Memanjakan Kulit Kering dan Sensitif dengan Erhalogy Skin Barrier Series

April 14, 2019
Skincare is all about trial and error. Dulu saat masih di bangku SMA, saya merasa menggunakan facial wash saja sudah cukup. Beberapa teman di sekolah juga ada yang membawa body lotion untuk menjaga kelembapan kulit mereka. Saya merasa hal tersebut nggak terlalu dibutuhkan kalau kondisi kulit saya nggak kering-kering amat. Padahal sejak kecil saya punya masalah kulit kering dan sensitif di area-area seperti permukaan jari dan telapak kaki. Yet, I felt lazy to use body lotion to protect my skin. Terlalu banyak trial and error yang saya coba untuk memulihkannya saat itu.

Semakin dewasa, saya jadi makin ngerti kalau skincare adalah investasi yang harus segera dimulai sejak dini. That's why I get into skincare in my late 20s. Nggak peduli mau dikata terlambat atau gimana, yang penting sekarang saya udah rutin skincare-an. Baik pagi maupun malam, sekedar facial wash dan moisturizer nggak boleh sampe kelewatan. Kenapa? Yha karena kulit saya udah ada bakat kering dan sensitif. Kalau nggak dirawat, kondisinya bisa makin parah.

Rangkaian produk pada Erhalogy Skin Barrier Series

Talking about facial wash and moisturize, beberapa waktu belakangan saya lagi nyobain produk skincare dari klinik kecantikan yang cukup terkenal di Indonesia. Kalian pasti tau ERHA dong? Saya sendiri cukup familiar dengan klinik ini. Beberapa teman sudah menggunakan service-nya dan mereka lumayan rutin perawatan di sana. Saat sedang main ke Hartono Mall pun, saya kerap berjalan melewati Apothecary-nya. 

Kali ini, saya akan membahas sekilas seputar kedua produk dari Erhalogy Skin Barrier Series, berupa ERHA Skin Barrier Facial Wash dan ERHA Skin Barrier Face Moisturizer, serta pengalaman saya saat menggunakannya. Tapi sebelumnya, saya akan membahasa sedikit mengenai Skin Barrier. Apa sih yang dimaksud dengan Skin Barrier dan seperti apa cara merawatnya?

Skin Barrier: Apa dan Bagaimana Cara Merawatnya

Mungkin kamu masih asing dengan istilah ini. Saya pun termasuk orang yang baru-baru ini memahami apa yang dimaksud dengan skin barrier. Skin barrier merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat dengan adanya lapisan lipid dan berkontribusi untuk kelangsungan hidup sel tersebut.

Sumber: http://www.bondenavant.com/

Para dermatologist menjelaskan bahwa lapisan barrier ini bersifat impermeable yang nggak memungkinkan cairan atau gas apapun yang sifatnya merusak masuk melawatinya sehingga mencegah hilangnya air/ kelembapan dari dalam kulit dan mecegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang merusak kulit. Rusaknya barrier kulit menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, teriritasi atau sensitif.


Salah satu tanda skin barrier terganggu adalah saat kulit yang jadi ekstra sensitif, kering, mengelupas, gampang memerah, bruntusan, atau bahkan jerawatan adalah tanda-tanda moisture barrier-nya lagi nggak stabil. Kalau sudah begini, kulit harus diberi "nutrisi" tambahan untuk membantu memulihkan kondisinya yang sudah terganggu dan kembali menjadi kulit sehat. Skincare dengan bahan-bahan yang tepat untuk perawatan kulit kering dan sensitif bisa jadi solusinya.

ERHA Skin Barrier Facial Wash (Rp 79.000)

Hal yang saya suka dari produk ini adalah nggak adanya kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulphate) dan paraben di dalamnya. So, yes, produk ini diformulasikan khusus, sehingga menghasilkan busa lembut dan bahan non-iritant. Produk ini pun nggak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembapan dan mempertahankan fungsi barrier kulit. Sehingga sesuai untuk kulit kering, sensitif dan atopi.

Packaging dari ERHA Skin Barrier Facial Wash (60g)

ERHA Skin Barrier Facial Wash mengandung aquaxyl, PHA (Gluconolactone), zinc PCA dan D-Panthenol sebagai moisturizing agent. Dilengkapi aloe vera extract dan dipotassium glycyrrhizinate sebagai anti inflamasi.

Selain itu, produk ini diklaim mengandung bahan-bahan dengan fungsi sebagai berikut:
1. Mild Surfactant, membersihkan wajah dari kotoran dan aman untuk kulit sensitive.
2. Moisturizing Agent yang merupakan bagian dari NMF (Natural Moisturizing Factor), melembapkan dan menjaga / mempertahankan fungsi barrier kulit.
3. Antiinflammatory Agent, untuk menenangkan dan merawat kulit yang teriritasi ringan.

Kandungan dan tekstur dari ERHA Skin Barrier Facial Wash 

Facial wash dari ERHA ini biasanya saya gunakan setelah membersihkan makeup dengan oil cleanser. Teksturnya lembut dan busanya nggak berlebihan. Produk ini hampir nggak beraroma sama sekali, sehingga cocok untuk mereka yang nggak suka fragrance di dalam produk skincare-nya. Saya sebenernya prefer produk yang punya aroma wangi. Walau begitu, saya tetep suka memakai produk ini karena nyaman saat digunakan dan yang paling penting nggak mengandung SLS.

ERHA Skin Barrier Face Moisturizer (Rp 79.000)

Nah, kalau produk yang satu ini adalah pelembap kulit kering dan sensitif, di mana formulanya mengembalikan dan memperkuat fungsi barrier kulit. Dengan kandungan Ceramide Complex, soothing agent dan formula pH-balance untuk memberikan kenyamanan, mengurangi kemerahan dan merawat kulit yang mengalami iritasi ringan. Produk ini pun nggak mengandung paraben, pewarna dan fragrance.

Packaging dari ERHA Skin Barrier Face Moisturizer (30g)

Dilengkapi dengan bahan-bahan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit menjadi lembut.

Ada juga kandungan dari bahan-bahan lain di dalamnya dengan berbagai fungsi seperti berikut:
1. Ceramide Complex, PHA, Zinc PCA, dan bahan moisturizer yang merupakan bagian dari NMF (Natural Moisturizing Factor) untuk melembapkan, mengembalikan dan memperkuat fungsi barrier kulit.
2. Niacinamide, Allantoin, dan DPG sebagai bahan anti-inflamasi untuk mencegah dan mengurangi iritasi yang dialami oleh kulit kering dan sensitif, serta memberikan efek soothing.
3. Vitamin E sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit menjadi halus.

Tekstur dan kandungan pada ERHA Skin Barrier Face Moisturizer

What I love about this product is the packaging. Sangat sederhana dan super travel friendly. Produk ini pun nggak beraroma menyengat dan nggak begitu lengket. Sehingga saat diaplikasikan, produknya bisa cepat menyerap dan tidak terasa greasy saat ditimpa produk lain, seperti sunscreen yang digunakan di pagi hari. I only use this in the morning, by the way. Di malem hari, saya prefer menggunakan night cream atau sleeping mask. Tapi kalau kamu mau menggunakannya di malam hari, go ahead then!

Cara Mendapatkan Erhalogy Skin Barrier Series

Sebenernya caranya cukup mudah kalau kamu pengen dapetin rangkaian produk dari ERHA untuk perawatan skin barrier ini. Tinggal dateng ke Erha Apothecary yang ada di kotamu (kalau di Jogja ada di Hartono Mall) atau dateng dulu buat konsultasi di kliniknya kalau kamu masih ragu harus pakai produk apa yang sekiranya cocok untuk kulitmu.


Salah satu gedung Erha Clinic dan Erha Apothecary

Selain perawatan kulit, Erha Clinic juga melayani perawatan untuk masalah rambut. Saya udah tertarik banget sama perawatan kulit rambut di ERHA karena rambut saya cukup intense rontoknya dan hampir mengalami kebotakan. Jadi rambut saya yang dulunya tebal tuh sekarang jadi cukup tipis. Kan sedi akutu jadinyaaa. Kalau kamu punya permasalahan yang sama, kamu bisa coba langsung ke kliniknya, yah!


For more information, go to ERHA Clinic Instagram or check their Website

24 comments:

Ismarlina Mokodompit said...

Aku juga lagi pakai produk ini dan alhamdulillah cocok, terutama moisturizer-nya <3 Cepat meresap, nggak beraroma dan tetap nyaman pas ditimpa produk skincare lainnya...

Aulia Tri Sakti said...

Penasaran euy, pemakaian moisturizernya punya white cast ga yaaa😗

Hanifa said...

Ismarlina Mokodompit: Iyha Buuuun aku suka juga pake moisturizer nya <3

Hanifa said...

Aulia Tri Sakti: Alhamdulillah nggak ada. Jadi pas ditimpa produk lain pun nggak cemong sistuuurr~

Dian Farida Ismyama said...

Aku sampai sekarang selalu pakai facial wash. Tp belum pernah coba punya Erha lho. Kukira harus konsul dokter dulu. Kalau bisa langsung datang ke Hartono Mall sih ayuk aja

Riana Dewie said...

Wah kompakan deh, emang sih makin lama kita jadi nyadar kalau kulit butuh dirawat. Kalau gak, nanti kesannya kusam kayak kulitku ini. Hahaha. ERHA rekomended juga ya utk perawatan wajah. Bolehlah kapan2 aku coba

Agi Tiara | duckofyork said...

azhek erha sekarang jadi keren begini. dulu ingetnya cuma kliniknya, sekarang udah ada apothecarynya juga.

BTW menanggapi keinginanmu nyoba produk erha. aku dulu pake shampoonya erha. emang ngefek kok beb. rontoknya tetep tapi banyak anak rambut baru tumbuh (like banyaaak banget) tapi harus telaten. begitu berhenti ya rontok lagi :(

Mini GK said...

Ratjun ratjun yang menggoda. Aku kayaknya harus mengikuti jejakmu untuk lebih lagi mencintai kulit kulit tubuhku ini. Harus dimanja manja biar tampak glowing sehat selalu

Yustrini said...

Belum pernah coba produk Erha. Ternyata yang bagus itu facial wash yang nggak menghasilkan banyak busa dan nggak begitu ada wanginya. Padahal selama ini kalau nggak ada busanya nggak mantap, hi, hi.

VERS said...

Keren nih ERHA jadi pengen perawatan di ERHA juga nih, kalau buat kulit normal to dry ada ga ya

vika said...

Wah banyak review positif tentang ERHA, pasti memang efeknya oke ya dipakai. Mantul wes

Nisya Rifiani said...

Aku paling males kalau suruh coba2 sabun cuci muka say. Ntah kenapa susah banget nemu yang cocok... pengen coba ini, tapi takut... tapi tetap tergoda karena produk ini takada bau, takada warna... yang begitu biasanya cucok...

Juliastri Sn said...

Aku pun pake produk ini dan sejauh ini fine-fine aja sih. Kulit jadi lembut dan terasa lembab

Sapti nurul hidayati said...

Saya dari dulu juga lebih memilih skin care dari pada produk dekoratif.. Apalagi saya kurang bisa berdandan. Kalau dandan cuma modal lipstik dan bedak doang. Produk skin care dari erha ini sepertinya cocok untuk kulit saya yang sensitif dan cenderung kering. Pengen nyoba juga ah.. Tfs mb...

Mei said...

Sekarang makin luas ya bisnisnya Erha. Saya cari yang buat rambut rontok niy, ternyata ada ya, saya pikir cuman kecantikan kulit aja bisa dicoba niy.

Wiwin Pratiwanggini said...

Temenku punya masalah dengan kulit wajahnya, akhirnya ketemu solusinya di ERHA Clinic. Kayaknya yang berkulit sensitif memang pada cocoknya disana ya :)

Disma said...

Apaqa ini rahasia kulit wajah mulus seorang Hanifa, yang mana semut aja bakal kepeleset kalau lewat??? ����

Eka wahyuni said...

Emak rempong juga pengin kinclong nih, skin barrier dari erha melindungi kulit untuk tetep lembut kah? Mupeeng deh pengin cobain

Latifah Kusuma said...

Aku mulai perawatan juga 20an Mbak. Semoga nggak telat ya. Sampai sekarang pun masih mencoba berbagai prodok. Referensi menarik nih, thanks 😊

Latifah Kusuma said...

Aku mulai perawatan juga 20an Mbak. Semoga nggak telat ya. Sampai sekarang pun masih mencoba berbagai prodok. Referensi menarik nih, thanks 😊

dhita erdittya said...

Referensinya keren. Jadi kepo sama Erha ini.

Eka wahyuni said...

Erha sering kulihat iklannya berseliweran, tapi belum pernah cobain. Habis baca ini kok jadi mupeng yaa...

Tira Soekardi said...

wah baru tahu produk ini, mksh reviewnya

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com said...

Penasaran sama produknya ini. apakah bisa dipakai untuk menghilangkan flek?

Makasih banyak atas komentar maupun kritik/saran membangun dari kamu! Mohon untuk "comment as: Name/URL" supaya saya bisa blogwalking balik yaaa. PS: JANGAN TINGGALKAN LINK DALAM BENTUK APAPUN!

Powered by Blogger.