luka, bekas jerawat, maupun bintik hitam karena matahari dan faktor usia. AHA juga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk meyerap produk skin care selanjutnya. 

Karena bisa memaksimalkan kinerja produk skincare selanjutnya, kandungan AHA juga mampu memperbaiki kondisi kulit dari tampilan garis halus dan kerutan wajah karena membantu meningkatkan kolagen dalam kulit. Sedangkan untuk BHA, kandungan ini diklaim cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Saat kulit sedang breakout, BHA mampu mencegah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Tekstur dari Avoskin Miraculous Refining Serum

Lebih lanjut lagi, di dalam Avoskin Miraculous Refining Serum juga  terdapat kandungan 2% Niacinamide yang termasuk jenis vitamin B. Kandungan ini dikenal baik untuk kulit berjerawat dan berfungsi sebagai anti-inflammatory, sehingga mencegah efek peradangan dan kemerahan pada kulit sensitif yang berjewat dan mengontrol produksi minyak di wajah. Ada juga Ceramide yang berfungsi membantu menjaga barrier/ lapisan terluar kulit, menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

How to Apply

Awalnya, saya kira serum ini bekerja selayaknya serum vitamin yang digunakan setelah essence. Itu kenapa, di minggu pertama pemakaian, saya ngerasa "ganjel" dengan cara pakai yang saya terapkan. Setelah saya cari tau lagi, serum ini tuh fungsinya sebagai chemical exfoliator. 

Sama halnya dengan penggunaan physical exfoliator dalam bentuk scrub, serum ini digunakan saat wajah sudah dalam keadaan bersih. Jika kita menggunakan makeup seharian, serum ini dipakai setelah kita membersihkan wajah dengan metode double/triple cleansing.

Gunakan beberapa tetes Avoskin Miraculous Refining Serum di malam hari

Sebagai permulaan, kita bisa menggunakannya sekali dalam seminggu terlebih dulu. Kalau dirasa efeknya bagus atau tidak ada reaksi yang mengkhawatirkan, bisa dilanjut dengan pengunaan dua hingga tiga kali seminggu pada malam hari. Saya nggak menyarankan penggunaan di pagi hari, terus terang. Kandungan AHA/BHA sebagai chemical exfoliant bisa membat kulit lebih tipis dan lebih sensitif terhadap sinar UV. 

Kalau mau dipakai pagi hari, harus siap apply sunscreen dengan kandungan SPF tinggi berulang kali untuk meminimalisirnya. Rempong kan? Makanya ambil aman aja dengan dipakai di malam hari. Berikut skincare steps saya selama menggunakan serum ini:

Cleansing oil > facial wash > serum > hydrating toner > hydrating essence > night cream

After Application

Setelah pemakaian selama kurang lebih 1 bulan, berikut impresi dan beberapa efek yang saya rasakan selama menggunakan Avoskin Miraculous Refining Serum:

1. Produknya menyerap dengan mudah. Salah satu kelebihan dari serum ini adalah produk yang cukup mudah menyerap saat diaplikasikan. Proses exfoliating pun jadi lebih cepat dan produk selanjutnya bisa menyerap lebih mudah.
2. Perih saat diaplikasikan di area kulit wajah yang sensitif. Walau ini termasuk reaksi yang "normal" dan hampir selalu terjadi saat digunakan, tetapi jika kamu merasakan reaksi ini bertahan hingga terlalu lama dan berlebihan, sebaiknya kamu stop dulu penggunaannya. Tapi kalau saya sih masih merasa hal ini cukup wajar di kulit saya, jadi saya lanjutkan aja penggunaannya.
3. Mampu mengurangi kemerahan pada jerawat lebih cepat. Saya bisa lihat langsung efeknya di pagi hari setelah malam sebelumnya menggunakan serum ini. Jerawat yang tadinya memerah memang jadi berkurang kemerahannya dan mencegah timbulnya radang.
4. Membuat luka jerawat kering lebih cepat. Selama pemakaian serum ini, saya merasa luka jerawat yang terlanjur kena keisengan tangan saya jadi kering lebih cepat. Rasanya juga jadi lebih aman saat terpaksa harus ditimpa makeup.
5. Memudarkan bekas jerawat. Nggak bisa dipungkiri juga kalau tangan saya suka nggrathil. Alhasil, bekas jerawat saya juga cukup banyak. Ini sih yang paling bikin saya amazed karena selama ini saya kira harus pake laser lalala untuk memudarkan bekas jerawat. Bersyukur bangeeet bisa nyobain serum ini!
6. Memberikan efek lebih cerah pada wajah. Yesss kalau yang ini memang keliatan karena setelah double cleansing, masih di-exfoliate lagi sampe dalem. Kotoran yang mengendap pun jadi lebih banyak yang terangkat.
7. Penggunaan essence dan night cream terasa lebih maksimal. Seperti yang saya udah sampaikan di poin pertama, serum ini bekerja dengan cukup baik sebagai exfoliant dan membuka lebih banyak ruang untuk produk-produk berikutnya untuk menyerap lebih mudah dan bekerja lebih maksimal. Bisa jadi efek yang saya rasakan nggak cuma berkat Avoskin Miraculous Refining Serum aja, tapi juga produk-produk yang digunakan setelahnya. Cuma yah serum ini tetep ambil bagian penting tentunyaaa.

Progres dari penggunaan Avoskin Miraculous Refining Serum dari waktu ke waktu
selama kurang lebih 1 bulan

Gimana dengan klaimnya yang bisa memudarkan noda hitam? Terus terang, aku belum bisa komentar karena saya belum terlalu melihat berkurangnya noda hitam di wajah. Kayanya selain exfoliatin serum, sunscreen bisa dijadikan produk yang juga perlu dimaksimalkan untuk mencegah timbulnya noda hitam. Tapi so far, saya suka banget dengan efeknya pada bekas jerawat saya. Sebelum menggunakan serum ini, bekas jerawat itu belum kunjung menghilang hingga sebulan lebih. Jadi, klaimnya yang bisa menghilangkan bekas jerawat itu benar adanya.


 Avoskin Miraculous Refining Serum

💉 8/10
💸 Rp 219.000 di  Website Official Avoskin
💖 Wajah lebih cerah, bekas jerawat memudar, mengurangi peradangan dan kemerahan ada jerawat
💔 Perih saat digunakan, botolnya bikin insecure

Setelah produknya habis, mungkin saya akan purchase untuk melanjutkan progres baiknya pada kulit saya. Let's see kalau ini beneran bisa bikin noda hitam menghilang juga kalau dipakai lebih rutin lagi. Untuk informasi seputar produk-produk lainnya, silahkan follow Instagram official Avoskin ya! See you on the next post!

31 comments:

Dyn said...

Wow sebenarnya penasaran mau cobain produknya Avoskin yang hits ini, tapi masih maju mundur karena reviewsnya mixed. Yaaa ga akan tahu kalo belum dicoba sih hehe.

Tira Soekardi said...

makasih reviewnya, skrg sedang trend ya serum itu

Sapti nurul hidayati said...

Saya termasuk yang penasaran dengan produk avoskin ini.. Banyak yang mengulas soalnya. Jadi pengen juga buat nyoba. Tfs mb. .

Hanifa said...

Dyn: Emang sih kalo skincare pasti ada yang cocok sama yang enggak. Tergantung cara pemakaian juga, apakah udah bener apa belum. Give it a try aja kalau emang udah yakin. Kalo nggak, mending jangan dulu.

Hanifa said...

Tira Soekardi: Kalo produk serum udah ada sejak dulu. Walau emang sekarang lagi ngetren lagi :)

Hanifa said...

Sapti Nurul Hidayati: Coba ajah Mbak siapa tau cocoook :D

Latifah Kusuma said...

Keren ya Mbak, menghilangkan bekas jerawat emang bikin jungkir balik. Bisa nih coba ini

Ardiba said...

Uwow..bener2 keliatan hasilnya ya. Kerennn

vika said...

kalau buat cowok bisakah? Ponakanku cowok tuh jerawatan parah nih

Yustrini said...

Masalah jerawat memang bikin kesal. Kadang nggak jelas juga penyebabnya apa.

Nisya Rifiani said...

Ohwooo, ini yang kamu ceritain ke aku itu ya say~ Di week 4 kelihatan banget ya perbedaannya, kira2 kalo di aku gimana ya jadi penasaran, soale kulitku susah susah gampang nih... berminyak tapi enggak mau ngilangin minyak ndak kulit jadi kering... :(

VERS said...

Wahhh Serumnya kecil tapi Manfaatnya Besar ya untuk wajah

Mei said...

ini untuk semua kulit ya Mba, aku suka lihat kemasannya cakep, warna plum gitu. berharap bisa ngilangin freckless alias noda hitam

Sash said...

Avoskin dan Avroskin beda ya? Tetanggaku ada yang jualan Avroskin dan rayu2 aku buat beli ahahaha, tapi ogah akunya. Aku sennag baca artikel2 gini, jadi tau fungsi2 skincare dan bagaimana mengaplikasikannya. Maklum, selama ini taunya cuma pake pelembab ama bedak doang hihi.

Hanifa said...

Latifah Kusuma: Iyah Mbak, saya nggak nyangka juga kok bisa mudarin bekas jerawat dengan efektif gini

Hanifa said...

Mbak Ardiba: Huum Mbaaak keliatan kaaaan hasilnya :D

Hanifa said...

Mbak Vika: Skincare tuh nggak kenal gender Mbak... Kenalnya cuma jenis kulit aja... Bisa coba dikonsultasiin ke dokter dulu, kira-kira itu jerawat apa. Jangan lupa dirawat dari dalem juga dengan jaga pola makan. Semangaaat :D

Hanifa said...

Mbak Yustrini: Bener mbaaaak. Bisa jadi hormon, pola makan, stress, dll. Kalau mau lebih jelas emang harus ke dokter sih.

Hanifa said...

Mbak Nisya: Naaah ini tuh juga nge klaim bisa njaga kadar minyak di kulit biar nggak terlalu berlebih/kurang. Bisa dicoba Mbak, sambil dikombinasiin dengan pemakaian produk lain yang hydrating :D

Hanifa said...

Mbak Sasha: BEDA MBAAAAK JANGAN SAMPAI TERTIPU HAHAHAHA. Avoskin ini bisa dicek langsung website official-nya biar lebih mantep kalau emang mau beli produknya :))

innaistantina said...

waduh aku udah terlalu banyak membuat dosa buat mukaku nih, malem lupa bersihin make up, pagi pun kadang masih lupa pake pelembab setelah bersihin muka, deh!

Hanifa said...

Inna Istantina: Waaaahhhh kurang-kurangin Mbaaak jangan sampe terlalu sering begituuu.

agi tiara said...

wow hasilnya di kamu mantappu sekali :(( jadi tergelitik ingin membeli tapi serumku yang lain belom habis... oke masuk wishlist... sambil lirik kalender menunggu honor turun~~

Agustina Purwantini said...

Wow, mantap nian hasilnya.... Jadi pingin nyoba.

Mini GK said...

Kalau lagi jerawatan pakai ini aman, gak? Aku baru tahu kalau macem ini gak dipakai tiap malam. Makasih udah kasih penjelasan

Wiwin Pratiwanggini said...

Kulit wajah saya juga termasuk tahan banting hehehe.. yang namanya males perawatan sebelum tidur, iya kadang-kadang terjadi. Tapi kalo udah inget faktor U, ya mau ga mau harus selalu diusahakan untuk tertib. Makasih udah share tentang produk ini, siapa tau suatu hari nanti saya membutuhkannya.

Disma said...

sama han, kulitku juga aslinya badak, jarang jerawatan, jarang bruntusan, makanya sering bodo amatlah sama skincare. tapi kalau nggak pake skincare, wajah jadinya juga kusam nggak cakep gitu. sedi :(

Riana Dewie said...

Wah serumnya oke nih. Besok coba ah. Kebetulan aku juga kyk dirimu dulu, jarang jerawatan kcuali pas mendekati datang bulan. Hehe... thank ulasannya Beb 😎

Dian farida ismyama said...

Wew. Serius jerawatnya berkurang ? Wah aku kudu coba nh. Harga sih lumayan ya 219 ribu tapi kalau hasil oke ya hayuk

Ety Handayaningsih said...

Wah manjur juga mba. Dalam 4 minggu kondisi kulit lebih baik.

Eka wahyuni said...

Harganya lumayan emejing, yak? Tapi sebanding lah sama hasilnya yak?

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.